Pemutar Musik Pygame+Tkinter versi 3

BelajarPython - Assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi temen - temen... Pada kesempatan kali ini, akan saya gunakan untuk mengajak kalian membuat aplikasi pemutar musik nih... Oke, Biar tidak penasaran langsung saja yuk kita simak sama - sama pengenalan aplikasi nya di bawah ini...


Pengenalan aplikasi yang akan kita buat.

Jadi, seperti yang sudah saya katakan di pembuka tadi, pada postingan kali ini saya akan membagikan atau mengajak kalian untuk membuat aplikasi pemutar musik...

Dan pada versi yang ketiga ini saya hanya akan menambahkan fitur pause saja. Serta memperingkas tampilannya hingga window nya akan sangat kecil.. Seperti versi pertama..

Aplikasi ini saya posting dengan berbagai versi.. Dengan penambahan fitur di tiap versinya.. Jika kalian ingin melihat versi - versi aplikasi ini, KALIAN BISA KLIK DISINI ya temen - temen...

Rincian Lengkap Aplikasi Pemutar Musik menggunakan PyGame Versi 3.0

Aplikasi kali ini menggunakan library Pygame. Untuk menjalankannya, harus menginstallnya dulu... KLIK DISINI untuk Install Pygame.... Oke, langsung saja yuk kita simak sama - sama rincian lengkap nya di bawah ini...

Nama: mn-mp3player 3.0
Versi: 3.0 | klik disini untuk membaca versi selanjutnya.
Platform: Python 3.x
Modul: Tkinter dan Pygame. Klik disini untuk menginstallnya.
Baris Code: kurang lebih 80 baris code program.
Terdiri dari: 1 class dan 9 metode.
Fitur: Jeda atau pause musik.
Kelemahan: tidak efisien untuk mencari file musik.
syarat menjalankan: install python 3.x dan PyGame, punya editor teks atau IDE.
Cara menjalankan: install python 3 dan PyGame, copy dan paste code program pada editor atau IDE, simpan dalam file python(ekstensi .py), lalu jalankan.


Kalian juga bisa membuat code program ini menjadi file aplikasi loh.. iya file aplikasi seperti "exe" itu loh.. sehingga, nantinya kita cukup klik dua kali saja untuk menjalankan aplikasi ini... tanpa perlu repot - repot membuka nya di IDLE atau IDE python.. nah seperti apa caranya? cukup mudah kok.. dan saya juga sudah membuatkan tutorialnya.. untuk kalian yang menggunakan windows, KALIAN BISA KLIK DISINI ya temen - temen.. atau jika pada link pertama terlalu rumit, KALIAN BISA MENCOBA CARA INI ya.... dan bagi pengguna linux ? tenang saja.. bisa juga kok membuat file executable nya.. untuk melihat tutorialnya, KALIAN BISA KLIK DISINI temen - temen...

Code program aplikasi Pemutar Musik menggunakan PyGame versi 3.0

Pada segment kali ini, saya akan memberikan code program untu membuat aplikasinya.. Langsung saja yuk kita simak sama - sama code program nya di bawah ini...

import pygame
from tkinter import *
from tkinter import Tk,filedialog
import os

class PemutarMusik(Frame):
    def __init__(self,parent):
        Frame.__init__(self, parent)
        self.a = StringVar()
        self.a.set("Play")
        parent.geometry("170x60")
        self.parent = parent
        self.nama = StringVar()
        self.nama.set("Silahkan Buka file")
        self.tampungLokasi=""
        self.buatTeks()
        self.buatTombolPlay()
        self.buatTombolStop()
        self.buatOpen()
        self.file=""
        self.bukaLage=True

    def insialisasiFile(self, file):
        self.file = file

    def putarMusik(self):
        pygame.init()
        pygame.mixer.init()
        b = pygame.mixer.music.get_busy()
        if b:
            if self.a.get()=="Play" :
                self.a.set("Pause")
                pygame.mixer.music.unpause()
            elif self.a.get()=="Pause" :
                self.a.set("Play")
                pygame.mixer.music.pause()
        if self.file  :
            pygame.mixer.music.load(self.file)
        if b == False or self.bukaLage:
            if self.file :
                pygame.mixer.music.play()
                self.file = ""
                self.a.set("Pause")
                self.bukaLage=False


    def stopMusik(self):
        try :
            pygame.mixer.music.stop()
            self.a.set("Play")
            self.insialisasiFile(self.tampungLokasi)
        except:
            pass

    def buatTeks(self):
        teks = Label(textvariable=self.nama, fg="blue", font="Verdana 10 bold")
        teks.grid(row=0, column=0, columnspan=3)

    def buatTombolStop(self):
        tombol = Button(text="Stop", command=self.stopMusik)
        tombol.grid(row=1, column=1)

    def buatOpen(self):
        tombol = Button(text="Open", command=self.bukaFile)
        tombol.grid(row=1, column=2)

    def buatTombolPlay(self):
        tombol = Button(textvariable=self.a, command=self.putarMusik)
        tombol.grid(row=1, column=0)

    def bukaFile(self):
        tipeFile = [('Mp3 file', '*.mp3'), ('All files', '*')]
        bukaFile = filedialog.Open(self, filetypes=tipeFile)
        bukaFile.show()

        try :
            self.lokasi = bukaFile.filename
            self.tampungLokasi = self.lokasi
            self.insialisasiFile(self.lokasi)
            self.bukaLage=True
            self.a.set("Play")
            self.nama.set(os.path.basename(self.lokasi))
        except:
            pass

root = Tk()
PemutarMusik(root)
mainloop()
pygame.quit()


Nah lalu, seperti apakah tampilan yang akan di hasilkan dari code program di atas? Langsung saja yuk kita simak sama - sama tampilannya di bawah ini...



Penjelasan code program untuk membuat Aplikasi Pemutar musik menggunakan PyGame versi 3.0

Sekarang saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan di atas tadi.. Oke, Langsung saja yuk kita simak sama penjelasannya di bawah ini....

[NOTE : Teks berwarna MERAH pada penjelasan adalah Code tambahan yang tidak ada di versi sebelumnyaDan yang Berwarna BIRU akan di hapus di versi berikutnya. Jika Code berwarna MERAH dan komentar berwarna BIRU maka merupakan code baru dan akan di hapus di versi berikutnya]


import pygame  //mengimport pygame
from tkinter import *  //mengimport semua modul tkinter
from tkinter import Tk,END, filedialog  //mengimport Tk, END, filedialog tkinter
import os  //mengimport os untuk path file mp3

class PemutarMusik(Frame):  //membuat class ‘PemutarMusi’ menurunkan class ‘Frame’ dari tkinter
    def __init__(self,parent):  //Konstruktor class ‘PemutarMusik’
        Frame.__init__(self, parent)  //memanggil Konstruktor class ‘Frame’. Dan memasukkan class ini (self) dan nilai variabel ‘parent’ sebagai parameter
        self.a = StringVar()  //memanggil dan menampung class ‘StringVar’ dari tkinter. Untuk menampilkan teks ‘pause’ atau ‘play’ di tombol.
        self.a.set("Play")  //mengubah nilai variabel ‘a’ menjadi ‘Play’
        parent.geometry("170x60")  //mengatur ukuran window
        self.parent = parent  //menampung nilai variabel parameter ‘parent’
        self.nama = StringVar()  //memanggil dan menampung class ‘StringVar’ dari tkinter. Untuk menapilkan nama musik di window..
        self.nama.set("Silahkan Buka file")  //mengubah nilai variabel ‘nama’
        self.tampungLokasi=""  //digunakan untuk menyimpan lokasi file
        self.buatTeks()  //memanggil metode ‘buatTeks’
        self.buatTombolPlay()  //memanggil metode ‘buatTombolPlay’
        self.buatTombolStop()  //memanggil metode ‘buatTombolStop’
        self.buatOpen()  //memanggil metode ‘buatOpen’
        self.file=""  //digunakan untuk penampung lokasi file yang akan diputar
        self.bukaLage=True  //sebagai penentu apakah user membuka file lagi.

    def insialisasiFile(self, file):  //membuat metode ‘inisialisasiFile’ dengan parameter ‘file’ sebagai penampung lokasi file
        self.file = file  //mengubah path file musik yang akan diputar.

    def putarMusik(self):  //membuat metode ‘putarMusik’.
        b = pygame.mixer.music.get_busy()  //mengecek apakah musik sedang diputar. Diputar =True. Berhenti = False.
        if b:  //mengecek nilai b apakah True
            if self.a.get()=="Play" :  //mengecek apakah nila ‘a’ adalah ‘Play’
                self.a.set("Pause")  //mengubah nilai ‘a’ menjadi ‘Pause’
                pygame.mixer.music.unpause()  //melajutkan pemutaran musik
            elif self.a.get()=="Pause" :  //mengecek apakah nila ‘a’ adalah ‘Pause’
                self.a.set("Play")  //mengubah nilai ‘a’ menjadi ‘Play’
                pygame.mixer.music.pause()  //menjeda pemutaran musik
        if self.file  :  //memasitikan ‘file’  (lokasi file) tidak kosong 
            pygame.mixer.music.load(self.file)  //memuat file dengan memasukkan isi ‘file’ (lokasi file)
        if b == False or self.bukaLage:  //mengecek apakah b bernilai false dan bukaLage bernilai True.
            if self.file :  //memastikan ‘file’ tidak kosong. (berisi lokasi file musik)
                pygame.mixer.music.play()  //memutar musik
                self.file = ""  //mengosongkan lokasi file dari variabel ‘file’
                self.a.set("Pause")  //mengubah nilai ‘a’ (tombol) menjadi ‘Pause’
                self.bukaLage=False  //mengubah nilai menjadi ‘false’

    def stopMusik(self)  //membuat metode ‘stopMusik’
        try :  //mencoba code program
            pygame.mixer.music.stop()  //menghentikan pemutaran musik
            self.a.set("Play")  //mengubah nilai ‘a’ (tombol) menjadi ‘Play’
            self.insialisasiFile(self.tampungLokasi)  //digunakan untuk memasukkan lokasi file yang di tampung di ‘tampungLokasi’
        except:  //menjalankan code ketika code di ‘try’ ada error
            pass  //tidak melakukan apa - apa

    def buatTeks(self):  //membuat metode ‘buatTeks’
        Label(textvariable=self.nama, fg="blue", bg="light blue", font="Verdana 10 bold").pack(fil=X)  //membuat tulisan nama musik di window

    def buatTombolStop(self):  //membuat metode ‘buatTombolStop’
        Button(text="Stop", command=self.stopMusik).pack(fill=X)  //membuat tombol ‘stop’ dengan perintah menjalankan metode ‘stopMusik’

    def buatOpen(self):  //membuat metode ‘buatOpen’
        Button(text="Open", command=self.bukaFile).pack(fill=X)  //membuat tombol ‘Open’ dengan perintah menjalankan metode ‘bukaFile’

    def buatTombolPlay(self):  //membuat tombol play
        Button(text="Play", command=self.putarMusik).pack(fill=X)   //membuat tombol ‘Play’ dengan perintah menjalankan metode ‘putarMusik’

    def bukaFile(self):  //membuat metode ‘bukaFile’
        tipeFile = [('Mp3 file', '*.mp3'), ('All files', '*')]  //menentukan tipe file yang akan di tampilkan di file dialog
        bukaFile = filedialog.Open(self, filetypes=tipeFile)  //memamggil file dialog tkinter
        bukaFile.show()  //menampilkan file dialog
        try :  //mencoba code program
            file = bukaFile.filename  //menampun path file yg dipilih ke variabel ‘file’
            self.insialisasiFile(file)  //memanggil metode ‘InisialisasiFile’ dengan variabel ‘file’ sebagai parameter.
            self.nama.set(os.path.basename(file))  //mengubah nilai varilabe ‘nama’ menjadi nama file musik yang dipilih untuk di tampilkan di window.
        except:  //untuk menjalankan code lain ketika di ‘try’ ada error
            pass  //untuk tidak melakukan apa apa

root = Tk()  //memanggil window tkinter
PemutarMusik(root)  //memanggil class. Dan memberi variabel ‘root’ sebagai parameter.
mainloop()  //agar window tidak langsung close

pygame.quit()  //menutup ‘pygame’


Nah itu dia temen - temen penjelasan code programnya.. Mohon maaf ya apabila ada penjelasan yang kurang jelas, atau bahkan ada kekeliruan... Mohon kasi pembenaran atau pendapat kalian di kolom komentar ya temen - temen... Biar kita bisa belajar bersama - sama..

Oke terimakasih dan sampai di sini dulu ya temen - temen... Jangan lupa untuk membaca versi - versi yang lainnya... Biar ilmunya juga nambah.. Hehe.. Temikasih sekali lagi dan sekian...

Wassalamualaikum wr. wb.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment