cara menampilkan warna pada window tkinter

BelajarPYthon - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk belajar bahasa pemrograman python nih.. Namun saya akan mengajak kalian untuk belajar GUI atau tampilan yang menggunakan bahasa pemrograma python dengan menggunakan bantuan tkinter. Namun, sebelum itu, saya mau nanyak nih.. Kalian sudah install python belum ? Nah jika kalian belum install, tenang saja ya.. Kalian gak perlu bingung.. Kalian bisa langsung install dengan mendownload file nya di https://python.org yaa.. Atau, jika kalian takut mendapat kan kekeliruan, kalian bisa membaca tutorial yang sudah saya buat pada postingan saya sebelumnya.. Kalian bisa membacanya dengan cara KLIK DISINI YA temen - temen... Dan langsung ikuti saja instruksi yang ada di sana dan install aja python 3 nya...


Nah setelah kalian menginstall python 3 nya, yuk kita lanjut lagi pembahasan postingan kita kali ini.. Jadi, seperti yang sudah saya katakan tadi.. Pada postingan kali ini saya akan membuat sebuah potingan untuk membahas pelajaran untuk belajar GUI.. Nah lebih tepatnya lagi, saya akan mencoba untuk membuat sebuah buah segi empat dengan warna isi atau fill yang berbeda dangan warna garisnya.. Bikin penasaran ya.. Seperti apa ya.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama postingan saya ini.. Let’s check it out...

Cara membuat 3 buah kotak dengan warna isi dan garis yang berbeda di window tkinter python 3.

Nah langsung saja ya pada sesi ini say akan langsung mengajak kalian untuk membuat GUI nya.. Ya tentu saja dengan cara langsung memberikan code programnya.. Dan selanjutnya, giliran kalian untuk memahami maksud dari code program nya.. Hehe.. Tapi tenang saja ya.. Saya akan menjelaskannya kok nanti... Jadi kalian tidak perlu khawatir ya.. Oya langsung saja yuk kita simak sama - sama code program yang akan saya bagikan ini.. Simak di bawah ini ya... Ini dia..

from tkinter import Tk, Canvas, Frame, BOTH

class MembuatWarna(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent)

        self.window = parent
        self.initUI()

    def initUI(self):
        self.window.title("Colours")
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)
        self.window.geometry("400x100+300+300")

        self.buatWarna()

    def buatWarna(self):
        kanvas = Canvas(self)
        kanvas.create_rectangle(30, 10, 120, 80, outline="#f50", fill="#fb0")
        kanvas.create_rectangle(150, 10, 240, 80, outline="#fb0", fill="#f50")
        kanvas.create_rectangle(270, 10, 370, 80, outline="#0f5", fill="#05f")
        kanvas.pack(fill=BOTH, expand=1)

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    ex = MembuatWarna(root)
    root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Cukup simpel dan pendek ya.. Hehe itu menurut saya pribadi sih.. Gak tau kalau berbeda dengan kalian.. Dan bisa kalian perhatikan pada metode “buatWarna” diatas.. Disana ada tanda “#f50” itu merupakan code warna.. Silahkan kalian ubah - ubah sendiri ya.. Silahkan eksplor warna sendiri.. hehe

Oya.. Lalu seperti apa ya kira - kira hasil dari code program di atas ketika kita jalankan ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama hasilnya pada gambar di bawah ini...



Nah itu dia temen - temen contoh screenshoot dari hasil code program di atas.. Bisa kita lihat pada gambar di atas ya.. Terdapat 3 buah kotak dengan warna isi dan warna garis luar yang berbeda.. Namun jika kalian teliti melihatnya ya..  Hehe.. Giman udah jelaskan apa yang sudah saya katakan tadi ? Ya saya rasa kalian akan menjawab “iya”.. Hehe

Penjelasan code program untuk membuat 3 buah kotak dengan warna isi dan garis yang berbeda di window tkinter python 3.

Nah setelah melihat code programnya, maka seperti biasa ya.. Saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan tersebut.. Hal ini saya lakukan tentu agar kalian bisa memahami code program di atas ya.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan code programnya di bawah ini.. Let’s check it out...


from tkinter import Tk, Canvas, Frame, BOTH  //code ini digunakan untuk mengimport “Tk”, “canvas”, “frame” dan “BOTH” dari tkinter.

class MembuatWarna(Frame):  //code ini digunakan untuk membuat class dengan nama “MembuatWarna” yang akan digunakan untuk menampung code program untuk menampilkan apa - apa  saja yang ingin kita tampilkan nantinya.
    def __init__(self, parent):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah konstruktor untuk class ini (MembuatWarna).
        Frame.__init__(self, parent)  //code ini digunakan untuk membuat class ini menjadi sebuah GUI.

        self.window = parent  //code ini digunakan untuk mengoper nilai parent ke variabel window.
        self.initUI() //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “initUI”.

    def initUI(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “intiUI” yang akan digunakan untuk menampung code program konfigrasi window nya.
        self.window.title("Colours")  //code ini digunakan untuk mengubah judul window nya dengan nama “Colours”.
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)  //code ini digunakan untuk meng inisialaisasi layout. Yaitu “pack layout”.
        self.window.geometry("400x100+300+300")  //code ini digunakan untuk megubah ukuran window nya dengan ukuran “400x100”. Dengan menampilkan window nya pada posisi 300x300 di layar.

        self.buatWarna()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “buatwarna’

    def buatWarna(self):  //code ini digunakan untuk membuat metode dengan nama “buatWarna” yang akan digunakan untuk membuat kotak warnanya.
        kanvas = Canvas(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode “canvas” dari tkinter.
        kanvas.create_rectangle(30, 10, 120, 80, outline="#f50", fill="#fb0")  //code ini digunakan untuk membaut sebuah kotak dengan warna yang di tentukan dengan di awali tanda “#” tersebut.
        kanvas.create_rectangle(150, 10, 240, 80, outline="#fb0", fill="#f50")  //code ini digunakan untuk membaut sebuah kotak dengan warna yang di tentukan dengan di awali tanda “#” tersebut.
        kanvas.create_rectangle(270, 10, 370, 80, outline="#0f5", fill="#05f")  //code ini digunakan untuk membaut sebuah kotak dengan warna yang di tentukan dengan di awali tanda “#” tersebut.
        kanvas.pack(fill=BOTH, expand=1)  //code ini digunakan untuk memasukkan kotak berwarna nya ke dalam window tkinter python 3 nya.

if __name__ == '__main__': //code ini digunakan untuk menentukan apakah file ini dipanggil atau tidak.
    root = Tk() //code ini digunakan untuk memanggil sebuah “Tk” dari tkinter kemudian menyimpannya ke dalam  vaiabel “root”.
    ex = MembuatWarna(root)  //code ini digunakan untuk memanggil class “MembuatWarna” nya.. Dengan memasukkan “root” sebagai parameter nya.

    root.mainloop()  //code ini digunakan agar window yang kita tampilkan tidak langsung close secara otomatis saat programnya kita jalankan nantinya.


Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment