Cara install PySide Python 2 dengan mudah

Mvapdg-assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi ini teman – teman.. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang tata cara menginstall PySide ini.. mungkin bagi kalian yang sudah belajar bahasa pemrograman python, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya PySide ini. PySide merupakan sebuah library dari bahasa pemrograman python. Library tersebut digunakan untuk membuat GUI atau grafik user interface atau bisa juga di sebut tampilan dari bahasa pemrograman python. Sebenarnya, library dari python itu cukup banyak. Salah satu contohnya adalah Tkinter  yang sudah Built in didalam python versi 3. Sehingga kalian tidak perlu repot – repot lagi menginstall library baru jika ingin menggunakan Tkinter.

Namun, pada postingan kali ini saya akan mencoba memberikan mengenai Tutorial instalasi PySide, karena saya sendiri pun sebenarnya kesusahan saat mencoba install library yang satu ini. karena saya sudah browsing di google tapi tidak ada tutorialnya. Yang ada malah tutorial berbahasa inggris. Kan saya tidak ngerti ya.. ya maklum lah.. kemampuan bahasa inggris saya tidak terlalu baik. Nah berangkat dari masala itu, saya ingin mencoba untuk berbagi mengenai proses instalisasi dari pyside ini. dan saya rasa sebenarnya instalisasi nya cukup mudah dan gampang. Tidak perlu melalui Command prompt atau CMD dari windwos seperti yang ada di youtube sana..

Jadi penginstalan yang satu ini cukup gampang dan bisa saya katakan, instalisasinya bisa dilakukan oleh siapa saja. Asal, kalian mengikuti tutorial saya yang satu ini.. saya jamin dan saya yakin proses install nya akan sukses dan berjalan lancar.sehingga Anda tidak akan kebingungan lagi deh.. nah bagai mana proses instalasi nya ? yuk kita simak dibawah ini..

Cara install python 2

  1. Pertama – tama, kalian harus menyiapkan bahan – bahan yang akan kita gunakan dalam proses install nantinya. Bahan yang akan kita gunakan ini tidak banyak kok. Cuma ada dua software saja. Yaitu : PySide itu sendiri dan python versi 2. Nah untuk mendownload PySide nya, kalian bisa UNDUH DISINI YA. dan untuk python versi 2 nya, kalian bisa UNDUH DISINI YA... dan ingat..!! download versi 2 nya ya...  seperti di bawah ini ya..

  2. Nah selanjutnya adalah proses penginstalan akan kita mulai. Dan ingat.. yang harus kita install pertama kali adalah Pythone versi 2 nya.. jika tidak maka proses instalasi PySide nya akan gagal. 
  3. Untuk menginstall python 2 nya, silahkan kalian klik 2 kali pada file hasil download tadi. Lalu selesaikan porses instalasi nya. Atau jika kalian bingung, kalian bisa melihat pada gambar di bawah ini ya...


Cara install Pyside.

  1. Dan setelah proses instalasi dari python 2 nya selesai, sekarang saatnya bagi kalian untuk menginstall PySide nya. Dan caranya pun cukup mudah. Karena sama seperti pada proses instalasi pada software pada umumnya. Yaitu kita hanya tinggal klik next dan accept saja.. hehe.. atau jika kalian bingung, kalian bisa melihat runtutan cara install nya pada gambar di bawah ini ya.. untuk pertama kali klik 2 kali pada file yang sudah kita dowload tadi.. lalu lihat gambar di bawah ini untuk langkah – langkahnya..

  2. Nah jika sudah selesai, kalian bisa langsung menggunakannya. Nah untuk mengetes apakah laptop kalian sudah  terinstall PySide atau belum, caranya cukup gampang.. yaitu dengan cara membuka CMD atau command prompt di windows kalian... lalu ketikkan C:\Python27\Python.exe setelah itu silahkan kalian ketik import PySide nah jika tidak ada pesan error, artinya komputer kalian sudah berhasil di install library dari PySide. Atau untuk lebih jelanya kalian bisa melihat langkahnya pada gambar di bawah ini ya...
  3. Nah sekarang library nya sudah siap kalian gunakan untu membuat GUI dari  Bahasa pemrograman python. Untuk referensi kalian bisa mencarinya di internet ya teman – teman... 

Nah itu dia teman – teman proses instalisasi dari PySide ini.. cukup mudah ya.. tidak perlu capek – capek menginstall melalui comand prompt atau CMD yang bahasanya sangat membingungkan.. dan sialnya lagi kita harus mengetikkan teks yang entah apa artinya.. nah di postingan ini kalian hanya perlu klik next, next dan next saja.. cukup simple dan mudah.. dan seperti yang sudah saya katakan diatas, tutorial ini bisa di praktekkan siapa saja asal kalian membaca postingan ini secara teliti..

Nah sekian dulu ya teman – teman...  semoga postingan saya kali ini bisa bermanfaat bagi kalian yang berniat ingin menginstall library yang satu ini.. dan dengan telah di buat dan di share nya postingan saya ini, semoga kesulitan yang sudah saya alami, tidak akan terjadi pada proses instalasi teman – teman nantinya. Agar postingan saya ini dapat memberikan manfaat yang baik. Dan jika kalian merasa postingan ini membantu kalian, jangan lupa di bagikan ke teman – teman  sosial media kalian ya,, siapa tahu bisa bermanfaat bagi mereka..

Oya... jangan lupa berkomentar di bawah postingan saya kali ini ya... biar postingan saya tidak krik – krik atau membosankan.. hehe.. sekali lagi saya sampai kan terimakasih telah mampir dan membaca postingan saya.. jangan lupa baca postingan saya yang lainnya ya..  oke sekian dulu.. semoga bisa berjumpa di postingan saya selanjutnya.. kurang lebihnya saya mohon maaf dan mohon dimaklumi ya.. wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment