Menampikan teks di tengah dan menampilkan ukuran window python PySide

Belajarpython – assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen – temen… pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas masalah PySide lagi nih… sudah taukah kalian apa itu PySide ? jadi, PySide merupakan sebuah library dari bahasa pemrograman python yang digunakan untuk membuat sebuah GUI atau tampilan nantinya. Sebenarnya python sendiri sudah memiliki library sendiri. Library tersebut adalah tkinter. Dan untuk menggunakan pyside kita harus menginstallnya terlebih dahulu. Untuk menginstallnya cukup mudah… dan saya pun sudah menjelaskannya di dalam postingan saya sebelumnya.. jika kalian ingin membaca tutorial saya untuk menginstall pyside ini,KALIAN BISA KLIK DISINI.

Nah setelah kita mengetahui apa yang di maksud degan PySide dan juga sudah menginstallnya, maka sekarang saya akan mengajak kalian untuk membangun window atau GUI menggunakan Bahasa pemrograman Python dengan bantuan PySide. Nah yang akan saya buat kali ini adalah sebagai berikut ini…

  1. cara untuk menampilkan teks agar berada di tengah window
  2. teks yang menampilkan sebuah teks yang memberikan sebuah informasi tentang ukuran window yang tampil. Dan teks tersebut akan berubah jika kita mengubah ukuran window nya.
Nah dua point diataslah yang akan saya bahas pada postingan saya kali ini... Sudah jelaskan temen - temen apa yang saya maksud tadi ? Ya saya rasa sudah jelas ya temen temen... Yuk langsung saja kita mulai proses pembuatan window dengan menambahkan ukuran dari window yang kita tampilkan nanti nya..

Code program untuk menampilkan sebuah teks ditengah window GUI python menggunakan PySide.

Nah, untuk pertama - tama, saya akan mencoba untuk membuat sebuah teks yang akan saya tampilkan di tengah - tengah window yang akan kita tampilkan nantinya.. Mungkin sebagian dari kalian pernah menambahkan sebuah teks atau label, tapi malah ada di pinggir. Tentu hal tersebut akan membuat risih dan bertanya - tanya bagaimana cara untuk membuatnya berada ditengah. Sebenarnya, hal tersebut mudah dan tidak ribet kok. Namun, jika kalian tidak tau code perintahnya, hal tersebut akan terlihat susah.

Lalu seperti apakah code programnya ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama code program di bawah ini....

#mengimport PySide
import sys
from PySide.QtGui import *
from PySide.QtCore import *

class TeksTengah(QWidget):
    #konstruktor
    def __init__(self):
        QWidget.__init__(self)
        self.initUI()
        
    def initUI(self) :
        self.teks()
        self.setWindowTitle("teks di tengah")
        self.setGeometry(300,250,400,250)
        self.show()

    def teks(self) :
        self.myLayout= QVBoxLayout()
        
        self.myLabel= QLabel("Ini sudah ada ditengah temen - temen.. hehe")
        self.myLabel.setAlignment(Qt.AlignCenter)
        self.myLayout.addWidget(self.myLabel)

        self.setLayout(self.myLayout)

if __name__== '__main__':
    myApp = QApplication(sys.argv)
    myWidget = TeksTengah()
    myApp.exec_()



nah itu dia temen – temen contoh program nya.. program tersebut saya gunakan untuk membuat sebuah teks yang di tempatkan di tengah – tengah window… sehingga tampilannya pun akan menjadi lebih indah dan lebih tertata tentunya.. nah setelah saya kasi programnya, lalu seperti apakah GUI window yang akan dihasilkan oleh program diatas ? nah untuk melihatnya, saya sudah menyediakan screenshoot dari program di atas ketika saya jalankan.. yuk langsung saja kita lihat programnya di bawah ini… ini diaa…



nah itu dia temen – temen contoh screenshoot ketika program diatas saya jalankan.. bisa kita lihat pada screenshoot diatas, teksnya sudah ada di tengah kan temen  - temen ? haha iya dong.. namun apakah kalian paham dengan program diatas ? jika ada yang belum paham, saya akan mencoba untuk menjelaskan program yang ada diatas dengan penjelasan perbaris dari code program diatas..  yuk langsung saja kita simak sama – sama penjelasannya di bawah ini..

#mengimport PySide
import sys  //code ini digunakan untuk mengimpor sys
from PySide.QtGui import *  ///code ini juga digunakan untuk mengimpor QtGui dari PySide dengan tnda * yang artinya saya import semua.
from PySide.QtCore import *  //code ini juga digunakan untuk mengimpor QtGui dari PySide dengan tnda * yang artinya saya import semua.

class TeksTengah(QWidget):  //ini merupakan code untuk membuat sebuah class yang akan saya gunakan untuk menampung GUI nya nanti.
    #konstruktor
    def __init__(self):  //ini merupakan ebuah konstruktor yang akan pertama kali di jalankan ketika saya memanggil class kelasTengah.
        QWidget.__init__(self)  //code in digunakan untuk memanggil init yang ada di Qwidget.
        self.initUI()  //code  ini digunakan untuk memanggil metode initUI.
       
    def initUI(self) :  //code ini digunakan untuk menampung code program yang berisi perintah untuk membuat window atau jendela yang akan kita tampilkan nantinya.
        self.teks()  //code ini deigunakan untuk memanggil metode atau fungsi yang bernama teks.
        self.setWindowTitle("teks di tengah")  //code ini digunakan untuk mengubah judul menjadi teks di tengah.
        self.setGeometry(300,250,400,250) //code ini digunakan untuk mengubah ukuran window menjadi 400x250
        self.show()  //code ini digunakan untuk menampilkan jendea yang sudah kita buat tadi.

    def teks(self) :  // ini merupakan sebuah metode atau fungsi yang saya buat utuk menampung code program yang akan saya gunakan untuk membuat teks sekaligus membuatnya ditengah.
        self.myLayout= QVBoxLayout()  //memanggil dan menampung vertical box layout kemudian menyimpannya dalam variabel myLayout.
       
        self.myLabel= QLabel("Ini sudah ada ditengah temen - temen.. hehe")  //code ini digunakan untuk membuat label dengan teke Ini sudah ada ditengah temen - temen.. hehedan ditampung kedalam variabel myLabel.
        self.myLabel.setAlignment(Qt.AlignCenter)  //nah code ini lah yang saya gunakan untuk membuat label yang ada di dalamvariabel myLabel berada di tegah window kita. Yaitu dengan perintah set alignment.
        self.myLayout.addWidget(self.myLabel)  //code ini digunakn untuk menampilkan label yang tersimpan pada variabel myLabel.

        self.setLayout(self.myLayout)  //code ini digunakan untuk menyetel layout window kita menjadi vertical box layout yang sudah saya simpan di dalam variabel myLayout.

if __name__== '__main__':  //code ini digunakan untuk kondisi apakah file kita di panggil atau tidak.
    myApp = QApplication(sys.argv)  //code ini digunakan untuk meng instansiasi class QApplication.
    myWidget = TeksTengah()  //code ini digunakn untuk memanggil class teksTengah yang Sudha kita buat di atas.

    myApp.exec_()  //ini digunakan agar window kita tetap muncul saat kita eksekusi nantinya. Jika tida menggunakan code ini maka window kita akan close secara otomatis. Dan hanya tampil sekilas saja.

Nah itu dia temen – temen penjelasan saya mengenai code yang sudah saya bagikan diatas.. semoga penjelasan saya mudah di pahami dan gampang untuk kalian mengerti.. Karena saya sudah berusaha untuk menjelaskannnya sedetail mungkin. Namun jika ada yang kurang jelas, kalian bisa membacanya secara berulang – ulang. Dan jika sudah bener – bener tidak bisa, kalian bisa menanyakannya langsung kepada saya di kolom komentar yang ada di bawah postingan ini.


Cara menampilkan ukuran window GUI python yang menggunakan PySide.

nah setelah saya membagikan code program untuk membuat teks agar berada di tengah, maka selanjutnya saya akan mencoba untuk membuat atau menampilkan ukuran window yang kita tampilkan nantinya. Dan tentu saja akan saya buat berada di tengah window. Agar lebih bagus.. hehe.. dan sebenarnya, code nya pun tidak jauh berbeda dengan code program yang sudah saya bagikan diatas.. dan hanya saya ubah sedikit saja agar dapat menampilkan informasi mengenai ukuran window kita..

lalu seperti apakah code program untuk membuat atau menampilkan ukuran window kita ini ? untuk menjawabnya, yuk langsung saja kita simak dan juga bisa kalian coba sendiri program yang ada di bawah ini…

#mengimport PySide
import sys
from PySide.QtGui import *
from PySide.QtCore import *

class TeksTengah(QWidget):
    #konstruktor
    def __init__(self):
        QWidget.__init__(self)
        self.initUI()
       
    def initUI(self) :
        self.myLayout= QVBoxLayout()
        self.setLayout(self.myLayout)

        self.teks()

        self.setWindowTitle("teks di tengah")
        self.setGeometry(300,250,400,250)
        self.show()

    def teks(self) :
        self.infoLabel = QLabel()
        self.infoLabel.setAlignment(Qt.AlignCenter)
        self.myLayout.addWidget(self.infoLabel)

    def resizeEvent(self,event):
        self.infoLabel.setText("Ukuran Window( H:%d V: %d)" %(event.size().width(),event.size().height()))
       
if __name__== '__main__':
    myApp = QApplication(sys.argv)
    myWidget = TeksTengah()
    myApp.exec_()


nah itu dia temen – temen code programnya.. masih mirip ya dengan program yang sebelumnya.. yaitu program yang pertama… namun sedikit berbeda pada fungsi atau metode “teks” nya saja.. dan juga ada tambahan metode atau fungsi baru yang bernama “resizeEvent” yang berfungsi untuk menangkap nilai ketika window nya kita ubah ukurannya. Lalu seperti apakah hasil GUI yang di hasilkan ketika program diatas saya jalankan ? yuk langsung saja kita simak contoh screenshootnya di bawah ini..



Itu dia temen – temen contoh screenshootnya.. dan bisa kita lihat dari dua screenshoot diatas ya temen – temen.. saat kita ubah ukurannya, maka angka yang berada di tengah window akan otomatis berubah juga. Karena angka tersebut merupakan ukuran dari window kita. Nah setelah saya membagikan code program beserta contoh screenshootnya, maka selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan program yang sudah saya bagikan tadi.. yuk langsung saja kita simak sama – sama penjelasan saya di bawah ini…


#mengimport PySide
import sys  //code ini digunakan untuk mengimpor sys
from PySide.QtGui import *  ///code ini juga digunakan untuk mengimpor QtGui dari PySide dengan tnda * yang artinya saya import semua.
from PySide.QtCore import *  //code ini juga digunakan untuk mengimpor QtGui dari PySide dengan tnda * yang artinya saya import semua.

class TeksTengah(QWidget):  //ini merupakan code untuk membuat sebuah class yang akan saya gunakan untuk menampung GUI nya nanti.
    #konstruktor
    def __init__(self):  //ini merupakan ebuah konstruktor yang akan pertama kali di jalankan ketika saya memanggil class kelasTengah.
        QWidget.__init__(self)  //code in digunakan untuk memanggil init yang ada di Qwidget.
        self.initUI()  //code  ini digunakan untuk memanggil metode initUI.

    def initUI(self) :  //code ini digunakan untuk menampung code program yang berisi perintah untuk membuat window atau jendela yang akan kita tampilkan nantinya.
        self.myLayout= QVBoxLayout()  //memanggil dan menampung vertical box layout kemudian menyimpannya dalam variabel myLayout.
        self.setLayout(self.myLayout)  //code ini digunakan untuk menyetel layout window kita menjadi vertical box layout yang sudah saya simpan di dalam variabel myLayout.

        self.teks()  //code ini deigunakan untuk memanggil metode atau fungsi yang bernama teks.
        self.setWindowTitle("teks di tengah")  //code ini digunakan untuk mengubah judul menjadi teks di tengah.
        self.setGeometry(300,250,400,250) //code ini digunakan untuk mengubah ukuran window menjadi 400x250
        self.show()  //code ini digunakan untuk menampilkan jendea yang sudah kita buat tadi.

    def teks(self) :  // ini merupakan sebuah metode atau fungsi yang saya buat utuk menampung code program yang akan saya gunakan untuk membuat teks sekaligus membuatnya ditengah.

        self.infoLabel = QLabel()  //code ini digunakan untuk menginisialisasi variabel infolabel yang saya isi dengan QLabel.
        self.infoLabel.setAlignment(Qt.AlignCenter)  //nah code ini lah yang saya gunakan untuk membuat label yang ada di dalam variabel infoLabel berada di tegah window kita. Yaitu dengan perintah set alignment.
        self.myLayout.addWidget(self.infoLabel)  //code ini digunakn untuk menampilkan label yang tersimpan pada variabel infoLabel.


if __name__== '__main__':  //code ini digunakan untuk kondisi apakah file kita di panggil atau tidak.
    myApp = QApplication(sys.argv)  //code ini digunakan untuk meng instansiasi class QApplication.
    myWidget = TeksTengah()  //code ini digunakn untuk memanggil class teksTengah yang Sudha kita buat di atas.
    myApp.exec_()  //ini digunakan agar window kita tetap muncul saat kita eksekusi nantinya. Jika tida menggunakan code ini maka window kita akan close secara otomatis. Dan hanya tampil sekilas saja.


Nah itu dia temen – temen cara untuk menampilkan teks agar berada di tengah window kita… sekaligus cara untuk menampilkan ukuran window kita.. semoga kalian bisa memahami apa yang sudah saya bagikan dan saya jelaskan diatas ya.. Karena seperti yang sudah saya katakana sebelumnya, saya sudah berupaya untuk menjelaskannya sedetail mungkin agar mudah kalian pahami… dan juga seperti yang sudah saya katakan diatas, jika ada yang belum paham, kalian bisa membacanya secara berulang – ulang sampai kalian paham.. namun, jika memang sudah tidak bisa di pahami atau ada yang kurang jelas dari penjelasan saya diatas, kalian bisa menanyakannya langsung di kolom komentar yang ada di bawah postingan ini ya temen – temen.. atau bisa juga melalu kontak form yang sudah saya sediakan pada footer blog ini.. yang berada di paling bawah halaman blog ini..

Nah sekian dulu ya temen – temen postingan saya kali ini… semog apa yang  saya bahas kali ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan referensi untuk belajar.. oya.. jangan lupa di share ke social media kalian ya… sebagai support atau dukungan juga bagi saya untuk tetap menulis postingan.. hehe.. terimakasih sudah membaca dan berkunjung ke blog saya hari ini.. dan ucapan terimakasih sebesar – besarnya bagi kalian yang sudah share postinga saya kali ini.. hehe dan mohon maaf jika ada salah kata dan ada yang kurang jelas dan juga mohon maklum ya.. Karena saya sebenarny juga masih beljar.. oke sekian dulu ya..

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment