cara membuat color chooser/pemilih warna di tkinter

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak kalian untuk belajar python nih.   . Namun lebih ke GUI nya ya.. Dan tentu saja saya akan menggunakan tkinter dalam postingan kali ini.. Tapi kalian udah install python 3 nya belum ? Belum ya ? Waduh.. Yuk kita silahkan di install dulu ya python 3 nya.. Sudah tau kan cara install python 3 nya.. Ya dengan cara pergi ke python.org saja ya.. Atau jika kalian butuh kawalan atau butuh sebuah tutorial, tenang saja kok.. Saya udah buat tutorial instalasi python 3 ini.. Nah jika kalian tertarik untuk membacanya, SILAHKAN KLIK DISINI YA TEMENN - TEMEN.. Lalu silahkan ikuti saja perintah - perintah dari tiap langkah yang ada..

Nah setelah kita install senjatanya, atau python 3 nya, yuk kita lanjut lagi postingan yang sempat tertunda tadi.. Yaitu belajar GUI python dengan tkinter.. Nah jadi, pada postingan saya kali ini, saya akan mengajak kalian untuk membuat sebuah color chooser. Atau jika kita artikan ke dalam bahasa indonesia, merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memilih sebuah warna.. Nah seperti apa ya kira - kira caranya.. Nah jika kalian ingin tau, yuk mari silahkan di simak sama - sama postingan saya kali ini.. Let’s check it out temen - temen...

Cara membuat sebuah pemilih warna atau color chooser pada tkinter python 3.

Nah seperti yang sudah saya katakan tadi, pada postingan kali ini, saya akan mengajak kalian untuk membuat sebuah color chooser atau pemilih warna. Nah di segment inilah tempat yang digunakan untuk membuat pemilih warna tersebut. Nah tentu saja saya akan memberikan caranya dalam bentu sebuah code program ya temen - temen.. Ya seperti biasanya lah... Yuk mari tanpa lama - lama lagi langsung saja kita simak code programnya di bawah ini..


from tkinter import Tk, Frame, Button, BOTH, SUNKEN, colorchooser


class pemilihWarna(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent)

        self.window = parent
        self.initUI()

    def initUI(self):
        self.window.title("pemilih warna")
        self.window.geometry("300x150")
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)

        self.buatTombol()
        
    def buatTombol(self):
        self.tombol = Button(self, text="pilih warna", command=self.pilihWarna)
        self.tombol.place(x=30, y=30)

    def pilihWarna(self):
        colorchooser.askcolor()

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    ex = pemilihWarna(root)
    root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Tidak terlalu panjang ya temen - temen.. Lalu seperti apa ya tampilan dari code program di atas ketika kita jalankan ? Nah untuk mengetahuinya, yuk langsung saja kita simak sama - sama hasil running nya pada gambar di bawah ini ya temen - temen..



Nah itu dia temen - temen hasil running dari code program diatas.. Dimana screenshoot yang no. 1 merupakan sebuah screenshoot dari tampilan yang akan keluar ketika pertama kali code program dia tas kita jalankan.. Nah pada screenshoot no. 2 merupakan tampilan yang dihasilkan ketika tombol “pilih warna” kita klik. Nah gimaana ? Sudah jelas ya temen - temen...

Cara memanfaatkan dialog color chooser atau pemilih warna tkinter python3.

Nah selanjutnya, pada segment ini saya akan mengajak kalian untuk melihat contoh untuk memanfaatkan pemilih warna tersebut untuk mengeset warna dari sebuah frame. Karena, pada program di atas, kita tidak memberikan atau memanfaatkan hasil dari pilihan warna yang kita pilih itu ya...  Jadi pada segment inilah saya akan memanfaatkannya untuk mengubah warna frame seperti yang sudah saya katakan tadi..

Nah lalu seperti apa ya kira - kira code program untuk memanfaatkan color chooser di atas ? Yuk mari silahkan di seimak saja code program nya di bawah ini.. Let’s check it out...

from tkinter import Tk, Frame, Button, BOTH, SUNKEN, colorchooser

class pemilihWarna(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent)

        self.window = parent
        self.initUI()

    def initUI(self):
        self.window.title("pemilih warna")
        self.window.geometry("300x150")
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)

        self.buatTombol()
        self.buatTempatWarna()

    def buatTombol(self):
        self.tombol = Button(self, text="pilih warna", command=self.pilihWarna)
        self.tombol.place(x=30, y=30)

    def buatTempatWarna(self):
        self.tempatWarna = Frame(self, border=1,relief=SUNKEN, width=100, height=100)
        self.tempatWarna.place(x=160, y=30)

    def pilihWarna(self):
        (rgb, hx) = colorchooser.askcolor()
        self.tempatWarna.config(bg=hx)

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    ex = pemilihWarna(root)
    root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Sebenarnya, code program tersebut sama saja dengan code program sebelumnya.. Namun saya memberikan sedikit tambahan saja pada code program tersebut.. Salah satunya adalah metode “buatTempatWarna” yang digunakan untuk membuat sebuah frame tempat dimana warna akan di set. Nah kemudian, di metode “pilihWarna” saya memberikan tambahan code program juga ya.. Untuk lebih jelasnya, silahkan bandingkan sendiri ya dengan code program yang sebelumnya..

Nah lalu seperti apa ya kira - kira tampilan yang akan di haslkan dari code program di atas ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk mari silahkan di simak gambar yang ada di bawah ini.. Let’s check it out...



Nah itu dia temen - temen beberapa screenshoot yang saya ambil dari code program di atas ketika saya jalankan..


  1. Jadi, pada screenshoot no. 1 merupakan tampilan yang akan tampil pertama kali saat code program di atas kita jalankan.. 
  2. Dan pada screenshoot no. 2 dimana pemilih warna atau color chooser akan tampil.. Disinilah kita akan memilih warna. Setelah itu klik “ok”
  3. Dan yang terakhir adalah screenshoot no. 3 dimana warna frame nya sudah berubah menjadi warna yang sudah kita pilih sebelumnya tadi.


Nah itu dia temen - temen penjelasannya... Sudah jelas kan ya ? Ya saya rasa sudah cukup jelas banget.. Ehehe

Penjelasan code program untuk membuat dan memanfaatkan color chooser atau pemilih warna tkinter Python 3.

Nah setelah kita belajara cara membuat serta memanfaatkan color chooser atau pemilih warna ini, maka selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan tiap baris dari code program yang sudah saya bagikan di atas.. Tentu saja dengan cara ini saya harap kalian dapat lebih memahami code program yang sudah saya bagikan tadi. Dan tentu saja final atau akhirnya, kalian dapat memperaktekkannya sendiri..

Oke, tanpa lama - lama lagi, yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya mengenai code program di atas.. Silahkan di simak di bawah ini ya.. Let’s begin it now guys...



from tkinter import Tk, Frame, Button, BOTH, SUNKEN, colorchooser  //code ini digunakan untuk mengimport “Tk”, “Button”, “BOTH”, “SUNKEN” dan “colorchooser” dari library tkinter.

class pemilihWarna(Frame):  //code ini digunakan untuk membuat class dengan nama “pemilihWarna” yan gakan digunakan untuk menampung semua code program untuk menampilkan window dan yang lainnya saat ditampilkan nantinya.
    def __init__(self, parent):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah construktor dari class “pemilihWarna” ini. Dengan meminta sebuah paremeter disana.
        Frame.__init__(self, parent)  //code ini diguankan untuk menjadi kan class ini sebagai GUI.

        self.window = parent  //code ini digunakan untuk mengoper nilai yang ada di variabel “parent” ke dalam variabel “window”.
        self.initUI()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “initUI”

    def initUI(self):  //code ini digunak untuk membuat sebuah metode dengan nama “initUI” yang aka digunakan untuk menampung semua code program untuk mengedit elemen windownya.
        self.window.title("pemilih warna")  //code ini digunakan untuk mengubah judul dari windownya.
        self.window.geometry("300x150")  //code ini digunakan untuk mengubah ukuran windownya.
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)  //code ini digunakan unutk membuat layout dengan “pack Layout”.

        self.buatTombol()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “buatTombol”.
        self.buatTempatWarna()  //code ini digunakan untuk memanggils sebuah metode dengan nama “buatTempatWarna”.

    def buatTombol(self):  //code ini digunak untuk membuat sebuah metode dengan nama “buatTombol” yang akna digunakan untuk menampung semua code program untuk membuat sebuah tombol.
        self.tombol = Button(self, text="pilih warna", command=self.pilihWarna)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah tombol dengan nama “pilih warna”.
        self.tombol.place(x=30, y=30)  //code ini digunakan untuk meletakkan tombol pada window nya.

    def buatTempatWarna(self):  //code ini digunak untuk membuat sebuah metode dengan nama “buatTempatWarna” yang aka digunakan untuk menampung semua code program untuk membuat sebuah Frame tempat yang akan dirubah warnanya..
        self.tempatWarna = Frame(self, border=1,relief=SUNKEN, width=100, height=100)  //code ini digunakan membuat sebuah frame atau tempat dimana warnanya akan kita rubah.
        self.tempatWarna.place(x=160, y=30)  //code ini digunakan untuk meletakkan frame pada window nya.

    def pilihWarna(self):  //code ini digunak untuk membuat sebuah metode dengan nama “initUI” yang aka digunakan untuk menampung semua code program untuk menampilkan color chooser atau pemilih warna sekaligus mengubah warna frame..
        (rgb, hx) = colorchooser.askcolor()  //code ini digunakan untuk menampilkan color chooser atau pemilih warnanya.
        self.tempatWarna.config(bg=hx)  //code ini digunakan untuk menyetel atau merubah warna frame menjadi warna yang sudah di pilih pada color chooser.

if __name__ == '__main__': //code ini digunakan untuk memastikan apakah file python ini dipanggil atau tidak.
    root = Tk()  //code ini digunakan utnuk memanggil “Tk” yang kemudian di tampung ke dalam variabel “root”
    ex = pemilihWarna(root)  //code ini digunakan untuk memanggil class dengan nama “pemilihWarna” dengan memasukkan root sebagai parameter.

    root.mainloop() //code ini digunakan agar window yang kita tampilkan tidak langsung close secara otomatis.



Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment