(daftar isi) Membuat jam analog dan alarm di python, tkinter dan pygame

BelajarPython - Assalamualaikum wr. Wb.

Jumpa lagi nih temen temen... Pada kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan kepada kalian sebuah aplikasi sederhana yang saya buat menggunakan 2 modul sekaligus. Apa saja? Keduanya adalah tkinter dan pygame. Udah pada tau pygame belum? Nah kalau kalian belum tau pygame, kalian bisa BACA DISINI YA... Nah lalu sudah  tau proses instalasinya belum ? Jika belum, kalian bisa menginstall nya dengan cara KLIK DISINI... Oke, langsung saja kita simak sama - sama postingan kita yang satu ini...

Pengenalan Aplikasi yang akan di buat.

Oke, pada sesi ini, say akan mencoba untuk mengenalkan aplikasi yang akan saya buat kali ini.. Aplikasi tersebut adalah aplikasi jam analog. Jadi, aplikasi ini tidak ribet tidak terlalu rumit ya... Ya semoga saja... Hehe... Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, aplikasi ini saya bangun dengan menggunakan 2 modul. Yaitu tkinter dan pygame.

Kalian juga bisa membuat code program ini menjadi file aplikasi loh.. iya file aplikasi seperti "exe" itu loh.. sehingga, nantinya kita cukup klik dua kali saja untuk menjalankan aplikasi ini... tanpa perlu repot - repot membuka nya di IDLE atau IDE python.. nah seperti apa caranya? cukup mudah kok.. dan saya juga sudah membuatkan tutorialnya.. untuk kalian yang menggunakan windows, KALIAN BISA KLIK DISINI ya temen - temen.. atau jika pada link pertama terlalu rumit, KALIAN BISA MENCOBA CARA INI ya.... dan bagi pengguna linux ? tenang saja.. bisa juga kok membuat file executable nya.. untuk melihat tutorialnya, KALIAN BISA KLIK DISINI temen - temen...

Oya berikut saya tampilkan bbeberapa contoh screenshoot dari aplikasi yang akan saya bangun ini.. Oke silahkan lihat gambarnya di bawah ini ya temen - temen...



Seperti yang sudah kalian ketahui, aplikasi ini saya buat dalam 4 versi.. Dari versi yang terendah yang hanya menampilkan jam analog saja, sampai jam analog yang dilengkapi dengan alarm beserta catatan yang dapat mengingatkan kalian saat alarm berbunyi. Nah penasaran kan seperti apa detail dari tiap versinya ? Nah berikut saya bahasa satu persatu tiap fitur yang ada pada tiap versinya, di bawah ini.. Silahkan di lihat temen - temen...

Jam analog versi 1.

Pada versi ini merupakan sebuah versi pertama yang sangat minim fitur. Atau bahkan tidak ada vitur sama sekali. Karena, pada versi ini, saya hanya menampilkan inti aplikasinya saja... Yaitu jam analog nya saja.. Nah untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat rinciannya di bawah ini yaa..

  • Nama                         : mn-analog
  • Versi                          : 1.
  • Platform                    : Python 3.x
  • Modul                       : Tkinter
  • Baris Code                : kurang lebih 80 baris code program.
  • Fitur                          : jam analog dengan ketepatan jam yang cukup baik.
  • syarat menjalankan   : install python 3.x, punya editor atau IDE.
  • Cara menjalankan     : install python 3, copy dan paste code program pada editor atau IDE, simpan dalam file python, lalu jalankan.
  • Link Postingan          : http://mn-belajarpython.blogspot.co.id/2017/03/cara-membuat-jam-analog-python-tkinter.html

Berikut contoh screenshoot dari jam analog versi 1 ini...




Jam analog versi 2.

Pada versi ini, saya mulai untuk menambahkan satu fitur baru. Sehingga, pada versi ini,  jam nya tidak hanya sekedar tampiln saja.. Melainkan memiliki sebuah fungsi. Yaitu sebagai alarm. Dan untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung menyimak spesifikasi lengkapnya di bawah ini..


  • Nama                          : Jam analog alarm.
  • Versi                           : 2.
  • Peningkatan fitur        : single alarm.
  • Platform                      : Python 3.x
  • Modul                         : Tkinter dan pygame. Klik disini untuk tutorial instalasi pygame nya.
  • Baris code                   : kurang lebih 152 baris code program.
  • Fitur                            : jam analog dan alarm.
  • Syarat menjalankan    : install python 3.x dan pygame, punya editor atau IDE.
  • Cara menjalankan       : install python 3, install pygame, copy dan paste code program pada editor atau IDE, simpan dalam file python, lalu jalankan.
  • Link postingan            : http://mn-belajarpython.blogspot.co.id/2017/03/cara-membuat-jam-analogalarm-dengan.html


Berikut saya tampilkan screenshoot dari jam digital versi 2 ini..


Jam analog versi 3

Pada versi ini, saya tidak menambahkan sebuah fitur saya tidak menambahkan fiitur baru pada jam analog yang saya buat. Namun, saya hanya meningkatkan sebuah fitur yang saya tambahkan pada versi sebelumnya. Yaitu pada versi 2.  Lebih tepatnya, saya meningkatkan fleksibelitas alarmnya. Dimana pada versi ini kita bisa memasang alarm dengan sebanyak yang kita mau asal memungkinkan. Sedangkan pada versi sebelumnya, kita hanya bisa memasang satu buah alarm saja. Untuk spesifikasi lengkapnya, kalian bisa melihat rinciannya di bawah ini...

  • Nama                        : Jam analog multiple alarm.
  • Versi                         : 3.
  • Peningkatan fitur      : multiple alarm.
  • Platform                   : Python 3.x
  • Modul                      : Tkinter dan pygame. Klik disini untuk tutorial instalasi pygame nya.
  • Baris code                : kurang lebih 265 baris code program.
  • Fitur                         : jam analog dan multiple alarm.
  • Syarat menjalankan : install python 3.x dan pygame, punya editor atau IDE.
  • Cara menjalankan    : install python 3, install pygame, copy dan paste code program pada editor atau IDE, simpan dalam file python, lalu jalankan.
  • Link artikel              : http://mn-belajarpython.blogspot.co.id/2017/03/cara-membuat-jam-analogmulti-alarm.html


Kalian bisa melihat tampilan nya di bawah ini ya...


Jam analog versi 4.

Pada versi 4 ini, saya membawa perubahan yang tidak terlalu mentereng. Tapi, bisa saya katakan jika fitur yang saya tambahkan kali ini cukup fresh bagi sebuah alarm. Wah fitur apakah itu ? Fitur yang saya tambahkan kali ini adalah sebuah fitur catatan. Dimana disamping membuat alarm, kita bisa membuat sebuah catatan untuk menjelaskan alarm itu untuk apa. Nah cukup informatif kan? Untuk spesifikasi dan fiturnya, kalian bisa membacanya di bawah ini ya....

  • Nama                             : Jam analog multiple alarm dengan catatan.
  • Versi                              : 4.
  • Peningkatan fitur          : catatan.
  • Platform                        : Python 3.x
  • Modul                           : Tkinter dan pygame. Klik disini untuk tutorial instalasi pygame nya.
  • Baris code                     : kurang lebih 300 baris code program.
  • Fitur                              : jam analog, multiple alarm dan catatan.
  • Syarat menjalankan      : install python 3.x dan pygame, punya editor atau IDE.
  • Cara menjalankan        : install python 3, install pygame, copy dan paste code program pada editor atau IDE, simpan dalam file python, lalu jalankan.
  • Link Postingan             : http://mn-belajarpython.blogspot.co.id/2017/03/cara-membuat-jam-analogalarmcatatan-di.html

Kalian bisa melihat gambarnya di bawah ini temen - temen...



Nah itu dia temen - temen aplikasi yang sudah saya buat selama ini.. Dan saya buat sebanyak 4 versi. Hal ini saya lakukan agar kalian bisa memahami program aplikasinya secara bertahap dari terendah hingga versi dengan beberapa penambahan fitur.

oya saya ingatkan lagi ya.. Kalian juga bisa membuat code program ini menjadi file aplikasi loh.. iya file aplikasi seperti "exe" itu loh.. sehingga, nantinya kita cukup klik dua kali saja untuk menjalankan aplikasi ini... tanpa perlu repot - repot membuka nya di IDLE atau IDE python.. nah seperti apa caranya? cukup mudah kok.. dan saya juga sudah membuatkan tutorialnya.. untuk kalian yang menggunakan windows, KALIAN BISA KLIK DISINI ya temen - temen.. atau jika pada link pertama terlalu rumit, KALIAN BISA MENCOBA CARA INI ya.... dan bagi pengguna linux ? tenang saja.. bisa juga kok membuat file executable nya.. untuk melihat tutorialnya, KALIAN BISA KLIK DISINI temen - temen...




Nah sekian dulu ya temen - temen... Semoga apa yang saya sampaikan kali ini dapat memberikan manfaat bagi kalian.. Baik secara referensi atau bahkan tertarik untuk memahaminya.. Oke terimakasih ya sudah mengunjungi blog dan postingan saya ini.. Mohon maaf apabila ada kesalahan, dan jangan lupa berkomentar dan juga baca postingan saya yang lainnya ya.. Terimakasih sekali lagi..

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment