Aplikasi konversi mata uang dengan python menggunakan PySide

Belajarpython - asslamualaikum wr. Wb.

Jumpa lagi nih temen - temen... Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membagikan code program python nih... Namun code program yang akan saya bagikan ini akan menghasilkan sebuah GUI atau sebuah tampilan.. Namun, untuk menghasilkan sebuah GUI tersebut, saya menggunakan sebuah library tambahan.. Libray tersebut adalah library PySide.. Nah karena library tersebut adalah library tambahan, maka kita harus menginstall nya secara terpisah dari bahasa python nya..

Nah sudahkah kalian menginstall PySide nya, jika belum tenang saja temen - temen.. Saya sudah membuat postingan mengenai cara menginstall library tersebut... Namun syarat untuk menginstall library tersebut adalah python 2. Oleh sebab itu, dalam postingan tersebut saya memulai untuk menginstall pythonnya terlebih dahulu... Disana saya juga menyediakan file instalasi dari PySide nya.. Yuk langsung saja BACA TUTORIAL INSTALASI PYSIDE NYA DISINI.

Nah setelah kita menginstall PySidenya, yuk kita lanjut lagi ke pembahasan kita pada postingan saya kali ini.. Jadi, pada postingan saya kali ini, saya akan mencoba untuk membuat sebuah mini aplikasi sederhana untuk mengkonversi mata uang.. Yaitu mata uang dolar ke Rupiah dan sebaliknya.. Yaitu rupiah ke dolar... Nah seperti apakah kesederhanaan aplikasi ini ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama postingan saya kali ini.. Let’s check it out guys...

Cara membuat aplikasi konversi mata uang sederhana dari GUI python menggunakan PySide.

Seperti yang sudah saya katakan diatas, saya pada postingan kali ini saya akan membagikan sebuah contoh mini aplikasi untuk konversi mata uang.. Aplikasi ini saya bagikan hanya sebagai contoh saja dari pemanfaat library PySide.. Kalian juga bisa membuat aplikasi yang lebih kompleks lagi.. Oya seperti apa ya code program dari mini aplikasi yang akan saya bagikan pada postingan kali ini ? Nah jika sudah penasaran, maka saya akan langsung membagikannya.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama code programnya di bawah ini ya...

from PySide import QtGui, QtCore

class Example(QtGui.QWidget):
    
    def __init__(self):
        super(Example, self).__init__()

        self.initUI()
        
    def initUI(self):
        self.kolom()
        self.tombol()
        self.teks()

        self.setGeometry(500, 300, 300, 200)
        self.setWindowTitle('Konversi Rp & USD')
        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('m.jpg'))
    
    def kolom (self) :
        self.tampilUsd = QtGui.QLineEdit(self)
        self.tampilRp = QtGui.QLineEdit(self)
        
        self.tampilUsd.move(130, 31)
        self.tampilRp.move(130, 91)
        
        
    def tombol (self) :
        tombolDolar = QtGui.QPushButton("Masukkan USD", self)
        tombolRupiah = QtGui.QPushButton("Masukkan Rp", self)
        tombolReset = QtGui.QPushButton("Reset", self)

        tombolRupiah.move(20, 32)
        tombolDolar.move(20, 92)
        tombolReset.move(130, 130)
        
        tombolRupiah.clicked.connect(self.dialogRp)
        tombolDolar.clicked.connect(self.dialogUsd)
        tombolReset.clicked.connect(self.hapusKolom)
        
    def teks (self):
        self.teksUSD = QtGui.QLabel("Rp -> USD",self)
        self.teksRp = QtGui.QLabel("USD -> Rp",self)
        
        self.teksUSD.move(90, 10)
        self.teksRp.move(90, 70)
        
    def hapusKolom(self):
        self.tampilRp.setText("")
        self.tampilUsd.setText("")
    
    def dialogRp(self):
        text, ok = QtGui.QInputDialog.getText(self, 'Input Dialog', 'Masukkan nilai rupiah:')
        
        if ok:
            a=float(text)/13125
            b=str(a)
            self.tampilUsd.setText("USD "+b[:10])
            
    def dialogUsd(self):
        text, ok = QtGui.QInputDialog.getText(self, 'Input Dialog', 'Masukkan nilai dollar:')
        
        if ok:
            a=int(float(text)*13125)
            self.tampilRp.setText("Rp "+str(a))

if __name__ == '__main__':
    import sys
    app = QtGui.QApplication(sys.argv)
    ex = Example()
    ex.show()
    sys.exit(app.exec_())




Nah itu dia temen - temen code programya.. Cukup panjang juga ya temen - temen..namun, tenang saja guys.. Karena saya sudah membuat code program tersebut agar menjadi sangat mudah untuk kalian pahami... Hal tersebut saya lakukan dengan cara membuat variabel nya dengan bahasa indonesia dan dengan bahasa yang mudah di pahami... Oya kalian penasaran tidak denga hasil GUI dari code program di atas ? Jika iya, yuk langsung saja kita simak sama - sama contoh screenshoot yang sudah saya sediakan pada gambar di bawah ini ya...





Nah bisa kita lihat pada gambar diatas, pada screenshoot no. 1 terdapat 2 buah tombol yang bertuliskan “masukkan Rp” dan “masukkan USD” serta dua buah kolom yang akan menampilkan hasil konversi nantinya.. Serta satu buah tombol reset yang akan menhapus semua hasil konversi...

Oya cara kerja aplikasi ini adalah, dengan cara mengklik salah satu tombol yaitu “masukkan Rp” untuk mengkonversi Rupiah ke dolar dan “masukkan USD” jika ingin mengkonversi dari dolar kerupiah... Nah setelah kalian mengklik salah satu tombol tadi, maka akan tampil sebuah dialog untuk memasukkan nilai rupiah atau USD yang ingin kita konversi seperti pada screenshoot np 2.. Nah setelah selesai,  silahkan klik “ok” maka hasilnya akan langsung keluar seperti pada screenshoot no. 3.. Gimana sudah jelaskan temen - temen ? Ya saya rasa sudah cukup jelas ya temen - temen..

Penjelasan code program aplikasi konversi mata uang sederhana dari GUI python menggunakan PySide.

Nah selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan mengenai code program yang sudaha saya bagikan tadi.. Hal ini saya lakukan agar setiap orang yang membaca code program saya dapat dengan mudah untuk memahaminya... Dan bagi yang lagi belajar, agar code program yang saya bagikan tadi dapat di praktekkan dan di terapkan pada aplikasi atau projek lainnya.. Nah seperti apakah penjelasan saya ini ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya di bawah ini...



from PySide import QtGui, QtCore //code ini digunakan untuk mengimport QtGui dan QtCOre dari library PySide.

class Example(QtGui.QWidget):  //code ini digunaan untuk membuat sebuah class dengan nama “example” yang akan saya gunakan untuk menampung smua code program untuk membuat aplikasi sederhana ini..

def __init__(self): //ini merupakan sebuah construktor yang akan di jalankan pertama kali ketika class “example” ini kita panggil nantinya

        super(Example, self).__init__()  //code ini digunakan agar class ini menjadi sebuah GUI.

        self.initUI()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode yang bernama “inituI”.

    def initUI(self):  //code ini digunakan untuk membuat metode dengan nama “initUI” yang akan saya gunakan untuk menampung code program untuk membuat windown yang akan kita tampilkan nantinya.
        self.kolom()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode yang bernama “kolom”.
        self.tombol()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode yang bernama “tombol”.
        self.teks()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode yang bernama “teks”.

        self.setGeometry(500, 300, 300, 200)  //code ini digunakan untuk mengubah ukuran window kita menjadi “300x200” pixel. Dan akan kita tampilkan pada posisi layar “500x300” pixel.
        self.setWindowTitle('Konversi Rp & USD')  //code ini digunakan untuk mengubah judul window kita menjadi “konversi Rp & USD” tentu saja kalian bisa mengubahnya sesuka hati kalian.
        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('m.jpg'))  //code ini digunakan untuk mengubah icon window kita.

    def kolom (self) :  //code ini digunakan untuk membuat metode dengan nama “kolom” yang akan digunakan untuk menampung setiap code program untuk membuat kolom.
        self.tampilUsd = QtGui.QLineEdit(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah line edit atau kolom yang kemudian saya simpan dalam variabel yang bernama “tampilUsd”
        self.tampilRp = QtGui.QLineEdit(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah line edit atau kolom yang kemudian saya simpan dalam variabel yang bernama “tampilRp”

        self.tampilUsd.move(130, 31)  //code ini digunakan untuk memindahkan kolom “tampilUsd” ke lokasi “130x31” pixel di dalam window kita nantinya.
        self.tampilRp.move(130, 91)  //code ini digunakan untuk memindahkan kolom “tampilRp” ke lokasi “130x91” pixel di dalam window kita nantinya.


    def tombol (self) :   //code ini digunakan untuk membuat metode dengan nama “tombol” yang akan digunakan untuk menampung setiap code program untuk membuat tombol.
        tombolDolar = QtGui.QPushButton("Masukkan USD", self)  //code ini digunukan untuk memannggil sebuah tombol dari library PySIde yang kemudian di simpan ke dalam Variabel “tombolDolar”.
        tombolRupiah = QtGui.QPushButton("Masukkan Rp", self)//code ini digunukan untuk memannggil sebuah tombol dari library PySIde yang kemudian di simpan ke dalam Variabel “tombolRupiah”.
        tombolReset = QtGui.QPushButton("Reset", self)//code ini digunukan untuk memannggil sebuah tombol dari library PySIde yang kemudian di simpan ke dalam Variabel “tombolReset”.

        tombolRupiah.move(20, 32)  //code ini digunakan untuk memindahkan kolom “tombolRupiah” ke lokasi “20x32” pixel di dalam window kita nantinya.
        tombolDolar.move(20, 92)  //code ini digunakan untuk memindahkan kolom “tombolDolar” ke lokasi “20x92” pixel di dalam window kita nantinya.
        tombolReset.move(130, 130)  //code ini digunakan untuk memindahkan kolom “tombolReset” ke lokasi “130x130” pixel di dalam window kita nantinya.

        tombolRupiah.clicked.connect(self.dialogRp)  //code ini digunakan untuk memberikan perintah ketika “tombolRupiah” di klik. Perintahnya adalah dengan memanggil metode yang bernama “dialogRp”
        tombolDolar.clicked.connect(self.dialogUsd)  //code ini digunakan untuk memberikan perintah ketika “tombolDolar” di klik. Perintahnya adalah dengan memanggil metode yang bernama “dialogUsd”
        tombolReset.clicked.connect(self.hapusKolom)  //code ini digunakan untuk memberikan perintah ketika “tombolReset” di klik. Perintahnya adalah dengan memanggil metode yang bernama “hapusKolom”

    def teks (self):   //code ini digunakan untuk membuat metode dengan nama “teks” yang akan digunakan untuk menampung setiap code program untuk membuat label atau teks.
        self.teksUSD = QtGui.QLabel("Rp -> USD",self)  .//code ini digunakan untuk  memanggil sebuah label dari library PySide.
        self.teksRp = QtGui.QLabel("USD -> Rp",self)  .//code ini digunakan untuk  memanggil sebuah label dari library PySide.
        
        self.teksUSD.move(90, 10)  //code ini digunakan untuk memindahkan kolom “teksUSD” ke lokasi “90x10” pixel di dalam window kita nantinya.
        self.teksRp.move(90, 70)  //code ini digunakan untuk memindahkan kolom “teksRp” ke lokasi “90x70” pixel di dalam window kita nantinya.

    def hapusKolom(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “hapusKolom”.
        self.tampilRp.setText("")  //code ini digunakan untuk mengosongkan teks pada kolom “tampilRp”
        self.tampilUsd.setText("")  //code ini digunakan untuk mengosongkan teks pada kolom “tampilUsd”

    def dialogRp(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “dialogRp” yang akan digunakan untuk menampung code program untuk menampilkan sebuah kotak dialog.
        text, ok = QtGui.QInputDialog.getText(self, 'Input Dialog', 'Masukkan nilai rupiah:')  //ini digunakan untuk memanggil sebuah input dialog dari library PySide yang kemudian hasil inputnya disimpan ke dalam variabel “text”

        if ok:  //code ini digunakkan untuk mengecek apakah kita mengklik “oke” atau tidak.
            a=float(text)/13125  //code ini digunakan untuk mengubah tipe data inputan yang ada di variabel teks td menjadi “float” yang kemudian di bagi dengan “13125” yang merupakan selisih atau nilai tukar rupiah ke dolar. Yang kemudian kita simpan hasilnya ke dalam variabel “a”.
            b=str(a)  //code ini digunakan untuk mengubah tipe data di dalam variabel “a” menjadi string atau teks.
            self.tampilUsd.setText("USD "+b[:10])  //code ini digunakan untuk mengubah tampilan kolom “tampilUsd” menjadi nilai yang ada pada variabel “b”.

    def dialogUsd(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “dialogRp” yang akan digunakan untuk menampung code program untuk menampilkan sebuah kotak dialog.
        text, ok = QtGui.QInputDialog.getText(self, 'Input Dialog', 'Masukkan nilai dollar:')  //ini digunakan untuk memanggil sebuah input dialog dari library PySide yang kemudian hasil inputnya disimpan ke dalam variabel “text”

        if ok:  //code ini digunakkan untuk mengecek apakah kita mengklik “oke” atau tidak.
            a=int(float(text)*13125)  //code ini digunakan untuk mengubah tipe data inputan yang ada di variabel teks td menjadi “float” yang kemudian di kali dengan “13125” yang merupakan selisih atau nilai tukar rupiah ke dolar. Yang kemudian kita simpan hasilnya ke dalam variabel “a”.
            self.tampilRp.setText("Rp "+str(a))  //code ini digunakan untuk mengubah tampilan kolom “tampilUsd” menjadi nilai yang ada pada variabel “a” yang sebelum nya diubah menjadi string atau teks terlebih dahulu.

if __name__ == '__main__':  //ini merupakan penyeleksian yang akan menanyakan apakah program ini dipanggil aonttau tidak.
    app = QApplication(sys.argv) //code ini merupakan code wajib yang harus ada.

    ex = Example()//code ini digunakan untuk memanggil class mywidget yang sudah kita buat tadi.
    ex.show() //code ini digunakan untuk menampilkan GUI Window yang sudah kita buat tadi.

    app.exec_() //code ini digunakan agar window kita tidak langsung close saat kita panggil.



Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai program yang saya bagikan pada postingan saya kali ini.. Ya semoga apa yang sudah saya bagikan tadi bisa memberikan penjelasan yang cukup untuk membuat anda paham... Sehingga kalian bisa memperaktekkan serta memanfaatkannya pada program serta projek anda nantinya... Dan kalian pun tidak akan sia sia sudah membaca postingan saya sepanjang ini.. hehe

Nah sekian dulu ya temen - temen pembahasan saya pada postingan kali ini... Semoga apa yang sudah saya sampaikan tadi dapat memberikan manfaat bagi kalian.. Sehingga kalia bisa bisa mendapatkan ilmu yang barokah... Oya jika ada pertanyaan, keluhan serta kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya di kolom komentar yang ada di bawah ini ya.. Atau bisa juga langsung menghubungi saya melalui laman hubungi kami yang telah saya sediakan pada blog ini.

Dan terimakasih sudah membaca dan berkunjung ke blog sederhana saya ini.. Oya minta tolong di share ya,.. Agar blog ku tetep hidup dan tentunya bisa berkembang lagi.. Hehe.. Sekian dulu ya temen - temen.. Dan sampai jumpa lagi pada postingan saya yang lainnya..  Terimaksih...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment