Contoh code program StringVar, BooleanVar, IntVar dan DoubleVar di tkinter

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk mempelajari beberapa class yang ada di tkinter nih.. Class - class tersbeut adalah >> “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar”  yang merupakan class - class build in. Yang artinya sudah di sediakan oleh tkinternya. Nah tentu kalian tidak asing kan degan class - class tersebut ? Ya terutama bagi kalian yang belajar tkinter nih. Hehe

Nah perlu anda ketahui, pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai contoh - contoh pemanfaatan dari 4 buah class di atas.. dan perlu kalian ketahui juga, postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan saya yang sebelumnya yang membahas mengenai apa itu yang dimaksund dengan class - class tersebut.. Dan postingan ini dibuat untuk melanjutkan dan lebih memperdalam pemahama kalian mengenai class “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar”  ini... Nah bagi kalian yang belum membacanya, yuk dibaca dulu postingan yang saya maksud tadi.. Namun, untuk lebih mudahnya, KALIAN BISA KLIK DISINI YA untuk membacanya...

Nah setelah kalain membaca postingan saya yang sebelum nya, yuk kita lanjut lagi postingan kali ini... Nah seperti yang sudah saya katakan di atas ya.. Pada postingan kali ini saya akan  memberikan contoh pemanfaatan dari class “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar”  inii.. Nah lalu seperti apa ya kira - kira program - program yang memnfaatkan class - class tersebut ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama postingan saya di bawah ini...

Contoh 1 : pemanfaatan class IntVar.

Untuk yang pertama, saya akan mencoba untuk memeberikan contoh penggunaan intvar pada sebuah toggle button ya temen - temen.. Yuk tanpa lama - lama lagi langsung saja dilihat code program nya di bawah ini.. Let’s check it out temen - temen...

from tkinter import *
root = Tk()
root.geometry("200x100")

v = IntVar()
v.set(1)

def ShowChoice():
    print (v.get())

Radiobutton(root,
                text="Pilihan 1",
                variable=v,
                command=ShowChoice,
                value=1).pack()

Radiobutton(root,
                text="Pilihan 2",
                variable=v,
                command=ShowChoice,
                value=5).pack()

mainloop()


Nah itu dia temen - temen.. Jika program di atas kita jalankan, seperti apa ya kira - kira hasilnya ? Langsung saja yuk kita simak sama - sama hasil nya pada gambar yang ada di bawah ini...



Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Disana saya mencetak angka 5 kemudian 1. Angka 5 tercetak, karena saya memilih pilihan 2. Dan angka 5 tercetak karena saya memilih pilihan 1. Nah gimana sudah paham kan cara kerjanya ? Oya perlu kalian ketahui ya pada code program di atas.. Saya menggunakan perintah untuk mencetak “v” dimana kita hanya mengubah nilai nya satu kali. Yaitu menjadi 1. Namun, pada pilihan kedua, kita mendapatkan angka 5.

Jadi, manfaat dari IntVar ini adalah secara otomatis akan menampung nilai yang ada di setiap toggle button ya.. Silahkan di simak lagi ya code program nya... Diman value dari kedua toggle button adalah 1 dan 5.

Contoh 2 : pemanfaatan BooleanVar.

Nah selanjutnya saya akan memberikan sebuah contoh yang memanfaatkan BooleanVar. Nah contoh kali ini, saya akan mencoba untuk membuat sebuah checkbox ya... Yuk langsung saja ya kita lihat sama - sama code program nya di bawah ini...

from tkinter import *

root = Tk()

def diKlik():
    if penentu.get() == True:
        root.title("lihat disini..")
    else:
        root.title("")

root.geometry("250x150")
penentu = BooleanVar()

checkBox = Checkbutton(text="judul", variable=penentu, command=diKlik)
checkBox.place(x=50, y=50)

root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code program nya.. Lalu seperti apa ya kira - kira hasil dar code program di atas ? Untuk mengetahuinya, tenang saja... Saya sudah menyediakan screenshootnya kok.. Silihkan disimak pada gambar di bawah ini ya temen - temen...



Nah itu dia temen - temen hasilnya... Dari gambar di atas, bisa kita tebak ya fungsinya.. Ya.. Jika kita men chek judulnya, maka judul akan tampil.. Seperti pada screenshoot no. 1 di atas... Namun, ketika kita tidak men chek judul nya, maka judulnya tidak akan tampil ya temen - temen... Seperti pada screenshoot no. 2 di atas...

Contoh 3 : pemanfaatan dari StringVar.

Nah selanjutnya saya akan mencoba untuk memberikan contoh pemanfaatan dari StringVar. Nah untuk memeberikan contoh pemanfaatan ini, saya akan mencoba untuk menggunakan sebuah kolom teks inputan.. Nah untuk lebih jelasnya, saya akan mencoba untuk langsung membagikan code program nya.. Yuk silahkan di simak di bawah ini ya temen - temen...

from tkinter import *

root = Tk()

def cetak(event):
    print ("isi kolom teks nya adalah -> " + isi.get())

masukan = Entry()
masukan.pack()

isi = StringVar()
isi.set("tekan enter untuk cetak")
masukan["textvariable"] = isi

masukan.bind('', cetak)

root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code program nya.. Cukup pendek ya.. Cara kerja perogram nya cukup sederhana kok... Jadi, saat kita memasukkan teks ke dalam kolom teks nya.. Lalu silahkan tekan enter ya.. Maka dengan segera, programnya akan mencetak nilai yang ada di dalam kolom teks nya.. Hal ini, dikarenakan, nilai yang ada di dalam kolom teks, ditampung ke dalam StringVar yang sudah di hubungkan sebelumnya.. Silahkan cek lagi code programnya untuk memahaminya ya temen - temen..

Nah lalu seperti apa ya kira - kira hasil dari code program di atas kita jalankan ? Nah langsung saja yuk kita simak sama - sama hasilnya pada gambar yang ada di bawah ini ya...





Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Bisa kita lihat ya di sana.. Saya sudah memberikan beberapa nilai dan menekan enter. Maka bisa kita lihat ya.. Disana ada beberapa hasil print.. Dan yang terakhir adalah “coba lagi”.. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa mencoba nya sendiri ya temen - temen..


Contoh 4 : Pemanfaatan dari DoubleVar.

Nah yang terakhir saya akan mencoba memberikan contoh pemanfaatan dari DoubleVar ini. Dimana kita tau, Double var ini fungsinya seperti float yang nilainya ada koma nya... Jadi berbeda dengan IntVar ya... Walaupun memang sama - sama angka.... Nah seperti apa ya kira - kira pemanfaatan dari angka koma ini ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama contoh code program nya di bawah ini ya temen - temen...

from tkinter.ttk import Label, Scale
from tkinter import Tk, LEFT, DoubleVar


root = Tk()

def onScale(nilai):
    v = float(nilai)
    angka.set(v)

scale = Scale(from_=0, to=100, command=onScale)
scale.pack(side=LEFT, padx=15)

angka = DoubleVar()
teks = Label(text=0, textvariable=angka)
teks.pack(side=LEFT)

root.geometry("300x50")
root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Cukup pendek ya... Dan bisa kita perhatikan disana.. Untuk contoh pemanfaatan DoubleVar ini,  saya menggunakan sebuah scale atau slider ya temen - temen.. Dimana “DoubleVar” nya saya jadikan sebuah variabel dari sebuah teks yang akan di set setiap kita menggeser slider nya.. Nah lalu seperi apa ya kira - kira hasil dari code program di atas ketika saya jalankan ? Yuk langsung saja di simak hasilnya pada gambar yang ada di bawah ini ya temen - temen...



nah itu dia temen - teme hasilnya.. Cukup panjang ya hasil koma nya... Untuk merubah angkanya kita bisa menggerakkan slider nya ya... Maka secara real time, maka angka nya akan langsung berubah... Gimana ? Sudah jelas ya temen - temen..


Nah itu dia temen - temen contoh pemanfaatan dari class “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar” ini.. Saya harap dengan contoh di atas, dapat membuat kalian bisa lebih paham akan penggunaan dari class - class tersebut.. Sehingga kalian bisa memanfaatkannya secara lebih maksimal dan tentu juga bisa menambah pengetahuan kalian serta ilmu baru tentunya. Hehe

Oke sampai disini dulu ya pembahasan saya mengenai “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar” ini.. Semoga apa yang saya sampaikan di atas dapt bermanfaat bagi kalian.. Dan tentu saja dapat memberikan manfaat bagi kalian dan ilmu baru tentunya... Dan terimakasih ya sudah berkunjung ke blog ku ini dan membaca postingan saya hingga akhir.. Mohon maaf atas kekurangan yang ada di blog ini ya.. Terlebih lagi yang ada pasa postingan kali ini.. Dan harap maklum.. Karena saya juga masih belajar.. Heehe..

Oke sekai lagi terimakasih ya.. Dan apabila kalian berkenan, mohon share postingan kali ini ya.. Sebagai bentuk dukungan kalian terhadap blog saya.. Oke terimakasih dan sampai jumpa lagi di positngan - postingan saya yang lainnya.. Sekian..

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment