Cara install pygame di python 3 dan 2

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk menginstall sebuah modul dari salah satu bahasa pemrograman.. Ya tentu saja python ya.. Nah modul yang akan saya install kali ini bisa kalian tebak ya.. Iya kan sudah ada di judul.. Hehe ya betul sekali modul yang akan saya coba untuk install kali ini adalah pygame. Yaitu sebuah modul untuk membuat game. Sesuai nama nya ya... Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pygame ini, KALIAN BISA KLIK DISINI ya temen - temen....

Nah setelah kalian membaca apa yang di maksud dengan pygame ini, selanjutnya saya akan mencoba untuk masuk ke materi utama yang akan saya bahas pada postingan kali ini. Ya tentu saja untuk menginstall pygame nya... Nah pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan cara untuk menginstall pygame Windows dan linux ya..

Oke, langsung saja yuk kita simak sama - sama postingan postingan saya yang satu ini... Let’s check it out temen - temen...

Cara install pygame di Windows pada python 3.

Nah pada segment yang pertama ini saya akan langsung mencoba untuk memberikan tutorial dari instalasi di sistem operasi windows. Jadi perhatikan baik - baik ya bagi kalian yang memiliki sistem operasi windows. Hehe.. Dan bagi kalian yang memiliki OS linux, kalian bisa MEMBACANYA DISINI...

Nah langsung saja yuk kita simak sama - sama pembahasan mengenai caranya di bawah ini ya.. Let’s check it out temen - temen...

Langkah 1 : Cek versi python kalian. 

Saya anggap kalian sudah install python nya ya.. jika kalian belum install python nya ya… kalian bisa baca tutorial instalasi python nya DISINI YA temen - temen…. Oke kita balik lagi ke pembahasan utama kita di postingan kali ini ya…

Nah langkah yang pertama ini, kalian harus mengetahui terlebih dahulu versi python yang terinstall di PC kalian dulu ya…. Bisa dengan cara membuka IDLE python nya seperti pada gambar no 1 di bawah ini. Atau bisa juga di C:/pythonxx/python.exe seperti pada gambar no 2 di bawah ini. Maka akan muncul seperti pada gambar no 3.




Langkah 2 : Medownload atau mengunduh file instalasi pygame.

Setelah itu kalian buka browser kalian dan pergi ke pygame.org/download.shtml . nah terus, klik link seperti Pada gambar bawah ini. Atau lebih mudahnya, kalian bisa klik link ini http://www.lfd.uci.edu~gohlke/pythonlibs/#pygame



Nah pilih file library pygame sesuai versi python kalian yang sudah kalian cek tadi pada langkah pertama tadi ya... Untuk memudahkan pemilihan versinya, kalian bisa lihat gambar di bawah ini.





Lalu download file yang sesuai versi python kalian ya… dan harus sesuai loh ya… hehe..

Langkah 3 : extract file hasil download.

Nah setelah itu, silahkan cari file instalasi pygame hasil download nya tadi ya… setelah itu, ubah extensi “.whl” menjadi “.zip”. caranya bisa lihat pada gambar di bawah ini ya..



Setelah itu extract seperti biasa ya… dengan cara klik kanan, lalu pilih “extract”. Sekarang buka folder “pygame-1.9.2.data” hasil dari ‘extract’ tadi. Lalu buka forder “Headers”. Setelah itu select semuanya. Atau tekan “ctrl+a” setelah itu klik kanan pada mouse lalu pilih “copy”. Untuk memudahkan step ini, kalian bisa lihat gambar di bawah ini agar lebih mudah.




Langkah 4 : Paste file yang sudah di copy.

Nah setelah kalian salin file – file nya, Lalu selanjutnya silahkan kalian pergi ke drive “C”. lalu pilih folder python sesuai versi nya. Contoh “pythonXX” huruf XX ini menandakan versi python nya. Contoh “python34”. Silahkan masuk ke folder “pythonxx” nya.. lalu masuk ke folder “include”. Nah di folder ini silahkan buat folder baru dengan nama “pygame”. Lalu paste file yang sudah di copy tadi kedalam folder “pygame” ini.untuk memudahkan langkah ini, silahkan simak gambar yang ada di bawah ini.



Langkah 5 : copy paste folder pygame.

Setelah itu selesai, silahkan copy folder “pygame” dan “pygame-1.9.2.data” hasil extract tadi ya. INGATT!!! Folder ”pygame” yang di copy adalah folder hasil extract nya ya.. bukan folder yang kita buat tadi. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.



Lalu silahkan masuk ke dalam drive “C” lalu masuk ke folder “pythonxx”. Setelah itu masuk ke folder “Lib”. Lalu masuk ke folder “site-packages”. Nah silahkan paste di dalam folder “site-packages” ini ya. Untuk lebih jelasnya, simak gambar di bawah ini..



Langkah 6 : Finsih dan pengecekan.

Nah sekarang sudah selesai proses nya… namun, untuk memastikan pygame nya sudah terinstall atau belum, sekarang buka IDLE nya.. dan coba ketikkan “import pygame”. Dan jika tidak error berarti tandanya sudah berhasil seperti pada gambar yang ada di bawah ini... oke Selamat berkarya temen – temen…



Langkah 7 : Troubleshooting.

Nah jika ada error, silahkan baca pesan error nya ya.. dan pahami… jika kalian tidak paham, bisa kalian tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya… jika saya bisa insyaallah saya akan membantunya.. karena kemungkinan permasalahannya ada pada kekeliruan pemilihan versi pygame nya saja. Yang berakibat tidak cocok dengan versi python kalian.




Nah itu dia temen - temen postingan saya kali ini mengenai cara untuk install modul pygame ini.. Semoga proses instalasi nya berjalan sukses ya temen - temen.. Biar nanti belajarnya kalin juga gampang.. Hehe.. Oke selamat mencoba ya... dan apabila ada masalah silahkan komentar saja di bawah postingan ini ya.. Apabila saya bisa menjawab, insyaallah saya akan menjawabnya secepat yang saya bisa.. Hehe

oke terimakasih sudah berkunjung ke blog saya ini.. Dan mohon maaf ya atas kurang lebihnya maupun kekeliruan yang ada di blog ini. Dan lebih tepatnya postingan saya kali ini. Oke jangan lupa baca postngan saya yang lainnya ya temen - temen...  terimakasih sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya ya.. Sekali lagi terimakasih dan terimkasih.... Sekian dulu ya temen - temen...
Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment