cara setting dan membuat padding pada layout pack di tkinter

BelajarPython - assalamualaikum wr. Wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang tkinter nih.. Udah tau kan apa itu Tkinter ? Apa ? Belum ? Jadi tekinter ini merupakan sebuah modul dari python untuk membuat sebuah GUI atau tampilan.. Nah untuk keterangan lebih lanjut dan lebih mendetail, kalian bisa membacanya pada postingan saya sebelumnya.. Atau, lebih mudahnya, KALIAN BISA KLIK DISINI.

Nah setelah kenal dengan apa yang dimaksud dengan tkinter, yuk sekarang kita lanjutkan postingan saya yang satu ini.. Jadi pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian agar lebih mengenal dengan layout. Namun pada potingan kali ini, saya hanya akan memperdalam salah satu jenis layout saja. Yaitu layout pack. Namun, jika kalian ingin mempelajari mengenai jenis - jenis dari layout ini, Kalian bisa membaca postingan saya yang sebelumnya.. Atau lebih mudahnya, kalian bisa KLIK DISINI UNTUK MEMBACANYA.

Nah lalu seperti apakah cara untuk mengedit layout jenis pack ini ? Nah yuk langsung saja kita simak sama - sama tentang apa - apa saja yang bisa kita lakukan mengenai layout pack ini... Yuk disimak ya temen - temen.. Let’s begin it now guys..

Contoh dari pack layout.

Nah sebelum saya merubah atau menyetel layout jenis ini, saya akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk mengenal layout pack ini dengan contoh yang sangat mendasar dan belum kita apa - apakan... Nah seperti apakah contoh nya ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama contoh programnya di bawah ini..


from tkinter import *

root = Tk()

w = Label(root, text="merah marun", bg="red", fg="white").pack()
w = Label(root, text="hijau daun", bg="green", fg="white").pack()
w = Label(root, text="Biru Langit", bg="blue", fg="white").pack()

mainloop()


Nah itu dia temen - temen contoh program yang menggunakan layout berjenis “pack”. Nah lalu seperti apakah tampilan yang di hasilkan dari program di atas ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama hasil nya pada gambar di bawah ini...



Nah itu dia contoh layout dasar dari pack ini.. Nah, selanjutnya saya akan mengeditnya menjadi lebih bagus.. Pada segment - segment selanjutnya.. Jadi tetap baca sampai selesai ya temen - temen.. Hehe...


Cara membuat agar widget menjadi fill atau penuh pada window.

Nah, pada segment ini saya akan membuat layout pack ini menjadi penuh ke window nya.. Dan bila kita lihat pada gambar diatas, bisa kita lihat ya.. Hijau dan birunya tidak penuh ke window ya,,, nah sekarang saya akan mencoba untuk membuatnya agar penuh ke window.. Nah seperti apakah caranya, yuk langsung saja kita simak code programnya seperti yang ada di bawah ini...

from tkinter import *

root = Tk()

w = Label(root, text="merah marun", bg="red", fg="white")
w.pack(fill=X)
w = Label(root, text="hijau daun", bg="green", fg="black")
w.pack(fill=X)
w = Label(root, text="biru langit", bg="blue", fg="white")
w.pack(fill=X)

mainloop()


Nah itu dia temen temen programnya... Gimana ? Bisa dibandingkan ya antara program tersebeut dengan program sebelum nya? Ya silahkan di lihat ya perbedaannya...  Nah sekarang, kita lihat perbedaan tampilannya ya.. Seperti apa ya kita kira tampilannya ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama hasilnya pada gambar di bawah ini...





Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Bisa kita lihat ya bagaimana  perbedaannya... Pada gambar yang ini sudah memenuhi layarnya ya.. Dan tentunya sudah lebih enak untuk di pandang.. Nah lalu bagaimana jika windownya kita perbesar ? Yuk kita lihat hasilnya pada gambar di bawah ini...



Nah ternyata  fill nya tetap bekerja ya temen - temen... Waw... Kalian tentu dapat me risize atau memperbesar windownya dengan cara menarik window nya seperti memperbesar tampilan window aplikasi pada umumnya...


Cara membuat Horizontall padding pada layout Pack di tkinter.

Nah sebelum saya memberikan caranya, saya mau nanya dulu nih, sudah taukah kalian apa yang di maksud dengan padding ini ? Nah jika belum saya akan mencoba untuk menjelaskannya secara sekilas saja ya... Jadi, padding merupakan sebuah batas.. Maksud batasi disini adalah batas dimana sebuah widget akan di batasi penempatannya dari sisi terluarnya..

Nah, dari penjelasan tadi, udah paham belum apa yang di maksud padding tersebut ? Nah jika belum, yuk langsung saja kita lihat sama - sama contoh program yang akan di lanjutkan dengan contoh tampilannya.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama di bawah ini....

from tkinter import *
root = Tk()
w = Label(root, text="Red Sun", bg="red", fg="white")
w.pack(fill=X,padx=10)
w = Label(root, text="Green Grass", bg="green", fg="black")
w.pack(fill=X,padx=10)
w = Label(root, text="Blue Sky", bg="blue", fg="white")
w.pack(fill=X,padx=10)
mainloop()

Nah itu dia temen - temen code program nya... Lalu seperti apa tampilan yang akan di hasilkan dari code program di atas ? Yuk langsung saja di simak pada gambar di bawah ini ya temen - temen.. Silahkan dilihat ya...



Nah itu dia hasilnya temen - temen... Bisa kita lihat ya pada tampilan diatas.. Disana ada sebuah batas yang membatasi antara widget dan batas dari windownya... Nah sudah jelaskan apa yang di maksud dengan padding itu ? Ya saya rasa sudah cukup jelas ya temen - temen.. Dan lalu seperti apakah jika kita perbesar ukuran window tersebut, yuk langsung saja kita lihat hasilnya seperti di bawah ini...



Nah itu dia hasil window nya ketika kita perbesar.. Makin enak dilihat ya temen - temen... Hehe


Cara membuat Vertikal padding pada layout tkinter di python.

Nah setelah kita membuat horizontal padding, yuk sekarang saya ajak kalian untuk membuat sebuah vertikal padding. Nah seperti apakah caranya ? Dan seperti apakah tampilan dari vertikal layout ini ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama program nya yang kemudian akan dilanjutkan dengan hasil tampilannya di bawahnya.. Oke tetap semangat ya.. Hehe

from tkinter import *
root = Tk()
w = Label(root, text="Red Sun", bg="red", fg="white")
w.pack(fill=X,pady=5)
w = Label(root, text="Green Grass", bg="green", fg="black")
w.pack(fill=X,pady=5)
w = Label(root, text="Blue Sky", bg="blue", fg="white")
w.pack(fill=X,pady=5)
mainloop()


Nah itu dia temen temen programnya.. Bisa kita lihat kan perbedaannya dari program sebelumnya ? Ya silahkan dilperhatikan ya dan cari perbedaannya secara seksama... Nah lalu seperti apakah hasil dari progarm di atas ketika kita jalankan ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama hasilnya pada gambar di bawah ini...



Nah itu dia temen - temen hasilnya... Ternyata malah tidak enak ya kita pandang.. Hehe.. Tapi vertikal padding ini juga akan berguna loh pada program - program yang lain... Oya.. Kalian juga bisa  memperbesar gambar di atas loh.. Silahkan di perbesar ya.. Dan hasilnya pun tidak berbeda... Seperti di bawah ini..



Nah gimana ? Sudah jelas ya dengan vertikal padding ini ? Ya saya yakin kalian dapat dengan mudah untuk memahaminya..


Cara membuat horizontal internal padding atau di dalam pada layout pack di pyton.

Nah dari sub judul diatas, sudah paham belum apa yang saya maksud ? Apa belum ? Nah, jadi gini.. Pada segment ini, saya akan membuat sebuah internal padding atau padding di dalam widgetnya.. Jadi, jika tadi paddingnya berada window atau di luar widgetnya, maka pada segment ini, saya akan mencoba untuk membuat di dalam widget nya...

Nah gimana sudah paham dengan penjelasan di atas ? Nah, jika belum, yuk langsung saja kita simak sama - sama code progrmnya yang akan di lanjutkan dengan contoh tampilannya.. Silahkan di simak di bawah ini ya...

from tkinter import *
root = Tk()
w = Label(root, text="Merah", bg="red", fg="white")
w.pack()
w = Label(root, text="Hijau daun", bg="green", fg="white")
w.pack(ipadx=10)
w = Label(root, text="Biru langit", bg="blue", fg="white")
w.pack()
mainloop()


Nah itu dia programnya temen - temen... Silahkan bandingkan dengan program yang sebelumnya ya untuk mendapatkan perbedaannya... Dan perlu kalin ketahui, pada program di atas, saya hanya mengatur teks “hijau daun” saja yang saya beri internal pading.. Hal ini saya lakukan agar kalian bisa membandingkan hasilnya.... Nah lalu seperti apakah tampilan windownya ketika kita menjalankan code progamnya ? Yuk lansug saja kita simak sama - sama contoh hasil GUI window dari program diatas pada gambari di bawah ini..



Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Bisa kita lihat ya di sana.. Teks hijaunya lebih panjang ukurannya... Namun, jika window nya kecil seperti itu, malah kayak fill seperti di pada program yang pertama ya... Nah agar lebih jelas silahkan kalian  perbesar windownya.. Maka hasilnya akan seperti di bawh ini..



Nah itu dia hasil nya ketika windownya ketika kita perbesar.. Gimana ? Sudah jelaskan apa yang dimaksud dengan internal padding ini ? Ya saya rasa kalian sudah tau dan paham ya apa yang di maksud dengan internal padding ini..

Cara membuat vertikal internal padding pada layout pack di python.

Nah jika tadi kita membuat yang horizontal, maka selanjutnya, saya akan mencoba untuk membuat yang vertikacal... Yuk langsung saja tanpa lama - lama lagi kita lihat code program untuk membuat vertikal internal padding ini.. Let’s check it out temen - temen...

from tkinter import *
root = Tk()
w = Label(root, text="Merah marun", bg="red", fg="white")
w.pack()
w = Label(root, text="Hijau daun", bg="green", fg="white")
w.pack()
w = Label(root, text="Biru langit", bg="blue", fg="white")
w.pack(ipady=10)
mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Silahka di bandingkan dengan code program yang sebelumnya ya... Nah sama seperti yang horizontal, saya hanya mengatur tulisan “Biru langit” agar memiliki sebuah vertikal internal padding.. Hal ini saya lakukan agar kalian bisa membandingkannya dengan yang lainnya.. Nah lalu seperti apakah hasil tampilan dari program di atas ? Yuk langsung saja kita lihat sama - sama hasilnya pada gambar di bawah ini... Silahkan di lihat ya..



Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Bisa kita lihat ya di sana.. Teks warna biru memiliki ukuran lebih besar sekarang... Nah lalu seperti apakah jika windownya ita perbesar ? Yuk lihat gamar di bawah ini untuk mengetahuinya...



Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Gimana ? Sudah jelas ya ? Ya saya rasa sudah cukup jelas ya..


Cara membuat tampilan widget agar berada di samping pada layout pack di pthon.

Nah, jika tampilan widget kita selalu di bawah, maka pada sesi ini, saya akan mencoba untuk memberikan solusi agar widget kita berada di samping.. Nah seperti apkah caranya ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama caranya pada code program di bawah ini... Silahkan disimak ya..

from tkinter import *

root = Tk()

w = Label(root, text="merah marun", bg="red", fg="white")
w.pack(padx=5, pady=10, side=LEFT)
w = Label(root, text="Hijau daun", bg="green", fg="white")
w.pack(padx=5, pady=20, side=RIGHT)
w = Label(root, text="Biru langit", bg="blue", fg="white")
w.pack(padx=5, pady=20, side=LEFT)

mainloop()



Nah itu dia temen - temen cara agar widget kita berada di samping.. Kita bisa menggunakan kata “RIGHT” /kanan ataupun “LEFT”/kiri sesuai dengan kebutuhan kita ya.. Nah lalu seperti apakah hasil yang akan kita peroleh jika kita menjalankan program di atas ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama hasilnya pada program di bawah ini...




Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Bisa kita lihat disana ya... Teks “hijau daun” tidak berada ditengah seperti pada programnya.. Karena saya menggunakan kata “RIGHT” yang berarti berada di kanan disana.. Sementara lainnya menggunakan LefT yang berarti berada di kiri.. Nah gimana ? Sudah paham kan temen - temen ? Ya saya rasa sudah cukup jelas ya...



Nah itu dia temen - temen settingan yang bisa kita lakukan apabila menggunakan pack layout... Semoga apa yang sudah saya sajikan diatas dapat bermanfaat bagi kalian ya... Dan saya harap penjelasan saya di atas,dapat membuat kalian paham dan bisa memperaktekkannya sendiri nantinya... Namun, apabila ada yang ingin kalian tanyakan, atau ada penjelasan yang kurang jelas, kalian bisa komentar pada kolom komentar yang ada di bawah postingan kali ini ya.. Insyaallah saya akan menjawabnya secepat yang saya bisa..

Oke, sampai disini dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf atas kekurangan yang ada di blog ini maupunpostingan saya kali ini... Jika kalian berkenan untuk memberikan kritik dan saran pada saya, kalian bisa menyampaikannya pada kolom komentar di bawah ini ya... Atau juga bisa melalui laman hubungi kami yang sudah saya sediakan pada blog ini ya temen - temen... Oke, terimakasih sudah berkunjung serta membaca postingan saya hingga selesai.. Semoga ilmunya bermanfaat ya.. Terimakasih.. Dan sekian..

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment