Cara membuat kolom teks menjadi beberapa baris dan memberikan scroll bar di tkinter

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk megajak kalian untuk belajar GUI atau tampilan bahasa pemrograman python nih.. Dan tentu saja saya akan menggunakan modul tkinter untuk belajar tampilan python tersebut. Namun sebelum kita melanjutkan postingan kali ini, kalian harus mengistall bahasa pemrogramannya dulu ya.. Tentu saja bahasa python temen - temen... Kalian udah install belum nih ? Nah bagi kalian yang berlum install, di install dulu ya temen - temen.. Kalian bisa mendapatkan file instalasinya pada situs atau laman resmi nya python ya.. Yaitu di Https://python.org/download yaa...

Namun jika kalian membutuhkan sebuah bimbingan instalasinya, kalian tidak perlu khawatir ya.. Karena saya sudah menyiapkan postingan yang khusus membahas mengenai cara untuk melakukan proses install dari bahasa pemrograman python ini... Nah jika kalian tertarik untuk membaca postingan yang saya maksud tadi, KALIAN BISA KLIK DISINI YA temen - temen.... Dan silahkan install dengan mengikuti setiap instruksi yang sudah saya sediakan tersebut ya....

Nah setelah kalian install python nya, yuk kita lanjut lagi potingan kita kali ini.. Jadi. Seperti yang sudah saya katakan tadi ya... Kita aka belajar mengenai tampilan dari python 3 yang tentu saja menggunakan modul tkinter... Dan pada postingan kali ini saya akan mencoba mengedit atau mengubah sebuah kolom teks menjadi beberapa baris ya... Dan juga akan mengkonfigurasikan sebuah kolom teks dengan sebuah scroll bar.. Udah tau donk apa yang dimaksud dengan scrollbar ini ? Ya saya yakin kalian sudah banyak yang tau ya...

Oke langsung saja yuk kita simak sama - sama postingan saya yang satu ini... Biar kalian tidak makin penasaran.. Hehe.. Oke silahkan simak sama - sama ya temen - temen.. Let’s check it out guys...

Cara membuat kolom teks menjadi beberapa baris pada window tkinter python 3.

Nah untuk segment yang pertama ini, saya akan mencoba untuk memberikan cara agar kolom teks kalian bisa menjadi beberapa baris nantinya. Sehingga akan terlihat lebih besar ya.. Dan bisa melihat beberapa baris teks didalamnya... Nah seperti apa ya kira - kira caranya.. Susah tidak ya.. Dan panjang tidak ya ? Yuk biar tidak ada pertanyaan lagi, langsung saja kita simak sama - sama code program nya di bawah ini.. Let’s check it out..


from tkinter import *

class BuatKolomTeks():
    def __init__(self):
        self.KolomTeks()

    def KolomTeks(self):
        T = Text(height=7, width=30)
        T.pack()
        T.insert(END, "nah ini dia tampilan \ndari kolom teks"
                      "\ndengan beberapa baris. \nbisa kita lihat"
                      "\nsama - sama ya temen - temen...\n")

window = Tk()
window.geometry("300x150")
BuatKolomTeks()
mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Bisa kita lihat sama - sama yaa... Code programnya cukup pendek banget ya.. Hehe.. itu pun masih di perbanyak dengan teks yang akan saya masukkan ke dalam teks fieldnya ya.. Jadi intinya, code program tersebut bisa saya perpendek lagi asal saya menghapus teks yang ingin saya tampilkan ya... Nah, lalu seperti apa ya kira - kira tampilan yang akan di hasilkan dari code program di atas ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama hasilnya pada gambar yang ada di bawah ini... Silahkan di cek ya..



Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Gimana udah paham kan ? Disana saya memberikan 7 baris.. Dan code program untuk membuat nya menjadi 7 baris adalah code “height=7”. Kalian bisa menemukan code program tersebut pada metode “kolomTeks” dan Kalian tentu dapat mengubah nilainya menjadi yang kalian butuhkan nantinya ya.. Gimana ? Sudah jelas yaa.. Ya saya rasa sudah jelas...

Cara mengkonfigurasikan kolom teks dan scrollbar pada window tkinter python 3.

Nah selanjutnya, saya akan mencoba untuk mengkonfigurasikan kolom teksnya dengan sebuah scrollbar. Nah tentu kita akan lebih enak menggunakan dan mengendalikan kolom teks nya dengan sebuah scrollbar. Terutama jika teks nya cukup panjang ya.. Maka dari itu saya akan membagikan cara untuk mengonfigurasikan kolom teks dan scrollbar... Nah langsung saja yuk kita simak sama - sama code program untuk mengkonfigurasikan kolom teks dan scroll bar nya pada code program di bawah ini... Silahkan di simak secara seksama ya temen - temen...


from tkinter import *

class BuatKolomTeks():
    def __init__(self):
        self.KolomTeks()
        self.scrollBar()

    def KolomTeks(self):
        self.T = Text(height=5, width=30)
        self.T.pack()
        self.T.insert(END, "nah ini dia tampilan \ndari kolom teks"
                      "\ndengan beberapa baris.\n\n\nbisa kita lihat"
                      "\nsama - sama ya temen - temen...\ntes\ntes\ntes\ntes\ntes\ntes\n")

    def scrollBar(self):
        S = Scrollbar()
        S.pack(side=RIGHT, fill=Y)
        self.T.pack(side=LEFT, fill=Y)
        S.config(command=self.T.yview)
        self.T.config(yscrollcommand=S.set)
   
   
window = Tk()
window.geometry("230x150")
BuatKolomTeks()
mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Wew cukup panjang ya.. Hehe.. Ya karena saya menambahkan sebuah scrollbar disana... Dan juga menambahkan beberapa teks yang akan di masukkan ke dalam kolom teks.. Sehingga scrollbarnya akan lebih berfungsi nantinya.. Nah lalu seperti apa hasil dari code program di atas jika saya jalankan ? Yuk langsung saja disimak hasilnya pada gambar di bawah ini. Let’s check it out guys..



Nah itu dia temen - temen hasil dari ode program di atas jika saya jalankan.. Wew.. Bisa kita lihat ya disana.. Ada sebuah kolom teks dengan pengendal yang berupa scroll bar.. Sehingga kita bisa lebih mudah untuk menggeser ke atas dan kebawah untuk melihat teks yang ada di kolom teks nya ya.. Gimana ? Sudah jelaskan temen - temen ? Ya saya rasa sudah sangat jelas ya.. Oke sip.

Penjelasan code progrm untuk membuat kolom teks menjadi beberapa baris dan mengkonfigurasikan nya dengan scrollbar.

Nah pada segement terakhir ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang terakhir saya berikan tadi ya.. Code program yang terakhir saya pilih karena pada code program tersebut sudah ada code program dari kedua cara yang ada di postingan kali ini.. Penjelasan ini saya berikan agar kalian bisa memahami code program tersebut dan saya harap kalian bisa membuatnya sendiri nantinya ya...

Nah seperti apa ya kira - kira penjelasan saya mengenai code program di atas ? Yuk langsung saja disimak penjelasan nya dibawah ini.. Silahkan di simak secara perlahan agar kalian paham ya temen - temen.. Oke let’s check it out..


from tkinter import *  //code ini digunakan untuk mengimport semua class yang ada di modul tkinter.

class BuatKolomTeks():  //code ini diunakan untuk membuat sebuah class dengan nama “BuatKolomTeks”. Yang akan digunakan untuk menampung semua code program untuk menampilkan window dan semua elemen - elemennya. Seperti kolom teks dan yang lainnya.
    def __init__(self):  //code ini digunakn untuk membuat sebuah construktor dari class “BuatKolomTeks” ini.
        self.KolomTeks()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “KolomTeks”.
        self.scrollBar()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “scrollBar”.

    def KolomTeks(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “KolomTeks” yang akan digunakan untuk menampung code progrm untuk membuat kolom teks.
        self.T = Text(height=5, width=30) //code ini digunakan untuk memanggil sebuah kolom teks dari tkinter. Dengan banyak baris = 5. Dan lebar sebesar 30.
        self.T.pack()   //code ini digunakan untuk memasukkan kolom teks yang ada pada variabel “T” ke dalam window dengan pack layout.
        self.T.insert(END, "nah ini dia tampilan \ndari kolom teks"
                      "\ndengan beberapa baris.\n\n\nbisa kita lihat"
                      "\nsama - sama ya temen - temen...\ntes\ntes\ntes\ntes\ntes\ntes\n")  //code ini digunakan untuk memasukkan teks kedalam kolom teks nya.

    def scrollBar(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “scrollBar” yang akan digunakan untuk menampung code progrm untuk membuat scroll bar nya.
        S = Scrollbar()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah “scrollbar” dari tkinter dan menyimpannya kedalam variabel “S”.
        S.pack(side=RIGHT, fill=Y)  //code ini digunakan untuk meletakkan scrollbarnya di sebelah kanan.
        self.T.pack(side=LEFT, fill=Y)  //code ini digunakan untuk memasukkan ulang kolom teks nya ke dalam window dengan menempatkannya di sebelah kiri dari dari scrollbar.
        S.config(command=self.T.yview)  //code ini digunakan untuk mengkonfigurasikan scrollbar dan kolom teks nya.
        self.T.config(yscrollcommand=S.set)  //code ini digunakan untuk mengatur agar kolom teks dan scrollbarnya sesuai.

window = Tk()  //code ini digunakan untuk menampilkan window tkinternya.
window.geometry("230x150")  //code ini digunakan untuk mengatur ukuran window nya menjadi “230x150” pixel.
BuatKolomTeks()  //code ini digunakan untuk memanggil class dengan nama “BuatKolomTeks” yang sudah kita buat tadi.

mainloop()  //code ini digunakan agar window yang kita tampilkan tidak langsung close secara otomatis nantinya.


Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment