cara install pyinstaller di linux

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen... Pada kesempatan yang cukup berharga kali ini, akan saya gunakan untuk mengajak kalian untuk menginstall library python lagi nih... Dan berbeda dari library - sebelumnya yang digunakan untuk membuat tampilan aplikasi... Karena library kali ini bisa saya katakan sebagai library yang digunakan untuk membangun aplikasi.. Yaitu library ‘PyInstaller’. Untuk lebih mengenal dan Biar tidak bingung, yuk langsung saja kita simak sama - sama postingan kali ini..

Apa itu PyInstaller ?

PyInstaller ini merupakan library dari Python yang dapat mengubah (paket) atau file program Python, menjadi file yang dapat berdiri sendiri. Di bawah sistem operasi Windows, Linux, Mac OS X, FreeBSD, Solaris, dan AIX.

(Baca juga : CARA INSTALL PYINSTALLER DI WINDOWS)

Sebenarnya, saya sudah membuat postingan khusus yang membahas mengenai apa dan fungsi PyInstaller ini. Jadi, disini saya hanya memberi sedikit artian saja. Karena pada postingan kali ini saya akan memfokus kan pada proses instalasi nya. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai PyInstaller ini, kalian bisa KLIK DISINI untuk membaca postingan yang membahasnya lebih detail...

Jangan lupa baca juga cara mengubah py atau file python menjadi file executable atau file eksekusi di linux ya.. Kalian bisa KLIK DISINI untuk membacanya...

Cara Mendapatkan File Instalasi PyInstaller.

Sebelum kita mulai proses instalasinya, tentu kita harus memiliki file instalasinya.. Dan saya rasa cukup mudah kok.. Tapi saya rasa, penting untuk saya tuntun untuk mendapatkan file nya.. Baik kita simak sama - sama ya temen - temen..

Untuk mendapatkan file instalasi PyInstaller ini cukup mudah kok.... Kalian bisa langsung pergii ke situs resmi nya... http://www.pyinstaller.org/downloads.html Dan cari saja file yang sesuai dengan versi python dan OS kalian...

Atau kalian juga bisa mendapatkan nya di PyPi yang merupakan tempat berkumpulnya library library python.. Kalau di android itu playstore nya.. Hehe.. Link nya di :  https://pypi.python.org/pypi/PyInstaller/ silahkan kalian unduh sendiri dan pilih sesuai dengan versi python kalian ya...

Kalian juga bisa mendapatkan file instalasi dari PyInstaller ini dari drive saja... Kalau kalian minat bisa KLIK DISINI ya temen - temen...

Cara terkahir sih kalian bisa langsung saja browsing di google untuk mendapatkan file instalasinya.. hehe

Nah jika kalian bingung atau masih kesulitan untuk mendapatkan file instalasinya, tenang saja.. Karena saya sudah membuatkan tutorial untuk mendapatkan file instalasi dari PyInstaller ini.. Jika kalian mau baca, KALIAN BISA KLIK DISINI ya temen - temen.. Disana saya sudah merinci dan saya runtut dengan jelas...

Cara Install PyInstaller di Linux Ubuntu

Nah pada segment ini saya akan memulai proses instalasi dari PyInstallernya.. Jadiperhatikan secara baik baik ya temen - temen... Tapi saya rasa kalian lebih pinter dari saya... Tapi simak aja siapa tau ada yang berbeda dengan cara saya... Komentar aja kalau berbeda hehe... Oke, yuk kita mulai...

(Baca juga : CARA INSTALL PYINSTALLER DI WINDOWS)

1. Ekstrak file PyInstaller

Pertama, tentu kalian harus ekstrak dulu file hasil unduh kalian tadi.. Terserah kalian menggunakan aplikasi apa.. Disini, saya menggunakan aplikasi ‘Engrampa Archive Manager’. Berikut kalau mau tau aplikasinya..



Silahkan buka file PyInstallernya menggunakan aplikasi kompresi.. Lalu ekstrak saja file nya.. Jika kalian ingin melihat punya saya, kalian bisa lihat pada gambar di bawah ini...




Keterangan :
  1. File yang akan di ekstrak
  2. Klik kanan pada file, pilih ‘open with’ lalu pilih “engrampa Archive manager”
  3. Muncul window aplikasi “Engrampa Archive Manager”
  4. Klik tombol “ekstrak”
  5. Mucul “file dialog” untuk memilih lokasi file hasil ekstrak
  6. Langsung saja klik ekstrak
  7. Muncul window proses ekstrak. Tunggu hingga selesai
  8. Langsung saja klik “quit”
  9. Hasilnya akan langsung tampil. Atau silahkan cari file nya di lokasi yang klaian tentukan. (jika mengubah lokasi ekstrak file)
Nah pada gambar di atas merupakan urutan ekstrak menggunakan aplikasi “Engrampa Archive Manager”.. Tentu, beda aplikasi beda cara ya.. Silahkan cari aja di google cara untuk meng ekstrak file nya jika kalian kesulitan...


Setelah itu, silahkan masuk ke dalam folder hasil ekstrak tadi.. Maka kurang lebih isi file nya akan seperti gambar di bawah ini..



Pastikan ada file dengan nama “setup.py” ya.. Karena file tersebut yang akan kita jalankan...

2. Masuk ke folder PyInstaller melalui terminal

Setelah itu silahkan buka “terminal” nya... Dan arahkan lokasi di terminalnya hingga sama seperti folder PyInstaller nya.. Seperti di bawah ini... (Note : gunakan “cd” untuk mengganti direktori atau folder.)



Nah disana sudah ada beberapa baris perintah di terminalnya ya... Baik saya jelaskan ya..

Untuk yang ditunjuk oleh panah berwarna “BIRU”  di atas, merupakan tujuan kita di terminal nantinya... Tujuan tersebut merupakan folder hasil dari file yang kita ekstrak tadi ya.. Yang menampung file - file PyInstaller nya.. Termasuk “setup.py” nya..


  1. Merupakan lokasi direktori saat kita baru pertama kali membuka terminal. Lokasi tersebut tidak mesti sama ya.
  2. Selanjutnya saya mengetik “cd” untuk mengemballikannya ke “home”
  3. Posisi “home” setelah saya memberikan perintah “cd”
  4. Perintah “cd Downloads/” untuk masuk ke direktori “Downloads”. Perintah ini tergantung lokasi folder “PyInstaller” kalian ya..
  5. Saya sudah di posisi folder “Downloads”.
  6. Saya memberikan perintah “cd PyInstaller-3.2.1/” untuk masuk ke dalam folder “PyInstaller” nya..
  7. Saya sudah ada di lokasi yang saya tuju ya.. Coba cek denan garis panah biru di atas window tersebut. Dan bandingkan dengan lokasi yang ditunjuk angka 7 tersebut.


Nah terminal yang saya lingkari warna kuning di bawah tersebut merupakan gambar asli jika gambar yang sudah saya beri petunjuk di atas tidak jelas...

Perlu di perhatikan ya... Gunakan perintah “cd namaFolder” untuk masuk ke dalam folder..

3. Masuk sebagai Super User di terminal

Nah, setelah masuk kedalam folder yang kita tuju tadi, sekarang kita harus menjadi super user.. Caranya adalah dengan cara mengetikkan “su” lalu masukkan password super user kalian... Kalau di windows sih password “adminstrator” nya... Kalau bingung coba lihat gambar di bawah ini...



Nah sudah jelaskan pada gambar di atas? Jadi pada lokasi folder “PyInstaller” nya, kita ketik “su” seperti yang ditunjuk angka 1 pada gambar diatas.. Lalu masukkan password super user PC kalian.. Sperti no 2..

Saat di masukkan, password tidak di tampilkan.. Bahkan bintang - bintang seperti biasanya saja tidak ada.. Jadi tinggal ketik saja dengan benar lalu tekan enter.. Maka akan tampil seperti baris terakhir.. Dangan tanda pagar “#”.  Yang artinya sudah sukses...

4. Memulai untuk Install PyInstaller

Setelah kita sukses dan sudah masuk menjadi super user, maka selanjutnya kita mulai proses instalasi PyInstaller nya.. Caranya cukup mudah.. Kita cukup mengetikkan “python setup.py install” dan jika kalian ingin menginstallnya di python 3, maka kita tinggal menambahkan angka 3 saja.. Menjadi “python3 setup.py install”. Untuk lebih mudahnya, kaian bisa lihat pada gambar di bawah ini..



Pastikan huruf nya benar ya.. Dan semua hurufnya kecil semua.. Jika sudah benar, langsung saja kalian tekan ‘enter’ pada keyboard... Maka proses instalasi akan berjalan seperti di bawah ini.. Tunggu saja hingga selesai...



Nah setelah selesai, sekarang kita cek apakah PyInstaller nya sudah terinstall atau belum.. Caranya cukup mudah.. Silahkan tutup terminalnya, lalu buka lagi.. Dan ketikkan “pyinstaller --version”. Jika sudah terinstall, maka akan tampil versi nya seperti gambar di bawah ini..



Troubleshooting kegagalan instalasi PyInstaller.

Saat saya mencoba login sebagai super user, saya mendapatkan kegagalan untuk login.. Padahal password saya sudah benar dan saya memang ingat... Apabila terjadi hal demikian, kalian bisa mengubahnya terlebih dahulu.. Dengan cara ketik “sudo passwd” lalu tekan enter.

Silahkan masukkan password baru, dan konfirmasi atau ketik ulang password anda.. Dan tekan enter.. Dan silahkan coba lagi ya temen - temen..



Pastikan juga kecocokan versi python kalian ya.. Baik OS dan versi python kalian... Serta perhatikan pengetikan nama folder nya pada terminal.. Gunakan tombol ‘tab’ pada keybord agar nama folder langsung ter cetak tulis.. Atau menampilkan sugesti folder nya..

Contohnya saat kita mengetikkan ‘PyIns’ lalu kita tekan tab.. Maka secara otomatis jika tidak ada nama yang serupa maka akan langsung tertulis ‘PyInstaller’ secara otomatis pada terminal..

Nah, jika ada kegagalan atau eror selain yang saya sebutkan di atas, kalian bisa berkomentar di bawah postingan ini ya..

(Baca juga : CARA INSTALL PYINSTALLER DI WINDOWS)



Nah itu dia temen - temen cara untuk menginstall PyInstaller ini di Linux. Semoga cukup jelas bagi kalian ya... Dan saya harap juga bermanfaat bagi kita semua.. Dan tentunya semoga berhasil tanpa rintangan dan kesusahan yang berarti.. Jangan lupa baca juga cara mengubah py atau file python menjadi file executable atau file eksekusi di linux ya.. Kalian bisa KLIK DISINI untuk membacanya...

Oke, sekian dulu ya temen - temen postingan saya kali ini.. Jangan lupa berkomentar ya.. Terimakasih sudah membaca postingan saya kali ini... Mohon maaf apabila ada kesalahan atau ketidak jelasan dalam postingan saya kali ini.. Atau malah membosankan.. Karena terlalu panjang... Tapi, itu merupakan usaha saya untuk merinci dan memperjelas agar kalian paham..

Oke sampai jumpa di postingan saya kali ini.. Jangan lupa baca postingan saya yang lainnya ya... Jangan lupa untuk di share juga.. Sekian dulu dan terimakasih sekali lagi..

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment