Cara membuat line dan teks edit pada Window GUI python menggunakan PySide

Belajarpython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen... Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai GUI python lagi nih.. Yaitu sebuah GUI yang akan saya bangun melalui library PySide. Namun, library PySide ini, tidak build in di dalam bahasa pemrograman Python temen - temen... Jad kalian harus menginstall nya secara terpisah ya... Namun, bagi kalian yang belum install PySide, saya sudah membuat postingan yang membahas mengenai tutorial penginstalan PySide nya kok... Jadi bagi kalian yang belum menginstallnya atau masih kesusahan saat proses install nya, kalian bisa membaca postingan saya ini.. Karena saya sudah menyajikan cara menginstall PySide dengan sangat mudah... Karena kita hanya perlu klik install dan next saja... Nah untuk membacanya, kalian BISA KLIK DISINI.

Nah setelah kalian install PySide nya, yuk kita lanjut lagi pembahasan postingan kali ini... Jadi pada postingan saya kali ini, saya akan mencoba untuk membuat sebuah line edit dan sebuah teks edit.. Sudah tau kan perbedaannya ? Ya dari nama saja kita sudah tau.. Yaitu teks edit yang fungsinya untuk teks. Dan line edit yang biasanya digunakan untuk mengisi teks yang umumnya pendek.. Seperti nama, umur, nama kota dan teks - teks pendek yang lainnya.. Untuk pembahasan lengkap nya, yuk langsung saja kita simak sama - sama postingan saya ini...

Apa yang dimaksud dengan Line edit dan Teks edit ?

Nah sebelum saya melanjutkan postingan ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan teks edit dan juga line edit yang akan saya bahas pada postingan saya yang satu ini.. Ya anggep saja penjelasan ini merupakan sebuah pengenalan kalian terhadap line edit dan teks edit yang sekaligus bisa di jadikan sebagai intro dari postingan saya kali ini...

Jadi, seperti yang sudah saya katakan diatas, line edit ini merupakan sebuah kotak dialog yang digunakan untuk meminta sebuah teks pendek kepada user. Dan untuk lebih memperjelas penjelasan saya tadi, berikut saya sertakan screenshoot dari contoh mengenai line edit ini.. Yuk lihat screenshoot nya di bawah ini...


Nah itu dia temen - temen contoh screenshoot nya.. Screenshoot tersebut saya ambil dari pengaturan WPS office... Sudah tau kan yang saya maksud mengenai line edit ini ? Ya saya rasa kalian sudah tidak asing lagi ya dengan line edit ini ya... Karena sudah banyak sekali aplikasi yang menggunakan fitur tersebut...

Dan selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelakan dan memperkenalkan kalian degan apa yangd dimaksud dengan teks edit ini.. Jadi seperti yang sudah saya katakan diatas, teks edit ini umumnya memiliki ukuran yang relatif lebih besar.. Namun fungsinya sama sebenarnya dengan line edit.. Yaitu untuk meminta user untuk memasukkan sebuah teks yang akan kita butuhkan dalam sebuah proses aplikasi kita nantinya... Namun, walaupun sama dari segi fungsi, line edit dan teks edit ini memiliki perbedaan.. Karena teks edit ini umumnya digunakan untuk memasukkan sebuah teks yang cukup panjang.. Seperti cerita, hobi dan masih banyak lagi.... Dan untuk lebih memahami penjelasan saya tadi, yuk simak screenshoot contoh dari teks edit ini dibawah ini..


Nah itu dia temen - temen screenshoot nya..  Screenshoot tersebut saya ambil dari pengaturan WPS office...  Sudah jelaskan apa yang saya maksud didalam postingan saya kali ini ? Ya saya rasa sudah jelas ya.. Dan kalian pun juga sudah tidak asing lagi dengan teks edit ini.. Karena sama seperti line edit, teks edit ini juga sudah banyak sekali di pakai oleh aplikasi bersekala kecil sampai aplikasi yang bersekala besar sekalipun..


Cara membuat sebuah Line edit dan Teks edit pada window GUI python menggunakan library PySide.

Nah setelah kita berkenalan dengan teks edit dan line edit, saya akan mencoba untuk membuatnya pada sebuah window GUI python yang tentu saja menggunakan library PySide ini. Nah sebenarnya untuk menambahkan line edit dan teks edit ini cukup mudah dan simpel kok.. Mau tau se simpel apa caranya ? Yuk simak mari kita simak sama - sama code program yang saya gunakan untuk membuat line edit dan teks edit ini pada code program dibawah ini...

from PySide import QtGui, QtCore

class lineTeksEdit(QtGui.QWidget):
    
    def __init__(self):
        super(lineTeksEdit, self).__init__()
        
        self.initUI()
        
    def initUI(self):
        self.lineEdit()
        self.teksEdit()

        self.setGeometry(300, 300, 400, 400)
        self.setWindowTitle('Line edit dan teks edit.')

    def lineEdit(self):
        lineEdit = QtGui.QLineEdit(self)
        lineEdit.move(60, 100)
        lineEdit.setText('ini line edit nya..')

    def teksEdit(self):
        self.teksEdit = QtGui.QTextEdit(self)
        self.teksEdit.move(60, 140)
        self.teksEdit.setText('ini yang namanya teks edit...'
                              'kalian bisa mengisi teks yang cukup banyak disini temen - temen..'
                              'hal ini berbeda dengan line edit...'
                              'yang dikhususkan untuk teks yang relatif lebih pendek...')
        
if __name__ == '__main__':
    import sys
    app = QtGui.QApplication(sys.argv)
    buka = lineTeksEdit()
    buka.show()
    sys.exit(app.exec_())



Nah itu dia temen - temen contoh programnya.. Cukup panjang juga ya.. Hehe.. Tapi insyaallah cukup mudah untuk kalian pahami kok... Karena saya membuat code program tersebut, se komunikatif mungkin.. Agar kalian dapat memahami program saya dengan mudah.. Lalu kalian mau tau gak screenshoot dari program di atas ketika saya jalankan ? Nah tenang saja saya sudah menyiapkan screenshootnya kok.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama screenshoot nya di bawah ini...


Nah itu dia temen temen.. Contoh screenshoot dari program diatas yang sudah saya bagikan... Nah sudah tau bedanya kan yang mana line edit, dan yang mana teks edit. Ya saya yakin kalian sudah tau.. Kan sudah saya jelaskan di atas tadi.. Hehe


Penjelasan mengenai program pembuatan line edit dan teks edit pada window GUI Python menggunakan library Pyside.


Nah setelah saya membagikan code program nya, maka seperti pada postingan saya yang lainnya saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan diatas.. Nah hal ini saya lakukan untuk memperjelas dan membantu kalian untuk memahami program di atas.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya mengenai program yang sudah saya bagikan tadi di bawah ini...

from PySide import QtGui, QtCore  //code ini digunakan untuk mengimpor QtGui dan QtCore dari library PySide.

class lineTeksEdit(QtGui.QWidget):  //ini merupakan sebuah class yang akan saya gunakan untuk membuat semua elemen window yang akan kita tampilkan nantinya. Dan saya memberi nama class ini dengan naman “linTeksEdit”.

    def __init__(self):  //ini merupakan sebuah konstruktor yang akans secara otomatis di jalankan dan pertama kali di jalankan ketika class “lineTeksEdit” ini di panggil.
        super(lineTeksEdit, self).__init__()  //code ini digunakan untuk membuat class “lineTeksEdit” ini menjadi sebuah GUI.

        self.initUI()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode yang bernama “initUI”

    def initUI(self):  //code ini merupkan sebuah metode yang saya gunakan untuk menampung GUI kita nantinya.
        self.lineEdit()  //code ini berguna untuk memanggil sebuah metode yang bernama “lineEdit”
        self.teksEdit()  //code ini berguna untuk memanggil sebuah metode yang bernama “teksEdit”

        self.setGeometry(300, 300, 400, 400)  //code ini digunakan untuk membuat atau mengubah ukuran window kita menjadi “400x400”. Dan menempatkan window kita pada posisi (300x300)
        self.setWindowTitle('Line edit dan teks edit.')  //code ini digunakan untuk mengubah judul window kita menjadi “Line edit dan teks edit”. Tentu saja kalian bisa mengubahnya sesuka hati kalian.

    def lineEdit(self):  //code ini merupakan sebuah metode yang bernama “lineEdit” yang akan saya gunakan untuk menampung code program untuk membuat sebuah line edit.
        lineEdit = QtGui.QLineEdit(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah line edit di dalam library PySide. Lalu saya menampungnya di dalam variabel “lineEdit”.
        lineEdit.move(60, 100)  //code ini digunakan untuk memindahkan posisi line edit nya ke posisi 60x100 pada window yang akan kita tampilkan nantinya.
        lineEdit.setText('ini line edit nya..')  //code ini digunakan untuk menampilkan sebuah teks di dalam line edit. Kalian bisa mengubahnya sesuka hati kalian kok.

    def teksEdit(self):  //code ini merupakan sebuah metode yang bernama “teksEdit” yang akan saya gunakan untuk menampung code program untuk membuat sebuah teks edit.
        self.teksEdit = QtGui.QTextEdit(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah teks edit di dalam library PySide. Lalu saya menampungnya di dalam variabel “teksEdit”.
        self.teksEdit.move(60, 140)  //code ini digunakan untuk memindahkan posisi teks edit nya ke posisi 60x140 pada window yang akan kita tampilkan nantinya.
        self.teksEdit.setText('ini yang namanya teks edit...'
                              'kalian bisa mengisi teks yang cukup banyak disini temen - temen..'
                              'hal ini berbeda dengan line edit...'
                              'yang dikhususkan untuk teks yang relatif lebih pendek...')  //code ini digunakan untuk menampilkan sebuah teks di dalam teks edit. Kalian bisa mengubahnya sesuka hati kalian kok.


if __name__ == '__main__':  //ini merupakan penyeleksian yang akan menanyakan apakah program ini dipanggil atau tidak.
    import sys  //code ini digunakann untuk mengimpor sys
    myApp = QApplication(sys.argv) //code ini merupakan code wajib yang harus ada.
    buka = lineTeksEdit()  //code ini digunakan untuk memanggil class mywidget yang sudah kita buat tadi.
    buka.show() //code ini digunakan untuk menampilkan GUI Window yang sudah kita buat tadi.

    myApp.exec_() //code ini digunakan agar window kita tidak langsung close saat kita panggil.


Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai program yang sudah sy bagikan sebelumnya.. Semoga penjelasan kalian bisa membantu kalian untuk lebih memahami program saya tadi ya...dan tentu saja semoga kalian bisa mengimplementasikan line edit dan teks editnya...

Contoh pemanfaatan line edit dan teks edit pada window GUI python menggunakan Library PySide.

Nah setelah saya membagikan program untuk membuat sebuah line edit dan text edit  pada GUI window python yang menggunakan library PySide ini, maka selanjutnya saya akan mengajak kalian untuk melihat contoh pemanfaatan dari line edit dan teks editnya.. Nah ini saya lakukan untuk memberikan referensi mengenai pemanfaatan dari kedua fitur tersebut..

Nah seperti apakah contoh pemanfaatan dari kedua fitur tersebut ? Sudah penasaran belum ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama code program untuk memanfaatkan fitur keduanya dibawah ini..

from PySide import QtGui, QtCore

class lineTeksEdit(QtGui.QWidget):
   
    def __init__(self):
        super(lineTeksEdit, self).__init__()
       
        self.initUI()
       
    def initUI(self):
        self.lineEdit()
        self.teksLabel()

        self.setGeometry(300, 300, 300, 250)
        self.setWindowTitle('QtGui.QLineEdit')

    def teksLabel(self):
        self.label1 = QtGui.QLabel(self)
        self.label1.move(60, 40)

        self.label3 = QtGui.QLabel('Nama : ', self)
        self.label3.move(10, 40)

        self.label5 = QtGui.QLabel('silahkan isi nama kalian dibawah ini.', self)
        self.label5.move(60, 120)

    def lineEdit(self):
        lineEdit = QtGui.QLineEdit(self)
        lineEdit.move(60, 140)
        lineEdit.textChanged[str].connect(self.perubahan1)

    def perubahan1(self, text):
        self.label1.setText(text)
        self.label1.adjustSize()

if __name__ == '__main__':
    import sys
    app = QtGui.QApplication(sys.argv)
    buka = lineTeksEdit()
    buka.show()
    sys.exit(app.exec_())



Nah itu dia program nya temen - temen.. Cukup panjang ya... Tapi walu seperti itu, saya harap program diatas dapat dengan mudah kalian pahami agar bisa kalian implementasikan nantinya.. Lalu seperti apakah jika program diatas kita jalankan ? Nah untuk mengetahuinya, yuk langsung saja kita simak contoh screenshootnya di bawah ini...


Nah itu dia temen - temen contoh screenshoot dari program di atas... Dan perlu kalian ketahui nih.. Jika kalian mengetik sebuah nama, maka secara otomatis teks yang berada di kanan teks “nama : “ akan berubah. Dan tentunya perubahan tersebut akan bersifat realtime.

Penjelasan code program pemanfaatan line edit dan teks edit pada window GUI python menggunakan Library PySide.

Nah setelah saya memberikan contoh programnya, selanjutnya tentu saja saya akan menjelaskan code programnya seperti yang sudah saya lakukan pada pembagian code program sebelumnya. Tujuannya sama saja ya.. Yaitu untuk memperjelas dan membuat program saya lebih mudah kalian pahami.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya mengenai program nya di bawah ini...

from PySide import QtGui, QtCore  //code ini digunakan untuk mengimpor QtGui dan QtCore dari library PySide.

class lineTeksEdit(QtGui.QWidget):  //ini merupakan sebuah class yang akan saya gunakan untuk membuat semua elemen window yang akan kita tampilkan nantinya. Dan saya memberi nama class ini dengan naman “linTeksEdit”.

    def __init__(self):  //ini merupakan sebuah konstruktor yang akans secara otomatis di jalankan dan pertama kali di jalankan ketika class “lineTeksEdit” ini di panggil.
        super(lineTeksEdit, self).__init__()  //code ini digunakan untuk membuat class “lineTeksEdit” ini menjadi sebuah GUI.

        self.initUI()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode yang bernama “initUI”

    def initUI(self):  //code ini merupkan sebuah metode yang saya gunakan untuk menampung GUI kita nantinya.
        self.lineEdit()  //code ini berguna untuk memanggil sebuah metode yang bernama “lineEdit”

        self.setGeometry(300, 300, 400, 400)  //code ini digunakan untuk membuat atau mengubah ukuran window kita menjadi “400x400”. Dan menempatkan window kita pada posisi (300x300)
        self.setWindowTitle('Line edit dan teks edit.')  //code ini digunakan untuk mengubah judul window kita menjadi “Line edit dan teks edit”. Tentu saja kalian bisa mengubahnya sesuka hati kalian.

    def teksLabel(self):
        self.label1 = QtGui.QLabel(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah label dari library PySide yang akan saya gunakan untuk menampung sebuah teks dari line edit nya. Yang kemudian saya tampung dalam variabel “label1”.
        self.label1.move(60, 40)  //code ini digunakan untuk memindahkan “label1” ke posisi “60x40” pada window kita nantinya.

        self.label3 = QtGui.QLabel('Nama : ', self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah label dari library PySide yang saya kasi teks “nama :”. Lalu saya tampung dalam variabel yang bernama “label3”
        self.label3.move(10, 40)  //code ini digunakan untuk memindahkan “label3” ke posisi “10x40” pada window kita nantinya.

        self.label5 = QtGui.QLabel('silahkan isi nama kalian dibawah ini.', self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah label dari library PySide yang saya kasi teks “ssilahkan isi nama kalian dibawah ini”. Lalu saya tampung dalam variabel yang bernama “label5”
        self.label5.move(60, 120)  //code ini digunakan untuk memindahkan “label5” ke posisi “60x120” pada window kita nantinya.

    def lineEdit(self):  //code ini merupakan sebuah metode yang bernama “lineEdit” yang akan saya gunakan untuk menampung code program untuk membuat sebuah line edit.
        lineEdit = QtGui.QLineEdit(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah line edit di dalam library PySide. Lalu saya menampungnya di dalam variabel “lineEdit”.
        lineEdit.move(60, 100)  //code ini digunakan untuk memindahkan posisi line edit nya ke posisi 60x100 pada window yang akan kita tampilkan nantinya.

        lineEdit.textChanged[str].connect(self.perubahan1)  //code ini digunakan untuk menghubungkan perubahan teks nya di line edit nya.

    def perubahan1(self, text):  //ini merupakan metode yang digunakan untuk menampung perintah untuk menghubungkan line edit dan sebuah label yang bernama label 1.
        self.label1.setText(text)  //code ini digunakan untuk mengubah teks yang ada pada variabel “label1”.
        self.label1.adjustSize()  //code ini digunakan untuk menyesuaikan ukuran “label1” sesuai dengan teks yang ada pada dirinya.


if __name__ == '__main__':  //ini merupakan penyeleksian yang akan menanyakan apakah program ini dipanggil atau tidak.
    import sys  //code ini digunakann untuk mengimpor sys
    myApp = QApplication(sys.argv) //code ini merupakan code wajib yang harus ada.
    buka = lineTeksEdit()  //code ini digunakan untuk memanggil class mywidget yang sudah kita buat tadi.
    buka.show() //code ini digunakan untuk menampilkan GUI Window yang sudah kita buat tadi.

    myApp.exec_() //code ini digunakan agar window kita tidak langsung close saat kita panggil.


Nah itu dia temen - temen penjelasannya.. Semoga penjelasan saya di atas dapat berfungsi sebagai mana mestinya ya.. Yaitu sebagai penjelas dan untuk membuat kalian lebih paham mengenai program yang saya berikan sebelum nya... Sehingga nantinya kalian pun bisa meng implementasikan fitur line edit ini...

Oya jika kalian memiliki pertanyaan mengenai postingan saya yang satu ini, kalian bisa menanyakannya pada kolom komentar yang ada di bawah ini... Kemudian jika ada masukan dan kritik mengenai postingan saya maupun blog saya, kalain juga bisa menyampaikannya melalu kolom komentar di bawah ini.. Atau juga bisa menggunakan laman contact form atau laman “hubungi kami” yang tersedia di footer blog ini.. Yang berada di paling bawah halaman ini...

Sekian dulu ya temen - temen pada postingan saya kali ini.. Semoga bisa memberikan manfaat yang lebih bagi kalian yang membacanya.. Dan terimakasih sudah membaca postingan saya kali ini...  Dan jangan lupa di share ya temen - temen... Sebagai support buat blog saya.. Hehe

Oya mohon maaf ya jika ada kesalahan, kekurangan maupun ketidak jelasan pembahasan saya pada postingan saya kali ini.. Dan harap maklum juga.. Karena saya masih belajar.. Hehe.. Sekian dulu ya temen - temen.. Semoga postingan ini bermanfaat..
Sekian..

Wassalamualaikum wr. wb.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment