Cara membuat toolbar pada GUI python dengan PySide

Belajarpython – asslamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih teman – teman.. pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara untuk membuat toolbar pada GUI python dengan menggunakan PySide. Sebenarnya, postingan ini merupakan postingan lanjutan dari postingan saya sebelumnya.. yaitu membuat status bar pada sebuah GUI window python dari library PySide. Nah untuk postingan saya sekarang, saya akan membuat atau menambahkan sebuah tool bar pada wndow yang telah saya buat pada postingan saya sebelumnya.. jadi postingan ini bersifat continue ya... namun, saya juga akan memberikan contoh program simple yang hanya fokus pada penambahan toolbar saja... sehingga kalian dapat memahaminya dengan baik dan mudah...

Untuk pemahaman yang lebih, kalian bisa belajar tutorial pembuatan GUI python dari library PySide ini dari awal.. yaitu mulai dari pembuatan window sederhana.. kalian bisa mencarinya di blog saya.. atau lebih mudahnya, kalian bisa KLIK DISINI untu membaca tutorial ini dari awal. Atau jika kalian belum menginstall PySide, kalian bisa menginstall nya terlebih dahulu.. kalian bisa membaca tutorial penginstalan nya DISINI. Nah setelah tool nya siap, yuk langsung saja kita simak proses pembuatan toolbar ini...

Apa itu toolbar ?

Nah sebelum kita membuat toolbar, maka alangkah lebih baiknya jika kita mengenal apa yang dimaksud dengan toolbar tersebut.. nah toolbar bisa saya katakan sebagai salah satu tombol yang memiliki fungsi tertentu pada sebuah aplikasi... untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat gambar toolbar yang ada di bawah ini..



Nah itu dia teman – teman contoh screenshoot dari yang namanya toolbar ini... gambar atau secreenshoot tersebut saya ambil dari aplikasi Microsoft office. Dan setelah kalian melihat gambar diatas, apakah kalian sudah tau apa yang disebut sebagai toolbar tersebut ? ya... jadi seperti yang sudah saya katakan diatas.. toolbar adalah tombol yang umumnya terdapat sebuah icon yang menggambarkan dari fungsi dari tombol itu sendiri....

Cara menambahkan atau membuat toolbar pada window GUI python menggunakan library PySide.

nah setelah kita mengenal apa yang di namakan toolbar, saya akan mencoba masuk ke tahap pembahasan utama kita dalam postingan kali ini.. yaitu cara membuat toolbar di dalam window GUI python dengan library PySide. Sebenarnya, membuat toolbar ini cukup mudah.. dan code programnya cukup singkat.. hanya saja kita tidak tau perintah yang akan kita gunakan untuk menambah sebuah toolbar. Lalu bagaimana perintah untuk membuat toolbar ini ? nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk langsung saja kita simak code programnya di bawah ini...


import sys
from PySide import QtGui, QtCore

class tambahToolbar(QtGui.QMainWindow):
    
    def __init__(self):
        super(tambahToolbar, self).__init__()
        
        self.jendelaUtama()
        
    def jendelaUtama(self):     
        tombol = QtGui.QAction(QtGui.QIcon('D:\exit.jpg'), 'ingin keluar ?', self)
        tombol.triggered.connect(self.close)
        
        self.tombolKeluar = self.addToolBar('exit')
        self.tombolKeluar.addAction(tombol)
        
        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('D:\moham.jpg'))
        self.setGeometry(300, 300, 350, 250)
        self.setWindowTitle('membuat toolbar')    
        self.show() 


app = QtGui.QApplication(sys.argv)
ex = tambahToolbar()
sys.exit(app.exec_())


Nah itu dia program nya teman – teman... programnya memang cukup panjang... karena memang untuk membuat sebuah toolbar, tentu saja kita harus membuat sebuah window atau jendela yang akan menjadi tempat untuk toolbarnya itu sendiri.. jadi intinya.. yang membuat program tersebut banyak adalah dari pembuatan windownya nya sendiri.. bukan dari pembuatan toolbarnya.. jika kalian tidak percaya, yuk langsung kita simak dibawah ini penjelasan saya mengenai program diatas...

import sys //code ini digunakan untuk mengimport sys
from PySide import QtGui, QtCore //code ini saya gunakan untuk mengimpor “QtGui” dan “QtCore” dari library PySide.

class tambahToolbar(QtGui.QMainWindow): //ini merupkan class yang saya buat untuk membuat sebuah GUI nya.. dengan nama class “tambahToolbar” dengan parameter “QrGui.QmainWindow”. yang saya peroleh dari libarary PySide.

 
import sys //code ini digunakan untuk mengimport sys
from PySide import QtGui, QtCore //code ini saya gunakan untuk mengimpor “QtGui” dan “QtCore” dari library PySide.

class tambahToolbar(QtGui.QMainWindow): //ini merupkan class yang saya buat untuk membuat sebuah GUI nya.. dengan nama class “tambahToolbar” dengan parameter “QrGui.QmainWindow”. yang saya peroleh dari libarary PySide.

    def __init__(self):  //ini merupakan metode yang secara otomatis akan di jalankan ketika class “tambahToolbar” di panggil.
        super(tambahToolbar, self).__init__() //code ini merupakan isi dari metode “__init__” yang mendeklarasikan class “tambahToolbar” untuk dijadikan sebagai GUI.
        self.jendelaUtama() //code ini digunakan untuk memanggil metode “jendelaUtama”.

    def jendelaUtama(self):  //metode ini saya buat dan isi dengan komponen – komponen pada jendela atau window GUI yang akan kit tampilkan nantinya.
        tombol = QtGui.QAction(QtGui.QIcon('D:\exit.jpg'), 'ingin keluar ?', self)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah “toolbar” dengan nama “ingin keluar”. Dan saya memberi icon dengan file yang ada di drive D saya.. naman file nya adalah “exit.jpg”. tentu kalian harus mengubah tulisan berwarna merah diatas menjadi lokasi gambar yang telah Anda persiapkan sebelumnya.
        tombol.triggered.connect(self.close) //code ini berfungsi untuk menambahkan aksi atau perintah saat kita klik tombol toolbarnya. Dan karena tool bar yang saya buat merupakan toolbar exit, maka saya memberi perintah tombol ini untuk menutup window nya.

        self.tombolKeluar = self.addToolBar('exit') //code ini digunakan untuk memasang toolbarnya.
        self.tombolKeluar.addAction(tombol) //dan ini untuk menerapkan perintah yang sudah kita buat tadi.

        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('D:\moham.jpg')) //ini digunakan untuk memasang ikon pada window kita. Kalian harus mengubah menjadi lokasi tempat Anda menyimpan file jpg Anda pada tulisan merah tersebut.
        self.setGeometry(300, 300, 350, 250) //code ini digunakan untuk mengatur ukuran window kita.
        self.setWindowTitle('membuat toolbar') //ini digunakan untuk membuat judul window kita. Judul yang akan ditampilkan pada window nantinya adalah teks yang berwarna merah tersebut. Tentu kalian juga bisa mengubahnya sesuka hati kalian.
        self.show() //ini digunakan untuk menampilkan window yang sudah kita susun tadi.

app = QtGui.QApplication(sys.argv) //ini merupakan code yang wajib ada dalam pembuatan GUI ini.
ex = tambahToolbar()//ini merupakan code untuk memanggil class “tambahToolbar” yang sudah kita buat diatas.

sys.exit(app.exec_())  //ini merupakan code yang wajib ada dalam pembuatan GUI ini.


nah itu dia teman – teman penjelasannya... semoga kalian bisa memahaminya dengan baik dan mudah ya.. jika kalian belum paham, silahkan pahami dan baca berulang – ulang.. insyaallah kalian akan paham nantinya... lalu bagaimana sih screenshoot ketika program diatas kita jalan kan ? jika kalian ingin melihat hasil run dari program diatas, kalian bisa lihat pada gambar di bawah ini ya...



Nah itu dia hasil program diatas..  semoga punya kalian juga sukses ya...

Menambahkan toolbar pada program di postingan sebelumnya.

nah setelah kita belajar  membuat toolbar, maka selanjut nya kita akan mempraktekkanya kepada program yang telah saya buat pada postingan saya sebelumnya. Agar program yang saya buat tersebut menjadi lebih lengkap dan berkembang tentunya... nah, jika kalian penasaran atau ingin tau dengan program pada postingan sebelumnya, kalian bisa KLIK DISINI ya... nah langsung saja ya saya kasi program yang sudah saya update dari program sebelumnya... yuk langsung saja ya kita simak di bawah ini...


import sys
from PySide import QtGui, QtCore

class penampilToolbar(QtGui.QMainWindow):
   
    def __init__(self):
        super(penampilToolbar, self).__init__()
        self.jendela()
       
    def jendela(self):
        self.resize(250, 150)
        self.button()
        self.ditengahkan()
        self.toolbar()
        self.statusBar().showMessage('ini yang namanya status bar..')
        self.setWindowTitle('menampilkan Toolbar')
        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('D:\moham.jpg'))
        self.setGeometry(300, 300, 350, 250)
        self.show()

    def button(self) :
        tombol = QtGui.QPushButton('exit', self)
        tombol.setToolTip('inilah tombolnya')
        tombol.move(80, 60)
        tombol.clicked.connect(QtCore.QCoreApplication.instance().quit)

    def ditengahkan(self):  
        posisi = self.frameGeometry()
        tengah = QtGui.QDesktopWidget().availableGeometry().center()
        posisi.moveCenter(tengah)

    def toolbar(self) :
        tombol = QtGui.QAction(QtGui.QIcon('D:\exit.jpg'), 'ingin keluar ?', self)
        tombol.triggered.connect(self.close)
       
        self.tombolKeluar = self.addToolBar('exit')
        self.tombolKeluar.addAction(tombol)

app = QtGui.QApplication(sys.argv)
ex = penampilToolbar()
sys.exit(app.exec_())


nah itu dia program nya teman – teman... cukup panjang ya... maklum saja.. ini karna saya sudah membuat banyak penambahan... lalu bagaimana tampilan GUI yang di hasilkan oleh program diatas ? untuk menjawabnya, kalian bisa langsung melihat screenshoot dibawah ini yaa...



Nah itu dia GUI yang dihasilkan dari source code diatas.. uda mirip aplikasi belum ? hehe masih  jauh ya teman – teman.. nah untuk selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan program yang ada di atas tersebut... yuk langsung saja kita simak penjelasan saya di bawah ini...

import sys  //ini digunakan untuk mengimpor sys
from PySide import QtGui, QtCore //ini saya gunakan untuk mengimpor QtGui dan QtCore dari library PySide.

class penampilToolbar(QtGui.QMainWindow): //ini merupakan sebuah class untuk membuat sebuah GUI nantinya.. dan saya memberi nama class nya dengan nama “penampilToolbar”.

    def __init__(self): //ini merupakan metode yang akan secara otomatis di jalankan ketika kalian memanggil class “menampilkan _tombol”.
        super(penampilToolbar, self).__init__() // ini untuk membuat class ini menjadi sebuah GUI.
        self.jendela() //ini digunakan untuk memanggil metode yang bernama jendela. Yang berada di bawah ini.

    def jendela(self): //ini merupakan metode yang saya gunakan untuk membuat sebuah window.
        self.resize(250, 150) //ini digunakan untuk mengatur ukuran dari window yang akan saya buat.
        self.button() //ini merupakan pemanggilan metode “button”.
        self.ditengahkan() //nah ini digunakan untuk memanggil metode “ditengahkan” yang berisi perintah untuk membuat windownya berada di tengah.
        self.toolbar() //code ini digunakan untuk memanggil metode “toolbar”.
self.statusBar().showMessage('ini yang namanya status bar..')  //ini lah yang digunakan untuk menambahkan statusbar dibawah window kita. Saya menambahkan status bar dengan pesan “ini yang namanya status bar..”. tentu kalian bisa mengubanya sesuka hati kalian...
        self.setWindowTitle('menampilkan Toolbar')  //untuk mengubah judul dari window yang akan kita tampilkan dengan judul “menampilkan toolbar”. Kalian juga bisa mengubah judulnya dengan judul sesuka kalian.
        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('D:\moham.jpg')) ini saya gunakan untuk memasang icon dari window nya. Kalian bisa merubahnya sesuai kemauan kalian dengan cara mengganti teks warna merah tersebut dengan lokasi foto yang akan kalian jadikan sebagai icon. Dan harus berformat jpg ya...
        self.setGeometry(300, 300, 350, 250) //ini digunakan untuk mengubah ukuran window yang akan kita tampilkan nantinya....
        self.show() //ini digunakan untuk menampilkan window yang sudah kita buat tadi. Maksudnya akan ditampilkan ketika program ini di jalankan.

    def button(self) : //ini merupakan sebuah metode yang saya isi dengan program untuk membuat button.
        tombol = QtGui.QPushButton('exit', self) //ini merupakan code program dengan perintah untuk membuat sebuah tombol dengan nama exit.
        tombol.setToolTip('inilah tombolnya') //code ini saya gunakan agar saat pointer menyentuh tombol yang kita buat, maka akan menampilkan sebuah tulisan “ini tombolnya”
        tombol.move(80, 60) //ini saya gunakan untuk memindah tombol yang sudah saya buat tadi.
        tombol.clicked.connect(QtCore.QCoreApplication.instance().quit) //ini saya gunakan untuk membuat tombol nya memiliki perintah. Yaitu untuk keluar dari window atau mengakhiri run programnya.
        self.toolbar() //code in digunakan untuk memanggil class “toolbar”.
    def ditengahkan(self): //ini merupakan fungsi atau metode yang menjadi inti dari postingan ini. didalam metode ini memiliki program yang berfungsi untuk membuat windownya berada di tengah layar kita.
        posisi = self.frameGeometry() //ini digunakan untuk mendapatkan ukuran frame dari window atau jendela kita. Yang sudah saya tampung dalam variabel “posisi”.
        tengah = QtGui.QDesktopWidget().availableGeometry().center() //ini saya gunakan untuk mendapatkan nilai atau titik tengah dari layar kita. Dan sudah saya tampung nilainya di dalam variabel “tengah”.
        posisi.moveCenter(tengah)  //code ini merupakan perintah untuk memindahkan window kita ke titik tengah layar kita.
    def toolbar(self) : //metode ini digunakan untuk menampung code – code yang akan membuat sebuah toolbar.
        tombol = QtGui.QAction(QtGui.QIcon('D:\exit.jpg'), 'ingin keluar ?', self)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah “toolbar” dengan nama “ingin keluar”. Dan saya memberi icon dengan file yang ada di drive D saya.. naman file nya adalah “exit.jpg”. tentu kalian harus mengubah tulisan berwarna merah diatas menjadi lokasi gambar yang telah Anda persiapkan sebelumnya.
        tombol.triggered.connect(self.close) //code ini berfungsi untuk menambahkan aksi atau perintah saat kita klik tombol toolbarnya. Dan karena tool bar yang saya buat merupakan toolbar exit, maka saya memberi perintah tombol ini untuk menutup window nya.

        self.tombolKeluar = self.addToolBar('exit') //code ini digunakan untuk memasang toolbarnya.
        self.tombolKeluar.addAction(tombol) //dan ini untuk menerapkan perintah yang sudah kita buat tadi.

app = QtGui.QApplication(sys.argv)  // ini merupakan code wajib yang harus ada.
ex = penampilToolbar() //ini digunakan untuk memanggil class “penampilToolbar”.
sys.exit(app.exec_()) //ini merupakan bagian dari code yang harus ada.


Nah itu dia teman – teman penjelasan saya mengenai kelanjutan program dari postingan saya sebelumnya.. semoga kalian bisa memahami penjelasan saya diatas dengan mudah dan dengan cepat juga tentunya.. tapi jika ada yang kurang jelas, atau ada yang ingin ditanyakan, kalian bisa berkomentar di bawah postingan ini ya,, kalau saya bisa menjawab, saya akan menjawab secepat yang saya bisa.. dan selain berkomentar, kalian juga bisa menanyakannya melalui laman contact us yang sudah saya sediakan di blog ini...

Sekian dulu ya teman – teman... semoga apa yang saya sajikan dalam postingan kali ini, dapat bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan referensi dalam proses belajar kalian ya... dan jangan lupa untuk di bagikan ke teman – teman kalian ya.. siapa tahu ada yang lagi membutuhkan... kan kalian juga dapat pahala hehe... oya terimakasih ya sudah berkunjung ke blog saya.. dan terimakasih juga sudah membaca postingan saya... lebih – lebih bagi yang membagikan postingan ini... terimakasih ...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment