Penjelasan List, String, Tuple, Set, dan Dictionary pada Python


Belajarpython – assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi ini teman – teman... pada kessempatan kali ini saya akan membahas dasar – dasar dari bahasa pemrograman python. Jadi bagi kalian yang ingin belajar bahasa python, alangkah lebih baiknya jika kalian belajar dari awala atau dasar dari bahasa pemrograman ini. karena dasar – dasar ini akan kita gunakan pada saat proses penggunaan dari bahasa pemrograman ini sendiri. Dimana kita tahu, proses pembelajaran akan selalu di awali dari dasar – dasar nya. Hal ini berguna agar kita tidak bingung nantinya. Nah bagi kalian yang belum menginstall bahasa python, silahkan kalian baca dulu postingan saya sebelumny. Yaitu Cara menginstall dan menggunakan pythone versi3 . atau kalian bisa KLIK DISINI untuk membacanya. Hal – hal yang akan saya bahas disini meliputi List, String, Tuple, Set, dan  Dictionary.

(CATATAN !!! untuk membuka command line python kalian bisa membukanya di C:\python34\python.exe dan untuk IDLE kalian bisa langsung mencarinya di pencarian aplikasi windows)

Materi – materi diatas akan saya bahas meliputi pengertiannya, lalu dilanjutkan dengan cara pendeklarasian dan kemudian fungsi dan kegunaannya. Sehingga diharapkan kalian akan memahami istilah – istilah yang sudah saya sebutkan di atas setelah Anda membaca postingan saya kali ini. nah tanpa lama – lama lagi, yuk langsung saja kita mulai proses pengenalannya.. ini dia...

LIST pada Bahasa Python.

List atau bisa kita katakan sebagai daftar, merupakan sebuah kumpulan atau koleksi data  yang bisa berisi angka maupun teks. Dan untuk menuliskannya, diawali dengan tanda kurung siku buka “[“ dan di akhiri dengan kurung siku tutup “]”.  Setiap data di dalam list ini dipisahkan oleh tanda koma “,” contohnya seperti berikut ini mylist =  [1, 3, 2, “saya”] . nah mylist sendiri merupakan sebuah variable yang menampung isi dari list tersebut. Dan mylist sendiri memiliki 4 data. Yaitu 1, 3, 2 dan “saya”.

Nah di dalam list ini, sebenarnya setiap data memiliki alamat yang biasa disebut sebagai indeks. Indeks sendiri di hitung dari arah kiri menuju ke kanan dan di awali angka 0. Jadi data pertama yang ada dikiri pada mylist diatas, yaitu 1, memiliki alamat atau indeks 0. Kemudian data No. 2 dari kiri yaitu angka 3 memiliki indeks 1. Dan seterusnya. Namun, sebuah elemen list juga bisa kita panggil dari urutan paling kanan menuju ke arah kiri. Namun, indeksnya menggunakan tanda negatif. Contohnya.. data pertama pada sebelah kanan pada mylist diatas, memiliki indeks “-1”. Kemudian data No. 2 dari kiri yaitu 2 memiliki indeks “-2” dan seterusnya. Nah untuk memahami masalah indeks ini kalian bisa lihat tabel dibawah ini..

Mylist
1
3
2
Saya
Indeks dari kiri
0
1
2
3
Indeks dari kanan
-4
-3
-2
-1

Nah untuk cara memanggilnya, kita cukup menebutkan nama variable dan indeknya saja. Contohnya adalah mylist[3] yang digunakan untuk memanggil data No. 4 dari kiri yaitu “saya”. Untuk membuktikannya, kalian bisa mengetikkan  script di bawah ini pada IDLE atau command line python..

>>>mylist=[1,3,2,”saya”]
>>>print(mylist[3]

Maka yang akan tampil adalah saya. Nah begitu seterusnya.. kalian bisa mengubah – ubah No. indeknya... kemudian, python sendiri sudah menyediakan metode – metode built in pada list ini yang siap kalian gunakan... metode – metode tersebut dapat kalian lihat dibawah ini...

Nama metode
Cara menggunakan
Penjelasan
Append
mylist.append(item)
Menambahkan item baru ke akhir list
Insert
mylist.insert(indeks,item)
Menyisipkan item pada ke dalam list pada indeks yang di tentukan
Pop
mylist.pop()
Untuk menghapus dan memberikan item terakhir pada list
Pop
mylist.pop(indeks)
Untuk menghapus dan memberikan item pada indeks yang ditentukan pada list
Sort
mylist.sort()
Mengurutkan data dalam list
Reverse
mylist.reverse()
Mengurut dalam urutan terbalik
Index
del mylist[indeks]
Untuk menghapus item pada indeks yang ditentukan
Count
mylist.count(item)
Untuk mengetahui jumlah suatu item didalam list
remoove
mylist.remove(item)
Untuk menghapus suatu item pada indeks terdekat dari kiri.

Nah untuk langsung memperaktekkan dan menngetahui lebih lanjut, kalian bisa mecoba script seperti di bawah ini.. kalian bisa mencobanya di command line python atau IDLE python nya..

>>>myList = [1024, 3, True, 6.5]
 >>>myList.append(False)
>>>print(myList)
>>>myList.insert(2,4.5)
>>>print(myList)
>>>print(myList.pop())
>>>print(myList) 
>>>print(myList.pop(1))
>>>print(myList)
>>>myList.pop(2)
>>>print(myList)
>>>myList.sort()
>>>print(myList)
>>>myList.reverse()
>>>print(myList) 
>>>print(myList.count(6.5))
>>>print(myList.index(4.5))
>>>myList.remove(6.5)
>>>print(myList)
>>>del myList[0]
>>>print(myList)

String pada Bahas python

String merupakan koleksi dari nol atau lebih huruh, bilangan atau simbil – simbol lain. Dan huruf, bilangan dan simbol tersebut dinamakan karakter. Untuk menggunakannya, kalian harus mengawali dengan tanda petik atas “ dan mengakhirinya dengan tanda petik atas pula “. Contohnya adalah seperti berikut ini mystring = “inisaya” sama seperti list, string juga memiliki No. indeks setiap hurufnya dan No. indeksnya sama saja seperti pada list. Jadi saya rasa tidak perlu saya jelaskan lagi ya.. karna sudah jelas di atas. Silahkan tulis script berikut pada IDLE atau command line pythone untuk latihan.
>>>"Susantoso"
>>>myName="Susantoso"
>>>myName[3]
>>>myName*2
 >>>len(myName)

Tuple pada Bahasa python

Tuples sebenarnya sama seperti list. Namun perbedaannya hanya pada pembuatannya. Bila list menggunakan kurung siku buka dan tutup “[]” untuk mengawali dan mengakhirinya, maka pada tuples, menggunakan kurung buka dan tutup biasa “()” untuk mengawali dan mengakhiri elemennya. Dan setiap elemennya dipisahkan oleh tanda koma. Sama seperti list. Kemudian, perbedaan yang satunya lagi, Tuples ini bersifat immutable yang artinya, ketika sudah di deklarasikan, tuples tidak akan bisa kita edit lagi isiinya. Sehingga isinya akan tetap sama. Untuk lebih memahami menganai tuples ini, silahkan coba ketikkan script di bawah ini pada command line atau IDLE python kalian..
>>>myTuple=(2,True,4.96)
>>>myTuple
>>>len(myTuple)
>>>myTuple[0]
>>>myTuple*3
 >>>myTuple[0:2]

SET pada Bahasa python

Sebenarnya, set hampir sama dengan list dan tuples. Namun perbedaannya adalah, Set bersifat immutable. Atau tidak bisa di edit isinya. Sama seperti tuples. Dan untuk pendeklaasiannya, set mengunakan kurung kurawal buka untuk pembukanya dan kurung kurawal tutup untuk menutupnya “{}”. Dan data di dalamnya dipisahkan oleh tanda koma. Dan lebih aneh nya lagi, data – data yan gada pada SET ini tidak boleh ada yang sama.. hal tersebutlah yang membedakan dari list dan tuples.
Nah berikut saya akan memberikan operator – operator yang dapat digunakan dalam set.
Nama Operasi
Operator
Penjelasan
Membership
in
Keanggotaan Himpunan (set)
Length
len
Mengembalikan kardinalitas dari himpunan
|
aset | otherset
Mengembalikan          himpunan        baru             dengan             semua elemen dari kedua set
&
aset & otherset
Mengembalikan set baru dengan hanya elemenelemen yang hadir di kedua set
-
aset – otherset
Mengembalikan himpunan baru dengan semua item dari set pertama yang tidak ada di set kedua
<=
aset <= otherset
Menanyakan apakah semua elemen dari set pertama ada dalam set kedua?

Nah untuk lebih memahaminya,  silahkan ketik script di bawah ini pada command line atau IDLE python..
>>>mySet
>>>len(mySet)
>>>False in mySet
>>>"dog" in mySet     
>>>mySet
>>>yourSet={99,3,100}
>>>mySet.union(yourSet)
>>>mySet|yourSet
>>>mySet.intersection(yourSet) 
>>>mySet&yourSet
>>>mySet.difference(yourSet)
>>>mySet<=yourSet
>>>{3,100}.issubset(yourSet)
>>>{3,100}<=yourSet
>>>mySet.add("house") 
>>>mySet
>>>mySet.remove(4.5)
>>>mySet
>>>mySet.pop() 
>>>mySet
>>>mySet.clear()
>>>mySet

Dictionary pada python

Koleksi yang terakhir dari python adalah Dictionary. Dictionaries adalah koleksi pasangan item-item berasosiasi dimana setiap pasangan terdiri dari suatu key dan value. Pasangan key-value ini ditulis seabagai key:value. Dictionaries ditulis dipisahkan koma dalam kurung kurawal. Untuk lebih memahaminya, silahkan kalian ketik code di bawah ini pada command line atau IDLE python..


>>>phoneext={'saalimah':1410, 'hidayah':1137}
>>>phoneext
>>>phoneext.keys()
>>>list(phoneext.keys()) 
>>>phoneext.values()
>>>list(phoneext.values())
>>>phoneext.items()
>>>list(phoneext.items()) 
>>>phoneext.get("kent")
>>>phoneext.get("kent","NO ENTRY")

nah itu dia temen - temen.. penjelasan saya mengenai List, String, Tuple, Set, dan  Dictionary. ya mohon maaf ya jika kurang jelas.. karena saya pun sebenarnya juga masih belajar... tapi jika ada yang ingin ditanyakan dan ada yang belum di pahami, kalian bisa menanyakannya pada kolom komentar dibawah ini ya... kalau bisa jawab, insyaallah saya akan menjawabnya dengan sesuka hati.. 

sekian dulu ya temen - temen.. kurang lebihnya saya mohon maaf dan mohon dimaklumi ya.. jangan lupa di share ketemen - temen sosial media kalian ya.. terimakasih seudah membaca postingan saya kali ini.. semoga mendapatkan ilmu dan manfaat yang lebih ya...

wassalamualikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment