Cara membuat text dan mengubah warna dan jenis font text di tkinter

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kali untuk belajar bahasa pemrograman python nih... Dan tentu saja saya akan menyajikan sebuahmateri tentang GUI atau tampilan dari python ini.. Dan untuk membuat GUI ini, saya akan mencoba untuk menggunakan tkinter pada python 3. Karena python 3 ini kita perlukan maka kalian wajib menginstallnya terlebih dahulu ya temen - temen... Nah untuk menginstallnya kalian bisa membaca tutorial yang sudah saya buat sebelumnya ya.. KALIAN BISA KLIK DISINI untuk membacanya..

Nah setelah kalian menginstall bahasa pythonnya, barulah kita lanjutkan postingan saya kali ini.. Pada postingan ini kit memang akan belajar untuk membuat sebuah GUI atau tampilan dari bahasa pemrograman python menggunakan tkinter. Namun, tampilan yang akan kita pelajari disini adalah pelajaran dasar dan mungkin merupakan pelajaran dasar ke dua seteleh menampilkan window.

Ya karena, pada pelajaran kali ini kita akan mempeljari bagai mana untuk menambahkan sebuah teks pada window tkinter python 3. Nah gimana ? Cukup dasar ya.. Tapi akan sangat berguna bagi kalian yang ingin belajar bahasa pemrograman python khusunya membuat GUI sederhana.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama postingan saya kali ini. Let’s check it out temen - temen..

Cara membuat teks Hello world pada window tkinter python 3.

Nah seperti yang sudah saya katakan tadi ya.. Kita akan membuat sebuah label atau teks pada halaman window tkinter python.. Nah pada segment ini lah saya akan membagikan code program untuk menampilkan teks ini... Yuk langsung saja kita lihat sama - sama code programnya di bawah ini..


from tkinter import *
root = Tk()
w = Label(root, text="Hello Tkinter!")
w.pack()
root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Cukup simple sekali ya.. Ya maklum saja.. Kita kan hanya menampilkan sebuah teks di window temen - temen.. Dan teks nya adalah “hello tkinter”. Nah seperti apa ya tampilan yang akan di hasilkan pada code program di atas tersebut ? Untuk mengetahuinya, silahkan simak pada gambar di bawah ini ya temen - temen...



Nah itu dia temen - temen hasilnya..ya hanya tampilan kotak kecil dengan tulisan saja ya.. Ya maklum saja ya.. Kan code programnya cuma sedikit seperti itu.. Ya sangat wajar lah ya...

Cara membuat teks dengan berbagai jenis font pada tkinter python 3.

Nah setelah kita membuat teks sederhana, maka selanjutnya saya akan mencoba untuk membuat teks dalam 3 jenis font berbeda ya.. Cukup menarik kan ?  Ya tentu saja menarik... Dari pada hanya menampilkan teks yang biasa - biasa saja seperti diatas ya.... Nah kira - kira bagaimana  ya caranya ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama code program nya di bawah ini.. Silahkan di cek ya...


from tkinter import *

root = Tk()

Label(root,
   text="Teks ini menggunakan jenis font 'Times' ",
   font = "Times").pack()
Label(root,
   text="Teks ini menggunakan font 'Helvetica' dengan style 'italic' ukuran 16",
   font = "Helvetica 16 bold italic").pack()
Label(root,
   text="Teks ini menggunakan font 'Verdana' dengan ukuran '10' dan style 'bold' ",
   font = "Verdana 10 bold").pack()

root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code program nya... Cukup panjang juga ya.. Ya tapi itu panjang karena teks yang akan saya tampilkan ini cukup penjang. Jadi hal ini membuat code programnya menjadi cukup panjang.. Nah lalu seperti apa ya kira - kira hasil dari code program di atas ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama hasilnya pada gambar di bawah ini ya...



Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Wah cukup menarik ya.. Karena sekarang hasilnya tidak datar - datar saja.. Karena sudah ada teks yang tebal dan miring.. Hehe ya sip lah... Nah untuk penjelasannya, saya akan memberikannya pada sesi atau segment terakhir ya...

Cara untuk membuat teks agar berwarna di window tkinter python 3.

Nah setelah kita membuat teksnya menjadi tebal, sekarang saya akan mencoba untuk mewarnai teksnya ya temen temen... Dan perlu kalian ketahui jika saya hanya akan menggunakan code program yang sudah saya bagikan tadi ya.. Jadi di segment ini saya hanya akan menambahkan beberapa code program saja... Yuk langsung saja kita simak code program yang sudah saya tambahin ini... Simak di bawah ini ya temen - temen..


from tkinter import *

root = Tk()

Label(root,
   text="Teks ini menggunakan jenis font 'Times' ",
   fg = "red",
   font = "Times").pack()
Label(root,
   text="Teks ini menggunakan font 'Helvetica' dengan style 'italic' ukuran 16",
   fg = "dark green",
   font = "Helvetica 16 bold italic").pack()
Label(root,
   text="Teks ini menggunakan font 'Verdana' dengan ukuran '10' dan style 'bold' ",
   fg = "blue",
   font = "Verdana 10 bold").pack()

root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya... Nah lalu seperti apa ya kira - kira tampilan warna teks yang di hasilkan dari code program di atas ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama hasilnya pada gambar yang ada di bawah ini ya temen - temen.. Silahkan di cek ya.. Hehe



Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Sudah keliatan kan hasil warnanya.. Sekarang tingal kalian yang mengkreasikan nya.. Hehe ya setidak nya dengan adanya warna tersebut, membuat teks yang kita tampilkan tadi tidak menjadi datar alias garing krenyes ya.. Hehe.. Dan membuat tampilan window yang kita tampilin menjadi lebih colorfull...

Cara memberikan background warna pada teks di window tkinter python 3.

Nah setelah kita membuat teks nya berwarna, maka sekarang saya akan mencoba untuk membuat background dari teks tersebut..  Wah malah makin berwarna ya window kita.. Nah oke, langsung saja tanpa lama - lama lagi, langsung saja kita lihat sama - sama code program yang akan saya berikan ini... Silahkan cek di bawah ini ya temen - temen.. Hehe


from tkinter import *

root = Tk()

Label(root,
   text="Teks ini menggunakan jenis font 'Times' ",
   fg = "red",
     bg = "yellow",
   font = "Times").pack()
Label(root,
   text="Teks ini menggunakan font 'Helvetica' dengan style 'italic' ukuran 16",
   fg = "dark green",
     bg = "light green",
   font = "Helvetica 16 bold italic").pack()
Label(root,
   text="Teks ini menggunakan font 'Verdana' dengan ukuran '10' dan style 'bold' ",
   fg = "blue",
     bg = "light blue",
   font = "Verdana 10 bold").pack()

root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Saya menambahkan code program  bg=”warna” saja ya.. Dan itu lah code yang digunakan untuk membuat background dari sebuah teks.. Untuk mengetahui setiap perbedaan yang ada pada code program sebelumnya, silahakan  kalian bandingkan sendiri ya temen - temen..

Nah lalu seperti apa ya kira - kira tampilan yang dihasilkan dari code program di atas tersebut ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama hasil screenshoot nya pada gambar di bawah ini ...



Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Waw.. Lebih indah dan menarik ya temen - temen..  Ya saya yakin kalian akan sependapat dengan apa yang sudah saya katakan tadi.. Hehe

Penjelasan code program untuk membuat teks berwarna dan background nya pada window tkinter python 3.

Nah setelah kita belajar cara untuk membuat font menjadi lebih indah dengan code program, yuk sekarang saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk memahami setiap code program yang sudah saya bagikan tadi ya.. Namun, saya hanya akan menjelaskan code program yang sudah lengkap saja ya.. Yaitu code program terakhir yang sudah saya bagikan tadi. Karena saya akan menjelaskannya baris perbaris.. Jadi, saya memilih yang terakhir, karena code program yang terakhir ini sudah mewakili yang terakhir tadi ya...

Oke tanpa lama - lama lagi, yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya mengenai code program di atas.. Silahkan di simak ya temen - temen...



from tkinter import *  //code ini digunakan untukmengimport semua modul tkinter.

root = Tk()  //code ini digunakan untuk memanggil “Tk” dengan memanggil variabel “root”.

Label(root,
 text="Teks ini menggunakan jenis font 'Times' ",
 fg = "red",
    bg = "yellow",
 font = "Times").pack()  //code ini digunakan untuk membuat label teks dengan isi teks “teks ini menggunakan jenis font ‘Times’”. Dan dengan warna font “red” / merah dan warna backgroun “yellow”/kuning. Dan menggunakan jenis font “Times”. Lalu memasukkan  teks tadi dengan fungsi “pack()”. Silahkan modifikasi sesuai kebutuhan kalian ya.
Label(root,
 text="Teks ini menggunakan font 'Helvetica' dengan style 'italic' ukuran 16",
 fg = "dark green",
    bg = "light green",
 font = "Helvetica 16 bold italic").pack()  //code ini digunakan untuk membuat label teks dengan isi teks “’Teks ini menggunakan font 'Helvetica' dengan style 'italic' ukuran 16”. Dan dengan warna font “dark green” / hijau gelap dan warna background “light green”/hijau cerah. Dan menggunakan jenis font “Heltica” dengan ukuran “16” dan style : “bold italic”. Lalu memasukkan  teks tadi dengan fungsi “pack()”.Silahkan modifikasi sesuai kebutuhan kalian ya.
Label(root,
 text="Teks ini menggunakan font 'Verdana' dengan ukuran '10' dan style 'bold' ",
 fg = "blue",
    bg = "light blue",
 font = "Verdana 10 bold").pack()  //code ini digunakan untuk membuat label teks dengan isi teks “Teks ini menggunakan font 'Verdana' dengan ukuran '10' dan style 'bold' ”. Dan dengan warna font “blue” / biru dan warna background “light blue”/biru cerah. Dan menggunakan jenis font “verdana” dengan ukuran “10” dan style : “bold”. Lalu memasukkan  teks tadi dengan fungsi “pack()”. Silahkan modifikasi sesuai kebutuhan kalian ya.


root.mainloop()  //code ini digunakan agar window yang kita tampilkan tidak langsung close secara otomatis nantinya.



Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment