apa yang dimaksud dengan BooleanVar, IntVar, StringVar dan DoubleVar ?

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan mengenai fungsi - fungsi yang ada pada python nih.. Lebih tepatnya pada fungsi untuk membuat sebuah tampilan yang menggunakan modul tkinter.. Nah bagi kalian yang belum install python 3 nya, silahkan install terlebih dahulu ya temen - temen.. Untuk mendownload pyton 3 nya, kalian bisa pergi ke situs resmi nya ya.. Yaitu https://python.org ya... Dan jika kalian kebingungan, kalian bisa ikuti tutorial yang sudah saya buat sebelum nya ya.. Untuk membacanya, KALIAN BISA KLIK DISINI YA temen - temen...

Nah, setelah install, yuk kita lanjutkan postingan nya.. Jadi seperti yang sudah saya katakan tadi ya temen - temen.. Pada kesempatan kalia ini saya akan menjelaskan fungsi yang ada di tampilan python yaitu tkinter... Mungkin bagi kalian yang belajar tkinter kalian akan sering mendengar code program “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar”. Nah sebenarnya kalian tau gak apa seh itu code itu semua ? Apa maksudnya ? Dan apa fungsinya ?

Nah bagi kalian yang belum tau, sangat tepat apabila anda membaca postingan saya yang satu ini.. Karena saya akan membahasa tuntas mengenai apa yang sudah saya sebutkan tadi... Yuk tanpa lama - lama lagi, langsung saja kita simak pembahasannya pada postingan saya kali ini.. Silahkan disimak sampai tuntas ya temen - temen...

Apa itu “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar” dalam tkinter python ?

Nah pada segment pertama ini, saya akan mencoba untuk membahas mengenai apa yang dimaksud dengan istilah - istilah tersebut... Nah kira - kira apa ya maksud nya.. Yuk silahkan disimak di bawah ini...

Jadi istilah seperti : “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar” ini merupakan sebuah class Built in yang artinya sudah di sediakan oleh bahasa python. Jadi kita bisa menggunakannya tanpa harus membuatnya terlebih dahulu.  Ya hal yang perlu kita ingat adalah istilah - istilah di atas adalah SEBUAH CLASS DARI PYTHON yaa..

Dan class ini memiliki beberapa metode.. Dan 2 diantaranya adalah yang paling sering di pakai adalah “set” dan “get”. Dan fungsinya bisa kita tebak ya.. Dimana “set” digunakan untuk mengubah nilainya, dan “get” digunakan untuk mendapat kan nilainya. Nah untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak cara penggunaan dari class - class tersebut pada postingan saya di blog ini dengan judul “Contoh program pemanfaatan “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar” di tkinter”. Dan untuk lebih mudahnya, KALIAN BISA KLIK DISINI YA temen - temen....

Cara menggunakan class “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar” ini di tkinter.

Nah selanjutnya, saya akan mencoba untuk menjelaskan fungsi sebenarnya dari class - class tadi.. San tanpa lama - lama lagi,  Yuk langsung saja disimak ya...

Jadi, sebenarnya, fungsi dari class - class tadi, sama saja seperti tipe data umumnya ya.. Seperti fi bawah ini ya...


  1. “BooleanVar” yang sama seperti tipe data boolean... 
  2. “StringVar” sama saja seperti tipe data String pada umumnya..
  3. “IntVar” digunakan untuk membuat tipe data integer pada umumnya.
  4. “IntDouble” digunakan untuk membuat tipe data double atau pecahan ya..


Namun, karena code di atas adalah class, maka kita tidak bisa mendapatkan nilai yang ada di dalamnya dengan hanya menyebutkan variabel nya saja ya... Kita perlu memanggil metode yang bernama “get”. Sehingga seperti di bawah ini...

namaVariabel = StringVar()
namaVariabel.get()

Nah itu lah cara untuk mendapatkan nilai yang ada di dalam nya.. Nah lalu seperti apakah cara untuk mengubah nya ? Untuk merubahnya, kita juga harus memanggil sebuah metode juga loh.. Nama metode nya adalah “set”. Nah cara memanggil nya adalah seperti di bawah ini yaa..

namaVariabel = StringVar()
namaVariabel.set(nilai yang akan diberikan)

Nah itu dia temen - temen caranya.. Hal ini berbeda dengan tipe data umumnya ya.. Untuk mendapatkan nilainya, kita hanya menyebutkan atau mengetikkan variabelnya saja ya.. Dan untuk mengubah nilainya, kita tinggal memberikan tanda = saja ya. Seperti di bawah ini ya.

a = 2
a =3
Print (a)

Nah seperti itu.. Gimana ? Sudah paham kan ? Wah pastinya ya.. Hehe... Nah untuk lebih jelasnya lagi mengenai penggunaan class - class tersebut, kalian bisa melihat CONTOH - CONTOH PROGRAM YANG MEMANFAATKAN CLASS - CLASS TERSEBUT pada postingan yang ada di blog ini juga... Untuk membacanya, KALIAN BISA KLIK DISINI YA temen temen...

Apa fungsi yang sebenarnya dari “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar” ini di tkinter ?

Dan segment yang terakhir, saya akan mencoba untuk menjabarkan kesimpulan dari pemakaian class - class tersebut.. Silahkan disimak sama - sama ya temen - temen....

Jadi class “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar” penggunaan nya ya class - class tersebut digunakan oleh tkinter sebagai pengambil nilai dari widget - widget yang di sediakan oleh dirinya.. Jadi penggunaan class - class tersebut wajib hukum nya untuk memaksimalkan kinerja dari widget - widget dari tkinter tersebut..

Nah gimana udah tau dong fungsi untuk dari class - class yang sudah saya bahas tadi ? Nah untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat CONTOH - CONTOH PROGRAM YANG MEMANFAATKAN CLASS - CLASS TERSEBUT pada postingan yang ada di blog ini juga... Untuk membacanya, KALIAN BISA KLIK DISINI YA temen temen...

Contoh class sebenarnya pada class “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar” ini.

Nah selanjutnya, saya akan mencoba untuk memberikan atau menampilkan isi yang ada pada class “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar” ini. Namun pengambarannya tidak selengkap yang ada pada class yang sebenarnya ya.. Saya hanya akan menampilkan 2 metode yang paling sering di pakai saja ya.. Yaitu set dan get. Nah langsung saja yuk kita lihat contoh penggambaran dari class ini pada code program di bawah ini.. Silahkan di perhatikan ya temen - temen..

class IntVar ():
    def __init__(self):
        self.var = 0
    def set(self, nilai):
        self.var = nilai
    def get(self):
        return self.var

a = IntVar()
a.set(3)
print(a.get())



Nah seperti itu ya kira - kira contoh class dari IntVar ini.. Bisa kita lihat ya disana pada class “IntVar” tersebut.. Disana saya mendefiniskan dua metode yang bernama “set” dan “get” diman fungsinya sudah kalian ketahui ya.. Dan setelah membuat classnya, saya mencoba untuk memanggil nya yang kemudian saya simpan ke dalam variabel “a”. Lalu saya sert nilainya menjadi 3. Dan saya print nilainya.. Maka bisa kalian tebak hasilnya berapa ? Ya hasilnya adalah 3 ya..

Nah giamana ? Udah pahamkan mengenai class “IntVar” ini ? Nah untuk yang lainnya sama saja ya.. Namun hanya di ubah tipe datanya saja yaitu dengan mengubah nilai var pada metode “__init__” menjadi tipe data yang dikehendaki.. Serta ubah nama class nya menjadi apa yang kalian kehendaki ya... Giamana ? Sudah jelas dong.. Ya saya rasa sudah sangat jelas ya... Dan perlu kalian ingat jika itu hanya simulasi saja ya.. Jadi tidak selengkap class yang sebenarnya ya...


Nah itu dia temen - temen maksud dari Class “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar” ini.. Gimana sudah pahamkan apa yang dimaksud dengan class - class tersebut ? Ya saya yakin kalian bisa memahaminya... Namun, jika kalian masih kurang paham dengan penjelasan di atas, kalian bisa menanyakannya pada kolom komentar yang ada di bawah ini ya temen - temen.. Insyaallah saya akan menjawab dengan secepat yang saya bisa... Dengan catatan saya online.. Hehe

Oke sampai disini dulu ya pembahasan saya mengenai “BooleanVar”, “IntVar”, StringVar”dan “DoubleVar” ini.. Semoga apa yang saya sampaikan di atas dapt bermanfaat bagi kalian.. Dan tentu saja dapat memberikan manfaat bagi kalian dan ilmu baru tentunya... Dan terimakasih ya sudah berkunjung ke blog ku ini dan membaca postingan saya hingga akhir.. Mohon maaf atas kekurangan yang ada di blog ini ya.. Terlebih lagi yang ada pasa postingan kali ini.. Dan harap maklum.. Karena saya juga masih belajar.. Heehe..

Oke sekai lagi terimakasih ya.. Dan apabila kalian berkenan, mohon share postingan kali ini ya.. Sebagai bentuk dukungan kalian terhadap blog saya.. Oke terimakasih dan sampai jumpa lagi di positngan - postingan saya yang lainnya.. Sekian..

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment