Cara membuat Radio Button di tkinter

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian belajar python nih.. Dan pada postingan kali ini, saya akan mengambil topik mengenai cara untuk membuat radio button di tkinter nih.. Jadi, karna kita akan belajar mengenai python, saya mau tanya nih.. Apakah kalian sudah install python sebelumnya ? Kalau belum, silahkan install dulu ya python nya.. Kalau kalian belum punya file instalasiny, kalian bisa langsung mendownloadnya disitus resminya ya... Yaitu di https://python.org/download silahkan pilih yang versi 3 ya..

Oya, jika kalian merasa bingung untuk menginstallnya, tenang saja temen - temen..karena saya sudah membuatkan postingannya kok.. Jadi kalian bisa menginstall nya dengan cara mengikuti instruksi - instruksi yang sudah saya jelaskan disana secara rinci.. nah jika kalian tertarik untuk membaca postingan yang saya maksud tadi, KALIAN BISA MEMBACANYA DENGAN CARA KLIK DISINI ya teme - temen.. Dan silahkan ikuti langkah - langkah atau instruksi - instruksi untuk instalasi nya.. Dan silahkan install  python 3 nya ya...

Nah setelah kalian menginstall python 3 nya, sekarang kita lanjutkan postingan kita kali ini ya.. Dan seperti yang sudah saya katakan tadi, pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai cara pembuatan sebuah radio button.. Nah udah tau dong apa yang di maksud dengan sebuah radio button ini ? Ya kalian sudah banyak yang mengenal mengenai apa yang di maksud dengan radio button ini ya.. Karena sudah banya aplikasi yang menggunakannya untuk keperluan mereka.. Nah lalu seperti apa ya cara untuk membuat radio button ini menggunakn tkinter python 3 ? Nah untuk menemukan jawabannya, kalian bisa menemukannya pada postingan saya kali ini ya temen - temen.. Makanya kita simak sama - sama ya.. Let’s check it out guys...

Cara membuat Radio Button pada window python 3 menggunakan tkinter.

Nah tanpa lama - lama, saya akan langsung mengajarkan kalian untuk membuat sebuah radio button pada segment pertama ini.. Nah cara mengajakannya tentu saja dengan cara langsung membagikan sebuah code program yang selanjutnya adalah tugas kalian untuk memahami nya ya.. Hehe.. Tapi tenang saja kok.. Pada segment terakhir, saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan ini.. Dengan penjelasan tiap baris code program..

Nah tanpa lama - lama lagi, yuk langsung saja kita simak code program untuk membuat sebuah radio button ini... Silahkan amati dan simak pada code progaram yang ada di bawah ini ya temen - temen...


from tkinter import *

class RadioButton(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent)
        self.window = parent
        self.v = IntVar()
        
        self.teks()
        self.radioButton()

    def teks(self):
        Label(root, text="""pilih bahasa yang kalian sukai :""", justify=LEFT, padx=20).pack()

    def radioButton(self):
        Radiobutton(root, text="Indonesia", padx=20, command=self.tampilkan, variable=self.v, value=1).pack(anchor=W)
        Radiobutton(root, text="Bahasa Inggris", padx=20, variable=self.v, command=self.tampilkan, value=2).pack(anchor=W)

    def tampilkan(self):
        if self.v.get() == 1:
            print ("Bahasa Indonesia")
        elif self.v.get() == 2 :
            print ("Bahasa inggris")

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    RadioButton(root)
    mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Gimana cukup panjang juga yaa..  Nah lalu seperti apa ya kira - kira hasilnya ketika program di atas saya jalankan ? Nah untuk mengetahuinya, silahkan simak pada gambar yang ada di bawah ini ya temen - temen.. Let’s check it out temen - temen..



Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Jika kita memilih “indonesia”, maka program akan mencetak nilai “Bahasa Indonesia” dan jika kita memilih “Bahasa Inggris” maka program akan mencetak “Bahasa Inggris”. Bisa kita lihat ya pada gambar di atas.. Disana sudah ada 2 hasil print, karena saya sudah memilih dua - duanya... Gimana sudah paham kan program nya ? Ya saya yakin kalian sudah memahaminya ya...

Cara memodifikasi tampilan dari Radio Button di tkinter python 3.

Nah selanjutnya saya akan mencoba untuk memodifikasi tampilan nya.. Nah maksud nya memodifikasi disini adalah, saya akan mencoba untuk mengubah tampilannya.. Namun, fungsi nya sama saja ya... Nah seperti apa ya kira - kira tampilan yang akan di hasilkan nantinya ? Nah sebelum kalian melihat hasilnya, yuk kita lihat dulu code program nya ya... Yuk silahkan di simak di bawah ini yaa...


from tkinter import *

class RadioButton (Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent)
        self.window = parent
        self.v = IntVar()

        self.teks()
        self.radioButton()

    def teks(self):
        Label(root, text="""pilih bahasa yang kalian sukai :""", justify=LEFT, padx=20).pack()

    def radioButton(self):
        Radiobutton(root, text="Indonesia", padx=20, command=self.ShowChoice, indicatoron=0, width=25, variable=self.v, value=1).pack(anchor=W)
        Radiobutton(root, text="Bahasa Inggris", padx=20, variable=self.v, command=self.ShowChoice, indicatoron=0, width=25, value=2).pack(anchor=W)

    def ShowChoice(self):
        if self.v.get() == 1:
            print ("Bahasa Indonesia")
        elif self.v.get() == 2 :
            print ("Bahasa inggris")

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    RadioButton(root)
    mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya... Sebenernya sama saja ya code programnya dengan code program sebelumnya ya... Namun saya hanya menambahkan 4 code program saja yaa.. Yaitu : “indicatoron=0, width=25” silahkan di lihat pada code program pembuatan checkboxnya di atas ya.. Dan silahkan lihat code programnya... Dan untuk membuktikan perkataan saya tadi, silahkan kalian bandingka code program tersebut, dengan code program yan gsebelumnya...

Nah lalu seperti apa ya kira - kira hasil GUI atau tampilan yang akan di hasilkan dari code program diatas ? Yuk langsung simak sama - sama hasilnya pada gambar dibawah ini ya temen - temen...





Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Bisa kita lihat ya disana.. Ada 3 contoh screenshoot yaa.. Screenshoot 1 merupakan contoh ketika window muncul pertama kali ya... dimana belum kita pilih sama sekali.. Screenshoot no. 2 merupakan contoh screenshoot ketika saya meng klik pilihan “indonesia”.. Dan screenshoot no. 3 merupakan screenshoot yang diambil ketika pilihan “Bahasa inggris” saya pilih...

Nah gimana ? Sudah jelas ya temen - temen.. Ya saya rasa sudah cukup jelas ya temen - temen...


Penjelasan code program untuk membuat Radio Button pada tkinter python 3.

Nah selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan di atas ya.. Hal ini saya lakukan agar kalian bisa memahami code program yang sudah saya bagikan tadi ya temen - temen.. Dan tentu saja saya harap nantinya kalian dapat membuat dan memanfaat kan nya sendiri ya... Nah lalu seperti apa ya kira - kira penjelasannya ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasannya di bawah ini...


from tkinter import *  //code ini digunakan untuk mengimport semua class yang ada di tkinter.

class RadioButton (Frame):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah class dengan nama “RadioButton” yang akan saya gunakan untuk menampung semua code program untuk membuat radio button dan window nya.
    def __init__(self, parent):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah konstruktor class “RadioButton” ini dengan memerlukan sebuah parameter disana.
        Frame.__init__(self, parent)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah frame.
        self.window = parent  //code ini digunakan untuk mengoper nilai dalam variabel “parent” ke dalam ke variabel “window”.
        self.v = IntVar()  //code ini digunakan untuk memanggil “IntVar” dan menimpan nya ke dalam variabel “v”.

        self.teks()  //code ini digunakan untukmemanggil sebuah metode dengan nama “teks”.
        self.radioButton()  //code ini digunakan untukmemanggil sebuah metode dengan nama “radioButton”.

    def teks(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “teks” yang akan digunakan untuk menampung code program untuk menampilkan sebuah teks.
        Label(root, text="""pilih bahasa yang kalian sukai :""", justify=LEFT, padx=20).pack()  //code ini digunakan untuk membuat label dengan isi teks yang ada di atas.. Lalu meletakkannya pada window.

    def radioButton(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “radioButton” yang akan digunakan untuk menampung code program untuk menampilkan radio buttonnya.
        Radiobutton(root, text="Indonesia", padx=20, command=self.ShowChoice, indicatoron=0, width=25, variable=self.v, value=1).pack(anchor=W)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah radio button. Dengan isi teks “indonesia” dan memberi padding x nya = 20, dan memberi perintah untuk memanggil metode “showChoice”, dengan lebar 25 dan variabel nya “v” dengan nilai 1.
        Radiobutton(root, text="Bahasa Inggris", padx=20, variable=self.v, command=self.ShowChoice, indicatoron=0, width=25, value=2).pack(anchor=W)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah radio button. Dengan isi teks “Bahasa Inggris” dan memberi padding x nya = 20, dan memberi perintah untuk memanggil metode “showChoice”, dengan lebar 25 dan variabel nya “v” dengan nilai 2.

    def ShowChoice(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “ShowChoice” yang akan digunakan untuk menampung code program untuk menampilkan untuk menghasil kan perintah print.
        if self.v.get() == 1:  //code ini digunakan untuk mengecek apakah nilai “v” nya sama dengan 1 atau tidak. Yang artinya apakah radio button dengan teks indonesia di klik atau tidak.
            print ("Bahasa Indonesia")  //code ini digunakan untuk mencetak “bahasa Indonesia”
        elif self.v.get() == 2 :  //code ini digunakan untuk mengecek apakah nilai “v” nya sama dengan 2 atau tidak. Yang artinya apakah radio button dengan teks “bahasa Inggriss” di klik atau tidak.
            print ("Bahasa inggris")  //code ini digunakan untuk mencetak “bahasa Inggris”

if __name__ == '__main__':  //code ini digunakan untuk mengecek apakah file nya di panggil atau di eksekusi atau tidak.
    root = Tk()  //code ini digunakan untuk memanggil “Tk” dan menyimpannya ke dalam variabel “root”.
    RadioButton(root)  //code ini digunakan untuk memanggil class “RadioButton” dengan memasukkan “root” sebagai parameter.

    mainloop()  //code ini digunakan agar window yang kita tampilkan tidak langsung close secara otomatis nantinya.


Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment