Cara menambah gambar/foto di window tkinter

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen ... Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk membuat tampilan python nih.. Dan tentu saja saya akan menggunakan tkinter temen - temen.. Jadi, bagi kalian yang belum install bahasa pemrograman yang satu ini, yaitu python, maka silahkan install dulu ya python nya.. Dengan cara pergi ke situs resmi nya untuk mendownload python nya.. Situs resmi nya adalah : https://python.org . Namun, jika kalian ingin mendapat kan instruksi dari sebuah tutorial, tenang saja temen - temen.. Karena saya sudah membuatkan postingan untuk membahas mengenai tutorial instalasi python ini.. SILAHKAH KLIK DISNI YA UNTUK MEMBACANYA temen - temen... Dan silahkan ikuti instruksinya ya..


Nah setelah kita menginstall python 3 nya, yuk sekarang kita lanjutkan postingan kita kali ini ya... Jadi, pada postingan kali ini, saya akan mengajak kalian untuk membuat tampilan dari tkinter python 3.. Ya seperti yang sudah saya katakan tadi ya...  Dan lebih spesifiknya lagi, saya akan mencoba untuk menampilkan sebuah gambar pada window tkinter python 3 ya.. Wah gimana ya cara nya.. Nah makanya.. Simak postingan saya yang satu ini ya temen - temen.. Silhakan disimak...

Cara menampilkan gambar pada window tkinter python 3.

Nah seperti yang saya katakan tadi ya.. Pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk menampilkan sebuah gambar pada window tkinter python 3.. Nah pada sesi inilah saya akan membagikan code programnya.. Namun perlu anda perhatikan terlebih dahulu ya temen - temen.. Karena, gambar yang akan support atau gambar yang bisa di tampilkan pada code program ini adalah gambar dengan jenis PNG, ICO, dan GIF ya.. Untuk jenis yang lain saya belum mencobanya.. Namun kalau tipe JPG saya sudah mencoba namun error.. Jadi jika gambar yang ingin kalian tampilkan bertipe JPG, maka silahkan konversi dulu ya tipenya..

Nah jika sudah, yuk langsung saja kita lihat sama - sama code programnya di bawah ini.. Let’s check it out temen - temen...

from tkinter import *

root = Tk()
gambar = PhotoImage(file="/home/moham/moham.png")
w1 = Label(root, image=gambar).pack(side="right")

root.mainloop()



Nah itu dia temen - temen code programnya.. Cukup pendek juga ya.. Hehe.. Ya maklum saja ya temen - temen.. Kita kan hanya menampilkan sebuah gambar saja.. Silahkan isi lokasi lengkap file gambar kalian di code ini

gambar = PhotoImage(file="isi alamat lengkap lokasi gambar kalian disini")

Nah silahkan isi teks itu dengan lokasi lengkap gambar kalian yang ingin di tampilkan ya temen - temen.. Gimana ? Jelaskan ? Ya saya rasa sudah ukup jelas ya...

Nah lalu seperti apa ya kira - kira tampilan yang di hasilkan dari code program diatas ketika saya jalan kan ? Silahkan di simak pada gambar di bawah ini ya temen - temen...


Nah itu dia hasil dari code program di atas jika saya jalankan.. Gimana ? Udah jelaskan... Ya sip deh...

Cara menampilkan teks di tengah gambar pada window tkinter python 3.


Nah setelah kita berhasil menampilkan window nya, sekarang saya akan mencoba mengajak kalian untuk menampilkan sebuah teks di tengah gambar kita nantinya. Wah bisa juga ya ? Yaiyalah bisa.. Menarik kan ? Maka simak ya.. Nah lalu sperti apa ya kira - kira caranya ? Nah untuk mengetahuinya, yuk langsung saja kita simak sama - sama code program nya di bawah ini.. Silahkan di cek dan di amati ya.. Hehe.. Ini dia....

from tkinter import *

root = Tk()
gambar = PhotoImage(file="/home/moham/moham.png")

teks = """hey hey... arahkan pandangan kalia ke sini ya...
gimana ? ini teks nya temen - temen..
sudah berada di tengah ya....
berati program yang saya bagikan ini bisa kita katakan sukses ya..
makanya simak terus tutorial - tutorial lainnya
di mn-belajarpython.blogspot.co.id ini ya.. hehe
"""

w = Label(root, fg = "white",
          compound = CENTER,
          text=teks,
          image=gambar).pack(side="right")

root.mainloop()



Nah itu dia temen - temen code programnya.. Sebenarnya code programnya sangat pendek ya... Namun, karena banyak teks yang saya tampilkan disana, membuat code programnya menjadi cukup panjang... Oya silahkan edit isi dari variabel “teks” tersebut sesuai kebutuhan kalian ya temen - temen...

Nah lalu seperti apa ya kira - kira tampilan yang di akan dihasilkan dari code program di atas ? Yuk mari silahkan disimak sama - sama hasilnya pada gambar di bawah ini ya temen - temen...




Nah itu dia temen - temen... Hasilnya.. Gimana ? Sudah keliahatan kan teks yang ada di tengah itu ? Ya.. Itu dia teks yang saya tampilkan ini... Gimana sudah paham kann ya ? Dan saya rasa program nya work dengan sempurna.. Hehe silahkan kalian coba juga ya temen - temen...

Penjelasan dari code program untuk menampilkan gambar dan teks pada window tkinter python 3.

Nah setelah kita membuat atau berhasil menampilkan sebbuah gambar pada window kita, dan juga menampilkan teks di tengah gambar tersebut, maka selanjtnya saya akan mencoba untuk menjelaskan code prgogram tersebut.. Hal ini saya lakukan tentu agar kalian dapat memahami setiap code program yang saya bagikan... Nah seperti apa ya kira - kira penjelasan saya mengenai program di atas... Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya di bawah ini..


from tkinter import *  //code ini digunakan untuk mengimport semua komponen dari modul tkinter.

root = Tk()  //code  ini digunakan untuk memanggil “Tk” dari modull Tkinter yang kemudian di simpan ke dalam variabel “root”.
gambar = PhotoImage(file="/home/moham/moham.png")  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah gambar dengan lokasi lengkapnya tersebut. Yang kemudian di simpan ke dalam variabel “gambar”.

teks = """hey hey... arahkan pandangan kalia ke sini ya...
gimana ? ini teks nya temen - temen.. 
sudah berada di tengah ya....
berati program yang saya bagikan ini bisa kita katakan sukses ya..
makanya simak terus tutorial - tutorial lainnya
di mn-belajarpython.blogspot.co.id ini ya.. hehe
"""

//code diatas digunakan untuk membuat sebuah teks yang panjang tersebut. Yang kemudian di tampung ke dalam variabel yang bernama “teks”.

w = Label(root, fg = "white",
          compound = CENTER,
          text=teks,
          image=gambar).pack(side="right")

  //code di atas digunakan untuk membuat sebuah label dengan memasukkan tulisan yang ada di variabel “teks”. Dan sebuah gambar yang sudah kita tampung ke dalam variabel “gambar” tadi. Dan mengubah warna teks nya menjadi putih dengan code fg=”white”. Lalu memasukkan label tersebut dengan code “pack()”.


root.mainloop()  //code ini digunakan agar window yang tampil tidak langsung close secara otomatis.



Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment