Cara membuat bintang di window tkinter

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk megajak kalian belajar membuat gambar bintang pada window python dengan tkkinter nih. Namun sebelum kita melanjutkan postingan kali ini, kalian harus mengistall bahasa pemrogramannya dulu ya.. Tentu saja bahasa python temen - temen... Kalian udah install belum nih ? Nah bagi kalian yang berlum install, di install dulu ya temen - temen.. Kalian bisa mendapatkan file instalasinya pada situs atau laman resmi nya python ya.. Yaitu di Https://python.org/download yaa...

Namun jika kalian membutuhkan sebuah bimbingan instalasinya, kalian tidak perlu khawatir ya.. Karena saya sudah menyiapkan postingan yang khusus membahas mengenai cara untuk melakukan proses install dari bahasa pemrograman python ini... Nah jika kalian tertarik untuk membaca postingan yang saya maksud tadi, KALIAN BISA KLIK DISINI YA temen - temen.... Dan silahkan install dengan mengikuti setiap instruksi yang sudah saya sediakan tersebut ya....

Nah setelah kalian install python nya, yuk kita lanjut lagi potingan kita kali ini.. Jadi. Seperti yang sudah saya katakan tadi ya...  Pada postingan kali ini, kita akan membuat gambar bintang pada window python yang menggunakan tkinter ya.. Mungkin manfaat nya tidak terlalu besar.. Namun, ini akan berguna bagi kalian yang ingin memperindah tampilan dari window kita.. Nah langsung saja yuk kita simak sama - sama postingan kita kali ini.. Let’s check it out temen - temen...

Cara membuat bintang pada window tkinter python 3.

Nah pada segment yang pertama ini, saya akan langsung mencoba untuk membagikan cara untuk membuat bintang tersebut.. Nah tentu saja ya saya akan memberikan contohnya langsung dalam pembagian code program.. Dan selanjutnya adalah tugas kalian untuk memahami code programnya ya. Namun tenang saja kok temen - temen.. Karena, saya akan menjelaskannya nanti pada segment berikutnya... Nah langsung saja yuk kita simak code program nya di bawah ini...

from tkinter import *

class MembuatBintang():
    def __init__(self):
        self.buatBintang()
    def buatBintang(self):
        kanvas = Canvas(width=200, height=200)
        kanvas.pack()
        koordinat = [100, 140, 110, 110, 140, 100, 110, 90, 100, 60, 90, 90, 60, 100, 90, 110]
        kanvas.create_polygon(koordinat, outline='green', fill='yellow', width=3)

Tk()
MembuatBintang()
mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Cukup pendek ya.. Iya kan kita hanya membuat satu buah binang saja ya... Jadi ya maklum saja code programnya pendek gitu... Untk membuat nya, silahkan salin lagi saja code programnya ya.. Dan ubah koordinatnya.. Nah untuk penjelasan code programnya, saya akan menjelaskannya pada segment selanjutnya ya temen - temen...

Tampilan dan penjelasan koordinat untuk membuat bintang pada window tkinter python 3.

Nah seperti yang sudah saya janjikan tadi ya temen - temen.. Pada segment kali ini saya akan mencoba untuk membuat sebuah menjelakan koordinat yang ada pada code program pembuatan bintang di atas.. Namun, sebelum itu, saya akan mencoba untuk menampilkan terlebih dahulu tampilan yang akan dihasilkan dari code program di atas.. Nah seperti apakah tampilannya ? Yuk silahkan di simak pada gambar di bawah ini...




Nah itu dia tampilannya temen - temen... Nah selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan mengenai titik koordinat dari code program diatas ya... Yuk langsung saja di disimak penjelasannya di bawah ini...



koordinat = [100, 140110, 110, 140, 100, 110, 90100, 6090, 9060, 10090, 110

Dimana angka pertam merupakan koordinat X dan yang kedua adalah koordinat Y

nah dari gambar dan teks di atas, saya rasa sudah bisa mewakili penjelasan saya ya temen - temen... Dan mungkin akan lebih jelas bila kita bandingkan dengan penjelasan kata - kata yaa... Nah oke saya anggap kalian sudah paham karena saya rasa penjelasannya sudah cukup jelas ya temen - temen...

Penjelasan code program untuk membuat sebuah bintang pada window tkinter python 3.

Nah setelah jelas mengenai koordinatnya, sekarang saya akan mencoba untuk menjelaskan code programnya tiap baris code program.. Sehingga selain kalian paham mengenai koordinatnya, kalian saya harap juga paham akan code program untuk membuat sebuah window dan bintangnya tadi.. Nah seperti apa penjelasan saya mengenai code program tersebut ? Yuk langsung saja disimak sama - sama penjelasannya di bawah ini... Let’s check it out temen - temen...


from tkinter import *  //code ini digunakan untuk mengimport semua class yang ada di modul tkinter.

class MembuatBintang():  //code ini digunakan untuk membuat sebuah class dengan nama “MembuatBintang” yang tentu saja akan saya gunakan untuk menampungsemua code program untuk membuat bintang dan windownya.
    def __init__(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah construktor dari class “MembuatBintang” ini.
        self.buatBintang()  //code ini digunakann untuk memanggil sebuah metode dengan nama “buatBIntang”.
    def buatBintang(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “buatBintang” yang akan digunakan untuk menampung code program untuk membuat bintang.
        kanvas = Canvas(width=200, height=200)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah “canvas” dari modul tkinter. Yang kemudian di simpan kedalam variabel dengan nama “kanvas”
        kanvas.pack()  //memasukkan kanvas ke dalam window dengan layout pack.
        koordinat = [100, 140, 110, 110, 140, 100, 110, 90, 100, 60, 90, 90, 60, 100, 90, 110]  //mendefinisikan koordinat bintang dan memasukkannya ke dalam variabel “koordinat”.
        kanvas.create_polygon(koordinat, outline='green', fill='yellow', width=3)  //code ini digunaka untuk membuat sebuah bintang dengan titik koordinat yang sudah di definisikan  sebelumnya dan dengan warna garis “green’” atau hijau dan warna isi “yellow” atau kuning. Serta lebar garis sebesar 3 pixel.

Tk()  //code ini digunakan untuk memanggil atau menampilkan window tkinter.
MembuatBintang()   //code ini digunakan untuk memanggil class dengan nama “MembuatBintang”.

mainloop()  //code ini digunakan untuk membuat window yang kita tampilkan tidak langsung close secar otomatis saat window nya tampil.


Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment