Cara membuat window tkinter seperti buku kotak

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk megajak kalian untuk belajar GUI atau tampilan bahasa pemrograman python nih.. Dan tentu saja saya akan menggunakan modul tkinter untuk belajar tampilan python tersebut. Namun sebelum kita melanjutkan postingan kali ini, kalian harus mengistall bahasa pemrogramannya dulu ya.. Tentu saja bahasa python temen - temen... Kalian udah install belum nih ? Nah bagi kalian yang berlum install, di install dulu ya temen - temen.. Kalian bisa mendapatkan file instalasinya pada situs atau laman resmi nya python ya.. Yaitu di Https://python.org/download yaa...

Namun jika kalian membutuhkan sebuah bimbingan instalasinya, kalian tidak perlu khawatir ya.. Karena saya sudah menyiapkan postingan yang khusus membahas mengenai cara untuk melakukan proses install dari bahasa pemrograman python ini... Nah jika kalian tertarik untuk membaca postingan yang saya maksud tadi, KALIAN BISA KLIK DISINI YA temen - temen.... Dan silahkan install dengan mengikuti setiap instruksi yang sudah saya sediakan tersebut ya....

Nah setelah kalian install python nya, yuk kita lanjut lagi potingan kita kali ini.. Jadi. Seperti yang sudah saya katakan tadi ya... Kita aka belajar mengenai tampilan dari python 3 yang tentu saja menggunakan modul tkinter... Dan pada postingan kali ini saya akan membuat sebuah tampilan dimana window nya akan saya buat memiliki garis kotak - kotak seperti layaknya sebuah kotak matematika pas SD kelas satu itu ya.. Udah tau dong seperti apa ? Ya saya yakin kalian udah tau ya.. Nah jika belum, makanya simak postingan saya kali ini ya... Let’s check it out temen - temen..

Cara membuat window agar tampil seperti buku kotak di window tkiner python 3.

Nah saya akan mencoba untuk memberikan cara untuk membuat window agar tampil kotak - kotak pada window tkinter python 3 pada segment yang pertama ini.. Agar kalian tidak terlalu lama untuk menahan rasa penasaran.. Hehe.. Namun., sebelum saya menampilkan hasilnya, tentu saja saya akan menampilkan cara membuatnya terlebih dahulu ya.. Ya walaupun saya hanya akan langsung memberikan code programnya saja ya... Tapi tenang saja nanti pada segment terakhir saya akan mencoba untuk menjelasakan code programnya...

Nah tan pa lama - lama lagi, yuk langsung saja kita lihat dan simak sama - sama code program nya di bawah ini.. let’s check it out temen - temen..


from tkinter import *

class BuatKotak():
    def __init__(self):
        self.buatCanvas()
        
    def buatCanvas(self):
        kanvas = Canvas(master, width=200, height=200)
        kanvas.pack()
        self.pembuatKotak(kanvas, 12)
    def pembuatKotak(self, canvas, jarak):
       for x in range(jarak,200,jarak):
          canvas.create_line(x, 0, x, 200)
       for y in range(jarak,200,jarak):
          canvas.create_line(0, y, 200, y)
            
master = Tk()
BuatKotak()
mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Cukup pendek sekali ya... Dan bisa di tambahin banget. Hehe.. Ya karena di sana saya menggunakan dua perulangan ya.. Dan itu juga yang berperan untuk memperpendek code program ini.. Hehe.. Nah lalu seperti apa ya kira - kira tampilan dari code program di atas ketika saya jalankan ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama hasilnya pada gambar yang ada di bawah ini..



Nah itu dia temenn - temen tampilannya.. Mengingatkan kita saat jaman SD dulu ya.. Saat kita menggunakan buku kotak untuk belajar berhitung atau matematika dasar.. Bener tidak ? Hehe nah sebenarnya, saya membuat kotak - kotak  tersebut dengan menggunakan banyak garis yang saya buat secara berulang dengan perulangan dan dengan jarak yang teratur tentunya.. Dan saya membuatnya menjadi dua bagian... Yaitu bagian vertikal dan horixontal... Sehingga menghasilkan tampilan kotak - kotak seperti itu.. Nah gimana ? Udah taukan rahasianya ? Ya cukup sederhana ya cara membuatnya.. Dan saya harap dapat berguna bagi kegiatan programing kalian nantinya ya.. Amin..


Penjelasan code program untuk membuat window agar tampil seperti buku kotak di window tkiner python 3.

Nah seperti yang sudah saya janjikan tadi ya temen - temen.. Yaitu untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan diatas tadi.. Nah hal ini saya lakukan agar kalian paham akan code program yang sudah saya bagikan di atas ya.. Dan dengan begitu, saya harap kalian dapat memperaktekkannya pada program kalian nantinya.. Nahh sperti apa ya kira - kira penjelasannya ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya mengenai code program tersebut di bawah ini.. Silahkan simak dan pahami secara perlahan -- lahan.. Agar kalian paham ya.. Hehe let’s check it out temen - temen...



from tkinter import *  //code ini digunakan untuk mengimport semua class yang ada dimodul tkinter.

class BuatKotak():  //code ini digunakan untuk membuat sebuah class dengan nama “BuatKotak” yang tentu saja akan saya gunakan untuk menampung semua code program untuk menampilkan window dan elemen - elemennya.
    def __init__(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah konstruktor dari class “BuatKotak” ini.
        self.buatCanvas()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “buatCanvas”.

    def buatCanvas(self):  //code ini digunakan untuuk membuat sebuah metode dengan nama “buatCanvas” yang digunakan untuk menampung semua code program untuk memanggil canvas dari tkinter.
        kanvas = Canvas(master, width=200, height=200)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah “canvas” dari modul tkinter dengan ukuran “200x200” pixel yang kemudian di tampung ke dalam variabel “kanvas”.
        kanvas.pack()  //code ini digunakan untuk memasukkan “canvas” yang ada di dalam variabel “kanvas” ke dalam window. 
        self.pembuatKotak(kanvas, 12)  //code ini digunakan unuk memanggil metode dengan nama “pembuatKotak”. Dengan memasukkan “Kanvas” sebagai parameter dan juga angka 12 yang akan digunakan untuk mendefinisikan jarak antar garisnya.
    def pembuatKotak(self, canvas, jarak):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “pembuatKotak”. Dengan memerlukan dua buah parameter.
       for x in range(jarak,200,jarak):  //code ini digunakann untuk membuat sebua perulangan untuk membuat garis berulang - ulang.
          canvas.create_line(x, 0, x, 200)  //code ini digunakan untuk membuat garis horizontaalnya.
       for y in range(jarak,200,jarak):  //code ini digunakann untuk membuat sebua perulangan untuk membuat garis berulang - ulang.
          canvas.create_line(0, y, 200, y)  //code ini digunakan untuk membuat garis vertikalnya.

master = Tk()  //code ini digunakan untuk menampilkan window tkinternya,
BuatKotak()  //code ini digunakn untuk memanggil class dengan nama “BuatKotak” yang sudah kita buat tadi..

mainloop()  //code ini digunakan untuk membuat agar window yang kita tampilkan tidak langsung clos secara otomatis saat kita tampilkan.



Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment