Cara menghubungkan slider dan LCD pada GUI python menggunakan PySide

Belajarpython – assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen – temen… pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan contoh program dari GUI python lagi nih.. tentu saja saya masih menggunakan PySide sebagai Library GUI nya… program yang akan saya bahas kali ini adalah program yang digunakan untuk menghubungkan antara slider dan LCD tampilan angka. Jadi nantinya saat program di jalankan, maka terdapat 1 buah pengubah nilai yang biasa disebut sebagai slider dan LCD yang khusus untuk menampilkan angka saja. Jadi LCD ini mirip dengan LCD yang ada pada sebuah kalkulator yang di jual di toko – toko elektronik. Sudah tau kan LCD kalkulator seperti apa ? ya saya yakin kalian sudah mengetahuinya… oya.. pada program ini saya menggunakan library dari PySide jadi, bagi kalian yang belum menginstallnya, kalian bisa membaca tutorial penginstalan nya dengan mudah dengan cara KLIK DISINI.

Nah, setelah kita menampilkan lcd dan slider, maka selanjutnya saya akan membuatnya saling terhubung satu sama lain. Maksudnya adalah pertama – tama, nilai angka yang di tampilkan dalam LCD ini nantinya adalah angka 0. Kemudian, jika saya menggerakkan atau menggeser slider nya, maka nilai angka yang ditampikan akan berubah. Lebih tepatnya akan meningkat mulai dari 0 sampai angka 99. Nah untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja kita simak sama – sama bahasan saya mengenai program LCD dan slider yang telah saya jelaskan diatas…

Apa itu LCD dan slider ? 

Nah sebelum saya membahas atau memberikan source code atau code programnya, saya akan mecoba untuk menjelaskan mengenai apa itu LCD dan Slider.. sebenarnya saya menjelaskan ini karena saya takut ada yang belum tau mengenai apa yang akan saya bahas pada postingan saya kali ini..  jadi ya sebelum saya memberikan source code atau code programnya, maka tidak ada salah nya kan jika saya menjelaskan terlebih dahulu agar kalian memilkk gambaran terlebih dahulu ? yuk langsung kita simak penjelasan saya di bawah ini..

jadi seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, LCD ini merupakan tempat menampilkan sebuah angka.. seperti yang ada pada sebuah kalkulator pada umumnya… dan pada program kali ini pun juga saya gunakan sesuai fungsinya.. yaitu menampilkan sebuah angka… nah untuk lebih memperjelas penjelasan saya diatas dan juga agar kalian tidak hanya membayangkannya saja, berikut saya akan memberikan contoh screenshoot dari contoh LCD yang akan saya gunakan ini..


Nah itu dia contoh dari LCD yang akan saya gunakan pada program di postingan kali ini… nah sudah tau kan maksud dari LCD maupun tampilan fisik dari LCD ini ? ya pati tau lah.. hehe
Nah selanjut nya saya akan mencoba untuk menjelaskan mengenai slider.. jadi slider ini merupakan sebuah tombol yang bisa kita geser ke kanan dan ke kiri maupun ke atas maupun ke bawah sesuai penempatan yang di buat oleh developernya. Dan fungsi dari slider ini merupakan untk merubah sebuah nilai.  Dan pada penggunaannya, slider ini umumnya di gunakan pada pemutar musik ataupun yang lainnya dan digunakan untuk mengatur suara yang di keluarkan atau nyaring tidaknya sebuah sound atau pun yang lainnya.. nah untuk lebih memperjelas dari pengertian saya tersebut, sekaligus agar kalian tidak hanya membayangkannya saja, maka kalian bisa simak atau lihat contoh screenshoot dari slider ini… yuk langsung saja kita simak screenshootnya di bawah ini ya temen – temen..



Nah itu dia temen – temen contoh dari slider ini.. screenshoot ini saya ambil dari pengatur sound yang di miliki oleh windows 10 versi final. Sudah jelaskan dan sudah taukan mengenai apa itu slider ? tentu saja.. kan sudah jelas.. hehe

Cara membuat LCD dan Slider yang saling berhubungan pada GUI python menggunakan PySIde.

Nah setelah kita mengetahui mengenai apa yang di maksud dengan LCD dan slider yang saya maksud pada postingan kali ini, maka selanjutnya saya akan mencoba untuk membuat atau membagikan source code nya nih… nah seperti apakah program nya ? cukup rumit gak ya ? dan apakah sangat panjang ? untuk menjawab tiga pertanyaan tersebut, yuk langsung saja kita simak sama – sama code programnya di bawah ini…  karena hanya kalian sendiri yang bisa menjawab pertanyaan – pertanyaan tadi.. oke ini dia source code atau code program nya temen – temen..

'''
build and design By : Moh. Nikmat
please don't remove this
'''

import sys
from PySide import QtGui, QtCore

class contoh(QtGui.QWidget) :
    def __init__ (self) :
        super(contoh, self).__init__()
        self.initUI()
    def initUI(self) :
        lcd = QtGui.QLCDNumber(self)
        sld = QtGui.QSlider(QtCore.Qt.Horizontal, self)

        vbox = QtGui.QVBoxLayout()
        vbox.addWidget(lcd)
        vbox.addWidget(sld)

        self.setLayout(vbox)
        sld.valueChanged.connect(lcd.display)

        self.setGeometry(300, 300, 250, 150)
        self.setWindowTitle('LCD & slide')
        self.show()

def main() :
 app = QtGui.QApplication(sys.argv)
 cth = contoh()
 sys.exit(app.exec_())

if __name__ == '__main__' :
 main()


nah itu dia temen – temen source code atau code programnya… gimana setelah melihat code programnya ?  apa jawaban kalian pada tiga (3) pertanyaan sebelum source code tersebut ? hehe.. tentu kalian bisa menjawbnya  sesuai apa yang kalian rasakan setelah melihat programnya.. nah lalu seperti apakah program diatas setelah kita jalankan ? untuk menjawab pertanyaan tersebut saya telah menyiapkan screenshootnya ketika code program diatas saya jalankan… yuk langsung saja kita simak screenshoontya pada gambar di bawah ini…



Nah itu dia temen – temen screenshoot dari code program diatas setelah saya menjalankannya.. hehe cukup sederhana ya.. dengan dominan warna putih… ya namanya juga belajar.. harap maklum ya temen – temen..

Penjelasan code program LCD dan Slider pada GUI python menggunakan PySide.

Nah setelah saya memberikan code program sekaligun contoh screenshoot saat dijalankan, maka selanjutnya saya kan menoba untuk menjelaskannya untuk kalian nih.. dengan harapan dapat membuat pemahaman kalian terhadap code yang saya bagikan menjadi lebih mendalam.. atau bisa juga membantu kalian yang ingin memahami program diatas, mengapa bisa tampil seperti pada screenshoot nya.. nah yuk langsung saja kita simak penjelasan saya mengenai program yang saya bagi kan di atas..

'''
build and design By : Moh. Nikmat
please don't remove this
'''
//tulisan diatas merupakan sebuah komentar dan tidak akan di baca oleh python sebagai source code.

import sys //ini digunakan untuk mengimport sys
from PySide import QtGui, QtCore //ini digunuakan untuk mengimpor “QtGui” dan “QtCore” dari library PySide.

class contoh(QtGui.QWidget) : //ini digunakan untuk membuat sebuah class yang saya beri nama “contoh” dengan paremeter “QtGui.Qwidget”. class ini saya gunakan untuk membuat GUI nya.
    def __init__ (self) : //ini merupakan metode atau konstruktor yang akan secara otomatis di jalankan ketika class “contoh” dipanggil.
        super(contoh, self).__init__() //code ini digunakan untuk membuat sebuah class “contoh” sebagai GUI.
        self.initUI()  //code ini merupakan code yang memiliki fungsi untuk memanggil metode “initUI”. Dengan tambahan “self” yang menandakan metode ini berada pada class ini sendiri.
    def initUI(self) : //ini merupakan metode yang saya buat untuk menampung code program untuk membuat sebuah GUI window yang akan kita tampilkan nantinya.
        lcd = QtGui.QLCDNumber(self) // code ini berfungsi untuk mengambil LCD dari “QtGui” yang ada di library PySide lalu saya menampung LCD tersebut pada variable “lcd”.
        sld = QtGui.QSlider(QtCore.Qt.Horizontal, self) // code ini berfungsi untuk mengambil slider nya dari “QtGui” yang ada di library PySide lalu saya menampung Slider tersebut pada variable “sld”.

        vbox = QtGui.QVBoxLayout()  //ini digunakan untuk memanggil sebuah layout atau tampilan yang bernaman “vbox”. Dari QtGui yang ada di dalam library PySide. Dan saya menampung pemanggilan tersebut di dalam variable “vbox”.
        vbox.addWidget(lcd)  //code ini di gunakan untuk meletakkan LCD yang sudah kita inisialisasi dan di simpan dalam variable “lcd” tadi dengan layout “vbox”.
        vbox.addWidget(sld) //code ini di gunakan untuk meletakkan Slider yang sudah kita inisialisasi dan di simpan dalam variable “sld” tadi dengan layout “vbox”.

        self.setLayout(vbox) //ini digunakan untuk mengatur layout nya menjadi vbox.
        sld.valueChanged.connect(lcd.display) //nah code ini lah yang mengandung perintah untuk mengubungkan LCD dan slider. Sekaligus  menampilkan nilai slider pada LCD.

        self.setGeometry(300, 300, 250, 150) //ini digunakan untuk mengatur geometri atau ukuran dari window kita nantinya..
        self.setWindowTitle('LCD & slide') //ini untuk mengubah nama judul windownya menjadi “lcd & slide”. Kalian juga bisa merubahnya sesuka hati kalian.
        self.show()  //code ini digunakan untuk menampilkan window beserta elemen – elemennya yang sudah kita buat sebelumnya.

def main() :  //ini merupakan metode yang menampung code – code program yang harus ada dalam pembuatan GUI python terutama saat menggunakan library PySide.
                app = QtGui.QApplication(sys.argv) //code ini merupakan code wajib yang harus ada dalam pembuatan Window GUI python menggunakan library PySide.
                cth = contoh()  //code ini digunakan untuk memanggil class “contoh” yang sudah kita buat tadi.
                sys.exit(app.exec_())  //code ini merupakan code wajib yang harus ada dalam pembuatan Window GUI python menggunakan library PySide.

if __name__ == '__main__' :  code ini merupakan sebuah kondisi yang akan mengecek apakah program ini di jalankan atau tidak.
                main() //code ini merupakan pemanggilan metode “main” yang sudah kita buat tadi.



Nah itu dia temen – temen penjelasan saya pada program yang sudah saya bagikan diatas.. semoga kalian bisa memahami nya ya.. karena saya pun sudah berusaha menjelaskannya sejelas yang saya bisa.. kini tinggal kalian yang harus berusaha untuk memahaminya… jika kalian belum bisa memahaminya, silahkan baca berulanga – ulang.. saya yakin pada akhirnya kalian akan memahminya… namun jika kalian memang sudah menyerah, kalian juga bisa menanyakannya langsung pada kolom komentar yang ada di bawah postingan ini ya temen – temen.. atau juga bisa langsung menghubungi saya pada laman contact form yang sudah saya sediakan di blog ini..

Sekian dlu ya temen – temen bahasan saya pada postingan saya kali ini.. semoga bisa membantu kalian dalam pembelajaran.. dan tentu saja saya harap kalian bisa memperaktekannya… oya jangan lupa bagikan postingan saya ini ya.. sebagai salahs atu support atau dukungan kalian terhadap saya untuk teteap aktif menulis postingan.. terakhir saya ucapkan terimakasih pada kalian yang sudah berkunjung pada blog saya… dan terlebih yang sudah membaca postingan ini sampai habis.. hehe dan big special thanks buat kamu yang udah share postingan saya ke temen – temen social media kalian… kurang lebihnya saya mohon maaf dan mohon di maklumi ya..

Wassalamalaikum wr. wb.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment