Cara membuat garis di GUI window python menggunakan Pyside

Belajarpython - assalamualaikum wr. Wb.

Jumpa lagi nih temen - temen... Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas masalah python lagi nih... Lebih tepatnya untuk membuat komponen GUI nya.. Jadi, nanti saya akan mencoba untuk membuat sebuah tampilan atau GUI menggunakan bahasa python. Oya perlu kalian ketahui sebelumnya, untuk membangun GUI ini saya menggunakan library PySide. PySIde ini merupakan sebuah library yang merupakan library tambahan dari python. Sehingga kita harus menginstallnya terlebih dahulu secara terpisah apabila kita ingin menggunakannya...

Nah, sebelum kita melanjutkan pembahasan pada postingan kali ini, saya akan bertanya terlebih dahulu.. Apakah kalian sudha menginstall PySide yang saya maksud ini ? Jika belum, tenang saja... Sebelumnya, saya sudah memposting mengenai cara untuk menginstall library ini... Jika kalian tertarik untuk membaca postingan tersebut, KALIAN BISA MEMBACANYA DISINI. Di sana saya sudah menjelaskan secara jelas mengenai cara menginstall PySide beserta Python versi 2 nya.

Nah, setelah kalian menginstall PySide nya, yuk langsung kita lanjut ke pembahasan mengenai apa yang akan saya bahas pada postingan kali ini... Jadi, pada postingan saya kali ini, saya akan mencoba untuk membuat sebuah garis yang akan saya munculkan di dalam window GUI python yang menggunakan PySide ini... Dan garis yang akan saya tampilkan ini adalah Garis bawah, garis putus - putus dan masih banyak lagi... Yuk tanpa lama - lama lagi, langsung saja kita simak sama - sama postingan saya kali ini...

Cara menambahkan Garis pada window GUI python menggunakan PySide.

Nah seperti yang sudah saya katakan tadi, pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan code program untuk menampilkan sebuah garis pada window kita. Nah sudah tau kan apa yang di namakan garis ? Wah saya yakin semuanya udah pada tau.. Namun, saya tidak hanya akan menampilkan satu macam garis saja.. Melaikan beberapa macam garis.. Seperti apakah macamnya ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk langsung saja kita simak sama - sama code program yang kemudian akan dilanjutkan dengan screenshoot hasilnya..

from PySide import QtGui, QtCore


class pembuatanGaris(QtGui.QWidget):
    def __init__(self):
        super(pembuatanGaris, self).__init__()

        self.initUI()

    def initUI(self):
        self.setGeometry(300, 300, 280, 270)
        self.setWindowTitle('bolpoin styles')

    def paintEvent(self, e):
        garis = QtGui.QPainter()
        garis.begin(self)
        self.pembuatGaris(garis)
        garis.end()

    def pembuatGaris(self, garis):
        bolpoin = QtGui.QPen(QtCore.Qt.black, 2, QtCore.Qt.SolidLine)

        garis.setPen(bolpoin)
        garis.drawLine(20, 40, 250, 40)

        bolpoin.setStyle(QtCore.Qt.DashLine)
        garis.setPen(bolpoin)
        garis.drawLine(20, 80, 250, 80)

        bolpoin.setStyle(QtCore.Qt.DashDotLine)
        garis.setPen(bolpoin)
        garis.drawLine(20, 120, 250, 120)

        bolpoin.setStyle(QtCore.Qt.DotLine)
        garis.setPen(bolpoin)
        garis.drawLine(20, 160, 250, 160)

        bolpoin.setStyle(QtCore.Qt.DashDotDotLine)
        garis.setPen(bolpoin)
        garis.drawLine(20, 200, 250, 200)

        bolpoin.setStyle(QtCore.Qt.CustomDashLine)
        bolpoin.setDashPattern([1, 4, 5, 4])
        garis.setPen(bolpoin)
        garis.drawLine(20, 240, 250, 240)


if __name__ == '__main__':
    import sys
    app = QtGui.QApplication(sys.argv)
    ex = pembuatanGaris()
    ex.show()
    sys.exit(app.exec_())



Nah itu dia temen - temen code programnya... Sebenarnya cukup pendek sih,,,, tapi ya karna saya membuat banyak garis, maka dampakny adalah code program yang terlihat lebih panjang... Nah seperti apakah macam - macam garis yang sudah saya buat menggunakan code program di atas ? Nah untuk menjawab nya, langsung saja ya kita lihat contoh screenshoot hasil GUI dari program diatas pada gambar di bawah ini....




Nah itu dia temen - temen GUI yang dihasilkan dari code program diatas.. Gimana sudah jelaskan apa - apa saja yang saya tambahkan pada window nya... Bisa kita lihat pada screenshoot tersebut.. Yaitu ada 6 macam garis.. Dan untuk penjelasan code programnya anda bisa membacanya di bawah setelah ini....

Penjelasan mengenai Cara menambahkan Garis pada window GUI python menggunakan PySide.

Nah setelah saya memberikan code programnya, maka selanjutnya saya akan membarikan penjelasan mengenai code program yang sudah saya bagikan tersebut. Hal ini tentu sangat berguna untuk menjelaskan code program yang mana yang menghasilkan garis putus - putus dan yang tidak... Nah langsung saja yuk kita simak penjelasan saya mengenai program di atas tersebut...


Nah sebelum masuk ke sesi penjelasan, saya akan terlebih dahulu menampilkan lagi contoh screenshoot hasil dari GUI di atas untuk memudahkan penjelasan saya nantinya... Oke ini dia temen - temen..




from PySide import QtGui, QtCore  //code ini digunakan untuk mengimport “QtGui dan QtCore” dari library PySide.


class pembuatanGaris(QtGui.QWidget):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah class dengan nama “pembuatanGaris”. Dan akan saya gunakan untuk menampung semua code program untuk pembuatan GUI nya nanti.
    def __init__(self):  //code ini merupakan sebuah construktor yang akan dijalankan secara otomatis saat kelas ini di kita panggil nantinya..
        super(pembuatanGaris, self).__init__()  //code ini digunakan untuk membuat class “pembuatanGaris” ini menjadi sebuah class GUI.

        self.initUI()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode yang bernama “initUI”.

    def initUI(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode yang bernama “initUI” dan akan digunakan untuk menampung elemen dari pembuatan windownya.
        self.setGeometry(300, 300, 280, 270)  //code ini digunakan untuk menyetel ukuran window kita menjadi  “280x270” pixel.  Dan akan ditampilkan pada posisi layar 300x300 pixel.
        self.setWindowTitle('bolpoin styles')  //code ini digunakan untuk mengatur judul windownya menjadi “bolpoin styles” dan tentu saja kalian bisa mengubahnya sesuka hati kalian.
    def paintEvent(self, e):  //code ini digunakan untuk menampung semua code program untuk membuat batas awal dan batas akhir garis yang akan kita buat pada window kita nantinya.
        garis = QtGui.QPainter()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah painter pada library PySide. Kemudian saya simpan ke dalam variabel “garis”.
        garis.begin(self)  //code ini digunakan untuk memulai garisnya.a
        self.pembuatGaris(garis)  //code ini digunakan untuk memanggil metode dengan nama “pembuatGaris”.
        garis.end()  //code ini digunakan untuk mmengakhiri garisnya.

    def pembuatGaris(self, garis):  //code ini digunakan untuk menampung semua code program untuk mencetak 6 gari pada contoh screenshoot diatas tadi.
        bolpoin = QtGui.QPen(QtCore.Qt.black, 2, QtCore.Qt.SolidLine)  //code ini lah yang memanggil sebuah garis pada library PySide. Kemudian saya simpan ke dalam variabel “bolpoin”.

        garis.setPen(bolpoin)  //code ini digunakan untuk menentukan bolpoinnya.
        garis.drawLine(20, 40, 250, 40)  //code ini digunakan membuat  panjang garisnya. Untuk lebih memahaminya silahkan ubah - ubah angkanya.

        bolpoin.setStyle(QtCore.Qt.DashLine)  //code ini digunakan untuk membuat membuat garis yang ke 2.
        garis.setPen(bolpoin)  //code ini digunakan untuk menentukan bolpoinnya.
        garis.drawLine(20, 80, 250, 80)  //code ini digunakan membuat  panjang garisnya. Untuk lebih memahaminya silahkan ubah - ubah angkanya.


        bolpoin.setStyle(QtCore.Qt.DashDotLine)  //code ini digunakan untuk membuat membuat garis yang ke 3.
        garis.setPen(bolpoin)  //code ini digunakan untuk menentukan bolpoinnya.
        garis.drawLine(20, 120, 250, 120)  //code ini digunakan membuat  panjang garisnya. Untuk lebih memahaminya silahkan ubah - ubah angkanya.


        bolpoin.setStyle(QtCore.Qt.DotLine)  //code ini digunakan untuk membuat membuat garis yang ke 4.
        garis.setPen(bolpoin)  //code ini digunakan untuk menentukan bolpoinnya.
        garis.drawLine(20, 160, 250, 160)  //code ini digunakan membuat  panjang garisnya. Untuk lebih memahaminya silahkan ubah - ubah angkanya.


        bolpoin.setStyle(QtCore.Qt.DashDotDotLine)  //code ini digunakan untuk membuat membuat garis yang ke 5.
        garis.setPen(bolpoin)  //code ini digunakan untuk menentukan bolpoinnya.
        garis.drawLine(20, 200, 250, 200)  //code ini digunakan membuat  panjang garisnya. Untuk lebih memahaminya silahkan ubah - ubah angkanya.


        bolpoin.setStyle(QtCore.Qt.CustomDashLine)  //code ini digunakan untuk membuat membuat garis yang ke 6.
        bolpoin.setDashPattern([1, 4, 5, 4])  //code ini diguankan untuk mengatur garisnya. Untuk memahaminya, silahkan ubah angkanya dan lihat perubahannya.
        garis.setPen(bolpoin)  //code ini digunakan untuk menentukan bolpoinnya.
        garis.drawLine(20, 240, 250, 240)  //code ini digunakan membuat  panjang garisnya. Untuk lebih memahaminya silahkan ubah - ubah angkanya.



if __name__ == '__main__':  //ini merupakan penyeleksian yang akan menanyakan apakah program ini dipanggil atau tidak.
    import sys  //code ini digunakann untuk mengimpor sys
    app = QApplication(sys.argv) //code ini merupakan code wajib yang harus ada.

    ex = pembuatanGaris() code ini digunakan untuk memanggil class mywidget yang sudah kita buat tadi.
    ex.show()  //code ini digunakan untuk menampilkan window yang sudah kita buat tadi.


  sys.exit(app.exec_()) //code ini digunakan agar window kita tidak langsung close saat kita panggil.




Nah itu dia temen – temen penjelasan saya mengenai code program diatas.. saya harap penjelasan saya bisa kalian pahami dengan mudah.. namun jika kalian menemukan kendala atau ada penjelasan yang kurang jelas kalian bisa menanyakannya pada kolom komentar di bawah potingan ini ya..  atau jika kalian memiliki kritik dan saran, kalian bisa  menyampaikan disana... atau melalui laman Hubungi kami yang sudah saya  sediakan pada blog ini.

Sekian dulu ya temen - temen pembahasan saya pada postingan kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sampaikan tadi, dapat memberikan manfaat serta ilmu yang bermanfaat... Dan terimakasih sudah berkunjung ke blog kecil saya ini.. Jangan lupa minta tolong untuk di share ya temen - temen... Agar blog saya ini tetep hidup.. Dan teriakasih jika kalian sudah share... Oya saya lupa.. Mohon maaf ya apabila ada kekurangan maupun kesalahan pada postingan kali ini.. Maklum saja, saya juga masih belajar.. Hehe.. Sekian..
Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment