cara membuat window tkinter seperti terowongan

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk megajak kalian untuk belajar GUI atau tampilan bahasa pemrograman python.. Dan tentu saja saya akan menggunakan modul tkinter untuk belajar tampilan python tersebut. Namun sebelum kita melanjutkan postingan kali ini, kalian harus mengistall bahasa pemrogramannya dulu ya.. Tentu saja bahasa python temen - temen... Kalian udah install belum nih ? Nah bagi kalian yang berlum install, di install dulu ya temen - temen.. Kalian bisa mendapatkan file instalasinya pada situs atau laman resmi nya python ya.. Yaitu di Https://python.org/download yaa...

Namun jika kalian membutuhkan sebuah bimbingan instalasinya, kalian tidak perlu khawatir ya.. Karena saya sudah menyiapkan postingan yang khusus membahas mengenai cara untuk melakukan proses install dari bahasa pemrograman python ini... Nah jika kalian tertarik untuk membaca postingan yang saya maksud tadi, KALIAN BISA KLIK DISINI YA temen - temen.... Dan silahkan install dengan mengikuti setiap instruksi yang sudah saya sediakan tersebut ya....

Nah setelah kalian install python nya, yuk kita lanjut lagi potingan kita kali ini.. Jadi. Seperti yang sudah saya katakan tadi ya... Kali ini kita akan belajar GUI atau tampilan bahasa pemrograman python. Nah lebih tepatnya, kita akan mempelajari untuk membuat sebuah window agar terlihat seperti terowongan nih.. Nah seperti apa sih yang saya maksud kali ini, yuk langsung saja di simak postingan saya kali ini.. Yuk langsung saja kita simak postingan saya yang satu ini... Let’s check it out temen - temen....

Cara membuat window seperti terowongan di window tkinter python 3.

Nah saya akan langsung mencoba untuk memberikan cara membuat window kita menjadi seperti sebuah terowongan. Dan seperti biasa saya akan langsung mencoba untuk memberikan caranya dengan langsung memberikan code progranya langsung.. Dan selanjutnya bisa kalian pahami sendiri ya temen - temen.. Dan untuk lebih paham nya lagi, kalian bisa membaca penjelasan code programnya pada segment yang terakhir nantinya... Oke langsung saja yuk kita simak sama - sama code programnya di bawah ini...

from tkinter import *

class Terowongan():
    def __init__(self):
        self.buatKanvas()
        self.buatTerowongan()
        
    def buatKanvas(self):
        self.kanvas = Canvas(width=200, height=100)
        self.kanvas.pack()
        
    def buatTerowongan(self):
        self.kanvas.create_rectangle(50, 20, 150, 80, fill="green")
        self.kanvas.create_rectangle(65, 35, 135, 65, fill="yellow")
        self.kanvas.create_line(0, 0, 50, 20, fill="green", width=3)
        self.kanvas.create_line(0, 100, 50, 80, fill="green", width=3)
        self.kanvas.create_line(150, 20, 200, 0, fill="green", width=3)
        self.kanvas.create_line(150, 80, 200, 100, fill="green", width=3)

Tk()
Terowongan()
mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya..gimana ? Cukup pendek juga ya.. Nah lalu seperti apa ya hasil dari  code program di atas ketika saya jalankan? Nah agar kalian tidak penasaran, yuk langsung saja kita simak sama - sama hasil running dari code program di atas pada gambar yang ada di bawah ini ya temen - temen.... Let’s check it out...




Nah itu dia temen - temen...  Coba kalian lihat yaa.. Mirip seperti trowongan ya.. Hehe.. Ya walaupun tidak mirip - mirip amat yaa... Hehe tapi ya itulah kreasinya.. Dan saya harap dapat berguna buat kalian nantinya...


Penjelasan code program untuk membuat window seperti terowongan pada window tkinter python 3.

Nah seperti yang sudah saya janjikan tadi ya.. Pada segment kedua sekaligus yang terakhir ini, saya akan memenuhi janji saya tersebut.. Yaitu akan menjelaskan code program untuk membuat window kita seperti terowongan tersebut.. Nah langsung saja yuk tanpa lama - lama lagi kita simak sama - sama penjelasan saya mengenai code program tersebut di bawah ini.. Let’s check it out guys....


from tkinter import *  //code ini digunakan untuk menngimport semua class dari modul tkinter.

class Terowongan():  //code ini digunakan untuk membuat sebuah class dengan nama “Terowongan” yang akan digunakan untuk menampung semua code program untuk menampilkan semua elemen yang di perlukan nantinya.
    def __init__(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah konstruktor dari class “Terowongan” ini.
        self.buatKanvas()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “buatKanvas”.
        self.buatTerowongan()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “buatTerowongan”.

    def buatKanvas(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “buatKanvas” yang akan digunakan untuk menampung code program  untuk memanggil sebuah kanvas dari tkinter.
        self.kanvas = Canvas(width=200, height=100)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah fungsi canvas pada tkinter dengan ukuran “200x100” yang kemudian disimpan ke dalam variabel “kanvas”.
        self.kanvas.pack()  //code ini digunakan untuk memasukkan “canvas” yang ada di dalam variabel “kanvas” ke dalam window.

    def buatTerowongan(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “buatTerowongan” yang akan digunakan untuk menampung code program  untuk membuat gambar terowongannya.
        self.kanvas.create_rectangle(50, 20, 150, 80, fill="green") //code ini digunakan untuk membuat sebuah rectangle dengan dengan posisi yang sudah di tentukan di atas dengan warna “green” atau hijau.
        self.kanvas.create_rectangle(65, 35, 135, 65, fill="yellow")//code ini digunakan untuk membuat sebuah rectangle dengan dengan posisi yang sudah di tentukan di atas dengan warna “yellow” atau kuning. Dengan awal pada koordinat “65x35” sampai “135x65” pada window.
        self.kanvas.create_line(0, 0, 50, 20, fill="green", width=3)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah garis dengan warna “green” atau hijau dengan ukuran 3 pixel. Dengan awal pada koordinat “0x0” sampai “50x20” pada window.
        self.kanvas.create_line(0, 100, 50, 80, fill="green", width=3)/code ini digunakan untuk membuat sebuah garis dengan warna “green” atau hijau dengan ukuran 3 pixel. Dengan awal pada koordinat “0x100” sampai “50x80” pada window.
        self.kanvas.create_line(150, 20, 200, 0, fill="green", width=3)/code ini digunakan untuk membuat sebuah garis dengan warna “green” atau hijau dengan ukuran 3 pixel. Dengan awal pada koordinat “150x20” sampai “200x0” pada window.
        self.kanvas.create_line(150, 80, 200, 100, fill="green", width=3)/code ini digunakan untuk membuat sebuah garis dengan warna “green” atau hijau dengan ukuran 3 pixel. Dengan awal pada koordinat “150x80” sampai “200x0” pada window.

Tk()  //code ini digunakan untuk menampilkan window tkinter.
Terowongan()  //code ini digunakn untuk memanggil class dengan nama “Terowongan”.

mainloop()  //code ini digunakan agar window yang kita tampilkan tidak langsung close secara otomatis.


Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment