cara membuat checkbox di tkinter

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen... Pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak kalian untuk belajar GUI dari python nih.. Lebih tepatnya menggunakan tkinter.. Tapi sebelum saya melanjut postingan kalii ini, saya akan menanyakan terlebih dahulu... Sudahkah kalian menginstall python ? Apa ? Belum ? Yuk silahkan di install terlebih dahulu ya temen - temen... Apa ? Belum tau cara installnya ? Tenang saja... Saya  sudah membuat tutorial instalasi python nya kok.. Jika kalian ingin membaca tutorial tersebut, kalian bisa MEMBACANYA DISINI. Silahkan ikuti langkah - langkahnya ya...

Nah setelah menginstall pythonnya, yuk langsung saja kita lanjutkan postingan kita kali ini... Jadi, pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk belajar GUI dari python yang menggunakan tkinter. Ya seperti yang sudah saya katakan sebelumnya.. Lebih tepatnya, saya akan mencoba untuk membuat sebuah check box. Nah udah pada tau kan apa yang dimaksud dengan check box ini ? Ya saya yakin juga begitu ya... Mak dari itu, yuk langsung saja kita simak sama - sama code programnya di bawah ini.. Let’s begin our lesson now... :)

Cara membuat sebuah check box pada GUI python menggunakan tkinter.

Nah seperti yang sudah saya katakan diatas, pada kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah check box. nah seperti apa ya caranya.. Susah tidak ya.... nah sudah penasaran ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama caranya pada code program yang akan saya bagikan di bawah ini.. Silahkan disimak ya temen - temen...


from tkinter import Tk, Frame, Checkbutton, BOTH

class Example(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent)
        self.parent = parent

        self.initUI()
        self.buatCheckButton()

    def initUI(self):
        self.parent.title("Checkbutton")
        self.pack(fill=BOTH, expand=True)
        self.parent.geometry("250x150")

    def buatCheckButton(self):
        cb = Checkbutton(self, text="ini checkbox 1")
        cb.place(x=50, y=50)

        cb = Checkbutton(self, text="ini checkbox 2")
        cb.place(x=50, y=70)

        cb = Checkbutton(self, text="ini checkbox 3")
        cb.place(x=50, y=90)

        cb = Checkbutton(self, text="ini checkbox 4")
        cb.place(x=50, y=110)

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    app = Example(root)
    root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Cukup panjang juga ya temen - temen... Ya maklum saja.. Saya membuat 4 buah check box disana.. Sehingga tidak heran ji programnya cukup panjang seperti itu.. Nah lalu seperti apakah tampilan yang akan di hasilkan dari code program di atas tersebut ? Nah untuk melihat hasilnya, kalian bisa cek pada gambar yang ada di bawah ini ya temen - temen.. Silahkan di cek ya..





Nah itu dia temen - temen tampilan yang akan di hasilkan dari program di atas.. Gimana paham kan.. Bisa kita lihat ya pada tampilan di atas.. Disana terdapat 4 buah check box yang berjejer disana... Kalian bisa menggunakanny sesuai kebutuhan kalian ya..

Cara memberikan perintah pada check box di tkinter.

Kalau kalian jalankan code program diatas, maka tentu tidak ada sebuah perintah disana untuk memanfaatkan checkboxnya.. Ya karena disana hanya akan menampilkan saja ya dan tidak ada perintah apa - apa disana... Nah, jadi pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengajak kalian memberikan sebuah perintah pada check box nya.. Yang tentu saja akan memberikan masukan bagi kalian dan referensi untuk memberikan sebuah perintah.. Nah seperti apakah cara untuk memberikan sebuah perintah ini ? Yuk silahkan disimak saja pada code program di bawah ini.. Let’s check it out guys...

from tkinter import Tk, Frame, Checkbutton
from tkinter import BooleanVar, BOTH


class membuatCheckbox(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent)
        self.parent = parent

        self.initUI()
        self.pembuatanCheckbox()

    def initUI(self):
        self.parent.title("lihat disini..")
        self.parent.geometry("250x150")
        self.pack(fill=BOTH, expand=True)
        self.penentu = BooleanVar()


    def pembuatanCheckbox(self):
        checkBox = Checkbutton(self, text="judul", variable=self.penentu, command=self.diKlik)
        checkBox.select()
        checkBox.place(x=50, y=50)

    def diKlik(self):
        if self.penentu.get() == True:
            self.master.title("lihat disini..")
        else:
            self.master.title("")

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    app = membuatCheckbox(root)
    root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Gimana ? Cukup simple ya... Ya tentu saja.. Itukan hanya menampilkan satu buah checkbox saja... Yang perintahnya hanya untuk menampilkan judul atau tidak.... Nah untuk lebih jelasnya, silahkan lihat contoh screenshoot nya di bawah ini ya temen - temen...





Nah itu dia temen - temen contoh dari screenshootnya.. Bisa kita lihat ya disana perbedaan nya... Pada screenshoot no. 1 disana checkbox di centang.. Maka judulnya akan tampil.. Nah pada screenshoot no. 2, di checkbox nya tidak kita centang.. Maka judlnya tidak akan tampil.. Nah itu dia temen - temen cara kerja dari checkbox ini.. Gimana ? Sudah paham kan? Ya saya rasa sudah cukup jelas ya...

Penjelasa code program pembuat checkbox dan perintah nya pada tkinter.

Nah, setelah kita tau bagaimana cara membuat nya, maka selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan di atas tadi.. Hal ini saya lakukan agar kalian bisa memahami setiap code program yang sudahs aya bagikan di blog ini.. Nah seperti apakah penjelasan saya ini.. Yuk langsung saja di simak sama - sama pada contoh screenshoot di bawah ini... Silahkan di simak ya...


from tkinter import Tk, Frame, Checkbutton  //code ini digunakan untuk mengimport “tk”, “frame” dan “checkbutton” dari tkinter.
from tkinter import BooleanVar, BOTH  //code ini digunakan untuk mengimport “BooleanVar” dan “BOTH” dari tkinter.

class membuatCheckbox(Frame):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah class dengan nama “membuatCheckbox”. Yang akan digunakan untuk menampung semua code program untuk membuat checkbox nya.
    def __init__(self, parent):  //code ini digunakan untuk membuat sebuh metode “__init__” yang akan di jalankan pertama kali dan akan di jalankan secara otomatis ketika class “membuatCheckbox” ini dipanggil.
        Frame.__init__(self, parent)  //code ini digunakan untuk membuat class ini menjadi sebuah GUI.
        self.parent = parent  //code ini digunakan untuk mengoper nilai parent.

        self.initUI()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “initUI”
        self.pembuatanCheckbox()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “pembuatanCheckbox”

    def initUI(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “intiUI” yang akan digunakan untuk menampung semua code program untuk membuat element windownya.
        self.parent.title("lihat disini..")  //code ini digunakan untuk mengubah judulnya menjadi “lihat disini..”
        self.parent.geometry("250x150")  //code ini digunakan untuk mengubah ukuran windownya.
        self.pack(fill=BOTH, expand=True)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah wadah atau background dari tempat checkboxnya.
        self.penentu = BooleanVar()  //code ini merupakan inisialisasi dari dari variabel penentu. Yang di isi dengan nilai dari “BooleanVar” dan akan menjadi pengecek apakah checkbox nya di centang atau tidak.


    def pembuatanCheckbox(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “pembuatanCheckbox” yang akan menampung code program untuk membuat sebuah checkbox nya.
        checkBox = Checkbutton(self, text="judul", variable=self.penentu, command=self.diKlik)  //code ini digunakan untuk membuat checkbox dengan memberi teks, penentu, dan perintah di dalamnya.
        checkBox.select()  //code ini digunakan untuk men cek dari checkbox nya.
        checkBox.place(x=50, y=50)  //code ini digunakan untuk meletakkan checkbox nya pada posisi yang sudah di sebutkan.

    def diKlik(self):  //code  ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “diklik” yang akan digunakan sebagai perintah dari checkboxnya.
        if self.penentu.get() == True:  //digunakan untuk mengecek apakah nilai “penentu” adalah “true” atau tidak.
            self.master.title("lihat disini..")  //code ini digunakan untuk mengubah judul windownya.
        else:  //merupakan kondisi dimana checkbox tidak tercentang.
            self.master.title("")  //code ini digunakan untuk mengubah judul windownya.

if __name__ == '__main__':  //code ini digunakan untuk mengecek apakah file ini di panggil atau tidak.
    root = Tk()  //code ini digunakan untuk memanggil “Tk” yang kemudian di tampung ke dalam variabel “root”
    app = membuatCheckbox(root)  //code ini digunakan untuk memanggil class “membuatCheckbox” dan memasukkan “root” sebagai parameter.

    root.mainloop()  //code ini digunakan agar window yang kita tampilkan tidak langsung close secara langsung.



Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment