apa itu Tkinter ?

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jupa lagi bersama saya temen - temen.. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memperkenalkan kalian kepada GUI Build in yang dibawa oleh bahasa pemrograman python. Ya.. Namanya adalah Tkinter. Mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing lagi dengan tkinter. Namun tidak sedikit juga yang akan merasa asing dengan kata tkinter ini....



Oya.. Sebelum saya melanjutkan postingan kali ini, saya akan bertanya terlebih dahulu nih.. Sudahkah kalian menginstall python 3 ? Atau sudah kah kalian membaca basic atau dasar - dasar dari bahasa pemrograman python ? Apa ? belum ? Wah wah.. Tapi tenang saja.. Saya sudah membuatkan postingan tentang itu semua kok.. Kalian BISA KLIK DISNI UNTUK MENGINSTALL Python. Dan setelah menginstall python KALIAN BISA KLIK DISINI UNTUK MEMPELAJARI DASAR DARI Python.

Nah setelah semuanya beres, yuk langsung saja kita lanjut lagi pembahasan kita kali ini.. Yaitu pembahasan mengenai Tkinter.. Yuk tanpa lama - lama lagi langsung saja kita bahas sama - sama postingan kali ini.. Let’s check it out temen - temen.. hehe

Apa itu Tkinter pada python ?

Oke, pada segment ini saya akan mencoba untuk memperkenalkan kalian kepada GUI python yang satu ini.. Yaitu tkinter.. Apakah itu tkinter ? Dan seperti apakah tekin ter itu ? Nah bagi kalian yang memiliki pertanyaan tersebut, cocok bagi kalian untuk membaca postingan  saya yang satu ini. Yuk langsung saja kita simak sama - sama di bawah ini...

Jadi, tkinter ini merupakan sebuah GUI yang digunakan oleh python secara build in yang artinya tidak perlu menginstall tambahan yang lain atau bisa kita katakan jika tkinter ini sudah menjadi satu kesatuan dengan bahasa pemrograman python.. Sehingga, jika kita menginstall python, maka kita juga menginstall Tkinter ini juga...

Lalu untuk apakah tkinter ini ? Nah jika belum jelas, fungsi dari tkinter ini adalah digunakan untuk membangun sebuah GUI seperti yang sudah saya katakan sebelumnya... Nah GUI ini bisa kita katakan sebagai sebuah Tampilan dari sebuah aplikasi. Dan dalam bahasa inggris, GUI ini merupakan singkatan dari Graphical User Interface atau dalam bahasa indonesia memiliki arti “Grafik antarmuka pengguna” atau lebih jelasnya adalah sebuah tampilan yang sudah saya katakan tadi.

Nah gimana ? Sudah paham kan mengenai apa yang dimaksud dengan Tkinter ini ? Dan apa fungsinya ? Ya saya harap juga begitu ya temen - temen.. Atau minimal kalian sudah memiliki sedikit bayangan mengenai tekinter ini.

Cara mengimport Tkinter pada Program Python.

Nah setelah kita mengenal Tkinter ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk mengetahui cara mengimport library atau modul tkinter ini.. Nah seperti apakah caranya ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama cara nya di bawah ini...

Untuk memanggil modul tkinter ini menurut saya terdapat dua cara.. Yang pertama adalah dengan code program seperti di bawah ini...

import tkinter


Dan yang kedua adalah dengan cara seperti code program di bawah ini..


from tkinter import *


Dua code program di atas fungsi nya sama - sama mengimport semua modul yang ada pada tkinter..  Kalian bisa menggunakan salah satu dari nya.. Terserah kalian mau menggunakan yang mana... Dan saya rasa sama saja ya...

Namun, kita juga bisa memanggil beberapa komponen saja dari tkinter.. Sehingga program kita tidak berat.. Nah caranya adalah seperti di bawah ini..


from tkinter import Tk, Frame, BOTH


Nah code program diatas hanya mengimport TK, Frame dan Both saja ya.. Atau kalian juga bisa menguranginya lagi dengan cara menghapus salah satu dari tiga di atas..

Cara agar Window tidak langsung menutup saat dipanggil.

Nah, mungkin pertama kali setalah kalian membuat window, hal yang terjadi adalah window nya akan langsung terjadi adalah window nya akan langsung close. Benar tidak ? Nah jika kalian mengalami hal tersebut, cara mengatasinya cukup simple sebenarnya.. Cara nya adalah dengan menambah satu baris code program di bawah ini...

NamaVariabel.mainloop()

Nah itu dia caranya temen - temen.. Dan maksud dari nama variabel diatas merupakan nama variabel yang menampung tkinter.. Biasanya variabel tersebut menampung nilai seperti di bawah ini...

NamaVariabel = Tk()

Nah gimana ? Sudah jelaskan temen - temen ? Ya saya rasa sudah cukup jelas ya.... Dan setelah ini, kalian bisa melanjutkan pembelajaran kalian untuk membuat window atau tampilan menggunakan python..  Kalian bisa mencarinya di modul yang sudah tersedia di blog ini.. Atau bisa klik di menu “tkinter” di atas...



Oke, sampai disini dulu ya pembelajaran kita kali ini.. Semoga apa yang saya bahas kali ini, dapat membuat kalian mendapatkan ilmu baru.. Dan tentu saja bisa bermanfaat bagi kalian... Apabila ada pertanyaan atau ada hal yang kurang jelas dari penjelasan saya di atas, kalian bisa menanyakannya di kolom komentar yang ada di bawah postinga kali ini ya..

Oya terimakasih sudah berkunjung ke blog saya dan sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan saya kali ini.. Jangan lupa share postingan saya kali ini ya... Mohon bantuannya temen - temen untuk membuat blog saya ini semakin rame.. Hehe.. Oya mohon maaf ya atas kekurangan yang ada di blog ini maupun di postingan kai ini.. Jika kalian berkenan menyampaikan kritik maupun saran, kalian bisa menyampaikan nya dikolom komentar yang ada di bawah postingan ini atau juga bisa melalui laman hubungi kami yang ada di blog ini.. Oke terimakasih ya sekali lagi.. Sekian dulu...

Wassalamualikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment