apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman ?

Belajarpython - assalamualaikum wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk membahas mengenai bahasa pemrograman nih.. Mungkin dalam kehidupan sehari - hari, jika kita mendengan kata “bahasa pemrograman” atau “programmer” mungkin kita akan berfikir jika bahasa tersebut bahasa yang sangat susah.. Dan kata programmer sangat identik dengan orang - orang hebat yang sangat ahli di bidang IT atau komputer.. Hal tersebut sama dengan pemikiran saya waktu pas jaman SMA dulu.. Yaitu saat dimana saya belum kenal sama sekali dengan yang namanya bahasa pemrograman..

Namun, setelah saya masuk ke dalam jurusan Teknik Informatika di salah satu perguruan tinggi di pulau madura, saya di kenalkan pertama kali dengan apa yang di maksud dengan bahasa pemroman tersebut... Apakah saya kaget ? Tidak juga... Sebenarnya apabila kita ingin belajar dan memahaminya, saya tidak susah kok... Hehe itu sih pengalaman saya yang mungkin terjadi pada diri anda sekarang atau dulu...

Nah kembali lagi ke pembahasan utama kita sekarang.. Yaitu apakah yang dimaksud dengan bahasa pemrograman ini ? Nah untuk mengetahui pengertian beserta penjelasan - penjelasann yang lebih mendalam, yuk langsung saja kita simak sama - sama postingan saya kali ini....

Apa yang di maksud dengan Bahasa pemrograman ?

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pada postingan kali ini saya akan membahasa tuntas hal - hal yang berkaitan dengan bahasa pemrograman.. Sekaligus memperkenalkan sedikit mengenai apa yang di maksud dengan bahasa pemrograman ini.. Nah, untuk awalannya, saya akan mencoba untuk mendifinisakan apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman ini..

Bahasa pemrograman atau sering juga di sebut bahasa pemrograman komputer ini bisa kita katakan sebagai instruksi - instruksi untuk memerintah komputer. Dan dalam arti yang lebih spesifik, bahasa pemrograman ini adalah sebuah bahasa yang di pahami oleh komputer. Sehingga untuk memerintah komputer, kita harus belajar terlebih dahulu bahasa komputer tersebut.

Nah gimana sudah jelaskan ? Ya saya rasa sudah cukup jelas ya temen - temen...

Fungsi Bahasa pemrograman.

memerintah komputer agar mengolah data yang kita masukkan yang kemudian akan mengeluarkan sebuah data juga yang biasa kita sebut sebagai output. Nah itulah fungsi utama dari bahasa pemrograman ini. Produk yang di hasilkan dari bahasa pemrograman ini cukup banyak contoh nya seperti aplikasi yang ada dikasir toko - toko seperti supermarket bersekala besar maupun kecil.

Selain itu, bahasa pemrograman juga digunakan untuk membuat sebuah Game. Baik Game dengan kelas berat maupun game yang sangat sederhana. Intinya, bahasa pemrograman ini digunakan oleh programer untuk memerintah komputer agar melakukan apa yang dia suruh. Maksud dari kata “suruh” disini adalah tugas tertentu seperti menampilkan gambar, menampilkan pesan atau teks dan lain sebagainya.

Untuk lebih ringkasnya kalian bisa lihat di bawah ini...
  1. Memerintah komputer
  2. Menghubungkan antara komputer dan manusia.
  3. Membantu dalam kehidupan sehari - hari. Contoh : lampu lalu lintas. Software kasir.

Tingkatan bahasa pemrograman.

Di dalam bahasa pemrograman, ada 3 buah macam tingkatan yang membedakan setiap macam code program. Nah 3 macam tersebut akan saya bahas di bawah ini...
  1. Bahasa tingkat tinggi.
    Bahasa ini dikatakan bahasa tingkat tinggi karena bahasa ini sudah cukup mudah untuk dipahami. Karena sudah mendekati atau mirip dengan bahasa manusia. Contohnya cukup banyak seperti Python, java, PHP, Pascal, Visual Basic dan masih banyak lagi.
  2. Bahasa tingkat menengah.
    Bahasa ini dikatakan menengah karena bahasai tingkatan ini bisa kita katakan sebagai bahasa tingkat tinggi atau tingkat menengah. Contohnya adalah : Bahasa pemrograman C.
  3. Bahasa pemrograman tingkat rendah.
    Bahasa jenis ini merupakan jenis bahasa yang bisa dikatakan sebagai bahasa yang susah untuk di pahami. Karena bahasanya tidak humanis. Yang artinya tidak mirip seperti bahasa manusia. Sehingga untuk menggunakannya perlu pemahaman yang khusus. Contohnya adalah bahasa assembly.

Sejarah dan Generasi Bahasa pemrograman.

Sama seperti sebuah komputer, bahasa pemrograman komputer juga memiliki sejarah yang terus berkembang... Nah seperti apakah sejarah dari bahasa pemrograman ini ? Untuk menjawabnya, yuk langsung saja kita simak sama - sama sejaranya dibawah ini..
  1. Generasi pertama - Bahasa mesin atau Machine language. 
  2. Generasi kedua - Bahasa assembly atau bahasa dengan kode - kode singkat.
  3. Generasi ketiga - High level programing atau bahasa tingkat tinggi.
  4. Generasi keempat - fourth Generation programing language.
  5. Generasi kelima - Bahasa pemrograman berorentasi objek dan web development.

Bahasa pemrograman yang populer.

Macam - macam dari bahasa pemrograman memang banyak.. Namun, setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing... Sehingga setiap orang akan memilih sesuai kebutuhannya.. Nah berikut saya akan memberikan sedikit informasi tentang bahasa pemrograman yang paling populer... Yuk langsung saja kita simak di bawah ini..





Nah itulah bahasa pemrograman paling populer di tahun 2016 yang di rilis oleh iobe. iobe merupakan sebuah komunitas yang menjadi indikator dari popularitas berbagai bahasa pemrograman. Mereka memperbarui rangking secara bulanan. Untuk penentuan peringkat dari bahasa pemrograman itu sendiri didasarkan kepada jumlah para skilled engineers di seluruh dunia, banyaknya kelas/kursus dan para vendor pihak ketiga. Mereka menghitung hal-hal tersebut dengan menggunakan search engine populer seperti Google, Bing, Yahoo, Wikipedia, dll.



Nah itu dia temen - temen bahasan saya mengenai penjelasan bahasa pemrograman yang saya ulas pada postingan kali ini.. Semoga apa yang sudah saya tulis diatas dapat memberikan manfaat bagi kalian ya.. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan baik dari segip penyampaian maupun isi materi dari postingan kali ini... Dan terimakasih sudah mengunjungi blog saya serta membaca postingan saya yang satu ini...

Oya jangan lupa di share juga ya kesosial media seperti facebook maupun twitter.. Agar blog ini tetep hidup ya... Hehe mohon bantuannya temen - temen... Oke sekian dulu ya temen - temen... Terimakasih..

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment