Cara membuat GUI window python menggunakan tkinter

assalamualaikum wr.  wb.

jumpa lagi nih temen - temen..  pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai gui atau rampilan dari python dengan menggunakan modul atau library dari Tkinter nih.. namun sebelum saya melanjutkan postingan kali ini, saya mau tanya dulu jih..  sudahkah kalian menginstall python? apa belum? weleh weleh..  tapi tenang saja..  saya sudah membuat tutorial instalasinya kok..  jika kalian tertaik untuk membacanya, kalian bisa mencarinya di blog ini..  atau, lebih mudahnya kalian BISA KLIK DISINI UNTUK MEBACANYA. nah lalu gimana cara install tkinter nya? nah jadi, tlinter ini sudah menjqdi aatu paket dengan bahasa pythonnya..  jadi, kalian tidak perlu menginstallnya lagi ya...

nah setelah kalian menginstall pythonnya, yuk kita lanjut pembahasan postingan pada kali ini..  jadi, pada postingan kali ini saya akan mencobauntuk mengajak kalian membuat sebuah window atau menampilkan sebuah dari library tkinter ini..  jadi hanya menampilkan saja ya..  nah seperti apakah cara menampilkan window dari tkinter ini? susah tidak ya? programnya panjang tidak ya? nah untuk menjawab semua pertanuaan tadi, yuk langsung saja kita simak sama - sama pembahasannya di bawah ini..  let's check it out temen - temen...

cara membuat window GUI python menggunakan Tkinter. 

nah pada sesi ini saya akan mencoba untuk memberikan code program untuk menampilkan sebuah window di python dengan menggunakan library Tkinter.. seperti yang sudah saya katakan sebelumnya ya..  dan perlu kalian ingat dan perlu saya tegaskan...  code program di bawah ini hanya untuk. menampilkan window saja ya..  karena memang postingan ini saya buat untuk dasar dan mungkin pelajaran pertama yang akan kalian dapatkan untuk belajar membuat GUI dari tkinter ini..  yuk langsung saja kita simak sama - sama code programnya di bawah ini...


import tkinter
root = tkinter.Tk()
root.mainloop()


nah itu dia temen - temen code programnya..  cukup simpel ya code programnya..  hehe maklum saja..  itu kan hanya menampilkan window saja..  hehe..  nah lalu seperti apakah tampilan dari program sesimpel itu.. ? yuk kita lihat di screenshoot di bawah ini..



nah itu dia window yang dihasilkan dar screenshoot di atas..  ya cukup lumyan lah ya..  hehe... oke selanjutnya saya akan mencoba menjelaskan code program diatas ya..  hal ini saya lakukan untuk membuat kalian paham dengan program yang saya bagikan diatas.. oke langsung saja ya kita simak sama - sama penjelasan saya di bawah ini..  semoga paham ya..  hehe

import tkinter  //code ini digunakan untuk mengimport tkinternya
root = tkinter.Tk()  //code ini digunakan untuk memanggil “Tk” dari tkinter yang kemudian di simpan ke dalam variabel “root”

root.mainloop()  //code ini digunakan agar windownya tidak langsung close ketika kita jalankan programnya.

nah itu dia penjelasannya... nah gimana setelah melihat penjelasannya?   semoga dari penjelasan diatas dapat membuat kalian semakin paham ya bagaimana jalan programnya..  hehe..

cara mengubah judul judul window tkinter. 

nah setelah kita membuat window dengan program sederhana, maka selanjutnya saya akan mengajak kalian untuk mengubah judul windownya..  nah perlu kalian ketahui sebelumnya, program yang akan saya bagikan selanjutnya ini akan saya buat dalam class dengan metode - metode di dalmanya.. Hal ini saya lakukan agar program kita menjadi rapi.. Nah seperti apakah program nya ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama code programnya di bawah ini..

from tkinter import Tk, Frame
class mengubahJudul(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent,)

        self.tampilan = parent

        self.initUI()

    def initUI(self):
        self.tampilan.title("ini judul nya")


if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    app = mengubahJudul(root)
    root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Cukup panjang juga ya temen - temen setelah kita rubah menjadi programnya menjadi sebuah class.. Nah lalu seperti apakah hasil dari program di atas tersebut ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama hasil nya pada screenshoot di bawah ini...






Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Bisa kita lihat ya disana judul windownya sudah berubah menjadi “ini judulnya” hehe... Nah udah jelaskan temen - temen ? Ya saya rasa sudah jelas ya..

Cara merubah background window menjadi putih.

Nah mungkin window di atas agak kurang enak  ya jika kita lihat.. Nah mungkin dengan window yang berwarna lebih cerah akanmembuatnya semakin enak dilihat.. Meisalnya warna putih.. Nah yuk kita cobak ubah code program diatas agar window nya berubah menjadi warna putih.. Silahkan disimak ya perubahannya di bawah ini..
from tkinter import Tk, Frame, BOTH


class mengubahJudul(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent, background = "white")

        self.tampilan = parent

        self.initUI()

    def initUI(self):
        self.tampilan.title("ini judul nya")
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)
        self.tampilan.geometry("250x150+300+300")

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    app = mengubahJudul(root)
    root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Silahkan coba kalian perhatikan ya.. Apa saja yang saya tambahkan dari kode program sebelumnya... Ya disana saya menambahkan code “background = “white”” lalu “self.pack(fill=BOTH, expand=1)” dan yang terakhir adalah self.tampilan.geometry("250x150+300+300"). Nah silahkan car sendiri ya code programnya temen - temen.. Nah lalu seperti apakah hasil program di atas ketika kita jalan kan ? Yuk langsung saja di simak hasil nya di pada gambar di bawah ini...





Nah itu dia temen - temen hasil nya ..sudah lebih baik ya teme - temen hehe.. Ya saya yakin kalian pun juga merasakan hal yang sama...

Penjelasan code program membuat mengubah membuat window.

Nah setelah kita tau cara membuat windownya, maka selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan code programnya.. Hal ini saya lakukan dengan tujuan agar kalian bisa memahami code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Nah seperti apakah penjelasan yang akan saya kasi kali ini ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya di bawah ini.. let’s check it out guys..



.
from tkinter import Tk, Frame, BOTH  //code ini gigunakan untuk mengimport “Tk”, “Frame”, dan “BOTH” dari library tkinter
class mengubahJudul(Frame):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah class yang akan menampung semua code program untuk membuat windownya. Dan saya beri nama “mengubahJudul”.
    def __init__(self, parent):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode “__init__” yang akan berfungsi sebagai metode yang pertama akan dijalankan ketika class “mengubahJudul” ini kita panggil nantinya.
        Frame.__init__(self, parent, background = "white")  //code ini digunakan untuk membuat class ini menjadi sebuah GUI dengan beberapa parameter yang kita masukkan. Termasuk mengubah backgroundnya menjadi putih.

        self.tampilan = parent  //code ini digunakan untuk menampung nilai “parent” ke dalam variabel “tampil”

        self.initUI() //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “initUI” .

    def initUI(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “initUI” yang akan digunakan untuk menampung semua componen pembuat windownya.
        self.tampilan.title("ini judul nya")  //code ini digunakan untuk mengubah judul dari windownya.
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)  //code ini digunakan untuk membuat sebah layar atau background putih di windownya.
        self.tampilan.geometry("250x150+300+300")  //code ini digunakan untuk mengubah ukuran window nya menjadi “250x150” pixel. yang kemudian di ikuti dengan nilai atau tempat dimana kita menampilkan windownya.

if __name__ == '__main__':  //code ini digunakan untuk mengecek apakah file ini dipanggil atau tidak.
    root = Tk()  //code ini digunakan untuk membuat variabel bernama “root” yang kemudian kita isi dengan “Tk”
    app = mengubahJudul(root)  //code ini digunakan untuk memanggil class “mengubahJudul” yang di beri parameter “Tk” yang berada di dalam variabel “root”.

    root.mainloop()  //code ini digunakan agar window kita tidak langsung close saat programnya kita jalankan.



nah itu dia temen - temen penjelasan saya.. Semoga bisa membuat anda lebih paham mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya tadi.. Dan semoga bisa memhami setiap penjelasan yang ada di atas... Jika belum, silahkan baca kembali secara berulang - ulang ya.. Insyaallah kalian bisa memahaminya dengan baik ya.. Namun, jika memang ada penjelasan yang kurang jelas atau ada pertanyaan, kalian bisa menanya kannya di kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah postingan ini ya...

Oke sampai disini dulu ya temen -  temen postingan saya kali ini.. Terimakasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca postingan saya kali ini... Semoga kalian bisa menambah ilmu kalian dengan membaca postingan kali ini.. Oya mohon maaf ya atas kekurangan yanga ada di potingan kali ini maupun di blog saya ini... Jika kalian berkenan untuk memberikan masukan atau kritk dan saran, kalian bisa menyampaikannya di kolom komentar atau dilaman hubungi kami yang ada di blog ini ya... Oke terimakasih sudah berkunjung.. Minta tolong bantu saya untuk share postingan kali ini ya.. Agar blog saya tetap ramai.. Hehe terimakasih temen temen.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya.. Terimakasih.. Dan sekian dulu...

Wassalamualaikum wr. wb.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment