Jenis - jenis tipe data dalam Python

Belajarpython - assalamualaikum wr. wb

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas tentang python nih.. Namun yang akan saya bahasa kali ini merupakan pembahasan yang menurut saya masuk ke jajaran pelajaran yang masih dasar. Sehingga postingan ini sangat cocok untuk di baca bagi kalian yang baru mengenal baasa pemrograman.. Sehingg, pemahaman kalian nantinya akan lebih mendalam lagi.. Dan tentu kalian akan memiliki dasar yang cukup kuat untuk melangkah ke tingkat yang lebih tinggi...

Oh ya.. Saya mau nanya dulu nih.. Apakah kalian atau pc kalian sudah terinstall Python ini ? Nah jika belum silahkan install ya... Silahkan menuju python.org untuk menginstallnya.. Atau jika kalian bingung dan butuh bimbingan untuk menginstalllnya, tenang saja temen - temen.. Saya sudah membuatkan postingannya kok... Bagi kalian yang berminat kalian bisa mencarinya di blog saya ini ya.. Atau lebih mudahnya, kalian bisa KLIK DISINI untuk membacanya...

Nah setelah kalian install pythonnya, sekarang balik lagi yuk ke postingan saya kali ini... Seperti apakah postingan saya kali ini ? Dan seperti apa pembahasannya ? yuk langsung saja kita simak sama - sama postingan saya kali ini.. Let’s go and keep spirit to study guys...

Type data pertama : Integer (int)

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan tipe data yang pertama ni.. Karena saya rasa ini sudah cukup umum... Tipe data integer ini merupakan tipe data yang isinya adalah angka bulat.. Integer ini juga memiliki batasan loh.. Batasannya mulai dari -9223372036854775808 sampai dengan 9223372036854775807. Untuk membuktikannya, kalian bisa menggunakan code program di bawah ini...


Minimum integer.

import sys
print(-sys.maxint -1)


Maximum integer.

import sys
print(sys.maxint)

Nah itu dia code program untuk mendapatkan nilai minimal serta nilai maximal dari tipe data yang satu ini... Oya jika kalian mengetik angka lebih dari batas tersebut, maka secar otomatis tipe datanya akan berubah menjadi Long.

 Nah untuk membuktikan atau mengetahui tipe dari sebuah data, kalian bisa menggunakan code program seperti di bawah ini..
Print(type(123))

Dan untuk cara menuliskan integer ini kalian bisa langsung menuliskan angkanya seperti dia atas... Atau bisa menampungnya ke dalam sebuah variabel seperti di bawah ini...

a= 123
print(a)

Tipe Data : Long.

Sama seperti tipe data yang pertama yaitu integer, tipe data yang satu ini juga merupakan tipe data yang memiliki nilai sebuah angka. Namun, angka yang digunakan disini biasanya lebih besar dari nilai integer. Jadi, gini.. Jika kita mendekalarasikan angka yang melebihi batasan dari nilai integer, maka secara otomatis tipe data nya akan berubah menjadi long. Tapi, jika kalian ingin mengeset angka kalian langsung menjadi long, kalian bisa menggunakan huruf l di belakang angka. Contoh :

a = 10l
print(type(a))


Maka tipe data dari variabel a adalah long. Untuk cara menulisnya sama saja seperti type data integer di atas.

Tipe data : Float.

Type data yang satu ini merupakan tipe data yang isinya merupakan sebuah angka seperti integer dan long. Namun, float ini isinya merupakan pecahan atau bilangan tidak bulat. Atau lebih mudahnya bisa kita katakan sebagai angka yang ada koma nya... Contohnya adalah sebagai berikut :

a = 1,4
Print(type(a))

Tipe data : Complex.

Tipe data yang satu ini merupakan tipe data yang memiliki banyak fungsi sebenarnya. Seperti cos, tan, sin, dan lain sebagainya. Jadi saya tidak akan menjelaskannya lebih lanjut ya.. Karena ini sudah masuk ke tingkatan yang cukup tinggi. Sehingga kita cukup tau saja ya..

Tipe data : String.

Tipe data yang satu ini merupakan sebuah tipe data yang isinya adalah teks. Jadi berbeda dengan tipe data - tipe data yang sebelumnya ya.. Contoh nya adalah seperti berikut ini :

a = “ini teks”


Nah dari contoh di atas, dapat kita lihat untuk menulis sebuah teks kita harus meletakkan teks nya didalam tanda petik dua. Atau menggunakan tanda petik satu pun juga bisa.

Nah kelebihan di bahasa python ini, kita juga bisa mengambil salah satu atau semua karakter dari teks yang kita masukkan. Contohnya seperti di bawah ini..

a = “ini”
b= a[1]
print(b)


Maka jik kita print nilai b, maka akan menghasilkan nilai “n”. Mengapa ? Ya karena kita mengambil karakter dari variabel a dengan nomor indeks 1. Dan mengapa bukan huruf “i” yang kita dapat kan ? Karena indeks di awali dari angka 0. Jadi indek dari huruf i = 0, n=1 dan i= 2. Gimana ngerti kan ? Ya jika belum, bisa kalian pahami secara perlahan ya... Insyaallah saya yakin kalian bisa paham..

Dan selain mengambil karakter, kita juga bisa menggabungkan sebuah string loh.. Caranya cukup mudah.. Seperti di bawah ini..

a = “belajar”
b =  “python”
c = a + b
d = c + “nih”

print(c)
print(d)


Nah itu dia contohnya.. Semoga kalian bisa paham ya temen - temen...

Tipe data : Boolean

Tipe data yang satu ini, merupakan tipe data yang hanya memiliki 2 nilai saja. Yaitu “True” atau “False”. Atau dalam bahasa indonesia dapat kita artikan sebagai penyataan benar atau salah. Bagaimana cara menulisnya ? Oke simak yang di bawah ini ya..

a = True
b = False


Nah cukup seperti itu cara mendeklarasikannya... Namun kita juga bisa menggantinya dengan sebuah pernyataan seperti berikut ini...
Bisa kita tebak kan apa hasilnya ketika kita print ? Ya.. Yang “a” adalah True. Karena angka 5 memang lebih besar dari angka 4 dan yang “b” adalah False. Karena angka 8 tidak lebih kecil dari angka 3. Melainkan lebih besar. Kalian juga menggunakan operator - operator pembanding lainnya loh.. Untuk lebih jelasnya mengenai operator - operator pembanding yang lainnya, kalian bisa BACA DISINI. Dan penggunaan tipe data boolean ini biasanya digunakan sebagai penentu dalam sebuah pengkondisian if-elif, perulangan dan yang lainnya.

Tipe data : List

Tipe data yang satu ini bisa saya katakan agak berbeda dengan tipe data yang sudah saya sebutkan di atas. Karena, tipe data yang satu ini dapat menyimpan banyak data dalam satu variabel saja. Dan tiap data ada alamat lokasi nya. Untuk lebih jelanya bisa kita lihat contoh di bawah ini.

a = [1, 0, 10, 7, ‘a’ , ‘saya’]


Nah itu dia cara deklarasinya.. Dan untuk mengaksesnya adalah sebagai berikut ini..

angka_satu = a[0]

Nah itu dia cara mengaksesnya.. Yaitu di dahului dengan nama variabel yang kemudian diikuti dengan indeksnya. Dan indeksnya berawal dari angka 0 ya.. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih dari tipe data list ini, kalian bisa MENUJU KE POSTINgAN SAYA YANG INI.


 Nah itu dia temen - temen.. Sekilas tentang pengenalan tipe data pada postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya bahas tadi, dapat dengan mudah kalian pahami dan semoga bermanfaat.. Dan apabila ada yang kurang jelas, atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menanyakannya di kolom komentar yang ada di bawah postingan saya kali ini ya.. Insyaallah saya akan langusung menjawabnya jika saya sedang online. Hehe Oke sekian dulu ya temen - temen.... Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya dan membaca postingan saya kali ini.. Jangan lupa baca postingan saya yang lainnya ya... Atau bisa pergi kemodul nya.. Hehe mohon maaf ya apabila ada kesalahan atau kekurangan pada blog saya ini... Sekian dulu ya.. Terimakasih.. Dan sampai jumpa di postingan saya yang lainnya...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment