Macam - macam layout pada tkinter

BelajarPython - assalamualaikuk wr.  wb.

jumpa lagi nih temen - temen..  pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk belajar GUI python nih..  dan pada postingan kali ini saya akan menggunakan tkinter untuk membuat windownya..  namun sebelum saya melanjutkan postingan kali ini, saya ingin bertanya terlebih dahulu nih..  sudahkan kalian menginstall bahasa pemrograman python.? nah bagi kalian yang belum install, tenang saja..  saya sudah menyediakan tutorialnya kok..  jadi kalian tidak perlu bingung untuk menginstallnya...  nah untuk membacanya, kalian BISA KLIK DISINI.  dan silahkan install ya..

nah setelah kalian install python nya, yuk langsungbsaja kita lanjut lagi postingan saya kali ini..  jadi, rencananya, pada postingan saya kali ini, saya akan mencoba untuk memberikan penjelasan mengenai macam - macam layout dari window tkinter...  Nah sudah taukah kalian apa itu layout ? Dan apa saja macam - macam layout itu sendiri ? Nah jika belum tau, cocok bagi kalian untuk membaca potingan saya yang satu ini ... Yuk langsung saja kita simak sama - sama postingan saya pada postingan saya kali ini... Let’s begin it now guys...`

Apa itu layout pada window python ?

Nah, sebelum kita mengetahui macam - macam dari layout, saya akan mencoba untuk menjelaskan apa yang di maksud dengan layout itu sendiri.. Sehingga, kalian tidak akan kebingungan nantinya ketika saya sebutkan apa yang di maksud dengan layout itu... Nah tanpa lama - lama lagi, yuk kita simak  mengenai arti dari kata layout ini... Keep reading guys..

Jadi, sebenernya, layout ini merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa inggris. Dan dalam bahasa indonesia, memiliki arti sebagai sebuah susunan atau pun rancangan. Nah dari arti tersebut, sudah punya bayangan belum mengenai layout ini ? Ya semoga saja ya.. Hehe.. Nah lalu dalam window python apakah layout ini ? Jadi, dalam sebuah window python ini, layout dapat kita artikan sebagai sebuah susunan atau tata letak tempat dimana kita akan meletakkan sebuah widget seperti teks, tombol, gambar dan yang lainnya.

Nah gimana ? Sudah jelaskan arti dari kata layout ini dalam sebuah window python ? Ya saya harap kalian sudah paham ya.. Jika belum kalian bisa membacanya secara perlahan ya hingga kalian paham.

Macam - macam Layout pada window python.

Nah kemudian, setelah kita tau apa arti dan maksud dari kata layout ini, yuk kita masuk ke acara atau bahasan utama pada postingan kali ini... Yaitu mengenai macam - macam layout dari window GUI atau tampilan yang ada di Tkinter. Yuk langsung saja tanpa lama - lama lagi, yuk langsung saja kita bahas..

Pada tkinter, terdapat beberapa macam layout. Yaitu :  pack, grid dan place. Dari ketiga layout diatas, kita harus memilih salah satunya.. Dan tidak boleh mencampur nya dalam satu window..  Oya fungsi dari layout - layout dia atas adalah :
  1. Mengatur widget.
  2. Mengelola tampilan window.
  3. Membuat window agar tampak lebih  baik.
Nah ketiga macam layout tersebut, akan saya jelaskan pada segment selanjutnya ya.. Jadi pastikan kalian untuk membacanya sampai akhir ya.. Hehe keep spirit temen - temen ku...

Macam - macam layout : 1. Pack Layout.

Layout jenis ini merupakan layout yang paling mudah untuk digunakan... Karena, layout ini merupakan layout yang cukup sederhana.. Default dari tampilan layout ini, akan berada di atas dengan alignment center atau berada di tengah window. Dan akan selalu berurut kebawah jika kita menambahkan sebuah widget baru. Nah cukup sederhana ya temen - temen.. Nah sesederhana apakah layout jenis ini ? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk kita bahas saja melalu contoh program.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama contoh programnya di bawah ini...

from tkinter import *
root = Tk()
Label(root, text="merah merah", bg="red", fg="white").pack()
Label(root, text="hijau hijau", bg="green", fg="white").pack()
Label(root, text="biru biru", bg="blue", fg="white").pack()
mainloop()


Nah dengan code program se simple itu, layout kita akan tertata secara otomatis dengan susunan dari atas ke bawah dan alignment center. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya... Nah untuk memperjelas apa yang saya maksud tadi, yuk kita simak sama - sama hasil running dari program di atas... Silahkan di lihat di contoh screenshoot di bawah ini ya temen - temen..



Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Begitu kecil dan mungil ya.. Iya itu karena kita tidak mengatur ukuran window nya.. Jadi window nya akan menyesuaikan dengan isi dari widgetnya.. Namun window nya juga bisa kita perbesar ya... Namun, tampilan tersebut, bisa kita perindah loh dengan mengatur padding, fill an lain sebagainya.. Untuk mengatahui pengaturannya, kalian BISA KLIK DISINI.

Mohon maaf ya temen - temen.. Karena pada postingan kali ini saya hanya akan fokus hanya ke pada macam - macam dari layout nya.. Jadi, untuk setting an selanjutnya saya buatkan postingan berbeda..

Macam - macam layout : 2. Grid Layout.

Grid layout ini di perkenalkan pada tahun 1996. Dengan dimaksudkan sebagai alternatif dari layout “pack”. Karena, walaupun “pack” memberikan kontrol penuh kepada programer untuk menyusun layout, tapi untuk membuat nya lebih bagus, kita membutuhkan program yang cukup kompleks. Tapi walaupun begitu, masih banyak pengguna yang tetap menggunakan “pack” sebagai layout window mereka...

Grid layout merupakan sebuah layout yang bisa kita analogikan seperti sebuah tabel. Dimana layout jenis ini memiliki sebuah baris dan kolom layaknya sebuah tabel pada umumnya.. Dengan begini kita dapat membuat sebuah layout yang lebih teratur dan tanpa ada nya bentrok antara satu sama lain.. Layout ini tentu menjadi jawaban untuk menyusun sebuah layout window... Nah seperti apakah contoh program dari grid layout ini ? Yuk langsung saja di simak di bawah ini...

from tkinter import *

warna = ['red','green','orange','white','yellow','blue']

r = 0
for c in warna:
    Label(text=c, relief=RIDGE,width=15).grid(row=r,column=0)
    Entry(bg=c, relief=SUNKEN,width=10).grid(row=r,column=1)
    r = r + 1

mainloop()


Nah itu dia temen - temen code program nya.. Yah cukup simple ya temen - temen...  Nah lalu seperti apakah tampilan yang akan dihasilkan dari program di atas ? Dan seperti apakah tampilan dari grid layout ini ? Nah untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut, yuk langsung saja kita lihat hasil running nya pada screenshoot di bawah ini ya temen - temen...



Nah itu dia temen - temen. Gimana ? Mirip sama tabel  ya temen - temen ? Ya mirip banget hehe.. Ya saya yakin kalian juga punya perasaan yang sama dengan saya... Hehe.. Oya, sebenarnya, tampilan dari Grid layout ini tidak hanya datar begitu saja loh.. Nah untuk lebih meng eksplor nya lagi, KALIAN BISA KLIK DISINI YA.

Saya tidak akan membahasnya disini..karen postingan kali ini hanya akan membahas mengenai macam - macam nya saja ya... Nah,  bagi kalian yang ingin belajar untuk lebih mengeksplornya lagi, saya akan membuat postingan nya sendiri ya... Dan untuk membacanya silahkan klik link yang ada di atas ya.. ATAU DISINI JUGA BISA.

Macam - macam Layout : 3. Place Management layout.

Nah pada layout jenis ini, kita cendrung bebas untuk meletakkan sebuah widget.. Karena, Layout jenis ini menggunakan sebuah titik koordinat untuk meletakkan sebuah layout.. Dan layout ini juga memberikan sebuah kontrol penuh terhadap penempatan widget nya.. Namun, untuk membuat sebuh layout yang teratur, kita harus bekerja secara ekstra.. Karena kita harus meletakkan atau mengaturnya satu persatu sesuai keinginan kita...  Walaupun, sebenarnya kita juga bisa menggunakan sebuah perulangan untuk melakukan penempatan widgetnya..

Nah lalu seperti apakah code program untuk membuat sebuah place management layout ini ? Yuk tanpa lama - lama lagi, kita simak contoh code programnya di bawah ini ya temen - temen..

from tkinter import *

Label(text='merah', relief=RIDGE,width=15, bg = 'red').place(x=20, y=30)
Label(text='hijau', relief=RIDGE,width=15, bg = 'green').place(x=30, y=50)
Label(text='oranye', relief=RIDGE,width=15, bg = 'orange').place(x=40, y=70)
Label(text='biru', relief=RIDGE,width=15, bg = 'blue').place(x=30, y=90)
Label(text='kuning', relief=RIDGE,width=15, bg = 'yellow').place(x=20, y=110)

mainloop()


Nah itu dia programnya ya temen - temen ... Cukup simple ya temen - temen code program nya... Cukup simple ya temen - temen.. Nah lalu seperti apakah GUI window yang akan di hasilkan dari program di atas ? Nah untuk mengetahuinya, yuk mari kita check screenshoot di bawah ini...



Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Gimana ? Seperti yang sudah saya katakan tadi ya.. Kita bisa meletakkan posisi widget kita sesuai yang kita ingin kan ya... Dan bisa kita perhatikan letak widgetnya tidak beraturan ya disana... Nah oke semoga jelas ya temen - temen....



Oke.. Sampai disini dulu ya temen - temen pembahasan saya pada postingan kali ini.. Semoga apa yang sudah saya bahasa di atas, yaitu tentang layout pada tkinter ini, dapat membuat kalian bisa memahami cara - cara untuk menambahkan sebuah layout pada window kita nantinya... Dan tentu saja semoga kalian bisa memperaktekkannya juga pada porgram kalian nantinya.. Oya jika ada pertanyaan, atau ada penjelasan yang kurang jelas, kalian bisa menanyakannya pada kolom komentar yang ada di bawah postingan ini ya temen - temen.. Insyaallah saya akan menjawabnya secepat yang saya bisa...

Dan mohon maaf atas kekurangan yang ada di blog ini maupunpostingan saya kali ini... Jika kalian berkenan untuk memberikan kritik dan saran pada saya, kalian bisa menyampaikannya pada kolom komentar di bawah ini ya... Atau juga bisa melalui laman hubungi kami yang sudah saya sediakan pada blog ini ya temen - temen... Oke, terimakasih sudah berkunjung serta membaca postingan saya hingga selesai.. Semoga ilmunya bermanfaat ya.. Terimakasih.. Dan sekian..

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment