Program form mahasiswa menggunakan dictionary

hai.. assalamualaikum wr. wb. jumpa lagi bersama sayaa..

pada kesempatan kali ini saya akan sebuah contoh program seperti form  untuk memasukkan nim. nama dan asal mahasiswa. codingan ini merupakan contoh sederhana dari pengisian form sederhana. saya katakan sederhana, karena dalam program dalam postingan ini saya tidak menggunakan GUI atau graphic user interface. sehingga hanya akan menampilkan sebuah teks saja.

jadi, code ini saya bagikan hanya untuk contoh saja. kalian bisa mengembangkannya menjadi lebih kompleks lagi. seperti contohnya adalah dengan memberikan tambahan GUI atau design aplikasi. selain itu, kalian juga dapat menambahkan tambahan - tambahan lainnya.

oya, hampir lupa. dalam code ini saya memanfaatkan dictionary pada python. apa itu dictionary pada phyton? kalian bisa mencari tau di google. karna sudah banyak penjelasan disana. namun agar kalian tidak kerepotan, saya akan mencoba menjelaskan singkat saja.

penjelasan mengenai dictionary.

dictionary pada python merupakan sebuah type data yang mirip seperti list atau di java disebut sebagai array. namun cara untuk mengaksesnya sangat jauh berbeda. karena, pada list kita hanya perlu menggunakan indeks nya saja. contoh "list[2]". sedangkan pada dictionary menggunakan kunci key. contoh nya adalah "nim". untuk lebih jelasnya silahkan cari di code di bawah. dan atau bisa mencarinya di google.

nah, sebenarnya saya membuat tugas ini karena pada saat open requitment untuk menjadi warga lab di jurusan saya. saat itu saya di tugaskan untuk membuat program form mahasiswa yang diwajibkan menggunakan dictionary. nah pada saat itu saya gagal menyelesaikan program ini. karena jujur, tes ini di laksanakan saat awal - awal masuk kuliah di semester 2. karena di semester 1 saya menggunakan bahasa java. sementara di tes saat itu malah menggunakan python. sehingga hal tersebut sangat tidak berpihak kepada saya.

bayangkan saja, saat itu saya menulis program ini sambil melihat dokumentasi dari bahasa python. yaa.. saat tes itu berlangsung saya masih belajar syntak dari bahasa pemrograman yang satu ini. ya walaupun sebenarnya ini salah saya juga sih.. karena saya tidak belajar sebelum tes ini berlangsung. dan sebelumnya, saya pun sudah  mendapatkan materi pengenalan tentang bahasa python. jadi saya sadar jika ini salah saya..

code program form mahasiswa.

eh kok jadi curhat ya... hehe yuk langsung saja kita balik lagi ke point utama kita. yaitu "program form data mahasiswa menggunakan dictionary". oke berikut saya bagikan source code sederhana :


nim = []
nama = []
asal = []

pilihan = 1
while pilihan != 0 :
    print ("1. masukan data.")
    print ("2. tampilkan data.")
    print ("3. hapus data.")
    print ("0. exit.")

    pilihan = int(input("masukan pilihan anda : "))
    print('')
    print('')
    print('')
    if pilihan == 1 :
        masnim = input("masukan nim : ")
        nim.append({'nim' : masnim})
        masnama = input("masukan nama : ")
        nama.append({'nama' : masnama})
        masasal = input("masukan asal : ")
        asal.append({'asal' : masasal})
        
        
    elif pilihan == 2 :
        penentu = True
        for i in range (len(nim)) :
            if penentu :
                print ("nim\tnama\tasal")
            print (nim[i]['nim'],'\t',nama[i]['nama'],'\t',asal[i]['asal'])
            penentu = False
            
    elif pilihan == 3 :
        masnim = input("masukan nim : ")
        for i in range (len(nim)) :
            if masnim == nim[i]['nim'] :
                print (i)
                del nim[i]
                del nama[i]
                del asal[i]
                break
    print('')
    print('')
    print('')
    



nah itu dia code nya.. cukup pendek ya... itulah kelebihan dari bahasa python ini. dan setelah saya mengenal bahasa pemrograman ini, saya malah lebih suka bahasa pemrograman ini dari pada java.

Screenshoot hasil running code program form mahasiswa.

oya berikut saya sertakan beberapa screenshoot saat program ini di jalankan. ini diaa...




keterangan nya adalah seperti di bawah ini...
  1. ketika program digunakan untuk menambah mahasiswa.
  2. ketika kita ingin menampilkan data yang sudah masuk kedalam program.
  3. ketika kita akan menghapus data mahasiswa yang ada.



nah itu dia contoh screenshoot program ini. kalian dapat copy dan paste program di atas pada IDLE python maupun compiler python yang lainnya. setelah itu kalian dapat langsung menjalankannya. jika ada yang ingin ditanyakan atau sedikit ada yang error, silahkan berkomentar dibawah postingan ini ya temen-temen,. apabila saya bisa, insyaallah saya jawab.

namun, sebelum saya membagikan code ini, saya telah menge tes program ini terlebih dahulu.. jadi, kecil kemungkinan ada error di dalamnya.. dan code ini sudah saya kumpulkan sebagai tugas saya... namun semua itu tidak akan menutup kemungkinan adanya sebuah masalah atau error..


nah, sekian dari saya dan mohon maaf atas kekurangannya. karena saya masih Newbie. oya jangan lupa dibagikan dan di share ya... terimakasih wassalamualaikum wr. wb. :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment