Cara install PyQt4 di windows

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi temen temen.. Pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk menginstall sebuah modul atau library dari python.. Nah modul yang akan saya install kali ini adalah PyQt4.

Hal ini saya sangat penting untuk saya bahas.. Karena, ada aplikasi atau produk aplikasi yang saya posting pada blog ini menggunakan library PyQt4 ini... Jika kalian tertarik untuk melihat aplikasi nya, silahkan cari saja di menu.. Dengan nama ‘dokumen editor’. Jika tidak ada, berati belum selasai saya edit.. Hehehe.. Jadi ditunggu saja temen - temen..

Penjelasan umum tentang penginstalan PyQt4.

Oke, pada postingan ini saya akan menjelaskan cara untuk menginstall PyQt dengan sangat mudah pada windows. Karena kita hanya tinggal klik next saja.. Seperti layaknya sebuah aplikasi pada umumnya yang di install pada windows.. Jadi, postingan ini cocok bagi para pemula yang tidak mau ribet..

Dan runtutan instalasi ini saya khususkan untuk  Python 3.3, dan python 3.2 dan untuk python 2.7 dan 2.6 pun dapat menggunakan cara pada postingan kali ini... Jadi bagi kalian yang belum punya salah satu python versi tersebut, kalian bisa menginstall nya sendiri.. Atau jika kalian bingung, kalian bisa membaca postingan saya yang sebelum nya UNTUK INSTALL PYTHON berbagai versi..

Tentu saja, sesuai judul saya akan membahas mengenai penginstallan PyQt4 pada sistem operasi windows.. Untuk pengguna linux, saya rasa kalian sudah pasti lebih pinter dari saya.. jadi gak perlu saya bahas disini ya.. hehe

Cara install PyQt4 di Windows pada python 3 dan 2.

Nah pada segment yang pertama ini saya akan langsung mencoba untuk memberikan tutorial dari instalasi di sistem operasi windows. Jadi perhatikan baik - baik ya bagi kalian yang memiliki sistem operasi windows. Hehe.. Dan bagi kalian yang memiliki OS linux, saya rasa kalian lebih pinter sari saya.. Atau kalian bisa MEMBACANYA DISINI...

Nah langsung saja yuk kita simak sama - sama pembahasan mengenai caranya di bawah ini ya.. Let’s check it out temen - temen...

Langkah 1 : Cek versi python kalian. 

Saya anggap kalian sudah install python nya ya.. jika kalian belum install python nya, kalian bisa baca tutorial instalasi python nya DISINI….

Nah langkah yang pertama ini, kalian harus mengetahui terlebih dahulu versi python yang terinstall di PC kalian dulu…. Bisa dengan cara membuka IDLE python nya seperti pada gambar no 1 di bawah ini. Atau bisa juga di C:/pythonxx/python.exe seperti pada gambar no 2 di bawah ini. Maka akan muncul seperti pada gambar no 3.


Langkah 2 : Medownload atau mengunduh file instalasi PyQt4.

Setelah itu kalian harus mendowload library nya ya... Kalian bisa mendapatkan file pada link berikut ini.

https://sourceforge.net/projects/pyqt/files/PyQt4/PyQt-4.10/

Jika kalian pergi ke link di atas, maka tampilannya akan kurang lebih seperti di bawah ini.. Silahkan cari versi terbaru dan versi yang cocok dengan versi python kalian yaa..



Lalu download file yang sesuai versi python kalian ya… dan harus sesuai loh ya… Atau kalian bisa mencoba mendapatkan file saya yang sudah saya download, yaitu python 3.2 di link di bawah ini yaa..

https://drive.google.com/open?id=0B0JQ0h-tyeKuMzJGalQxRjYyRDg

Langkah 3 : Install file ‘.exe’ nya seperti pada umumnya.

Setelah itu, cari file exe hasil download kalian ya... Lalu klik saja dua kali dan klik next saja terus sampai selesai seperti pada gambar di bawah ini temen - temen...



Setelah kalian buka pertama kali, maka akan tampil tulisan informasi atau apa saya kurang paham... Karena bacaan seperti itu memang tidak pernah kita baca saat proses instalasi.. hehe



Setelah kalian klik next, maka akan tampil syarat dan ketentuan dari penggunaan PyQt4 ini seperti gambar di bawah ini.. Lalu klik next saja... Karena memang gak pernah kita baca saat install suatu aplikasi..



Setelah klik next, maka akan tampil seperti di bawah ini. Langsung klik next saja..



Nah setelah klik next, maka akn tampil lokasi file instalasi nya seperti pada gambar di bawah ini.. Jangan di ubah ya temen - temen... Biarkan saja.. Dan langsung saja klik next...



Setealah di klik next, maka proses instalasi akan berjalan seperti pada gambar di bawah ini.. Tungggu hingga proses nya selesai..



Setelah selesai, maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini...



Klik saja finish ya teme - temen... hehe

Langkah 4 : Finishing dan pengecekan.

Nah sekarang sudah selesai proses nya… namun, untuk memastikan PyQt4 nya sudah terinstall atau belum, sekarang buka IDLE nya.. dan coba ketikkan “import PyQt4”. Perhatikan huruf besar dan kecilnya ya... Dan jika tidak error berarti tandanya sudah berhasil seperti pada gambar yang ada di bawah ini... oke Selamat berkarya temen – temen…



Selain pada Idle, kalian juga bisa mengecek nya di python now. Seperti saat mengecek versi python kalian tadi pada langkah pertama di atas.. Kalau lupa, python now ada di ‘C:/pythonXX/python.exe’ XX merupakan angka versi dari python nya ya temen - temen... Berikut saya kasi contoh pengecekan saya setelah proses instalasi..


Langkah 5 : Troubleshooting.

Nah jika ada error, silahkan baca pesan error nya ya.. dan pahami… jika kalian tidak paham, bisa kalian tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya… jika saya bisa insyaallah saya akan membantunya.. karena kemungkinan permasalahannya ada pada kekeliruan pemilihan versi PyQt4 nya saja. Yang berakibat tidak cocok dengan versi python kalian. Tapi, Jika kalian memilih PyQt4 dengan versi 64 bit, lalu ada masalah, silahkan pilih versi 32 bit saja.

Contoh jika PyQt4 tidak terinstal adalah sebagai berikut ini..



Nah itu dia temen - temen postingan saya kali ini mengenai cara untuk install modul PyQt4 ini.. Semoga proses instalasi nya berjalan sukses ya temen - temen.. dan apabila ada masalah silahkan komentar saja di bawah postingan ini.. Apabila saya bisa menjawab, insyaallah saya akan menjawabnya secepat yang saya bisa.. Hehe

oke terimakasih sudah berkunjung ke blog saya ini.. Dan mohon maaf ya atas kurang lebihnya maupun kekeliruan yang ada di blog ini. Dan lebih tepatnya postingan saya kali ini. Oke jangan lupa baca postngan saya yang lainnya ya temen - temen...  terimakasih sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya ya.. Sekali lagi terimakasih dan terimkasih.... Sekian dulu ya temen - temen...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment