Contoh program pembalik kata atau teks


Haii... assalamaualaikum wr. wb. jumpa lagi dengan saya..

di kesempatan kali ini saya akan membagikan source code atau kodingan untuk membalikkan sebuah teks atau kata. untuk tujuan dari program ini sebenarnya hanya tugas praktikum saja. namun, tidak ada salah nya saya bagikan di blog saya.. ya siapa tau ada yang membutuhkannya dan dapat bermanfaat tentunya.

penjelasan secara umum mengenai program pembalik kata 

nah, program ini saya buat dengan menggunakan bahasa python sehingga jangan kaget jika progrmnya sangat pendek. yaitu hanya ada empat belas (14) baris saja. nah untuk contoh dari program ini ketika dijalankan adalah, jika kita memasukkan teks "saya" maka akan menghasilkan output "ayas" begitupun seterusnya. semuanya akan dibalik walaupun panjang teksnya.

ya walaupun secara realita, program ini tidak terlalu besar manfaatnya.. namun, cukup bermanfaat untuk mengasah logika saya dan temen - temen sekalian.. ya walaupun tidak besar manfaatnya bagi kehidupan, ya semoga membantu dalam proses belajar saya dan temen - temen sekalian..

Code program pembalik kata atau teks

nah langsung saja ya kita ke point utama postingan kali ini... yaitu "contoh program pembalik kata dalam kata dalam bahasa python". oke.. ini dia program nya..


def revString(mystr) :
    stakku2 = []
    penghitung = len(mystr)
    a = 1
    while a <= penghitung :
        b = a*(-1)
        stakku2.append(mystr[b])
        a =a+1
    cetak = ''
    for i in range (len(stakku2)) :
        cetak += stakku2[i]
    return cetak

pembalikan = (input ('masukan kata untuk di balik : '))
print ('hasil pembalikan : ',revString(pembalikan))



nah itu dia contoh programnya.. program tersebut merupakan program versi saya.. dan mungkin akan berbeda jika apabila ada yang membuat program tentang hal yang sama...


screenshoot hasil running Code program pembalik kata atau teks.

oya.. berikut saya sertakan screenshoot hasil running program ini.. ya sekalian untuk bukti jika program ini bisa di jalankan tanpa error.. hehe oke.. ini dia hasil eksekusi program nya..



nah itu dia hasil screenshoot program ini. silahkan kalian coba ya... saya jamin sukses dan saya yakin tidak ada error. ya walaupun tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya error, tapi kemungkinannya sangat kecil. karena saya sudah mencoba program ini sebelumnya. jadi saya yakin tidak ada error di dalamnya. kecualia kalian merubah susunanya.


oya kalian dapat copy dan paste program di atas pada IDLE atau compiler python lainnya dan langsung dapat menjalankannya. jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar dibawah. apabila saya bisa, insyaallah saya jawab. sekian dari saya dan mohon maaf atas kekurangannya. karena saya masih Newbie. oya.. jangan lupa di bagikan ke temen - temen kalian ya... terimakasih wassalamualaikum wr. wb. :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment