Cara membuat tombol dan tombol exit di tkinter

Assalamualaikum wr. Wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk membuat sebuah GUI window dari bahasa pemrograman python nih... Nah tapi sebelum kita lanjut kedalam proses pembuatannya, saya mau tanyak dulu nih.. Sudahkah kalian menginstall python nya ? Apa ? Belum ? Walah walah.. Tapi tenang saja temen - temen.. Kalian tidak perlu bingung bagaimana cara install python ini.. Karena saya sudah membuatkan sebuah postingan yang akan menunutun kalian untuk menginstall python nya... Yaitu python versi 3 ya... Nah dimanakah postingannya ? Untuk menginstallnya, kalian bisa MEMBACA POSTINGAN NYA DISINI.

Nah setelah menginstall pythonnya, dan semuanya sudah beres, yuk langsung saja kita lanjutkan postingan kita kali ini... Jadi, pada postingan kali ini, saya akan mengajak kalian untuk membuat sebuah button atau dalam bahasa indonesia kita sebut sebagai tombol. Nah seperti apa ya cara untuk membuat sebuah tombol ini ? Susah tidak ya ? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk langsung saja kita simak sama - sama postingan saya yang satu ini... Baca sampai selesai ya temen - temen.. Hehe oke let’s begin it now guys..

Cara membuat button atau tombol dalam python menggunakan tkinter.

Nah pada segmen ini, saya akan langsung mengajak kalian untuk membuat sebuah tombol ini... Jadi tidak akan lama - lama lagi lah ya,.. Heehe.. Udah penasaran kan temen - temen seperti apa code program untuk membuat sebuah tombol ini ? Nah jika iya, yuk langsung saja kita lihat sama - sama code programnya di bawah ini.. Dan oke, ini dia temen - temen..


from tkinter import Tk, BOTH
from tkinter.ttk import Frame, Button

class membuatTombol(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent)

        self.parent = parent

        self.initUI()

    def initUI(self):
        self.tombol()

        self.parent.title("membuat tombol")
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)

    def tombol(self):
        variabelTombol = Button(self, text="ini tombol")
        variabelTombol.place(x=50, y=50)

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    root.geometry("250x150+300+300")
    app = membuatTombol(root)
    root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code program nya.. Gak terlalu panjang ya.. Hehe.. Ya maklum saja.. Kan kita cuma membuat tamppilan dengan satu buah button saja... Nah lalu seperti apakah tampilan yang di hasilkan dari code program di atas ? Yuk silahkan di lihat pada screenshoot di bawah ini...





Nah itu dia temen - temen hasil GUI window dari program diatas.. Bisa kita lihat ya diatas... Sudah ada satu bua tombol dengan nama “ini tombol”.. Silahkan coba kalian klik button atau tombol tersebut.. Pasti tidak akan terjadi apa apa ya... Ya itu memang wajar.. Karena kita memang belum membuat action atau perintah dari tombol tersebut.. Nah setelah membuat tombol tersebut, yuk selanjutnya saya ajak kalian untuk menambahkan sebuah perintah pada tombol tersebut... Penasaran kan ? Yuk lanjut baca ke segment selanjutnya ya temen - temen.. Keep reading guys..

Cara menambahkan Action atau perintah exit pada tombol.

Nah, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pada segment ini,saya akan mencoba untuk menambahkan sebuah perintah pada tombol diatas. Dan pda kali ini saya akan mencoba untuk menambahkan perintah exit atau close windownya. Dan untuk cukup simple kok sebenarnya... Nah se simple apakah penambahan code programnya ? Yuk untuk menjawabnya langsung saja kita simak sama - sama penambahannya di bawah ini...


from tkinter import Tk, BOTH
from tkinter.ttk import Frame, Button

class membuatTombol(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent)

        self.parent = parent

        self.initUI()

    def initUI(self):
        self.tombol()

        self.parent.title("membuat tombol")
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)

    def tombol(self):
        variabelTombol = Button(self, text="exit",command=self.quit)
        variabelTombol.place(x=50, y=50)

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    root.geometry("250x150+300+300")
    app = membuatTombol(root)
    root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Bisa kita lihat ada metode dengan nama “tombol” pada program di atas... Saya menambahkan code “command=self.quit”. Silahkan cek sendiri ya.... Kemudian saya juga mengubah nama tombolnya menjadi “exit”.

Sekarang kita coba kalian copas program di atas.. Lalu jalankan.. Setelah itu coba klik tombol nya.. Dan apa yang terjadi ? Ya tentu saja window nya akan close ya temen - temen ... Semoga berhasil guys...

Penjelasan code program untuk menambahkan button atau tombol.

Nah pada segment ini saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan diatas... Hal ini saya lakukan dengan tujuan agar dapat membuat kalian lebih paham mengenai code program yang sudah saya bagikan di atas. Nah seperti apakah penjelasan saya mengenai code program di atas ? Yuk langsung saja kita simak penjelasan saya di bawah ini.. Dan coba di pahami ya... Hehe



from tkinter import Tk, BOTH  //code ini digunakan untuk mengimport “Tk”, “BOTH” dari library tkinter.
from tkinter.ttk import Frame, Button  //code ini digunakan untuk mengimport “Frame” dan “Button” dari ttk yang merupakan bagian dari tkinter.

class membuatTombol(Frame):  //code ini digunakan untuk membuat membuat sebuah class dengan nama “membuatTombol” yang akan saya gunakan untuk menampung semua elemen untuk membuat window dan tombolny.
    def __init__(self, parent):  //code ini digunakan untuk membuat metode “__init__” yang merupakan sebuah metode built in yang akan dijalankan pertama kali dan secara akan di jalankan secara otomatis ketika class “membuatTombol”.
        Frame.__init__(self, parent) //Code ini digunakan membuat class ini menjadai GUI

        self.parent = parent  //code ini digunakan untuk membuat variabel dengan nama “parent” yang kemudian diisi dengan nilai yang ada pada variabel parent yang di masukkan ke dalam class ini.

        self.initUI()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “initUI”

    def initUI(self):  //code ini digunakan untuk membuat metode dengan nama “initUI”
        self.tombol()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “tombol” yang juga berada di class ini juga.

        self.parent.title("membuat tombol")  //code ini digunakan untuk merubah judul dari window nya.
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah wadah yang akan digunakan sebagai tempat tombolnya.

    def tombol(self):  //code ini digunakan untuk membuat metode dengan nama “tombol” yang akan saya gunakan untuk menampung semua componen tombolnya.
        variabelTombol = Button(self, text="exit",command=self.quit)  code ini digunakan untuk membuat variabel dengan nama “variabelTombol” yang digunakan untuk  menampung sebuah tombol yang berasal dari library tkinter
        variabelTombol.place(x=50, y=50)  //code ini digunakan untuk mengatur posisi peletakan dari tombol yang sudah kita buat tadi.

if __name__ == '__main__': //code ini digunakan untuk menanyakan apakah file ini dipanggil atau tidak.
    root = Tk()  //code ini digunakan untuk membuat sebuah variabel dengan nama “root” yang saya isi dengan “Tk” yang berasal dari tkinter.
    root.geometry("250x150+300+300")  //code ini digunakan untuk mengubah ukuran windownya menjadai “250x150” pixel dan akan saya tampilkan window nya pada posisi layar “300x300” pixel.
    app = membuatTombol(root)  //code ini digunakan untuk memanggil class “membuatTombol” dengan memasukkan “root” kedalamnya.

    root.mainloop()  //code ini digunakan agar window yang kita tampilkan tidak langsung close otomatis.



Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan diatas... Semoga jelas ya temen - temen... Jika belum paham, kalian bisa membacanya secara perlahan sampai kalian paham.. Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas, atau ada yang ingin ditanyakan, kalian bisa menanyakan nya pada kolom komentar yang ada di bawah ini ya... Insyaallah saya akan menjawabnya secepat yang saya bisa...

Oke, sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sampaikan di atas dapat menambah pengetahuan baru bagi kalian.. Dan tentu saja semoga kalian bisa memperaktekkannya juga ya.. Oya mohon maaf apabila ada kekurangan maupun kesalahan pada postingan kali ini maupun blog ini.. Harap maklum temen - temen. Karena saya masih belajar juga... Hehe.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung ke blog saya serta telah membaca potingan saya hingga akhir.. Hehe.. Oke sekian dulu ya temen - temen.. Sampai jumpa lagi di postingan yang lain nya ya... Terimakasih terimakasih.. Dan sekian dulu..

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment