Penjelasan class pada bahasa pemrograman python

Belajarpython - Assalamualaikum wr. Wb.

Jumpa lagi nih temen - temen... Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahasa mengenai bahasa pemrogaraman nih.. Lebih tepatnya bahasa pemrograman python.. Udah install python apa belum nih ? Apa ? Belum install ? Tapi tenang saja temen - temen.. Saya sudah memposting mengenai tutorial atau langkah - langkah untuk menginstall bahasa python ini... Nah jika kalian tertarik untuk menginstallnya, kalian bisa MEMBACANYA DI SINI. Silahkan pahami dan ikuti langkahnya ya temen - temen..

Nah setelah kalian install python nya, yuk sekarang kita lanjut kan pembahasan postingan saya kali ini.. Jadi, pada postingan saya kali ini, saya akan mencoba untuk membahasa mengenai masalah class.. Nah udah pada denger belum nih mengenai class ini ? Kalau sudah denger, apa kalian sudah tau dan sudah paham mengenai apa yang di maksud dengan class tersebut ? Nah jika belum, cocok bagi kalian untuk membaca postingan saya kali ini... Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya.. Silahkan di simak sama - sama ya temen - temen... Let’s check it out guys..

Apa sih yang di maksud dengan class pada Python ?

Nah sebelum kita masuk ke sesi pembuatan class ini, saya akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk mengenal apa yang saya maksud mengenai class pada bahasa pemrograman python ini.. Sehingga pembelajarannya akan saya buat secara bertahap.. Sehingga dengan begitu, saya harap kalian dapat dengan mudah memahami materi yang saya bahas pada postingan saya kali ini... Yuk langsung saja kita mulai...

Jadi, class merupakan sebuah objek yang di dalam nya biasanya terdapat beberapa metode yang memang merupakan isi dari sebuah class ini. Class dan metode ini biasa di sembut sebagai OOP atau object oriented programing. Dan OOP ini memang fungsinya untuk memudahkan proses atau kegiatan programing kita... Ya mirip degan sebuah metode yang sudah saya bahas sebelumnya, namun, class ini merupakan sebuah objek yang lebih complex dengan di dalamnya berisi beberapa metode.. Jadi, kalau metode berisi berbagai code program, maka class berisi beberapa metode... Gimana ? Sudah jelas kan temen - temen ? Ya saya rasa sudah cukup jelas ya temen - temen..

Jadi, jika kita analogikan terhadap kehidupan nyata, konsepnya bisa kita analogikan terhadap sebuah ruang kelas. Dimana ruang kelas nya berfungsi sebagai class nya... Dan benda - benda yang ada di dalamnya seperti meja, kursi, papan, spidol dan yang lainnya adalah sebuah metode yang bisa kita panggil agar aktif bekerja sesuai fungsinya. Seperti sepidol yang berfungsi untuk menulis.
Gimana ? Sudah ada gambaran belum tentang class ini ? Saya harap kalian sudah memiliki sedikit gambaran ya tentang apa yang saya jelaskan di atas... Nah untuk lebih jelasnya kalian bisa simak di sesi selanjutnya..

Cara membuat sebuah class pada python.

Nah setelah saya menjelaskan atau memperkenalkan kalian terhadap apa itu yang di maksud dengan class, maka sekarang saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk belajar cara membuat sebuah class di dalam bahasa pemrograman python... Nah seperti apa ya cara pembuatannya.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama caranya di bawah ini...

Jadi, untuk membuat sebuah class ini, harus kita awali dengan sebuah kata kunci. Yaitu “class” yang kemudian di ikuti dengan “nama class nya”.. Dan yang terakhir adalah tanda kurung buka dan tutup serta tanda titik dua “()” dan ‘:’.  untuk lebih mudahnya kita bisa lihat atau simak contohnya di bawah ini..

class namaClass () :
    def metode 1 (self) :
        Isi metode
    def metode 2 (self) :
        Isi metode

Nah gimana sudah ada sedikit gambaran kan mengenai apa yang di maksud dengan class ini ? Ya saya harap begitu ya temen - temen... Dan apabila kita perhatikan pada contoh class di atas, maka kita akan melihat semua metode yang ada di sana semuanya memuat kata “self”. Nah apa sih maksudnya ? Itu digunakan untuk mengoper class itu sendiri agar setiap data yang ada di dalam class tersebut dapat di pakai di dalam suatu metode di dalam nya.. Nah gimana masih bingung tentang self ini ? Kalian bisa mempelajarinya lebih lanjut di POSTINGAN SAYA YANG SATU INI. Mohon maaf saya tidak akan membahasnya panjang lebar disini ya... Karena fokus kita kali ini adalah pada class...

Cara memanggil sebuah class dan metode didalamnya.

Nah, setelah kita belajar pengertian serta cara membuat class ini, mmaka selanjutnya saya akan mengajak kalian untuk belajar cara memanggil sebuah class... Hal ini saya lakukan agar kalian tidak kebingungan saat memanggil class nantinya.. Nah lalu seperti apa ya cara memanggil nya ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama cara untuk memanggil suatu class di bawah ini..

Jadi, untuk memanggil sebuah class, sama saja seperti layak nya memanggil metode.. Kita cukup menyebutkan nama classnya dengan di akhiri dengan tanda kurung buka dan tutup seperti di bawah ini..

namaClass()

Nah untuk memanggil metodenya, kita cukup menggunakan memanggil class yang kemudian di ikuti dengan pemanggilan nama metode yang tersedia di dalam class tersebut dengan di pisahkan oleh tanda titik. Seperti di bawah ini..

namaClass().namaMetode()

Nah seperti itu caranya.. Namun, untuk memudahkan pemanggilan metode ini, kita bisa menampung class nya ke dalam sebuah variabel terlebih dahulu... Yang kemudian kita panggil metodenya seperti di bawah ini..

penampung = namaClass()
penampung.namaMetode()

Dan satu lagi nih.. Di dalam sebuah class, biasanya terdapat sebuah metode yang namanya sudah di sediakan oleh python... Namanya adalah “__init__”. Dan jika contoh di atas kita tambahkan __init__ maka kurang lebih akan seperti berikut ini..


class namaClass () :
    def __init__() :
        Isi yang ingin kalian masukkkan
    def metode 1 (self) :
        Isi metode
    def metode 2 (self) :
        Isi metode


Dan sama seperti metode, kita bisa menggunakan atau mengoper sebuah nilai di dalamnya atau tidak. Untuk mengopernya sama saja.. Kita cukup memasukkan sebuah variabel di dalam tanda Kurung pada metode __init__. Dan ingat, bukan pada tanda kurung milik clannya ya... Seperti dibawah ini..

class namaClass () :
    def __init__(self, parameter) :
        Code program yang akan kalian eksekusi pertama kali.
    def metode 1 (self, parameter) :
        Isi metode
    def metode 2 (self) :
        Isi metode

Dan untuk memanggil sebuah class yang memiliki parameter, tentu kita harus memasukkan sebuah nilai saat pemanggilannya.. Seperti yang ada di bawah ini..

namaClass(isiNilai)


Nah sedikit penjelasan mengenai __init__, metode ini merupakan metode yang akan langsung dijalankan ketika class kita di panggil nantinya.. Jadi kita tidak perlu memanggil metodenya secara manual seperti metode - metode yang lain seperti yang sudah saya jelaskan di atas...


Contoh dan pemanfaatan sebuah class pada python.

Nah setelah kita belajar cara membuat dan cara memanggilnya, maka sekarang saya akan mengajark kalian untuk melihat contoh dan pemanfaatan dari sebuah class ini.. Hal ini tentu agar membuat kalian lebih paham mengenai apa yang dimaksud dengan class pada python ini.. Nah langsung saja yuk kita lihat sama - sama contoh programnya di bawah ini... Let’s check it out guys..

#merupakan sebuah class dengan metode untuk mencari jumlah huruf vokal
class pencariHuruf() :
    def __init__(self, teks):
        self.kata = teks
        self.a = 0
        self.i = 0
        self.u = 0
        self.e = 0
        self.o = 0
    def A (self) :
        for i in range(len(self.kata)):
            if self.kata[i] == 'a' or self.kata[i] == 'A' :
                self.a = self.a + 1
        return self.a
    def I (self) :
        for i in range(len(self.kata)):
            if self.kata[i] == 'i' or self.kata[i] == 'i' :
                self.i = self.i + 1
        return self.i
    def U (self) :
        for i in range(len(self.kata)):
            if self.kata[i] == 'u' or self.kata[i] == 'u' :
                self.u = self.u + 1
        return self.u
    def E (self) :
        for i in range(len(self.kata)):
            if self.kata[i] == 'e' or self.kata[i] == 'e' :
                self.e = self.e + 1
        return self.e
    def O (self) :
        for i in range(len(self.kata)):
            if self.kata[i] == 'o' or self.kata[i] == 'o' :
                self.o = self.o + 1
        return self.o

#proses pemanggilan dan penampungan class "pencariHuruf"
teks = 'ma mi mu me mo'
penampung = pencariHuruf(teks)

#pemanggilan metode yang ada di class "pencariHuruf"
jumlahA = penampung.A()
jumlahI = penampung.I()
jumlahU = penampung.U()
jumlahE = penampung.E()
jumlahO = penampung.O()

#mencetak hasil proses yang di tampung di dalam variabel di atas.
print(jumlahA)
print(jumlahI)
print(jumlahU)
print(jumlahE)
print(jumlahO)



Nah ketika prog di atas saya jalankan, maka akan menghasilkan sebuah output seperti di bawah ini..



Nah itu dia temen - temen contoh program nya.. Program di atas merupakan program yang digunakan untuk mencari jumlah huruf vokal... Dan saya menggunakan sebuah parameter di sana ya... Dan dari cara di atas, sudah jelaskan gimana caranya untuk memanggil sebuah class dan sebuah metode yang ada di dalam nya ? Ya saya rasa sudah cukup jelas ya temen - temen.. Jika belum, silahkan simak kembali programnya.. Perhatikan hingga kalian memahminya...

Namun, apabila ada yang ingin kalian tanyakan, atau ada penjelasan yang kurang jelas, kalian bisa menanyakannya langsung kepada saya melalui kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah postingan saya kali ini.. Insyaallah saya akan menjawabnya secepat yang saya bisa.. Hehe

Oke, sekian dulu ya temen - temen pada postingan saya kali ini... Semoga apa yang sudah saya sampaikan di atas dapat membuat kalian paham dan bisa memberikan ilmu baru untuk kalian praktekkan nantinya saat kalian mem program... Oya mohon maaf ya atas kekurangan ataupun kesalahan yang ada di postingan ini maupun blog ini.. Mohon dimaklumi.. Karena saya masih belajar.. Hehe oke terimakasih sudah berkunjung dan membaca postingan saya yang satu ini... Jangan lupa share ke temen - temen kalian ya.. Biar blog ini tambah rame... Mohon bantuannya dah... Oke sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - temen - temen.. Terimakasih.. Sekian..

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment