Cara membuat list box pada window tkinter

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen... Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk belajar GUI python nih..  Namun sebelum itu semua saya sajikan, saya ingin bertanya terslebih dahulu... Sudhkah kalian menginstall bahasa pemrograman python ini ? Jangan - jangan kalian belum install python nih... Walah - walah... Tapi tenang saja temen - temen.. Karena saya sudah membuatkan tutorialnya buat kalian... So jangan khawatir ya.. Nah untuk membaca postingan yang saya maksud tadi, KALIAN BISA MEMBACANYA DISINI.

Nah setelah install, maka sekarang kita lanjutkan postingan ini yuk.. Jadi, yang akan kita pelajari pada postingan kali ini adalah bagaimana cara untuk membuat sebuah listbox. Nah loh.. Udah pada tau belum apa yang di maksud dengan listbox ini ? Jika belum, cocok bagi kalian untuk membaca postingan saya yang satu ini.. Yuk langsung saja di simak sama - sama pembahasannya di bawah ini...

Cara membuat listbox di tkinter python.

Nah tanpa bertele - tele lagi nih temen - temen.. Saya akan langung membahas mengenai cara untuk membuat sebuah listbox ini.. Nah seperti apa ya kira - kira cara membuat sebuah list box ini ? Lalu susah tidak ya ? Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan tadi dengan code program di bawah ini.. Yuk langsung saja kita simak dan perhatikan code program untuk membuat sebuah list box ini... Oke langsung simak di bawah ini ya...


from tkinter.ttk import Frame, Label
from tkinter import Tk, BOTH, Listbox, StringVar, END


class membuatListbox(Frame):
    def __init__(self, parent):
        Frame.__init__(self, parent)
        self.window = parent

        self.initUI()
        self.buatListbox()

    def initUI(self):
        self.window.title("Listbox")
        self.window.geometry("300x250")
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)
    
    def buatListbox(self):
        daftarNama = ['Moham', 'Moh. nikmat',
                'nama ke 3', 'nama ke 4', 'Dan seterusnya..']

        listBox = Listbox(self)
        for i in daftarNama:
            listBox.insert(END, i)
    
    
        listBox.bind("<>", self.onSelect)

        listBox.pack(pady=15)

        self.nilai = StringVar()
        self.teks = Label(self, text=0, textvariable=self.nilai)
        self.teks.pack()

    def onSelect(self, val):
        sender = val.widget
        idx = sender.curselection()
        nilaiPerubahan = sender.get(idx)

        self.nilai.set(nilaiPerubahan)

if __name__ == '__main__':
    root = Tk()
    ex = membuatListbox(root)
    root.mainloop()


Nah itu dia temen - temen code programnya.. Cukup panjang juga ya... Ya seperti itulah adanya temen - temen... Nah jika kalian ingin memasukkan list nama, kalian bisa memasukkannya pada code program yang seperti di bawah ini...

        daftarNama = ['Moham', 'Moh. nikmat',
                'nama ke 3', 'nama ke 4', 'Dan seterusnya..']


Silahkan masukkan di sana.. Lebih tepatnya di dalam kurung siku.. Dengan dipisahkan oleh tanda koma ya jangan lupa.. Hehe.. Kalau tidak, tentu kalian akan mendapatkan pesan error ya.. Kalau tidak percaya, silahkan cek sendiri saja ya...

Oya.. Sampai lupa nih.. Lalu seperti apakah hasil dari program di atas jika kita run atau kita jalankan? Nah untuk mengetahuinya, yuk mari... Silahkan disimak pada gambar di bawah ini ya temen - temen..



Nah itu dia temen - temen hasilnya.. Bisa kita lihat di sana ya.. Terdapat beberapa nama.. Dan kita memilih salah satu darinya, maka nama tersebut akan tampil di bawah listbox nya.. Seperti yang sudah saya lakukan pada screenshoot diatas.. Nah gimana ? Jelaskan temen - temen.. Ya saya rasa cukup jelas ya..

Penjelasan code program untuk membuat sebuah listbox di tkinter python.

Nah setelah kita mengetahui cara untuk membuat sebuah listbox, maka sekarang saya akan mengajak kalian untuk melihat penjelasannya.. Bisa juga kita katakan sebagai dokumentasi dari program yang sudah saya bagikan di atas ya.. Hehe.. Hal ini saya lakukan tentu saja untuk membuat kalian lebih memahami mengenai code progam yang saya bagikan pada postingan kali ini.. Nah tanpa lama - lama lagi, yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya mengenai code program di atas.. Silahkan simak setelah ini ya.. Let’s check it out... Hehe


from tkinter.ttk import Frame, Label  //code ini digunakan untuk mengimport “Frame” dan “label” dari tkinter.
from tkinter import Tk, BOTH, Listbox, StringVar, END  //code ini digunakan untuk mengimport “TK”, “BOTH”, “listbox”, “StringVar” dan “END”.


class membuatListbox(Frame):  //code ini digunakan untuk membuat class dengan nama “membuatListbox” yang akan menampung semua code program untuk membuat listbox nya..
    def __init__(self, parent):  //code ini merupakan sebuah construktor dari class “membuatListbox” ini..
        Frame.__init__(self, parent)  //code ini digunakan untuk menjadikan class ini menjadi GUI.
        self.window = parent  //code ini digunakan untuk mengoper nilai yang ada di “parent” kedalam variabel “window”.

        self.initUI() //code ini digunakan untukmemanggil sebuah metode dengan nama “initUI”
        self.buatListbox()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “buatListbox”.

    def initUI(self):  //code ini digunakna untuk membuat sebuah metode dengan nama “initUI” yang akan digunakan untuk menampung code program untuk memebuat elemen dari windownya.
        self.window.title("Listbox")  //code ini digunakan untuk mengubah judul windownya.
        self.window.geometry("300x250")  //code ini digunakan untuk mengubah ukuran dari window nya menjadi “300x250” pixel.
        self.pack(fill=BOTH, expand=1)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah layout tempat dimana sebuah widgetnya akan ditempatkan. Nama layout tersebut adalah “pack”.

    def buatListbox(self):  //code ini digunakan untuk menampung semua code program untuk menampilkan sebuah listbox.
        daftarNama = ['Moham', 'Moh. nikmat',
                'nama ke 3', 'nama ke 4', 'Dan seterusnya..']  //code ini lah yang akan menyediakan daftar nama - nama yang akan di tampilkan dalam listbox nya. Silahkan tambah dan rubah sesuai kebutuhan kalian.

        listBox = Listbox(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah listbox yang dari tkinter. Yang kemudian ditampung ke dalam variabel “listbox”
        for i in daftarNama: //code ini merupakan sebuah perulangan yang mengambil setiap elemen nama di dalam daftar nama/
            listBox.insert(END, i)  //code ini yang bertugas untuk memasukkan nama semua nama di dalam eleman “daftarNama” kedalam “listBox”


        listBox.bind("<<ListboxSelect>>", self.onSelect)  //code ini digunakan untuk memberikan perintah ketika kita mengklik setiap elemen listbox nya

        listBox.pack(pady=15)  //code ini digunakan untuk memasukkan listbox nya ke dalam window dengan menggunakan layout “pack”.

        self.nilai = StringVar()  //code ini digunakan untuk memanggil “StringVar” yang kemudian di tampung ke dalam variabel “nilai”.
        self.teks = Label(self, text=0, textvariable=self.nilai)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah label atau teks yang akan menampilkan setiap elemen nama yang di pilih di dalam listbox nantinya.
        self.teks.pack()  //code ini digunakan untuk memasukkan teksnya ke dalam window.

    def onSelect(self, val):  //code ini digunakan untuk membuat metode dengan nama “onSelect” yang tentu saja akan digunakan untuk menampung code program untuk memperbarui nilai dari teks yang akan di tampilkan.
        sender = val.widget  //code ini digunakan untuk menampung teks dari tombol yang ditekan nantinya.
        idx = sender.curselection()  //code ini digunakan untuk apa ya.. Hehe..
        nilaiPerubahan = sender.get(idx)  //code ini saya juga kurang paham.. Maaf ya..

        self.nilai.set(nilaiPerubahan)  //code ini digunakan untuk mengubal nilai teks nya.

if __name__ == '__main__':  //code ini digunakan untuk menyeleksi apakah file ini di panggil atau tidak.
    root = Tk()  //code ini digunakan untuk menampung “Tk” dari tkinter.
    ex = membuatListbox(root)  //code ini digunakan untuk memanggil class”membuatListbox”.

    root.mainloop()  //code ini digunakan agar window yang kita panggil tidak langsung close secara otomatis.


Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yang sudah saya bagikan sebelumnya.. Gimana ? Sudah cukup jelas kan temen - temen... Ya saya harap seperti itu ya.. Hehe.. Nah jika ada yang kurang di pahami, kalian bisa membacanya lagi secara perlahan... Namun, jika ada penjelasan yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya... Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...


Oke sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sajikan di atas dapat menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi kalian.. Dan terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini.. Dan mohon maaf ya atas kekurangan ataupun ketidak jelasan yang ada di blog ini maupun pada postingan kali ini.. Jika kalian berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran, kalian bisa menyampaikannya pada laman hubungi kami yang ada di blog ini ya...

Dan jangan lupa share ke temen kalian ya.. Hehe oke teriamakasi banyak ya dan sampai disini dulu.. Sampai jumpa di postingan saya yang lainnya ya temen - teme.. Oke terimakasi...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment