Cara install pygame di linux

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk menginstall sebuah modul dari salah satu bahasa pemrograman.. Ya tentu saja python ya.. Nah modul yang akan saya install kali ini bisa kalian tebak ya.. Iya kan sudah ada di judul.. Hehe ya betul sekali modul yang akan saya coba untuk install kali ini adalah pygame. Yaitu sebuah modul untuk membuat game. Sesuai nama nya ya... Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pygame ini, KALIAN BISA KLIK DISINI ya temen - temen....

Nah setelah kalian membaca apa yang di maksud dengan pygame ini, selanjutnya saya akan mencoba untuk masuk ke materi utama yang akan saya bahas pada postingan kali ini. Ya tentu saja untuk menginstall pygame nya... Nah pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan cara untuk menginstall pygame Windows dan linux ya..

Oke, langsung saja yuk kita simak sama - sama postingan postingan saya yang satu ini... Let’s check it out temen - temen...

Cara install pygame di Linux Ubuntu.

Nah selanjutnya saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk menginstall pygame di Ubuntu yaa.. Nah mungkin yang pengguna Ubuntu udah banya yang lebih master dari saya.. Karena saya masih pengguna linux baru.. Hehe... Namun hal itu tidak mengurungkan niat saya untuk membagikan caranya... Ya siapa tau di antara kalian ada yang membutuhkan sedikit informasi untuk menginstall pygame ini...

Nah langsung saja ya di simak cara install pygame di ubuntu nya di sini... Silahkan di simak ya...
  1. Silahkan buka teminalnya dulu ya temen - temen...
  2. Setelah itu ubah direktori nya ke posisi home ya... Kalian bisa melakukannya dengan cara mengetikkan seperti di bawah ini ya temen - temen...

    cd ~
  3. Dapatkan kode sumber Pygame.

    sudo apt-get install mercurial
    hg clone https://bitbucket.org/pygame/pygame
    cd pygame
  4. Install dependensi.

    sudo apt-get install python3-dev python3-numpy libsdl-dev libsdl-image1.2-dev\libsdl-mixer1.2-dev libsdl-ttf2.0-dev libsmpeg-dev libportmidi-dev\libavformat-dev libswscale-dev libjpeg-dev libfreetype6-dev
  5. Membangun dan menginstal Pygame.

    python3 setup.py build
    sudo python3 setup.py install


Setelah langkah - langkah di atas sudah kalian jalankan dan tidak mendapatkan pesan error, insyaallah pygame nya sudah terinstall di PC kalian.. Nah untuk mencoba atau tes apakah sudah terinstall atau belum, kalian bisa mengeceknya dengan cara memanggil pygame nya.. Yaitu dengan mengimportnya.. Dengan menuliskan code program seperti di bawah ini...

import pygame

Kalian juga bisa mengetes nya di IDLE atau di python shell di terminal dengan cara mengetikkan code program nya seperti di bawah ini...



Nah bisa kita lihat ya pada screenshoot di atas.. Terlebih dahulu saya membuka python 3 nya.. Dengan cara mengetikkan “python3”. Dan setelah kebuka, saya megetikkan “import pygame” yang berfungsi untuk mengimport pygame nya.. Dan jika tidak ada pesan error seperti pada screenshoot di atas, artinya PC kalian sudah terinstall pygame.. Oke selamat ya.. Hehe


Nah itu dia temen - temen postingan saya kali ini mengenai cara untuk install modul pygame ini.. Semoga proses instalasi nya berjalan sukses ya temen - temen.. Biar nanti belajarnya kalin juga gampang.. Hehe.. Oke selamat mencoba ya... dan apabila ada masalah silahkan komentar saja di bawah postingan ini ya.. Apabila saya bisa menjawab, insyaallah saya akan menjawabnya secepat yang saya bisa.. Hehe

oke terimakasih sudah berkunjung ke blog saya ini.. Dan mohon maaf ya atas kurang lebihnya maupun kekeliruan yang ada di blog ini. Dan lebih tepatnya postingan saya kali ini. Oke jangan lupa baca postngan saya yang lainnya ya temen - temen...  terimakasih sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya ya.. Sekali lagi terimakasih dan terimkasih.... Sekian dulu ya temen - temen...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment