membuat jam digital versi 1

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian belajar python nih.. Namun saya akan membuat sebuah aplikasi super sederhana ya.. Dan yang namanya aplikasi, tentu harus menggunakan tampilan ya.. Nah maka dari itu, di tutorila kali ini, saya menggunakan tkinter sebagai GUI aplikasi super sederhana kali ini.. Oya sebelum lanjut, kalian udah punya python yang terinstall di pc kalian gk nih ? Nah jika belum kalian bisa langsung menginstall python 3 nya kok... Silahkan pergi ke http://python.org/downloads saja untuk mendownloadnya.. Atau bisa juga membaca tutorial instalasinya DISINI YA temen - temen....

Oya.. Sudah tau belum aplikasi apa yang akan saya buat kali ini ? Saya yakin kalian sudah tau ya... Kan udah ada di judul postingan ini.. Hehe.. Ya.. Pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk membuat sebuah jam digital sederhana. Nah terus apa fungsinya ? Ya fungsi nya hanya menampilkan jam saja ya... Yah namanya juga aplikasi sederhana... Harap maklum lah ya...

Oke langsung saja yuk kita simak sama - sama postingan saya kali ini.. Biar kalian tidak penasaran seperti apa code program beserta tampilan dari aplikasi jam sederhana ini.. Yuk langsung saja di simak sama - sama.. Let’s check it out guys...

Code program untuk membuat jam digital sederhana menggunakan tkinter python 3. 

Nah udah pada tau dong apa yang di maksud dengan jam digital ini ? Dan udah tau kan perbedaannya sama jam analog ? Ya saya yakin kalian sudah paham ya... Namun, bagi kalian yang belum tau, tenang saja.. Saya akan memberikan perbedaannya.. Jadi, jam analog itu merupakan sebuah jam yang masih ada jarum penunjuk jam nya itu loh.. Ya bisa di katakan jam jadul lah... Dan jam digital merupakan sebuah jam yang modern.. Bedanya adalah, jam digital ini langsung menunjukkan angka persis nya... Contoh : 01.30 pm 21.19 dan lain sebagainya.. Jadi berbeda banget ya dengan jam analog yang masih menggunakan jarum jam sebagai penunjuk waktunya..

Nah gimana ? Udah paham kan ya perbedaannya ? Ya saya harap begitu... Nah lalu bagaimana cara membuat sebuah game digital dari python 3 ? Yuk langsung saja simak caranya di bawah ini.. Dan tentu saja saya akan langsung memberikan code programnya ya.. Oke silahkan di simak temen - temen...


from tkinter import *
import time

class Jam:
    def __init__(self, parent):
        self.parent = parent
        self.komponen()
        self.perbaui()

    def komponen(self):
        self.teksJam = StringVar()
        self.teks = Label(text="mn-belajarpython.blogspot.com", bg ="white")
        self.teks.pack()

        layarJam = Frame(self.parent, bd=10)
        layarJam.pack()

        self.jam = Label(layarJam, textvariable=self.teksJam,font=('Helvetica', 40, 'bold'),bg = "light blue",fg="blue")
        self.jam.pack()

    def perbaui(self):
        datJam = time.strftime("%H:%M:%S", time.localtime())

        self.teksJam.set(datJam)
        self.timer = self.parent.after(1000, self.perbaui)

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    root.title("jam digital")
    app = Jam(root)
    root.mainloop()



Nah itu dia temen - temen code programnya.. Cukup pendek ya... Ya maklum saja.. Kan saya sudah saya katakan kalo ini jam digital sederhana.. Hehe.. Lalu seperti apatampilan yanga akan di hasilkan dari code program di atas ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama hasilnya pada gambar di bawah ini.. Let’s check it out temen - temen....


Nah itu dia temen - temen tampilan yang di haslkan dari code program di atas... Ya lumayan cantik lah ya.. Hehe udah gak penasaran lagi kan gimana bentuk atau tampilan jam digital sederhana ini ? Ya sip dah


Kalian juga bisa membuat code program ini menjadi file aplikasi loh.. iya file aplikasi seperti "exe" itu loh.. sehingga, nantinya kita cukup klik dua kali saja untuk menjalankan aplikasi ini... tanpa perlu repot - repot membuka nya di IDLE atau IDE python.. nah seperti apa caranya? cukup mudah kok.. dan saya juga sudah membuatkan tutorialnya.. untuk kalian yang menggunakan windows, KALIAN BISA KLIK DISINI ya temen - temen.. atau jika pada link pertama terlalu rumit, KALIAN BISA MENCOBA CARA INI ya.... dan bagi pengguna linux ? tenang saja.. bisa juga kok membuat file executable nya.. untuk melihat tutorialnya, KALIAN BISA KLIK DISINI temen - temen...

Penjelasan code program untuk membuat jam digital sederhana menggunakan tkinter python 3.

Nah setelah saya tunjukkan code program beserta tampilannya, sekarang izinkan saya untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan di atas ya... Ya hal ini saya lakukan agar kalian dapat memahami setiap code program yang saya bagikan di blog ini.. Dan tentu selanjutnya saya harap kalian paham dan bisa membuat nya sendiri.. Amin dah... Oke sip.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya mengenai code program tersebut di bawah ini...



from tkinter import *  //code ini digunakan untuk mengimport semua modul tkinter.
import time  //code ini digunakan untuk mengimport time. Dari library python. Yang akan digunakan untuk mengetahui jam komputer anda.

class Jam:  //code ini digunakan untuk membuat sebuah class dengan nama “Jam” yang akan digunakan untuk menampung semua code program untuk membuat jam digital.
    def __init__(self, parent):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah construktor dari class “jam” ini.
        self.parent = parent  //code ini digunakan untuk mengoper isi di dalam variabel parameter dengan nama “parent” ke variabel “self.parent” yang merupakan variabel class ini.
        self.komponen()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “komponen”. Dan menggunakan kata “self” yang artinya variabelnya ada di class ini.
        self.perbaui()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “perbarui”. Dan menggunakan kata “self” yang artinya variabelnya ada di class ini.

    def komponen(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “komponen” yang akan digunakan untuk menampung semua code program untuk mengatur setiap komponen yang akan di tampilkan nantinya.
        self.teksJam = StringVar()  //code ini digunakan untuk memanggil class “StringVar”. Yang kemudian disimpan ke dalam variabel “teksJam”.
        self.teks = Label(text="mn-belajarpython.blogspot.com", bg ="white")  //code ini digunakan untuk membuat sebuah label. Dengan isi teks “mn-belajarpython.blogspot.co.id”. Dengan background ‘white’ atau “putih”.
        self.teks.pack()  //code iini digunakan untuk memasukkan label yang berada di dalam variabel “teks”ini ke dalam window.

        layarJam = Frame(self.parent, bd=10)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah frame dari tkinter. Sebagai tempat menampilkan angka jam nya. Yang kemudian di simpan ke dalam variabel dengan nama “layarJam”.
        layarJam.pack()  // code ini digunakan untuk memasukkan “frame” dalam variabel layar jam ini ke dalam window.

        self.jam = Label(layarJam, textvariable=self.teksJam,font=('Helvetica', 40, 'bold'),bg = "light blue",fg="blue")  //code ini digunakan untuk membuat teks jam nya. Dengan tipe font “Helvetica”, ukuran “40” dan “bold” atau tebal. Dengan warna “blue/birru” dan bacground “light blue/biru cerah”.
        self.jam.pack()  //code ini digunakan untuk memasukkan teks jamnya ke dalam window.

    def perbaui(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “perbarui” yang tentu saja gunanya untuk memperbarui teks sesuai pergerakan jam di komputer kita.
        datJam = time.strftime("%H:%M:%S", time.localtime())  //code ini digunakan untuk mengetahui jam di komputer kita.

        self.teksJam.set(datJam)  //code ini digunakan untuk mengubah teks jam menjadi jam yang ada di laptop/komputer kita.
        self.timer = self.parent.after(1000, self.perbaui)  //code ini digunakan untuk menghitung sebanyak 1000 putaran program yang nilainya setara dengan 1 detik. Nah jadi setiap detik, code ini akan memanggil metode ini sendiri. Yaitu “perbarui” untuk memperbarui teks yang menampilkan jamnya..

if __name__ == '__main__':  //code ini digunakan untuk mengecek apakah file ini dijalankan atau tidak.
    root = Tk()  //code ini digunakan untuk menampilkan window tkinter nya.
    root.title("jam digital")  //code ini digunakan untuk mengubah judul window nya menjadi “jam digital”.
    app = Jam(root)  //code ini digunakan untuk memanggil class jam yang sudah kita buat sebelumnya.

    root.mainloop()  //code ini digunakan agar windwo yang kita tampilkan tidak langsung close secara otomatis saat kita tampilkan nantinya.



Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...

oya saya ingatkan lagi ya... Kalian juga bisa membuat code program ini menjadi file aplikasi loh.. iya file aplikasi seperti "exe" itu loh.. sehingga, nantinya kita cukup klik dua kali saja untuk menjalankan aplikasi ini... tanpa perlu repot - repot membuka nya di IDLE atau IDE python.. nah seperti apa caranya? cukup mudah kok.. dan saya juga sudah membuatkan tutorialnya.. untuk kalian yang menggunakan windows, KALIAN BISA KLIK DISINI ya temen - temen.. atau jika pada link pertama terlalu rumit, KALIAN BISA MENCOBA CARA INI ya.... dan bagi pengguna linux ? tenang saja.. bisa juga kok membuat file executable nya.. untuk melihat tutorialnya, KALIAN BISA KLIK DISINI temen - temen...



Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - temen.. Oke terimakasih dan terimakasih yaa.....

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment