cara memilih warna pada GUI window Python menggunakan library PySide

Belajarpython – assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen – temen.. pada kesempatan kali ini saya akan membahas masalah python lagi nih.. lebih tepatnya saya akan mencoba untuk memeberikan sebuah program yang berfungsi  untuk menampilkan dialog atau window yang berfungsi untuk memilih warna...  sehingga kita bisa menggunakannya sesuai keperluan kita nantinya... oya saya lupa.. saya tegaskan lagi ya.. saya membangun GUI dari bahasa python menggunakan library PySide..

Nah apakah kalian sudah tau apa yang di maksud dengan PySide ini ? jadi PySide ini adalah library yang berfungsi untuk membangun sebuah GUI. Namun, karena library ini bukan merupakan sebuah bawaan dari bahasa python, maka untuk menggunakannya, kita harus  menginstallnya secara terpisah dengan bahasa python. Nah satu pertanyaan lagi nih.. sudah menginstall pyside atau belum ? nah jika belum, kalian bisa membaca postingan saya sebelumnya... yaitu TUTORIAL INSTALASI PYTHON DAN PYSIDE.

Nah setelah kita selesai menginstall PySide nya, yuk langsung saja kita simak sama – sama postingan saya dibawah ini... keep spirit guys.. hehe

Cara menampilkan window untuk memilih warna pada window GUI Python menggunakan PySide.

Seperti yang sudah saya katakan sebelum – sebelum nya, pada postingan saya yang satu ini saya akan mencoba untuk membagikan sebuah program yang berfungsi untuk menampilkan window yang berguna untuk memilih warna. Lalu seperti apakah program nya ? dan panjang tidak ya ? hehe... sudah penasaran apa belum nih temen – temen ? yuk tanpa lama- lama lagi langsung saja kita lihat dan simak sama – sama contoh code program nya di bawah ini....

from PySide import QtGui

class pemilihWarna(QtGui.QWidget):
   
    def __init__(self):
        super(pemilihWarna, self).__init__()
       
        self.initUI()
       
    def initUI(self):
        self.penampilWarna()
        self.tombol()
       
        self.setGeometry(300, 300, 250, 180)
        self.setWindowTitle('pemilihan warna')

    def penampilWarna (self) :
        warna = QtGui.QColor(0, 0, 0)

        self.form = QtGui.QFrame(self)
        self.form.setStyleSheet("QWidget { background-color: %s }"
            % warna.name())
        self.form.setGeometry(130, 22, 100, 100)          

    def tombol(self):
        self.tombolPilih = QtGui.QPushButton('pilih warna', self)
        self.tombolPilih.move(20, 50)

        self.tombolPilih.clicked.connect(self.showDialog)
       
       
    def showDialog(self):
        warna = QtGui.QColorDialog.getColor()

        if warna.isValid():
            self.form.setStyleSheet("QWidget { background-color: %s }"
                % warna.name())
       

if __name__ == '__main__':
    import sys
    app = QtGui.QApplication(sys.argv)
    jalankan = pemilihWarna()
    jalankan.show()
    sys.exit(app.exec_())



Nah itu dia temen – temen code program nya... gimana setelah melihat code programnya ? cukup singkat ? atau cukup mudah ? hehe hanya kalian ya yang bisa jawab.. oya setelah melihat code programnya, kalian penasaran tidak dengan GUI yang di hasilkan dari code program di atas ? nah tanpa lama – lama lagi, yuk langsung saja kalian saya bawa untuk melihat hasil GUI nya.. langsung saja kalian lihat screenshoot nya di bawah ini..



Nah itu dia temen – temen hasil screenshootnya... gimana sudah jelaskan ? bisa kita lihat di sana...  pada screenshoot no 1 merupakan window yang akan tampil pertama kali ketika program diatas kita jalankan.. dan pada screenshoot no 2 merupakan screeenshoot dari window yang akan tampil ketika kita mengklik tombol “pilih warna”. Dimana kita lihat disana.. ada banyak pilihan warna yang tersedia disana... dan yang terakhir, yaitu screenshoot yang ketiga adalah hasil pemillihan warnanya.. yang akan ditampilkan pada kotak di samping tombol “pilih warna” tersebut... gimana temen – temen ? sudah jelas kan ? ya saya sudah sangat jelas dan sudah sangat mudah untuk di pahami...

Penjelasan mengenai code program menampilkan window untuk memilih warna pada window GUI Python menggunakan PySide.

Seperti biasa nih temen – temen.. seperti pada postingan saya yang sebelum – sebelumnya...  apa itu ? ya saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. sehingga setiap orang yang membaca program diatas, dapat lebih memahami secara  lebih detail dengan bantua penjelasan tiap line code programnya...  nah dengan begitu saya harap kalian bisa langsung memperaktekkan serta memanfaatkan code program pada postingan kali ini sesuai kebutuhan kalian nantinya... yuk tanpa lama – lama lagi langsung saja kita simak sama – sama pembahasan nya di bawah ini..



    def penampilWarna (self) :  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “penampilNama”. Yang akan saya gunakan untuk menampung code program untuk menampilkan warna.
        warna = QtGui.QColor(0, 0, 0)   //code ini digunakan untuk memanggil sebuah kotak warna dari library PySide. Lalu di simpan ke dalam variabel “warna”.

        self.form = QtGui.QFrame(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuh form dari library PySide. Lalu menyimpannya dalam variabel “form”
        self.form.setStyleSheet("QWidget { background-color: %s }" 
            % warna.name())  //code ini digunakan untuk mengubah warna dari form tadi.
        self.form.setGeometry(130, 22, 100, 100) //code ini digunakan untuk mengatur ukuran form tadi dengan ukuran “100x100” pixel dan ditempatkan pada posisi  “130x22” pixel padawindow yang akan kita tampilkan nantinya.

    def tombol(self):  //code ini digunakan untuuk membuat sebuah metode dengan nama “tombol” dan aka digunakan untuk menyimpan setiap code program untuk membuat sebuah tombol.
        self.tombolPilih = QtGui.QPushButton('pilih warna', self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah tombol dari library PySide lalu saya simpan ke dalam variabel yang bernama “tombolPilih”
        self.tombolPilih.move(20, 50) //code ini digunakan untuk memindahkan tombol  yang ada dalam variabel “tombolPilih” ke lokasi “20x50” pada window yang akan kita tampilkan nantinya.

        self.tombolPilih.clicked.connect(self.showDialog)  //code ini digunakan untuk menghubungkan tombol ini dengan metode yang bernama “showDialog”


    def showDialog(self): //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode yang bernama “showDialog” yang digunakan untuk menampung code program untuk menampilkan color dialognya.
        warna = QtGui.QColorDialog.getColor() //code ini digunakan untuk memanggil color dialognya dari library PySide. Lalu menampung hasil pilihannya ke dalam variabel “warna”

        if warna.isValid():  //code ini digunakan untuk mengecek apakah pilihan kita bernilai valid atau tidak.
            self.form.setStyleSheet("QWidget { background-color: %s }"
                % warna.name())   //code ini digunakan untuk mengubah form dengan warna yang sudah kita pilih

if __name__ == '__main__':  //ini merupakan penyeleksian yang akan menanyakan apakah program ini dipanggil atau tidak.
    import sys  //code ini digunakann untuk mengimpor sys
    app = QApplication(sys.argv) //code ini merupakan code wajib yang harus ada.

    jalankan = pemilihWarna() //code ini digunakan untuk memanggil class mywidget yang sudah kita buat tadi.
    jalankan.show()  //code ini digunakan untuk menampilkan window yang sudah kita buat tadi.


 sys.exit(app.exec_()) //code ini digunakan agar window kita tidak langsung close saat kita panggil.


Nah itu dia temen – temen penjelasan saya mengenai code program diatas.. saya harap penjelasan saya bisa kalian pahami dengan mudah.. sehingga dapat mewujudkan harapan yang sudah saya katakan sebelumnya...  namun jika kalian menemukan kendala atau ada penjelasan yang kurang jelasm kalian bisa menanyakannya pada kolom komentar di bawah potingan ini ya..  atau jika kalian memiliki kritik dan saran, kalian bisa  menyampaikan disana... atau melalui laman Hubungi kami yang sudah saya  sediakan pada blog ini.
Oke sekian dulu ya temen – temen pembahasan saya pada postingan kali ini.. semoga apa yang sudah saya bagikan pada postingan kali ini, bisa memberikan manfaat bagi kalian yang membacanya.. tapi jangan lupa di share ya temen – temen ... hal itu tersebut sebagai support bagi saya yang kerjaannya tiap hari ngetik.. hehe.. dan agar blog ini bisa rame juga...   oya mohon maaf ya atas kekurangan dan apabila yang kuran jelas maupun kesalahan pada postingan saya kali ini... dan mohon maklum ya.. karena saya masih belajar... sekian....

Wassalamualaiakum wr. Wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment