Cara membuat garis di window tkinter

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jump lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk belajar python. Tapi saya akan mengajak kalian untuk belajar UI atau GUI nih... Dan untuk GUI nya saya akan menggunakan tkinter pada postingan kali ini.. Jadi, sudahkah kalian menginstall python 3 nya ? Wah jangan - jangan belum install nih.. Tapi tenang saja temen - temen.. Karena, saya sudah membuatkan postingan untuk menginstall python 3 ini.. Nah bagi kalian yang belum install python 3 nya, silahkan baca postingan saya yang membahas mengenai cara instalasi python 3 ini ya.. Dan untuk membacanya KALIAN BISA KLIK DISINI YA temen - temen.. Dan silahkan install sendiri dengan mengikuti setiap langkah yang ada..

Nah setelah kita menginstall python 3 nya, yuk sekarang kit mulai postingan kali ini.. Atau lebih tepatnya melanjutkan ya.. Hehe.. Jadi, pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian belajar GUI python menggunakan tkinter ya... Ya seperti yang sudah saya katakan tadi ya... Nah lebih tepatnya, saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk membuat sebuah garis didalam window tkinter python 3 ini.. Nah seperti apa ya kira - kira caranya.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama caranya pada postingan saya kali ini.. Let’s check it out temen - temen...

Cara membuat garis pada window tkinter Python 3.

Nah seperti yang sudah saya katakan tadi ya .. Pada postingan kali ini kita akan belajar untuk membuat sebuah garis.. nah di segement inilah saya akan menoba untuk memberikan caranya.. Tentu saja dengan membagikan code program nya temen - temen.. Hehe.. Nah seperti apakah ya kira - kira cara untuk membuat garis di window ini ? Nah untuk mengetahui caranya atau code programnya, kalian bisa lihat pada code program yang akan saya kasi di bawah ini ya temen - temen.. Silahkan di simak dan di pahami ya... Let’s check it out temen - temen...

from tkinter import Tk, Canvas, Frame, BOTH

class MembuatGaris(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent)

        self.window = parent
        self.initUI()

    def initUI(self):
        self.window.title("Lines")
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)
        self.window.geometry("400x250")

        self.buatGaris()
    
    def buatGaris(self):
        kanvas = Canvas(self)
        kanvas.create_line(15, 25, 200, 25)
        
        kanvas.pack(fill=BOTH, expand=1)

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    ex = MembuatGaris(root)
    root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programna.. Gimana ? Tidak panjang ya.. Dan saya rasa cukup mudah banget.. Hehe.. Belum saya jelaskan pun, kalian pasti sudah memahami nya ya.. Nah lalu seperti apakah kira - kira jika code program di atas kita jalan kan ? Nah untuk mengetahuinya, yuk mari silahkan kita simak sama - sama hasil runnya pada gambar yang ada di bawah ini ya...



Nah itu dia temen - temen hasil runing dari code program nya.. Gimana ? Cukup simpel ya.. Ya seperti pada code programnya.. Cukup simple ya.. Karena hanya memang menampilkan satu garis saja..

Cara membuat garis putus - putus pada window tkinter python 3.

Nah setelah kita membuat garis lurus, sekarngan saya akan mencoba untuk membuat sebuah garis putus - putus pada window tkinter python 3. Nah cukup menarik ya.. Dan kira - kira seperti apa ya code program nya.. Yuk langsung saja tanpa lama - lama lagi kita simak code program untuk membuat garis putus - putus di bawah ini... Let’s check it out temen - temen...


from tkinter import Tk, Canvas, Frame, BOTH

class MembuatGaris(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent)

        self.window = parent
        self.initUI()

    def initUI(self):
        self.window.title("Lines")
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)
        self.window.geometry("400x250")

        self.buatGaris()
   
    def buatGaris(self):
        kanvas = Canvas(self)
        kanvas.create_line(300, 35, 300, 200, dash=(4, 2))

        kanvas.pack(fill=BOTH, expand=1)

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    ex = MembuatGaris(root)
    root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Cukup singkat juga ya... Dan disana terilhat ada perbedaaan dengan code program yang sudah saya bagikan sebelumnya tadi ya.. Disana ada tambahan kata “dash”.. Untuk lebih jelasnya, silahkan bandingkan sendiri ya perbedaan dari dua code program diatas.. Nah untuk selanjutnya, yuk silahkan kita lihat sama - sama screenshoot hasil dari code program di atas.. Silahkan di simak pada gambar di bawah ini ya temen - temen..



Nah itu dia temen - temen hasil tampilan dari code program nya.. Gimana ada yang beda ya.. Ya.. Perbedaannya adalah garis putus - putus dan layout nya ya.. Dimana pada code program yang pertama merupakan garis lurus horizontal maka pada code program yang satu ini menghasilkan garis vertikal.. Nah kira - kira dimana letak perbedaannya ? Nanti saya akan membahasnya pada segment selanjutnya ya.. Makanya.. Disimak terus hingga selesai ya.. Heehe


Penjelasan untuk menentukan koordinat dari garis atau vertikal/horizontal garis di tkinter python 3.

Nah seperti yang sudah saya janjikan tadi ya.. Saya akan memberikan sebuah penjelasan mengenai cara untuk menentukan koordinat dari pembuatan garis pada tkinter ini... Agar kalian bisa menentukan dan mengkreasikan sekreatif mungkin ya.. Hehe yuk langsung saja kita simak di bawah ini..

Nah untuk menjelaskannya saya akan mencoba untuk menampilkan code program untuk membuat garisnya dulu ya.. Seperti di bawah ini..


kanvas.create_line(15, 25, 200, 25)

Nah bisa kita lihat ya pada program di atas... Terdapat 4 buah angka yang memiliki dua buah warna berbeda ya temen - temen.. Hal ini saya lakukan untuk mempermudah penjelasan saya...

Sekarang kita fokus ke angka yang warna hijau ya.. Jadi yang dua angka yang hijau ini merupakan koordinat untuk memulai garisnya. Dimana angka yang pertama (15) merupakan titik X atau Vertikal yang dihitung dari jendela paling kiri ya.. Dan satuannya adalah pixel.. Sementara angka yang kedua, yaitu angka angka (25) merupakan angka koordinat Y dimana di hitung dari window paling atas ya...

Sekarang kita fokus ke angka yang warna merah ya.. Jadi yang dua angka yang merah ini merupakan koordinat untuk meng akhiri garisnya. Dimana angka yang pertama (200) merupakan titik X atau Horizontal yang dihitung dari jendela paling kiri ya.. Dan satuannya adalah pixel.. Sementara angka yang kedua, yaitu angka angka (25) merupakan angka koordinat Y dimana di hitung dari window paling atas ya...

Dan untuk lebih mudahnya, yuk kita simak penjelasan melalui gambar di bawah ini ya.. Dan semoga bisa membantu dalam proses pemahaman kalian nantinya ya.. Silahkan di cek dan di pahami..



Nah itu dia temen - temen penjelasan saya melalui gambar untuk menentukan sebuah koordinat dari peletakan garis ini.. Untuk lebih memahaminya, silahkan ubah ubah sendiri ya nilai angka nya.. Dan lihat perbedaannya...

Dan untuk yang code program dash(2,4) ini merupakan untuk menentukan jeda nya.. Dimana angka “2” digunakan untuk menentukan jeda dari garis putus - putusnya.. Yaitu sebesar 2 pixel. Dan angka “4” yang digunakan untuk menentukan panjang garisnya.. Yaitu sebesar 4 pixel...

Nah gimana ? Sudah jelaskan temen - temen ? Ya saya rasa sudah cukup jelas ya.. hehe

Penjelasan code program untuk membuat garis lurus dan garis putus - putus pada tkinter python 3.

Nah setelah kita belajar untuk membuat 2 macam garis, serta telah dijelaskan cara untuk konfigurasi layout nya, sekarang saya akan mencoba untuk memberikan penjelasan terhadap code program yang sudah saya bagikan diatas.. Tentu saja saya akan menjelaskannya tiap baris code program.. Sehingga kalian akan lebih memahami code program yang sudah saya bagikan di atas... Nah seperti apa ya kira - kira penjelasannya.. Yuk langsung saja tanpa lama - lama lagi, langsung saja kita simak penjelasan saya di bawah ini...


from tkinter import Tk, Canvas, Frame, BOTH  //code ini digunakan untuk mengimport “Tk”, “Canvas”, “Frame” dan “BOTH” dari tkinter.

class MembuatGaris(Frame):  //code ini digunakn untuk membuat class dengan nama “MembuatGaris” yang akan digunakan untuk menampung semua code program untuk membuat elemen - elemen apa saja yang akan kita tampilkan nantinya.
    def __init__(self, parent):  //code ini merupakan sebuah construktor yang tentu saja merupakan sebuah program yang akan di jalankan pertama kali dan secara otomatis dijalankan ketika class “MembuatGaris” ini kita panggil nantinya.
        Frame.__init__(self, parent)  //code ini digunakan untuk menjadikan class ini sebagai sebuah GUI.

        self.window = parent  //code ini digunakan untuk membuat variabel dengan nama “window” dan di isi dengan nilai yang ada pada variabel ‘parent’
        self.initUI()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “initUI”.

    def initUI(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “initUI” yang akan digunakan untuk menampung code program untuk membuat atau mengubah elemen window nya.
        self.window.title("Lines")  //code ini digunakan untuk mengubah judul windownya menjadi “Lines”.
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah layout di window.
        self.window.geometry("400x250")  //code ini digunakan untuk menyetel ukuran window nya menjadi “400x250” pixel.
        self.buatGaris()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “buatGaris”.
    
    def buatGaris(self): //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “buatGaris” yang akan digunakan untuk menampung code program untuk membuat garisnya.
        kanvas = Canvas(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah canvas dan disimpan kedalam variabel “kanvas”.
        kanvas.create_line(15, 25, 200, 25)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah garis lurus.
        kanvas.create_line(300, 35, 300, 200, dash=(4, 2))  //code ini digunakan untuk membuat garis putus - putus.

        kanvas.pack(fill=BOTH, expand=1)  //code ini digunakan untuk memamasukkan “kanvas” ke dalam window nya.

if __name__ == '__main__':  //code ini digunakan untuk memastikan apakah code program ini dipanggil atau tidak.
    root = Tk()  //code ini digunakan untuk memanggil “Tk” dan kemudian disimpan ke dalam variabel “root”.
    ex = MembuatGaris(root)  //code ini digunakan untuk memanggil class “MembuatGaris” dengan memasukkan root sebagai paramete.

    root.mainloop()  //code ini digunakan agar window yang kita tampilkan agar tidak langsung close secara otomatis


Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment