Contoh program pengecek kata palindrom

haii.. assalamualaikum wr. wb. jumpa lagi dengan saya...
pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi source code lagi. ya. kali ini saya akan membagikan source code atau kodingan untuk mengecek suatu teks atau kata  yang bersifat palindrom atau tidak. code ini jauh lebih singkat dari pada sebelumnya. namun, pada code ini tidak menggunakan kelas deque yang terdapat  pada sebelumnya.

sehingga, code padapostingan ini akan jauh lebih singkat dari pada yang menggunakan kelas deque seperti pada postingan pengecek kata palindrom sebelum nya yang menggunakan class deque. dan berbeda pada postingan sebelumnya, pada postingan kali ini saya juga menghitung spasi yang ada di dalam teks yang akan di masukkan dalam program ini. sehingga ada spasi satu saja di dalam teks yang di inputkan, maka akan mempengaruhi hasil dari program ini.

Penjelasan umum mengenai code program pengecek kata palindrom.


postingan ini saya buat saat saya masih semester dua dulu... dan karena ada pada modul praktikum saya, maka saya harus membuat program ini.. nah dari pada program ini terlupakan dan tidak berguna, maka alangkah lebih baiknya apabila saya mebagikan program ini kepada teman -teman yang membutuhkannya.

(Baca juga : contoh program pengecek kata palindrom dengan class deque)

jadi, saya harap dengan adanya postingan ini, temen - temen yang membutuhkan referansi akan sangat terbantu dengan adanya program yang murni saya buat sendiri ini. kalian juga bisa mengembangkan program ini sesuka kalian.. kalian bisa memodifikasi nya untuk menghasilkan output yang kalian inginkan.

Code program pengecek kata palindrom.

oya yuk kita balik lagi ke topik utama atau pokok bahasan di postingan saya kali ini.. yaitu  "contoh program pengecek kata palindrom". oke langsung saja saya bagikan contohnya.. ini dia code nya...


def cekpalindrom (teks) :
    list = []
    belakang = ''
    depan = ''
    indikator = True
    for i in range (len(teks)) :
        if teks[i] != ',' and teks[i] != '.' and teks[i] != "'" and teks[i] != '"' and teks[i] != '!' and teks[i] != '?' and teks[i] != ' ' :
            list.append(teks[i])
    while len(list) > 1 and indikator  :
        depan += list.pop(0)
        belakang += list.pop()
        if belakang != depan :
            indikator = False
    if indikator :
        print(teks, "adalah kata palyndrom.")
    else :
        print(teks, "bukan kata palyndrom.")


a = input('masukkan teks : ')

print('hasil : ')
cekpalindrom (a)

Nah itu dia program nya.. hehe cukup mudah dong untuk di pahami.. hehe.. ya program ini masih dasar.


Hasil running code program pengecek kata palindrom.

oya .. berikut saya lampirkan hasil screenshoot ketika program ini dijalankan.. baik kata palindrom maupun kata yang buka palindrom.. oke.. langsung saja ya... ini diaa...

(Baca juga : contoh program pengecek kata palindrom dengan class deque)




nah itu dia hasil screenshoot nya.. oya .. kalian bisa meng copy lalu paste program di atas pada IDLE python maupun compiler python yang lain selain IDLE. kemudian dapat langsung menjalankannya.

nah jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang error, silahkan berkomentar dibawah postingan ini ya.... apabila saya bisa, insyaallah saya jawab.  namun, sebelum saya bagikan code ini, saya sudah test kodingan ini. sehingga kecil kemungkinan ada kejadian error. kecuali kalian merubah isi dari code diatas. hal tersebut akan membuat kemungkinan error menjadi besar.

(Baca juga : contoh program pengecek kata palindrom dengan class deque)

oya.. sekian dlu ya pada postingan kali ini.. mohon maaf atas kekurangannya. karena saya masih Newbie.. oya jangan lupa berkomentar di bawah ini ya.. dan bila perlu, minta tolong di bagikan ya postingan ini.. siapa tau bermanfaat bagi temen kalian.. hehe. terimakasih wassalamualaikum wr. wb. :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment