Cara membuat lingkaran, oval, kotak, dan lain - lain di tkinter

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengajak kalain belajar GUI python nih.. Ya tentu saja saya akan menggunakan modul bawaan python nnya itu sendiri ya.. Jadi kalian tidak perlu repot - repot untuk menginstallnya lagi.. Nah tapi apakah kalian sudah menginstall bahasa python nya ? Jangan - jangan belum install python 3 nya nih... Nah sebelum kita elajar GUI tkinter di python 3 pada postingan kali ini, yuk silahkan install dulu python 3 nya... Kalian bisa langsung unduh situs resminya ya.. Di https://python.org .

Dan jika kalian membutuhkan tutorial untuk instalasi python 3 ini, tenang saja.. Saya sudah membuatkan postingan tentang tutorial instalasi python 3 nya kok.. Jika kalian ingin membacanya KALIAN BISA KLIK DISINI YA temen - temen.. Dan silahkan baca serta ikuti instruksi instalasi nya hingga selesai ya temen - temen.. Sampai kalian bisa menjalankannya..

Nah setelah kalian menginstall bahasa pemrograman python nya, maka secara otomatis kalian juga sudah menginstall bahasa python nya... Jadi sekarang kita lanjutkan postingan kita ini ya.. Jadi seperti yang sudah saya katakan tadi, kita akan mempelajari mengenai GUI dari tkinter python 3 ya.. Dan lebih tepatnya lagi, pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian membuat berbagai macam bentuk yang bisa kalian buat pada window tkinter python 3 ini.. Bentuk - bentuk tersebut seperti bulat, oval, kotak dan yang lainnya..  Nah langsung saja yuk kita mulai postinganki ta kali ini... Let’s read it until finish temen - temen.. Hehe

Cara membuat berbagai macam bentuk di window tkinter python 3.

Nah langsung saja yuk kita mulai cara untuk membuat berbagai macam bentuk di window tkinter python 3 pada segement yang pertama ini.. Ya tentu saja saya akan memberikan caanya dengan cara langsung memberikan cod programnya.. Dan selanjutnya kalian lah yang harus memahaminya sendiri.. Hehe tapi tenang saja kik saya akan menjelaskan juga code programnya... Nah lalu seperti apa ya kira - kira code program yang akan saya bagikan ini ? Nah jika kalian penasaran, yuk langsung saja tanpa lama - lama lagi, kita simak sama - sama code program yang akan  saya bagikan ini...

from tkinter import Tk, Canvas, Frame, BOTH

class MembuatBerbagaiBentuk(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent)

        self.window = parent
        self.initUI()

    def initUI(self):
        self.window.title("Shapes")
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)
        self.window.geometry("330x220+300+300")
        self.buatBentuk()

    def buatBentuk(self):
        canvas = Canvas(self)
        canvas.create_oval(10, 10, 80, 80, outline="green", fill="blue", width=2)
        canvas.create_oval(110, 10, 210, 80, outline="green", fill="blue", width=2)
        canvas.create_rectangle(230, 10, 290, 60, outline="green", fill="blue", width=2)
        canvas.create_arc(30, 200, 90, 100, start=0, extent=210, outline="green", fill="blue", width=2)

        points = [150, 100, 200, 120, 240, 180, 210, 200, 150, 150, 100, 200]
        canvas.create_polygon(points, outline='green', fill='blue', width=2)

        canvas.pack(fill=BOTH, expand=1)

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    ex = MembuatBerbagaiBentuk(root)
    root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Gimana cukup panjang juga ya.. Lalu seperti apa ya kira - kira hasilnya jika code program di atas kita jalankan nantinya ? Untuk melihat hasilnya, kalian bisa langsung meihat contoh screenshootnya pada gambar di bawah ini ya temen - temen.. Silahkan dilihat ya....





Nah itu dia temen - temen hasilnya... Silahkan di lihat ya..  Saya juga tidak terlalu tau apa nama - nama dari 5 bentuk di atas.. Yang saya tau cuma tiga aja.. Yaitu bulat, oval dan kotak.. Sisanya saya kurang tau... Jadi silahkan namai sendiri ya.. Hehe...

Penjelasan code program untuk membuat berbagai macam bentuk di window tkinter pada python 3.

Nah seperti yang sudah saya janjikan pada segment sebelumny, maka di segment ini saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan di atas.. Tentu saja saya akan menjelaskannya tiap baris dari code program di atas ya.. Jadi kalian saya harapkan dapat lebih memahami code program yang sudah saya bagikan tersebut... Nah seperti apa ya kira - kira penjelasan saya mengenai code prgram tersebut ?  Yuk langsung saja kita mulai dan simak sama - sama penjelasan saya mengenai code program di atas...



from tkinter import Tk, Canvas, Frame, BOTH  //code ini digunakan untuk mengimport “Tk”, “Canvas”, “Frame” dan “BOTH” yang memanga akan kita perlukan nantinya.. 

class MembuatBerbagaiBentuk(Frame):  //code ini digunakan untuk membuat class denga nama “MembuatBerbagaiBentuK” yang tentu saja akan saya gunakan untuk menampung semua code program untuk menampilkan window beserta isinya nantinya.
    def __init__(self, parent):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah construktor untuk class ini dengan memerlukan sebuah parameter untu memanggil class “MembuatBerbagaiBentuk” ini..
        Frame.__init__(self, parent)  //code ini digunakan untuk membuat class ini menjadi class ini menjadi sebuah GUI.

        self.window = parent  //cod eini digunakan untuk mengoper nilai pada variabel “parent” ke variabel “window”.
        self.initUI()  //code ini digunakan untuk memanggil metode denga nama ‘Init UI’.


    def initUI(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “initUI” yang akan digunakan untuk menampung semua code program untuk mengatur windownya.
        self.window.title("Shapes")  //code ini digunakan untuk mengubah judul window nya menjadi “shapes”.
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)  //code ini digunakan untuk membuat layout. Yaitu  layout “pack”.
        self.window.geometry("330x220+300+300")  //code ini digunanakn untuk mengubah ukuran window nya menjadi “330x220” dengan di tampatkan pada posisi “300x300”.
        self.buatBentuk()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “buatBentuk”.

    def buatBentuk(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan anama “buatBentuK” yang akan digunakan untuk menampung semua code program untuk membuat berbagaii macam bentuk nya.
        canvas = Canvas(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah fungsi “Canvas” dari tkinter. Dan menyimpannya ke dalam variabel “canvas”.
        canvas.create_oval(10, 10, 80, 80, outline="green", fill="blue", width=2)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah bentuk bulat dengan warna yang sudah ditentukan tersebut. Silahkan rubah elemennya untuk melihat perubahannya.
        canvas.create_oval(110, 10, 210, 80, outline="green", fill="blue", width=2)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah bentuk oval dengan warna yang sudah ditentukan tersebut. Silahkan rubah elemennya untuk melihat perubahannya.
        canvas.create_rectangle(230, 10, 290, 60, outline="green", fill="blue", width=2)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah bentuk kotak dengan warna yang sudah ditentukan tersebut. Silahkan rubah elemennya untuk melihat perubahannya.
        canvas.create_arc(30, 200, 90, 100, start=0, extent=210, outline="green", fill="blue", width=2)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah bentuk petama di baris kedua pada window dengan warna yang sudah ditentukan tersebut. Silahkan rubah elemennya untuk melihat perubahannya.

        points = [150, 100, 200, 120, 240, 180, 210, 200, 150, 150, 100, 200]   //code ini digunakan untuk membuat titik - titik koordinat yang kemudian disimpan ke dalam variabel “points”.
        canvas.create_polygon(points, outline='green', fill='blue', width=2)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah bentuk petama di baris kedua pada window dengan warna yang sudah ditentukan tersebut. Dan memberikan titik - titik koordinat menggunakan titik - titik koordinat di variabel “points”.

        canvas.pack(fill=BOTH, expand=1)  //code ini digunakan untuk memsukkan semua elemen canvas atau berbagai macam bentuk tadi ke dalam window tkinter python 3 nya.

if __name__ == '__main__':  //code ini digunakan untuk memastikan apakah file python ini di panggil atau tidak.
    root = Tk()  //code ini digunakan untuk memanggil element “Tk” dari tkinter.
    ex = MembuatBerbagaiBentuk(root)  //code ini digunakan untuk memanggil class “MembuatBerbagaiBentuk” yang sudah kita buat tadi dengan memasukkan root sebagi parameter.

    root.mainloop()  //code ini digunakan agar window yang akan di tampilkan nantinya.



Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment