BelajarPython - assalamualaikum wr. wb
Jumpa lagi nih temen- temen .. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan mengenai contoh program dari python nih... Tapi pada kali ini saya akan menggunakan tampilan atau GUI nih... Nah utnuk mewujudkan hal tersebut, saya akan meminta bantuan dari modul tkinter... Namun, sebelum itu semua saya kasih, saya mau tanya dulu nih.. Sudahkah kalian menginstall Python ?
Nah jika salah satu dari kalian menginstall bahasa pemrograman tersebut, tenang saja temen - temen.. Kalian tidak perlu bingung dan bertanya tanya bagaimana cara untuk menginstall bahasa tersebut... Karena, saya sudah membuatkan postinganyang akan membimbing kalian secara detail untuk menginstall bahasa yang satu ini. Nah, jika kalian tertarikk untuk membaca postingan yang saya maksud ini, KALIAN BISA KLIK DISINI.
Nah setelah kita install bahasa pythonnya, yuk kita lanjutkan postingan kali ini.. Jadi seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk memberikan contoh program dari python yang menggunakan tampilan dari Tkinter. Nah program tersebut merupakan program klasik.. Apa itu ? Ya itu adalah kalkulator. Hehe.. Nah, yuk tanpa lama - lama lagi, langsung saja kita simak sama - sama postingan saya kali ini.. Let’s check out temen - temen....
nah tanpa lama - lama lagi, yuk langsung saja kita simak sama - sama code program untuk membuat aplikasi kalkulator sederhana ini.. silah simak secara seksama di bawah ini ya temen - temen.. let's begin and let's check it out guys.. hehe
nah itu dia temen temen code programnya.. gimana? cukup panjang juga ya.. ya maklum saja ya.. kan saya membuat kalkulator ini berbasis GUI atau tampilan seperti layaknya sebuah aplkasi komputer pada umumnya.. ya walaupun memang tidak akan terlalu istimewa hasilnya... nah sudah penasaran belum dengan hasil yang akan di peroleh dari code program diatas? nah jika iya, yuk tanpa lama - lama lagi saya akan mengajak kalian untuk melihat hasil dari code program di atas ketika kita jalankan.. yuk silahkan di lihat pada gambar di bawah ini ya...
nah itu dia temen - temen tampilan yang akan di hasilkan dari code program diatas.. gimana sudah jelaskan? ya saya harap dan saya rasa apa yang sudab saya tampilkan diatas sudah cukup jelas ya... hehe
Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...
Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...
Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...
Wassalamualaikum wr. wb.
Jumpa lagi nih temen- temen .. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan mengenai contoh program dari python nih... Tapi pada kali ini saya akan menggunakan tampilan atau GUI nih... Nah utnuk mewujudkan hal tersebut, saya akan meminta bantuan dari modul tkinter... Namun, sebelum itu semua saya kasih, saya mau tanya dulu nih.. Sudahkah kalian menginstall Python ?
Nah jika salah satu dari kalian menginstall bahasa pemrograman tersebut, tenang saja temen - temen.. Kalian tidak perlu bingung dan bertanya tanya bagaimana cara untuk menginstall bahasa tersebut... Karena, saya sudah membuatkan postinganyang akan membimbing kalian secara detail untuk menginstall bahasa yang satu ini. Nah, jika kalian tertarikk untuk membaca postingan yang saya maksud ini, KALIAN BISA KLIK DISINI.
Nah setelah kita install bahasa pythonnya, yuk kita lanjutkan postingan kali ini.. Jadi seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk memberikan contoh program dari python yang menggunakan tampilan dari Tkinter. Nah program tersebut merupakan program klasik.. Apa itu ? Ya itu adalah kalkulator. Hehe.. Nah, yuk tanpa lama - lama lagi, langsung saja kita simak sama - sama postingan saya kali ini.. Let’s check out temen - temen....
Cara membuat kalkulator dengan python menggunakan tkinter.
nah seperti yang sudah saya katakan di atas, pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk membagikan sebuah code program untukembuat aplikasi sederhana san sudah cukup lumrah.. apa itu? ya kalkulator.. myngkin di luaran sana banyak sekali blog yang mrmposting mengenai kalkulator ini... namun, tidak ada salahnya jika saya juga memberikan code program hasil saya dan khas saya sendiri... ya walaupun memang hasilnya tidak akan jauh berbeda. baik dari segi fungsi maupun tampilan.nah tanpa lama - lama lagi, yuk langsung saja kita simak sama - sama code program untuk membuat aplikasi kalkulator sederhana ini.. silah simak secara seksama di bawah ini ya temen - temen.. let's begin and let's check it out guys.. hehe
from functools import partial import tkinter as tk class applikasiKalkulator(tk.Tk): def __init__(self): tk.Tk.__init__(self) self.title("Kalkulator tkinter") self.membuatTombol() self.penentu = False def membuatTombol(self): self.layar = tk.Entry(self, width=25) self.layar.grid(row=0, column=0, columnspan=5) btn_list = [ '1', '2', '3', '4', '5', '6', '7', '8', '9', '0', '+', '-', 'C', '/', '*', '=' ] baris = 1 kolom = 0 for penampung in btn_list: perintah = partial(self.hitung, penampung) if penampung == '=': tk.Button(self, text='=', width=22, command=perintah).grid(row=baris, column=kolom, columnspan=5) else : tk.Button(self, text=penampung, width=5, command=perintah).grid(row=baris, column=kolom) kolom += 1 if kolom > 2: kolom = 0 baris += 1 def hitung(self, key): if key == '=': self.penentu = True try: result = eval(self.layar.get()) self.layar.delete(0, tk.END) self.layar.insert(tk.END, str(result)) except: self.layar.insert(tk.END, "-> Error!") elif key == 'C': self.layar.delete(0, tk.END) else: if self.penentu : self.layar.delete(0, tk.END) self.penentu = False self.layar.insert(tk.END, key) panggil = applikasiKalkulator() panggil.mainloop()
nah itu dia temen temen code programnya.. gimana? cukup panjang juga ya.. ya maklum saja ya.. kan saya membuat kalkulator ini berbasis GUI atau tampilan seperti layaknya sebuah aplkasi komputer pada umumnya.. ya walaupun memang tidak akan terlalu istimewa hasilnya... nah sudah penasaran belum dengan hasil yang akan di peroleh dari code program diatas? nah jika iya, yuk tanpa lama - lama lagi saya akan mengajak kalian untuk melihat hasil dari code program di atas ketika kita jalankan.. yuk silahkan di lihat pada gambar di bawah ini ya...
nah itu dia temen - temen tampilan yang akan di hasilkan dari code program diatas.. gimana sudah jelaskan? ya saya harap dan saya rasa apa yang sudab saya tampilkan diatas sudah cukup jelas ya... hehe
penjelasan code program kalkulator pada python mengunakan tkinter.
nah setelah kita melihat code program serta contoh screenshoot dari hasil code program nya, sekarang saya akan mencoba untuk menjelaskan tiap baris dari code program yang sudah saya bagikan di atas.. Hal ini saya lakukan agar dapat membuat kalian paham akan code program yang sudah saya bagikan di atas.. Nah seperti apakah penjelasan saya ini ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya di bawah ini.. Let’s check it out guys...
from functools import partial //code ini digunakan untuk mengimport “partial” dari “functools”
import tkinter as tk //code ini digunakan untuk mengimport “tk” dari tkinternya.
class applikasiKalkulator(tk.Tk): //code ini digunakan untuk membuat sebuah class dengan nama “applikasiKalkulator” yang aka digunakan untuk menampung semua code program untuk membuat kalkulatornya.
def __init__(self): //code ini digunakan untuk membuat metode __init__ yang akan dijalankan secara otomatis dan pertama dijalankan apabila class “aplikasikalkulator” ini dipanggil nantinya.
tk.Tk.__init__(self) //code ini digunakan untuk menjadikan class ini menjadi sebuah tampilan.
self.title("Kalkulator tkinter") //code ini digunakan untuk mengubah judul windownya.
self.membuatTombol() //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “membuatTombol”.
self.penentu = False //code ini digunakan untuk mendefinisikan sebuah variabel boolean.
def membuatTombol(self): //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “membuatTombol” yang akan digunakan untuk menampung semua code program untuk membuat tombol. Dan termasuk juga layarnya.
self.layar = tk.Entry(self, width=25) //code ini digunakan untuk memanggil sebuah kolom teks.
self.layar.grid(row=0, column=0, columnspan=5) //code ini digunakan untuk menjadikan 5 kolom menjadi 1 kolom. Dan memasukkan layar kedalamnya.
btn_list = [
'1', '2', '3',
'4', '5', '6',
'7', '8', '9',
'0', '+', '-',
'C', '/', '*',
'='
]
//code di atas digunakan untuk teks pembuat tombolnya.
baris = 1 //mendeklarasikan sebuah variabel “baris” dengan nilai 1. Dan akan dijadikan sebagai nilai pengisi penentu posisi baris tombol pada window.
kolom = 0 //mendeklarasikan sebuah variabel “kolom” dengan nilai 0. Dan akan dijadikan sebagai nilai penentu posisi kolom dari tombol pada window.
for penampung in btn_list: //digunakan sebagai sebuah perulangan dan menampung setiap elemen teks yang ada pada “btn_list” dan menampung satu persatu elemennya ke dalam variabel “penampung”.
perintah = partial(self.hitung, penampung) //code ini digunakan untuk memberikan perintah ke setiah tombol nantinya.
if penampung == '=': //code ini digunakan apakah nilai “penampung” berisi nilai “=” atau tidak.
tk.Button(self, text='=', width=22, command=perintah).grid(row=baris, column=kolom, columnspan=5) //code ini hanya akan di eksekusi jika nilai “penampung” adalah “=”. Dan code ini berfungsi untuk mengatur posisi dan ukuran dari tanda “=”.
else : //code ini dijalankan ketika nilai penampung tidak berisi nilai “=”
tk.Button(self, text=penampung, width=5, command=perintah).grid(row=baris, column=kolom) //code ini hanya akan di eksekusi jika nilai “penampung” bukan tanda “=”. Dan code ini berfungsi untuk mengatur posisi dan ukuran dari tanda elemen angka dan tombol lainnya selain tanda “=”.
kolom += 1 //code ini digunakan untuk menambah nilai dalam variabel “kolom”.
if kolom > 2: //code ini digunakan untuk mengecek apakah nilai kolom lebih besar dari 2 atau tidak.
kolom = 0 //mengubah nilai kolom menjadi 0.
baris += 1 //menambah nilai baris sebanyak 1.
def hitung(self, key): //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “hitung” yang akan digunakan untuk menghitung serta perintah ketika tombol angka di tekan.
if key == '=': //code ini digunakan untuk mengecek apakah nilai dalam variabel key bernilai “=” atau tidak.
self.penentu = True //code ini digunakan untuk mengubah nilai “penentu” menjadi “true”
try: //code ini digunakan untuk mencoba code program di bawah.
result = eval(self.layar.get()) //code ini digunakan untuk menghitung dan mencari hasil perhitungan yang ada di layar.
self.layar.delete(0, tk.END) //code ini digunakan untuk menghapus is layar.
self.layar.insert(tk.END, str(result)) //digunakan untuk memasukkan nilai hasil penghitungan ke dalam layar.
except: //code ini digunakan untuk menjalan code di bawahnya ketika ada program yang eror dalam perhitungan atau pada code program di block code “try”
self.layar.insert(tk.END, "-> Error!") //code ini digunakan untuk memasukkan teks “error” ke dalam layar.
elif key == 'C': //code ini digunakan untuk mengecek apakah nilai di dalam variabel bernilai “C” atau tidak.
self.layar.delete(0, tk.END) //code ini digunakan untuk menhapus isi layar.
else: //merupakan nilai default dari penyeleksian di atas.
if self.penentu : //code ini digunakan untuk menanyakan apakah nilai penentu bernilai benar atau tidak.
self.layar.delete(0, tk.END) //code ini digunakan untuk menhapus isi layar.
self.penentu = False //code ini digunakan untuk mengubah nilai “penentu” menjadi False.
self.layar.insert(tk.END, key) //code ini digunakan untuk memasukkan angka kedalam layar ketika tombol angka di tekan.
panggil = applikasiKalkulator() //code ini digunakan untuuk memanggil class “applikasiKalkulator” yang sudah kita buat diatas.
panggil.mainloop() //code ini dignakan agar window yang kita tampilkan tidak langsung close.
Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...
Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...
Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...
Wassalamualaikum wr. wb.
ConversionConversion EmoticonEmoticon