Cara mengubah file python (*.py) menjadi file executable linux

BelajarPython - Assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi temen - temen.. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutrorial lagi nih... Dimana tutorial kali ini berkaitan dengan library python yang bernama “PyInstaller”. Jadi, jika kalian belum install, silahkan install dulu ya.. Tenang saja.. Saya sudah membuatkan tutorialnya kok.. Kalau kalian mau baca, KALIAN BISA KLIK DISINI ya temen - temen..

Jadi, seperti judul di atas, pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai cara untuk mengubah file Python (*.py) menjadi file executable pada linux...

Tanpa lama - lama lagi, langsung saja yuk kita simak sama - sama postingan saya kali ini...

Apa itu executable file di linux ?

Nah sebelum kita mulai tutorial nya, disini saya akan sedikit mengulas tentang apa yang dimaksud dengan “executable file”.. Hal ini saya lakukan agar bagi kalian yang belum tau, bisa sedikit punya gambaran nantinya...

Jika kita translate dari bahasa indonesia, “executable file” memiliki arti “file eksekusi”.  Jadi, executable file ini bisa saya katakan sebagai sebuah file yang siap di eksekusi. Jadi, nantinya, kita tinggal klik saja pada filenya, maka program akan langsung berjalan.

Sebenarnya, file executable merupakan kode mesin yang telah di terjemahkan dari souce code/kode program. Sehingga, CPU dapat langsung meng eksekusinya tanpa di terjemah lagi.

Code porgram python yang di import atau di kaitkan seperti “library”, nantinya akan dimasukkan juga ke dalam “executable file” nya juga secar otomatis..

(Baca juga : CARA MENGUBAH FILE PYTHON (py) MENJADI FILE EXECUTABLE (exe) WINDOWS)

Cara mengubah file python (*.py) menjadi file executable di inux.

Nah setelah kita tau apa yang dimaksud dengan file executable ini, maka selanjutnya saya akan langsung mengajak kalian untuk mengubah file python (*.py) menjadi file executable. Namun, disini saya wajibkan kalian untuk menginstall PyInstaller terlebih dahulu ya.. Jika kalian belum install, tenang saja.. Karena saya sudah membuatkan tutorial instalasinya.. Jika mau baca, KALIAN BISA KLIK DISINI ya...


1. Membuat folder.

Setelah itu, sekarang kalian buka file explorer kalian ya temen - temen... Lalu buka folder bawaan linux kalian.. Yaitu “Documents” lalu buat folder baru.. Terserah kalian mau di kasi nama apa.. Tapi disini saya memberi nama foldernya “belajarPython”.. Kalau bingung, bisa lihat gambar dibawah ini..



Lokasi di atas adalah saran saya.. Kalian juga bisa merubahnya sesuai lokasi yang kalian inginkan.. Namun lokasi di atas saya pilih karena alasan kemudahan nya...


2. Memindahkan file python yang akan diubah.

Setelah itu, pindahkan file python yang akan kalian ubah menjadi file executable kedalam folder yang telah kita buat tadi... Seperti pada gambar di bawah ini..



3. Membuka terminal dan masuk ke folder yang telah kita buat.

Nah setelah kita pindahkan filenya, sekarang kita buka terminal linux nya ya.. Lalu masuk ke folder yang sudah kita buat tadi... Salahkan lihat gambar di bawah ini...



Oke, sekarang saya akan menjelasakan gambar di atas...

  1. Lokasi “path” saat terminal baru dibuka
  2. Untuk menuju home, silahkan ketik “cd” lalu tekan enter pada keyboard..
  3. Lokasi path sedang berada di home.
  4. Setelah itu ketik “cd Documents/” dan tekan enter lagi pada keyboard..
  5. Lokasi path terminal sekarang ada di ‘Documents’. 
  6. Lalu ketik “cd belajarPython/” dan tekan enter... “belajarPython” tersebut sesuai nama folder yang kalian buat tadi ya..
  7. Sekarang terminal sudah ada di posisi path yang kita inginkan.. Yaitu di folder yang sudah kita buat tadi..

4. Proses pengubahan file python (*.py) menjadi file executable.

Setelah itu, kalian ketik “pyinsaller -F jam\ digital.py”. Lalu langsung saja tekan enter... Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.. Note : tanda “\” digunakan karena nama file saya ada karakter spasinya



Langsung saja kalian enter, maka prosesnya akan langsung berjalan secara otomatis.. Seperti gambar di bawah ini...



Tunggu hingga selesai.. Yang di tandai dengan munculnya path kembali sperti yang sudah saya tunjuk dengan panah hijau pada gambar di atas...

5. Melihat hasil pengubahan.

Dan setelah seesai, kita kembali ke file explorer kalian... Maka di dalam folder yang kita buat tadi, ada beberapa folder baru dan sebuah file seperti pada gambar di bawah ini...



Nah, sekarang waktu nya kita mencari file executable nya... Yaitu foldernya berada di folder “dist”. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini...



Nah gimana? Sudah ketemu belum ? Pasti ketemu deh.. Hehe..

Mencoba file executable

Sekarang langsung kalian klik dua kali untuk membuka file tersebut... Maka dengan segera hasilnya akan sama seperti saat kita menjalankan code program file python nya... Bedanya, disini kita tinggal klik saja... Dan hasil file saya adalah seperti di bawah ini...



Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Yaitu sebuah jam analog.. Jika kalian tertarik untuk membuatnya, saya sudah memposting code programnya kok.. KLIK DISINI untuk mendapatkan code program nya ya.. Hehe

Oya, jika ada masalah atau ada yang kurang jelas, kalian bisa berkomentar saja pada kolom komenter ini ya... Dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam postingan saya kali ini.. Dan maaf juga apabila postingan nya terlalu panjang dan membosankan.. Karena ini termasuk usaha saya untuk menjelaskan nya secara jelas dan rinci..


(Baca juga : CARA MENGUBAH FILE PYTHON (py) MENJADI FILE EXECUTABLE (exe) WINDOWS)


Nah itu dia temen - temen proses atau langkah - langkah untuk mengubah file python ini menjadi file executable di OS Linux Ubuntu... Gimana ? Cukup mudah kan? Iya mudah dong.. Hehe.. Semoga dalam proses mencobanya, tidak ada halangan dan kesulitan yang berarti ya.. Sukses terus dan baca juga tutorial saya yang lainnya...

Oke, sekaian dulu ya postingan saya kali ini... Semoga apa yang teala saya sampakan di atas, dapat bermanfaat bagi kalian dan juga saya... Jangan lupa kasi kritik dan saran kalian pada kolom komentar di bawah ini ya.. Baik mengenai postingan ini maupun blog ini... Terimakasih temen - temen... Sekian dulu ya...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment