Cara install pillow di windows menggunakan exe

BelajarPython - Assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lag lagi temen - temen... Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk menginstall salah satu library dari Python nih.. Ini mungkin akan berguna bagi kalian yang memerlukan library yang akan saya post kali ini.. Lalu library apa yang akan saya coba untuk install kali ini ? Jadi, recana nya, seperti yang sudah tertera di judul, saya akan mencoba untuk menginstall PIL/PILLOW.. Langsung saja yuk kita simak sama - sama postingan kali ini...

Apa itu PIL atau PILLOW ?

PIL yang merupakan singakatan dari Python Imaging Library, merupakan salah satu library untuk memproses sebuah gambar yang umum digunakan dalam Python. PIL ini juga sering disebut PILLOW. Tapi, di website resmi nya yaitu https://python-pillow.org/, tertulis jika PILLOW merupakan cabang dari PIL. Dengan kata - kata asli “THE FRIENDLY PIL FORK”. Bisa kalian cek sendiri ya pada link di atas...

Saya kurang tau secara pasti, jika PIL ini satu kesatuan dengan PILLOW atau hal yang berbeda. Namun, yang pasti kebanyakan orang - orang menyebut nya “PIL atau PILLOW” yang menandakan bahwa keduanya hal yang sama.... Dalam penggunaan code program nya pun, menggunakan “from PIL import Image”. Yang tentu saja menandakan keduanya adalah sama..

 Jika kalian ada yang tau tentang keduanya, mohon bantuannya untuk berkomentar pada kolom komentar di bawah ini ya temen - temen... Yang selanjut nya postingan ini akan saya revisi setelah mendapat jawaban dari kalian.. Dengan tentu saja akan menyebut nama kalian sebagai sumbernya.... Jadi, silahkan berkomentar jika kalian mendapatkan jawaban yang valid.. Hehe.. Ya hitung - hitung kita belajar bersama di blog ini ya...

Cara Download PIL atau PILLOW sesuai Jenis OS dan Versi Python

Nah sebelum kita mulai proses instalasinya, tentu kita harus memiliki file instalasi... Namun sebelum itu, tentu pastikan dulu kalian sudah menginstall python nya.. Di postingan kali ini, saya anggap kalian semua sudah install python nya ya... Namun jika belum, tenang saja.. Karena, saya juga sudah membuat tutorial instalasi python nya. Untuk membacanya, kalian bisa KLIK DISINI.


Untuk mendapatkan file PILLOW nya, kalian bisa pergi ke link https://pypi.python.org/pypi/Pillow/ atau kalian bisa search aja di google yaa.. dengan keyword ‘Pypi Pillow’.. Maka akan tampil seperti di bawah ini....



Lalu pilih versi PILLOW yang ingin kalian pilih... saran saya sih pilih versi yang terbaru ya yaitu 4.x.x keatas.. kareana versi di bawah itu, tidak support instalasi dengan pada windows dengan ekstensi ‘.exe’… kalian bisa cek versi nya seperti di bawah ini…..



Setelah kalian klik salah satu versi pillow nya, Silahkan scroll ke bawah sampai kalian menemukan halaman link download dengan ekstesi ‘exe’ seperti di bawah ini.... dan pilih PILLOW sesuai versi python dan versi windows kalian ya..



Silahkan pilih sesuai versi dan OS kalian ya... Atau jika kalian ingin langsung mendownload file yang sudah saya download, kalian bisa pilih pada link di bawah ini ya temen - temen....

https://drive.google.com/open?id=0B0JQ0h-tyeKuVzFEQlJST1lHR28

silahkan pilih file yang sesuai dengan versi python dan windows kalain ya.. hehe

Cara dan proses instalasi PILLOW atau PIL.

Nah setalah kita mendapatkan file instalasinya, maka sekarang saya akan mencoba untuk memulai proses instalasi nya.. Pastikan proses downloadnya sudah selesai dan sudah menginstall python tentunya serta pastikan kecocokan versi nya… setelah itu, cari file hasil download kalian tadi ya… lalu klik saja dua kali.. maka akan tampil kotak peringatan (biasanya) seperti di bawah ini…



Klik saja “RUN” ya temen – temen… atau jalankan… maka dengan segera akan tampil window seperti berikut ini…



Langsung saja kalian klik “NEXT” yaa.. tapi kalau kalian ga ada kerjaan, silahkan baca saja catatan yang ada tersebut.. hehe tapi yakin deh kalian tidak akan baca itu.. jadi langsung saja klik “NEXT” dan akan tampil window seperti di bawah ini…



Biarkan saja dan jangan edit lokasi intalasi nya ya temen – temen takut ada yang bermasalah… dan langsung saja kalian klik “NEXT”…



Sekarang PILLOW sudah siap kita install.. langsung saja klik next… maka dengan segera, proses instalasi akan berjalan dan tunggu hingga selesai… seperti pada gambar di bawah ini…



Nah selesai sudah proses instalasi nya ya temen – temen… sekarang kita cek apakah proses instalasi nya benar – benar berhasil atau tidak.. silahkan buka IDLE python nya… dan ketik “import PIL”. Jika sukses, maka tidak akan terjadi error seperti di bawah ini…



Jika gagal maka akan tampil pesan error seperti di bawah ini…



Troubleshooting ke gagalan Instalasi PILLOW atau PIL

Jika kalian gagal dalam proses instalasi, kemungkinan besar hanyalah di sebabkan kesalahan memilih versi python saja… jadi, pastikan file PILLOW nya cocok dengan versi kalian ya… kalau versi nya sudah sesuai, pastikan juga versi windows nya sesuai… jika kegagalan kalian memilih saat versi 64 bit, coba install yang versi 32 bit.. begitu pun sebalik nya..

Nah, jika masalah kalian ada di luar solusi di atas, kalian bisa berkomentar pada kolom komentar di bawah ini ya temen – temen.. saya akan mencoba untuk membantu jika saya bisa.. atau kalian juga bisa menghubungi saya melalui halaman ‘contact us’ atau ‘hubungi kami’ yang sudah saya sediakan di blog ini…



Nah itu dia temen – temen cara install PIP atau PILLOW ini.. semoga tak ada masalah dan kendala yang ber arti dalam proses instalasi kalian ya… dan terimakasih sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. mohon maaf apabila ada kesalahan dan tidak tepat nya informasi pada postingan kali ini… dan sampai jumpa di postingan saya yang lain nya.. serta jangan lupa berkomentar untuk memeriahkan postingan saya kali ini.. hehe… terimakasih sekali lagi saya sampai kan dan selamat berkarya temen - temenb…

Wassalamualaikum wr. Wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment