Cara membuat WIndow GUI python agar tampil di tengah pada PySide

Belajarpython – assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih teman – teman .. pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk melajutkan postingan saya sebelum nya ini... yaitu tentang tutorial membagun sebuah GUI dari PySide yang merupakan library tambahan untuk python. Nah bagi kalian yang belum menginstall PySide dan python, silahkan baca saja pada postingan saya sebelumnya... atau kalian bisa KLIK DISINI. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, postingan ini merupakan kelanjutan dari postingan saya sebelumnya. Yaitu membuat Window atau jendela, lalu mengubah icon window, menambahkan judul, lalu yang terakhir adalah menambahkan button atau tombol. Jika kalian ingin membaca salah satu dari materi di atas, kalian bisa klik pada tulisan materi yang ingin kalian baca.

Nah untuk melanjutkan postingan yang sudah saya sebut kan diatas, saya akan mengisi postingan kali ini untuk membuat window kita agar tampil di tengah layar kita saat menjalankannya. Yuk tanpa lama – lama lagi langsung saja kita simak bahasan saya pada postingan kali ini..,

Program untuk mengubah letak window agar berada di tengah layar pada GUI PySide python.

Tanpa kalian sadari, ketika kita menjalankan progam GUI PySide kita, window nya tidak akan berada pas ditengah layar kita. Jika kalian tidak percaya, silahkan kaliah buktikan sendiri. Jika kalian tidak memiliki code program untuk membuktikannya, kalian bisa mengambil contoh source code nya di salah satu materi yang sudah saya posting. Lebih mudahnya kalian bisa KLIK DISINI. Silahkan salin programnya lalu jalankan. Maka window nya akan berada agak menyamping ke sebelah kiri. Benar tidak ? nah itu sebabnya saya akan membuat window tersebut secara otomatis akan berada di tengah layar kita saat kita jalankan nantinya.

Nah, lalu bagaimanakah cara untuk mengubah nya menjadi di tengah ? yuk langsung saja kita simak sama – sama sorce code atau code program nya di bawah ini...


import sys
from PySide import QtGui, QtCore

class jendela_ditengah(QtGui.QWidget):
    
    def __init__(self):
        super(jendela_ditengah, self).__init__()
        self.jendela()
        
    def jendela(self):
        self.resize(250, 150)
        self.button()
        self.ditengahkan()
        self.setWindowTitle('sudah ditengah')
        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('D:\moham.jpg'))
        self.show()

    def button(self) :
        tombol = QtGui.QPushButton('exit', self)
        tombol.setToolTip('inilah tombolnya')
        tombol.move(80, 60) 
        tombol.clicked.connect(QtCore.QCoreApplication.instance().quit)

    def ditengahkan(self):    
        posisi = self.frameGeometry()
        tengah = QtGui.QDesktopWidget().availableGeometry().center()
        posisi.moveCenter(tengah)

app = QtGui.QApplication(sys.argv)
ex = jendela_ditengah()
sys.exit(app.exec_())


nah itu dia programnya teman - teman... silahkan salin lalu pasti di IDLE atau teks editor lainnya.. seperti notepad, sublime dan lain sebagainya. Tapi jangan lupa simpan dalam ekstensi ‘.py’ ya.. yang menandakan file yang kalian simpan adalah file python. Nah setelah itu silahkan jalankan ya.. dan lihat hasilnya ya... maka kurang lebih tampilannya akan seperti dibawah ini..


Sekarang bisa kita lihat...window kita sekarang sudah berada di tengah yaa... yang artinya program kita sukses sesuai apa yang kit ingin kan..

Penjelasan dari program mengubah letak window agar berada di tengah layar pada GUI PySide python.

dan setelah kita melihat programnya, maka selanjutnya saya akan mempertanggung jawab kan program yang saya bagikan di atas dengan cara menjelaskannya.. oke, langsung saja kita simak penjelasan saya di bawah ini ya..


import sys  //ini digunakan untuk mengimpor sys
from PySide import QtGui, QtCore //ini saya gunakan untuk mengimpor QtGui dan QtCore dari library PySide.

class jendela_ditengah(QtGui.QWidget): //ini merupakan sebuah class untuk membuat sebuah GUI nantinya.. dan saya memberi nama class nya dengan nama “jendela_ditengah”.
   
    def __init__(self): //ini merupakan metode yang akan secara otomatis di jalankan ketika kalian memanggil class “menampilkan _tombol”.
        super(jendela_ditengah, self).__init__() // ini untuk membuat class ini menjadi sebuah GUI.
        self.jendela() //ini digunakan untuk memanggil metode yang bernama jendela. Yang berada di bawah ini.

    def jendela(self): //ini merupakan metode yang saya gunakan untuk membuat sebuah window.
        self.resize(250, 150) //ini digunakan untuk mengatur ukuran dari window yang akan saya buat.
        self.button() //ini merupakan pemanggilan metode “button”.
        self.ditengahkan() //nah ini digunakan untuk memanggil metode “ditengahkan” yang berisi perintah untuk membuat windownya berada di tengah.
        self.setWindowTitle('sudah ditengah')  //untuk mengubah judul dari window yang akan kita tampilkan dengan judul “sudah ditengah”. Kalian juga bisa mengubah judulnya dengan judul sesuka kalian.
        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('D:\moham.jpg')) ini saya gunakan untuk memasang icon dari window nya. Kalian bisa merubahnya sesuai kemauan kalian dengan cara mengganti teks warna merah tersebut dengan lokasi foto yang akan kalian jadikan sebagai icon. Dan harus berformat jpg ya...
        self.show() //ini digunakan untuk menampilkan window yang sudah kita buat tadi. Maksudnya akan ditampilkan ketika program ini di jalankan.

    def button(self) : //ini merupakan sebuah metode yang saya isi dengan program untuk membuat button.
        tombol = QtGui.QPushButton('exit', self) //ini merupakan code program dengan perintah untuk membuat sebuah tombol dengan nama exit.
        tombol.setToolTip('inilah tombolnya') //code ini saya gunakan agar saat pointer menyentuh tombol yang kita buat, maka akan menampilkan sebuah tulisan “ini tombolnya”
        tombol.move(80, 60) //ini saya gunakan untuk memindah tombol yang sudah saya buat tadi.
        tombol.clicked.connect(QtCore.QCoreApplication.instance().quit) //ini saya gunakan untuk membuat tombol nya memiliki perintah. Yaitu untuk keluar dari window atau mengakhiri run programnya.

    def ditengahkan(self): //ini merupakan fungsi atau metode yang menjadi inti dari postingan ini. didalam metode ini memiliki program yang berfungsi untuk membuat windownya berada di tengah layar kita.
        posisi = self.frameGeometry() //ini digunakan untuk mendapatkan ukuran frame dari window atau jendela kita. Yang sudah saya tampung dalam variabel “posisi”.
        tengah = QtGui.QDesktopWidget().availableGeometry().center() //ini saya gunakan untuk mendapatkan nilai atau titik tengah dari layar kita. Dan sudah saya tampung nilainya di dalam variabel “tengah”.
        posisi.moveCenter(tengah)  //code ini merupakan perintah untuk memindahkan window kita ke titik tengah layar kita.

app = QtGui.QApplication(sys.argv)  // ini merupakan code wajib yang harus ada.
ex = jendela_ditengah() //ini digunakan untuk memanggil class “jendela_ditengah”.

sys.exit(app.exec_()) //ini merupakan bagian dari code yang harus ada.


Nah itu dia penjelasan saya mengenai program diatas..  semoga kalian bisa memahaminya dengan mudah ya.. dan semoga kalian tidak bingung.. dan apa bila ada yang bingung, silahkan baca dengan teliti lagi ya.. insyaallah kalian bisa memahaminya dengan baik... dan jika kalian menemukan penjelasan yang kurang jelas, atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa langsung berkomentar pada kolom komentar yang ada di bawah potingan ini.. atau kalian juga bisa langsung menghubungi saya pada laman contact us yang sudah saya sediakan di blog ini.. oya jangan lupa bagikan atau share postingan ini ya.. di akun sosial media yang kalian ingin kan.. siapa tahu ada teman kalian yang membuthkan referensi untuk membangun sebuah GUI dari python yang menggunakan library PySide tentunya.

Sekian dulu ya pertemuan kita pada postingan kali ini.. semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi kalian yang sudah membacanya ya.. dan saya moho maaf atas kekurangan dan kesalahan pada postingan saya kali ini. karena, bagaimanapun, saya juga masih berlajar.. hehe nah tak lupa juga saya sampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Anda.. terlebih bagi kalian yang membaca serta membagikan postingan ini.. saya sampaikan banyak terimakasih.. sekian dulu ya... terimakasih

wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment