Cara memutar musik dengan python dan pygame

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian belajar python nih.. Namun saya akan membuat sebuah aplikasi super sederhana ya.. Dan yang namanya aplikasi, tentu harus menggunakan tampilan ya.. Nah maka dari itu, di tutorila kali ini, saya menggunakan tkinter sebagai GUI aplikasi sederhana kali ini.. Oya sebelum lanjut, saya mau nanya nih... kalian udah punya python yan sudahg terinstall di pc kalian gk nih ? Nah jika belum kalian bisa langsung menginstall python 3 nya kok... Silahkan pergi ke http://python.org/downloads saja untuk mendownloadnya.. Atau bisa juga MEMBACA TUTORIAL INSTALASINYA DISINI YA temen - temen....

Oya perlu kalian ingat ya.. Pada tutorial kali ini kita membutuhkan sebuah modul tambahan yang bernama pygame.. Untuk menginstall nya, kalian bisa MEMBACA TUTORIAL INSTALASINYA UNTUK WINDOWS DISINI... Dan bagi kalian yang menggunakan linux ubuntu, KALIAN BISA MEMBACA TUTORIAL INSTALASINYA PADA LINUX DISINI.

Oya.. Sudah tau belum aplikasi apa yang akan saya buat kali ini ? Saya yakin kalian sudah tau ya... Kan udah ada tercantum di judul postingan ini kan ya.. Hehe.. Ya.. Pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk membuat sebuah window dengan 2 buah tombol yang berguna untuk memutar dan menghentikan musik. Ya bisa dikatakan sebagai pemutar musik sederhana lah ya... Ya walaupun fungsi nya hanya memutar musik saja ya... Yah namanya juga aplikasi sederhana... Harap maklum lah ya...

Oke langsung saja yuk kita simak sama - sama postingan saya kali ini.. Biar kalian tidak penasaran seperti apa code program beserta tampilan dari aplikasi aplikasi pemutar musik sederhana ini.. Yuk langsung saja di simak sama - sama.. Let’s check it out guys...

Code program untuk memutar musik menggunakan tkinter, pygame dan python 3.

Nah pada segment yang pertama ini, saya akan langsung mengajak kalian untuk membuat pemutar musik sederhananya ya.. Nah tentu saja saya akan memberi taunya dengan cara langsung memberikan code program nya ya... Tapi tenang saja kok temen - temen... Di segment terakhir say akan mencoba untuk memberikan penjelasan code program yang akan saya bagi kan ini.. Jadi pastiakan kalian membaca postingan saya kali ini hingga segmen terakhir ya.. Biar kalian bisa memahami code program nya.. Yang nantinya saya harap kalian dapat memodifikasinya menjadi lebih bagus lagi.. Hehe..

Oke langsung saja yuk tanpa lama - lama lagi langsung saja kita simak sama - sama code program nya di bawah ini... Let’s check it out temen - temen...


import pygame
from tkinter import *
class PemutarMusik():
    def __init__(self):
        self.insialisasiFile()
        self.buatTeks()
        self.buatTombolPlay()
        self.buatTombolStop()
    def insialisasiFile(self):
        self.file = 'hysteria.mp3'
    def putarMusik(self):
        pygame.init()
        pygame.mixer.init()
        pygame.mixer.music.load(self.file)
        pygame.mixer.music.play()
    def stopMusik(self):
        pygame.mixer.music.stop()
    def buatTeks(self):
        Label(text="Muse - Hysteria.", fg="blue", bg="light blue", font="Verdana 10 bold").pack(fil=X)
    def buatTombolStop(self):
        Button(text="Stop", command=self.stopMusik).pack(fill=X)
    def buatTombolPlay(self):
        Button(text="Play", command=self.putarMusik).pack(fill=X)
Tk()
PemutarMusik()
mainloop()
pygame.quit()


Nah itu dia temen - temen code program nya... Cukup singkat dan pendek ya.. Oya PENTING untuk kalian perhatikan yaa... File musik yang akan kalian putar haruslah berada satu folder dengan file python nya.. Dan usahakan nama nya simple saja.. Serta tidak mengandung spasi dan huruf kapital... Kalian bisa memasukkan nama  musiknya pada code program “self.file=”hysteria.mp3” “ diatas. Silahkan cari ya di code program di atas... Dan ubah teks yang akan menampilkan judulnya pada code program “Label(text=”Muse - Hysteria”........” pada code program di atas.. Silahkan cari sendiri ya....

Nah lalu seperti apa tampilan yang akan di hasilkan dari code program di atas ketika saya jalan kan ? Nah agar tidak penasaran, yuk langsung saja kita simak sama - sama screenshoot tampilan yang akan di hasilkan dari code program di atas.. Pada gambar di bawah ini.. Silahkan di cek ya...


Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Begitu kecil dan simple ya.. Hehe.. Ya namanya juga pemutar musik sederhana.. Ya pasti sederhana lah tampilannya.. Oya.. Jika kita perhatikan di atas ada dua buah tombol yang fungsinya bisa kita tebak ya temen - temen.. Yaitu “play” untuk memutar musik nya, dan tombol “stop” yang digunakan untuk menghentikan musiknya. Dan bila kita lihat lagi, tentu yang paling mencolok ya... Yaitu teks yang berwarna biru diatas ya... Teks tersebut hanya saya gunakan untuk menampilkan judul lagu yang sedang kita putar. Silahkan ubah sesuai musik yang akan kalian putar pada program kalian ya temen - temen .... Nah gimana ? Udah paham kan temen - temen ? Ya saya yakin kalian sudah memahaminya ya...karena sudah jelas...


Penjelasan Code program untuk memutar musik menggunakan tkinter, pygame dan python 3.

Nah pada segment yang kedua sekaligus terakhir ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan di atas. Hal ini saya lakukan agar kalian bisa lebih memahami code program yang saya bagikan ini. Dan tentu saja saya harap kalian bisa membuat aplikasi sederhana ini versi kalian sendiri nantinya. Nah langsung saja yuk kita simak sama - sama penjelasan saya mengenai code program tersebut di bawah ini... Silahkan di simak secara seksama ya temen - temen...


[NOTE : Teks berwarna MERAH pada penjelasan adalah Code tambahan yang tidak ada di versi sebelumnyaDan yang Berwarna BIRU akan di hapus di versi berikutnya]

import pygame  //code ini digunakan untuk mengimport modul pygame.
from tkinter import *  //code ini digunakan untuk mengimport semua modul tkinter.
class PemutarMusik():  //code ini digunakan untuk membuat sebuah class  dengan nama “PemutarMusilk” yang akan saya gunakan untuk menampung semua code program untuk memutar musik nya.
    def __init__(self):  //code ini digunakan utnuk nenbyat sebuah konstruktor dari class “pemutarMusik” ini.
        self.insialisasiFile()  /code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “inisialisasiFile”.

        self.buatTeks()   //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “buatTeks”.
        self.buatTombolPlay()   //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “buatTombolPlay”.
        self.buatTombolStop()   //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “buatTombolStop”.

    def insialisasiFile(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “inisialisasiFile” yang akan saya gunakan untuk menampung code program untuk menginisialisasi file nya.
        self.file = 'hysteria.mp3'  //code ini digunakan untuk memanggil file musiknya. Silahkan ganti sesuai nama file musik kalian sendiri yang ingin kalian putar.

    def putarMusik(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “putarMusik” yang akan saya gunakan untuk menampung code program untuk memutar file musik nya.
        pygame.init()  //code ini digunakan untuk inisialisasi pygame nya.
        pygame.mixer.init()  //code ini digunakan untuk memanggil metode “mixer” dari pygame.
        pygame.mixer.music.load(self.file)  //code ini digunakan untuk memuat musik yang sudah kita panggil tadi.
        pygame.mixer.music.play()  //code ini digunakan untuk memutar musiknya.

    def stopMusik(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “stopMusik” yang akan saya gunakan untuk menampung code program untuk menghentikan proses pemutaran file nya.
        pygame.mixer.music.stop()  //code ini digunakan untuk menghentikan musiknya.

    def buatTeks(self):  //codTombolStop” yang akan saya gunakan untuk menampung code program untuk membuat tombol stop nya.
        Button(text="Stop", command=self.stopMusik).pack(fill=X)//code ini digunakan untuk membuat sebuah tombol dengan nama “stop” perintah memanggil sebuah metode dengan nama “stopMusik”.

    def buatTombolPlay(self):    //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “TombolStop” yang akan saya gunakan untuk menampung code program untuk membuat tombol play nya.
        Button(text="Play", command=self.putarMusik).pack(fill=X)//code ini digunakan untuk membuat sebuah tombol dengan nama “play” perintah memanggil sebuah metode dengan nama “playMusik”.
Tk()  //code ini digunakan untuk menampilkan window tkinter nya.
PemutarMusik()  //code ini digunakkan untuk memanggil class yang sudah kita buat tadi.

mainloop()  //code ini digunakan agar window yang tampil, tidak langsung close secara otomatis saat kita jalankan nantinya.


Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - temen.. Oke terimakasih dan terimakasih yaa.....

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment