contoh program pengecek kata palindrom dengan deque

Haii... assalamualaikum wr. wb. jumpa lagi dengan sayaa...
pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah contoh program yang memanfaat class deque. apa itu deque ?  berikut saya akan menjelaskan apa itu deque. "deque merupakan list yang memiliki aturan dapat menambah maupun menghapus elemen dari depan dan belakang". mungkin, bagi kalian, penjelasan saya akan sangat ngawur dan tidak dapat menjelaskan apapun. namun bagi yang sudah biasa belajar tentang python, akan langsung tau dan paham. ya untuk lebih memahami, apa itu deque, kalian bisa mencarinya di google. saya yakin sudah banyak yang membahas dan mengartikan apa itu deque.

nah pada program kali ini saya menggunakan class deque untuk pengecekan kata palindrom dan mengabaikan spasi. contohnya, jika kita memasukkan kata "ma   lam" maka akan terdeteksi sebagai kata palindrom. walaupun di tengah kata malam terdapat spasi, kata tersebut tetap akan terdeteksi kata palindrom. karena saya mengabaikan spasinya. code ini tentu lebih panjang  karna menggunakan class deque. tentu akan lebih singkat apabila tidak menggunakannya.

Code program pengecekan kata palindrom dengan Deque

nah.. tanpa panjang lebar langsung saja saya bagikan. berikut source code nya...


class Deque :   
    def __init__(self):
        self.items = []  
    def isEmpty(self):
        return self.items == []  
    def addFront(self, item):
        self.items.append(item)  
    def addRear(self, item):
        self.items.insert(0,item)  
    def removeFront(self):
        return self.items.pop()  
    def removeRear(self):
        return self.items.pop(0)  
    def size(self):
        return len(self.items)
    def cetak(self) :
        for i in range (len(self.items)) :
            print(self.items[i])
 
def pengecekpalindrom(teks):
    d = Deque()  
    for i in range (len(teks)):
        if teks[i] != ' ' :
            d.addRear(teks[i])
  
    samaatautidak = True
    while d.size() > 1 and samaatautidak:
        kepala = d.removeFront()
        ekor = d.removeRear()
        if kepala != ekor:
            samaatautidak = False
    return samaatautidak

teks = input("silahkan masukan teks : ")

if pengecekpalindrom('ma lam') :
    print("kata '",teks,"' merupakan kata palindrom.")
else :
    print("kata '",teks,"' bukan kata palindrom.")





Hasil running code program pengecek kata palindrom dengan deque.

nah, berikut saya akan memberikan screenshoot ketika program ini di jalankan..



  1. jika kata yang kita masukkan adalah kata palindrom, maka hasilnya akan seperti yang di tandai no 1 di atas...
  2. kemudian, jika kata atau teks yang saya masukkan bukan merupakan kata palindrom, maka akan tampil output seperti pada gambar no. 2..


nah itu dia hasil running program ini.. ya bisa di bilang cukup sinpel sih.. ya namanya juga belajar.. ya harus dari yang mudah dulu dong.. bener gak sih.. biar kita nantinya paham...

oya kalian dapat copy dan paste program di atas pada IDLE python atau bisa juga pada compiler python lainnya. dan langsung dapat kalian jalankan. jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar dibawah ya.... apabila saya bisa, insyaallah saya jawab.

sekian dulu ya pada postingan kali ini... dan mohon maaf serta mohon di maklumi atas kekurangannya. karena saya masih Newbie. terimakasih wassalamualaikum wr. wb. :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment