Penjelasan kata SELF pada class python

Belajarpython - Assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen... Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengajak kalian mengenal lebih dalam lagi mengenai bahasa pemrograman python. Tapi sebelum itu, saya akan bertanya terlebih duhulu... Sudah kah kalian menginstall python ? Nah jangan - jangan belum install nih..  Hehe.. Nah bagi kalian yang belum install bahasa pemrograman yang akan saya bahas kali ini, tenang saja.. Kalian bisa menginstall nya sekarang juga kok.. Dan kalian tidak perlu bingung tentang bagaimana cara untuk mengnstall nya... Karena saya sudah membuatkan tutorialnya instalasinya..  Nah dimana ? Kalian bisa KLIK DISINI UNTUK MEMBACANYA.

Nah, setelah kalian menginstallnya, yuk sekarang kita lanjut ke pembahasan kita pada postingan kali ini... Jadi, pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai fungsi kata ‘self’ pada class python... Nah mungkin bagi kalian yang pernah membuat atau melihat sebuah class, sudah tidak asing lagi dengan kata ‘self’ ini.. Nah sudah kah kalian tau apa fungsi dari kata self ini ? Nah jika belum, tidak ada salahnya jika kalian membaca postingan saya kali ini.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan kata ‘self’ ini...

Pengertian kata self menurut bahasa indonesia.

Nah sebelum saya menjelaskan apa fungsi dari “self” ini, saya akan mencoba untuk menjabarkan terlebih dahulu arti dari kata “self” itu sendiri.. Mungkin sebagian dari kalian sudah tau apa arti dari self ini.. Namun saya akan tetap menjelaskannya agar lebih memantapkan pemahaman kalian nantinya.. Yuk disimak aja di bawah ini...

Jadi, kata self ini merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa inggris. Yang dalam bahasa indonesia memiliki arti “diri sendiri’. Jadi kalau kita masukkan ke dalam bahasa python, yang memang terdapat di dalam sebuah class, maka dapat kita artikan sebagai “class itu sendiri”.

Nah gimana ? Sudah ada sedikit bayangan atau gambaran kan temen - temen.. Ya saya harap juga begitu yaa.. Untuk lebih membuat kalian paham, yuk lanjut ke pembahasan self yang selanjutnya.. Let’s check it out...

Fungsi kata “self” dalam class di bahasa pemrograman python.

Nah setelah kita mengenal apa arti dari kata “self” ini, maka sekarang saya akan mencoba untuk membahasa mengenai pokok pembahasan kita pada postingan kali ini.. Yaitu fungsi dari kata “self”. Yuk langsung saja di simak pembahasannya di bawah ini..

Jadi fungsi dari “self” ini sebenarnya adalah sebagai sebuah variabel saja yang yang menyatakan kelas itu sendiri. Nah itu sebabnya.. Jika kita ingin memanggil sebuah variabel atau metode di dalam sebuah class, dan metode yang akan kita panggil ada di class itu juga, maka kita memakai kata “self” di depan nama variabel atau metodenya.

Nah jika susah untuk dipahami, saya akan mencoba untu menjelaskannya dengan contoh. Simak di bawah ini ya...

class contoh () :
    def __init__ (self) :
        self.variabel = 0
    def iniMetode (self) : 
        print(self.variabel)
    def panggil (self) :
        self.iniMetode()


Nah bisa kita lihat pada contoh di atas ya temen-temen.. Untuk memanggil sebuah variabel dan sebuah metode yang ada pada dirinya sendiri haruslah di awali dengan kata “self”. Nah berikut saya akan mencoba untuk menjelaskan program di atas dengan penjelasan perbaris... Oke ini dia temen - temen...



class contoh () : #membuat class dengan nama “contoh”
    def __init__ (self) :  #mendekalarasikan variabel “self”
        self.variabel = 0   #mendeklarasikan “variabel”. Menggunakan kata “self” yang menunjukkan bahwa “variabel” merupakan milik dari class “contoh”
    def iniMetode (self) :  #mendeklarasikan sebuah metode
        print(self.variabel)  #mencetak nilai “variabel” dengan di dahului kata “self” yang artinya memanggil memanggil dirinya sendiri kemudian memanggil “variabel”
    def panggil (self) :  #mendeklarasikan sebuah metode

self.iniMetode()   #memanggil metode yang bernama “iniMetode” yang di awali dengan kata self. Yang artinya harus memanggil dirinya sendiri terlebih dahulu. Baru memanggil metode yang ada pada dirinya. Yaitu “iniMetode”



Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program di atas.. Semoga bisa lebih meningkatkan pemahaman kalian ya temen temen..

Oya sebenarnya, penggunaan self ini sebenarnya sama saja pemanggilan metode seperti di bawah ini...

class contoh () :
    def __init__ (self) :
        self.variabel = 0
    def iniMetode (self) :
        print(self.variabel)
    def panggil (self) :
        self.iniMetode()

penampung = contoh()
Penampung.panggil()


Nah sama saja ya.. Jadi, intinya “self” ini hanyalah sebuah variabel yang digunakan untuk menampung dirinya sendiri.. Nah gimana ? Sudah paham kan temen - temen ? Ya saya harap juga begitu ya.. Jika belum silahkan di baca ulang secara perlahan dengan memahami setiap penjelasan yang sudah saya tuliskan diatas...

Bisakah kita merubah kata “self” menjadi kata lain ?

Nah mungkin kita terlalu sering ya mendengar kata “self” ini... Dan mungkin pemikiran kalian pun akan sama seperti apa yang saya pikir dulu.. Ya saya pikir saat itu, self ini merupakan sebuah syntax dari bahasa pemrograman python.. Hal ini di perkuat dengan kata “self” yang merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris.. Sementar syntax bahasa python memang berasal dari bahasa inggris.. Sehingga, karena “self” ini merupakan syntax, maka kata “self” ini saya rasa tidak dapat di ubah.. Jika kita rubah, tentu akan eror yang akan kita dapat kan...

Nah lalu benarkah pemikiran saya ini ? Menurut kalian gimana ? Apakah benar ? Nah sekarang yuk kita buktikan sama - sama dengan langsung menggunakan IDE.. Simak sama - sama ya..

Anggap saja saya telah menulis sebuah class sperti di bawah ini...



Nah sekarang, saya akan mencoba untuk merubah kata self yang pertama.. Yang merupakan awal dari semuanya.. Yaitu di dalam tanda kurung __init__.. Yuk kita lihat hasilnya di bawah ini..



Setelah kita ubah maka kita akan mendapatkan error ya.. Yaitu dengan adanya tanda merah di kata ‘self’ nya..  Nah sekarang kita ubah kata “self” yang eror dengan kata “ubah” seperti di dalam tanda kurung __init__ yuk lihat hasilnya dibawah ini...



Wah tidak error ya... Hehe.. Jadi, kesimpulannya kita harus memberikan minimal satu buah variabel di dalam tanda kurung setiap metode yang ada di kelas... Nah, karena namanya adalah variabel, maka kita bisa menggantinya sesuai apa yang kita inginkan asal sesuai dengan aturan syntax python.. Oya ingat harus ada minimal 1 variabel ya.. Jika tidak maka kita akan mendapatkan error ketika di jalankan.. Jika tidak percaya, langsung saja ya kita buktikan sama - sama di bawah ini..



Nah ternyata error ya temen - temen.. Dan di pesan erronya, terdapata kata - kata “metode harus memiliki parameter pertama. Biasanya di sebut ‘self’ ”. Jadi dari pesan tersebut dapat kita simpulkan jika sebuah metode di dalam class harus memiliki sebuah parameter atau variabel yang akan menampun class nya itu sendiri..




Nah itu dia temen - temen pembahasan kita pada postingan kali ini.. Semoga apa yang sudah saya bahas tadi dapat memberikan penjelasan yang memadai bagi kalian.. Sehingga anda dapat memahami secara lebih jelas tentang fungsi dari kata “self” yang ada di dalam bahasa python. Dan tentu dapat merubah pikiran kalian tentang kata self ini yang tentu dapat kita rubah menjadi kata yang kita inginkan dan tentu saja tidak menyalahi aturan bahasa pemrograman ini..

Oke sekian dulu ya... Semoga penjelasan saya bisa kalian pahami ya... Namun, jika ada yang ingin kalian tanyakan atau ada yang kurang jelas, kalian bisa menanyakannya di kolom komentar yang sudah saya sediakan dibawah postingan ini ya.. Insyaallah saya akan langsung menjawabnya kok.. Hehe

Oya mohon maaf ya jika ada kesalahan atau kekurangan yang ada di postingan ini maupun di blog ini.. Jika anda memiliki kritik dan saran, kalian bisa sampaikan di kolom komentar atau melalui laman hubungi kami yang sudah saya sediakan di blog ini... Oke terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.. Dan terimakasih juga sudah membaca postingan saya kali ini.. Oya minta tolong di share postingan saya kali ini ya.. Agar blog ini tambah ramai hehe..

Oke sekian dulu ya.. Terimakasih..

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment