Cara install pyinstaller di windows dengan mudah

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen... Pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak kalian untuk menginstall pyinstaller di windows nih.. walaupun saya telah memposting postingan yang serupa sebelumnya (KLIK DISINI untuk membaca), tapi pada postingan kali ini ada perbedaan.. karena pada postingan kali ini, prosesnya akan jauh lebih mudah dan lebih singkat…    nah semudah dan sesingkat apakah proses instalasinya pada postingan kali ini ?  yuk langsung saja kita simak sama - sama postingan kali ini..


untuk mengubah file python (py) menjadi file executable windows (exe) kalian bisa KLIK DISINI ya.. karena saya juga sudah membuatkannya untuk kalian...

Apa itu PyInstaller ?

Sebelum kita mulai instalsinya, alangkah lebih baik kalau saya mulai dengan perkenalan “pyinstaller” nya..  walaupun saya sudah memperkenalkannya di postingan instalasi sebelumnya… hal ini berguna bagi kalian yang belum membaca postingan saya sebelumnya…

Jadi, PyInstaller ini merupakan sebuah library dari Python yang dapat mengubah (paket) atau file program Python, menjadi file yang dapat berdiri sendiri. Di bawah sistem operasi Windows, Linux, Mac OS X, FreeBSD, Solaris, dan AIX.

Sebenarnya, saya sudah membuat postingan khusus yang membahas mengenai apa dan fungsi PyInstaller ini. Jadi, disini saya hanya memberi sedikit artian saja. Karena pada postingan kali ini saya akan memfokus kan pada proses instalasi nya. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai PyInstaller ini, kalian bisa KLIK DISINI untuk membaca postingan yang membahasnya lebih detail...

untuk mengubah file python (py) menjadi file executable windows (exe) kalian bisa KLIK DISINI ya.. karena saya juga sudah membuatkannya untuk kalian...

Cara Install PyInstaller di  Windows

Nah pada segment ini saya akan memulai proses instalasi dari PyInstallernya.. Jadi perhatikan secara baik baik ya temen - temen... Tapi saya rasa kalian lebih pinter dari saya... Tapi simak aja siapa tau ada yang berbeda dengan cara saya... Komentar aja kalau berbeda hehe... Oke, langsung saja yuk kita mulai...

1. Mencari lokasi PIP.

Pertama tama, kita harus menemukan posisi “pip” nya.. secara default, biasanya “pip” ini berada pada folder “c:\pythonXY\Scripts”. tanda “XY” menunjukan sebuah versi python nya. Kecuali “pip” tersebut kalian pindah…

2. Membuka CMD

setelah kalian menemukan posisi “pip” nya, silahkan buka “Command Prompt (CMD)” nya... untuk membuka “command prompt (cmd)” ini cukup mudah kok. Kalian bisa langsung mengetiknya di pencarian aplikasi windows kalian.. atau juga bisa klik kanan pada menu windows… untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini..


3. Masuk ke direktori atau folder lokasi PIP kalian (cara pertama).

Lalu arahkan lokasi “Command Prompt (CMD)” nya ke lokasi “pip” kalian ya temen – temen.. untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar di bawah ini ya..



Oke, saya jelaskan angka – angka yang ada pada gambar di atas ya temen – temen…

  1. Lokasi default saat  kita membuka Command Prompt (CMD)
  2. Saya mengetik “cd\” untuk masuk ke drive akar “c:”
  3. Kita sudah berada di drive akar “c:”
  4. Saya mengetikkan “cd Python27” untuk masuk ke folder “Python27”
  5. Kita sudah ada di folder “Python27” 
  6. Saya mengetikkan “cd Scripts” untuk masuk ke folder “Scripts”
  7. Sekarang kita sudah ada di folder tujuan kita. Yaitu “c:\Python27\Scripts

4. Masuk ke folder lokasi “PIP” dengan mudah (cara kedua)

Sebenarnya, kita bisa menyingkat proses di atas dengan cara masuk ke dalam folder yang kita tuju, lalu tekan “shift” pada keyboard. Tahan dan secara bersamaan, klik kanan… setelah itu  muncul pilihan dan pilih “Open command window here”. Makan akan tampil window CMD.. untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini..



Oke, saya jelaskan lagi angka – angka yang ada pada gambar di atas yaa..

  1. Merupakan lokasi tempat “pip” python saya berada. 
  2. Pastikan “pip” nya sudah berada di lokasi yang kalian maksud ya.
  3. Tekan “shift” dan tahan pada keyboard.  Dan dalam keadaan menekan “shift”, Klik kanan  pada area kosong “windows explorer”. Maka akan muncul menu pilihan.
  4. Lalu pilih menu “Open command window here” pada pilihan menu.
  5. Maka akan tampil window CMD dengan lokasi  yang sudah kalian buka pada windows explorer tadi.

5. Install Pyinstaller (Pastikan PC kalian terhubung internet)

Nah setelah kita mengarahkan lokasi “CMD” atau command prompt nya sekarang waktunya kita mulai instalasinya.. kalian hanya perlu menegetikkan “pip install pyinstaller” dengan huruf kecil semua.. seperti pada gambar dibawah ini…


Pastikan penulisannya benar. Setelah sudah di pastikan benar, langsung saja kalian tekan “enter” pada keyboard.. oya.. PASTIKAN PC KALIAN TERHUBUNG ke internet…. Setelah terhubung, maka dengan segera akan melakukan 3 proses download secara berurutan seperti gambar di bawah ini..


3 File yang akan di download tersebut adalah :
  1. Pyinstaller yang cocok dengan PC kalian
  2. Future
  3. Pywin32 (yang cocok dengan Pc kalian)
Setelah proses download nya selesai, maka secara otomatis “pip” akan langsung menginstall 3 file tersebut pada computer anda… seperti gambar di bawah ini…


Tunggu saja proses nya hingga selesai.. hingga terdapat tulisan “Successfully installed future, Pyinstaller, dan pypiwin32” seperti gambar di bawah ini..


Mengecek versi pyinstaller sekaligus mengecek apakah pyinstaller sudah benar - benar terinstal.
Setelah ada tulisan “Success”, JANGAN TUTUP WINDOW COMMAND PROMPT ATAU CMD NYA… sekarang kita kalarifikasi apakah “pyinstaller” benar – benar sukses di install atau tidak.. caranya cukup mudah, kalian tinggal mengecek nya dengan cara mengetikkan “pyinstaller –version” . lalu tekan enter pada keyboard kalian… kalau sudah terinstall maka, akan tampil versi pyinstaller nya seperti pada gambar di bawah ini..


Penjelasan gambar :

  1. Lokasi yang harus kalian tuju untuk mengecek versi pyinstaller kalian. Yaitu “c:\Python27\Scripts”. jika terlanjur di tutup window CMD nya, ulangi langkah – langkah untuk masuk ke folder tersebut di atas tadi ya.
  2. Ketikkan “pyinstaller –version” lalu tekan enter pada keyboard.
  3. Kalau instalasinya sukses, maka akan tampil versi pyinstaller yang terinstall pada PC kalian.

untuk mengubah file python (py) menjadi file executable windows (exe) kalian bisa KLIK DISINI ya.. karena saya juga sudah membuatkannya untuk kalian...

Troubleshooting kegagalan instalasi PyInstaller.

Waktu saya menginstall Pyinstaller ini pada laptop saya, saya menemukan pesan error seperti gambar di bawah ini…


Ternyata mengatasinya cukup mudah.. kita hanya perlu menghubungkan PC kita ke internet.. lalu install lagi.. maka insyaallahs sukse…

Serta, pastikan juga kecocokan versi python kalian ya.. Baik OS dan versi python kalian... Serta perhatikan pengetikan nama folder nya pada Command prompt (CMD).. Gunakan tombol ‘tab’ pada keybord agar nama folder langsung ter cetak tulis.. Atau menampilkan sugesti folder nya..

Contohnya saat kita mengetikkan ‘PyIns’ lalu kita tekan tab.. Maka secara otomatis jika ada nama yang serupa maka akan langsung tertulis ‘PyInstaller’ secara otomatis pada CMD..

Nah, jika ada kegagalan atau eror selain yang saya sebutkan di atas, kalian bisa berkomentar di bawah postingan ini ya..

untuk mengubah file python (py) menjadi file executable windows (exe) kalian bisa KLIK DISINI ya.. karena saya juga sudah membuatkannya untuk kalian...



Nah itu dia temen - temen cara untuk menginstall PyInstaller ini di Windows. Semoga cukup jelas bagi kalian ya... Dan saya harap juga bermanfaat bagi kita semua.. Dan tentunya semoga berhasil tanpa rintangan dan kesusahan yang berarti.. Jangan lupa baca juga cara mengubah py atau file python menjadi exe ya.. Kalian bisa KLIK DISINI untuk membacanya...

Oke, sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Jangan lupa berkomentar ya.. Terimakasih sudah membaca postingan saya kali ini... Mohon maaf apabila ada kesalahan atau ketidak jelasan dalam postingan saya kali ini.. Atau malah membosankan.. Karena terlalu panjang... Tapi, itu merupakan usaha saya untuk merinci dan memperjelas agar kalian paham..

Oke sampai jumpa di postingan saya kali ini.. Jangan lupa baca postingan saya yang lainnya ya... Jangan lupa untuk di share juga.. Sekian dulu dan terimakasih sekali lagi..

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment